12 Cara Menghemat Kuota Internet Agar Keuangan Tak Jebol

Simak beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menghemat konsumsi kuota internet.
hemat kuota Foto Utama

RumahCom – Pandemi virus Corona atau Covid-19 merebak di Indonesia, sehingga membuat Anda tetap berada di rumah, untuk membantu menghentikan penyebaran virus Corona. Pandemi inilah yang membuat masyarakat selama lebih dari 2 bulan diisolasi dan menjalankan aktivitas hanya di rumah saja. Bosan? Tentu saja, tetapi akan mudah terobati dengan adanya kuota internet di rumah.

Sangat sulit untuk hidup tidak menggunakan internet, apalagi saat pandemi ini. Akses internet membuat semua orang tidak akan merasa kesepian, misalnya saja dengan menggunakan video call lewat aplikasi WhatsApp atau free internet call, Anda dapat berinteraksi dengan keluarga, teman, dan kolega dengan sangat mudah.

Baca juga: 15 Usaha Online yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Anda pun dapat terhibur menyaksikan berbagai konten hiburan dan konten pendidikan di Youtube, streaming film, bermain game online, online shopping, atau berselancar di media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, atau TikTok. Namun, semakin banyak yang Anda akses dengan menggunakan internet, tentu saja semakin banyak kuota atau data yang dibutuhkan.

Tidak ingin pengeluaran Anda membengkak hanya untuk bermain internet? Simak artikel berikut ini yang akan membahas secara lengkap tentang:

  1. Pengertian Kuota Internet
  2. Kuota internet umum atau nasional
  3. Kuota internet lokal
  4. 12 Cara Menghemat Kuota Internet agar Keuangan Tidak Jebol
    1. Atur notifikasi peringatan dan batasi penggunaan data
    2. Gunakan wifi sesering mungkin
    3. Matikan koneksi internet pada saat tidak digunakan
    4. Menggunakan mode offline
    5. Mode auto download dinonaktifkan
    6. Batasi aplikasi
    7. Pastikan aplikasi location tidak digunakan
    8. Hindari menggunakan streaming
    9. Berlangganan layanan streaming dengan opsi offline
    10. Ubah kebiasaan browsing
    11. Kompresi data di Google Chrome
    12. Gunakan airplane mode sebagai penyelamat
  5. Keuntungan Menghemat Kuota Internet
    1. Membuat keuangan stabil
    2. Perangkat lebih awet dan tahan lama
    3. Memperpanjang usia baterai
    4. Kinerja gadget lebih baik
  6. Tips Penting Menghemat Kuota Internet
    1. Streaming video YouTube
    2. Aplikasi WhatsApp
    3. Video conference

Pengertian Kuota Internet

Kuota internet dibutuhkan pada saat mengakses internet (Foto: Pexels)

Kuota internet dibutuhkan pada saat mengakses internet (Foto: Pexels)

Supaya bisa mengakses internet, pastinya Anda memerlukan kuota internet. Namun, apa sebenarnya pengertian kuota? Kuota dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai jatah dan jumlah yang ditentukan.

Kuota internet adalah batasan pemakaian internet pada waktu tertentu, seperti contohnya Anda membeli kuota internet lokal sebesar 2 GB selama 1 bulan. Ini artinya Anda dapat mengakses internet dalam 1 bulan sebanyak 2 GB saja dan tidak lebih dari itu. Sehingga jika Anda mengakses internet lebih banyak dari kuota tersebut sebelum 1 bulan, koneksi internet akan diturunkan, semakin melambat, atau akan terputus. Sebaliknya, jika kuota internet Anda masih banyak, tetapi sudah dalam batas waktu pemakaian selama 1 bulan, maka kuota akan hangus.

Kuota internet pada umumnya terbagi menjadi dua macam, yaitu :

1. Kuota internet umum atau  nasional

Kuota internet yang cakupannya luas di dalam negeri. Di mana pun Anda berada selama masih berada di Indonesia, akses internet masih dapat digunakan.

2. Kuota internet lokal

Kuota internet lokal hanya bisa digunakan di wilayah pada saat Anda mengaktifkannya. Jadi, Anda hanya bisa menikmati akses internet ketika sedang berada di wilayah aktivasi paket tersebut. Saat berada di luar wilayah aktivasi, secara otomatis paket tersebut tidak bisa digunakan.

12 Cara Menghemat Kuota Internet agar Keuangan Tidak Jebol

Beragam aplikasi ponsel bisa membuat kuota Anda cepat habis. (Foto: Pixabay)

Beragam aplikasi ponsel bisa membuat kuota Anda cepat habis. (Foto: Pixabay)

Tidak mau, kan, menghabiskan uang hanya untuk bermain internet? Simak tips jitu menghemat kuota internet berikut ini.

1. Atur notifikasi peringatan dan batasi penggunaan data

Tahukan Anda, memeriksa penggunaan kuota di ponsel sangat mudah dilakukan. Inilah caranya.

  • iOS

Dalam perangkat iOS, masuklah ke dalam menu pengaturan kemudian cari data seluler atau seluler. Namun, statistik data ini tidak mengatur ulang setiap periode penagihan secara otomatis, jadi Anda perlu ingat untuk mengaturnya kembali.

  • Android

Pada ponsel Android 4.0 atau versi yang lebih baru, Anda dapat memeriksa penggunaan kuota seperti cara yang dilakukan di ponsel berbasis iOS dan juga dapat mengatur peringatan dan batasan kuota. Buka pengaturan, cari menu jaringan, lalu pilih penggunaan data atau data seluler. Di setiap ponsel Android caranya mungkin ada yang sedikit berbeda, tetapi masih dalam pengaturan jaringan ponsel. Selain itu, pengguna ponsel Android sebaiknya tidak melakukan update aplikasi secara otomatis seperti yang dilansir dari IDNTimes.

2. Gunakan wifi sesering mungkin

Cara lainnya untuk menghemat kuota seluler adalah menggunakan wifi. Jika Anda memiliki wifi di rumah, maka gunakanlah wifi sesering mungkin. Pastikan sinyal wifi berada dalam kondisi yang baik, karena kondisi sinyal buruk akan membuat kuota Anda tersedot. Apabila sinyal wifi yang pada ponsel Anda terlihat melemah, sebaiknya matikan terlebih dahulu koneksi penangkap wifi.

3. Matikan koneksi internet pada saat tidak digunakan

Matikan koneksi internet apabila Anda tidak menggunakannya. Contohnya, mematikan internet pada saat Anda tidur karena cara ini akan menghemat kuota internet Anda.

4.  Menggunakan mode offline

Menggunakan mode offline merupakan cara menghemat kuota yang efektif. Yang lebih menarik, beberapa aplikasi dapat Anda gunakan secara offline untuk menghemat kuota. Aplikasi yang dapat Anda gunakan secara offline yaitu Youtube dan Google Maps. Tidak hanya itu, ada aplikasi layanan music streaming yang dapat Anda ubah menjadi offline, namun terlebih dahulu Anda harus mengunduh konten musiknya.

5. Mode auto download dinonaktifkan

Mode auto download akan berbahaya bagi kuota Anda, karena semakin banyak Anda memperbaharui aplikasi, akan semakin banyak pula kuota yang tersedot di waktu bersamaan dalam jumlah yang banyak. Lakukan perbaharui aplikasi jika Anda berada dalam lingkungan yang memiliki wifi.

Tip Rumah
Mengubah kebiasaan browsing dan mengurangi konten yang diunduh dengan menggunakan kuota merupakan cara mudah untuk menghemat kuota internet.

6. Batasi aplikasi

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa aplikasi yang mampu menyedot kuota lebih banyak dari aplikasi lainnya. Dalam hal ini Anda perlu mengindentifikasi dan melihat aplikasi yang menyedot kuota. Jika Anda menemukannya, Anda dapat uninstall aplikasi tersebut dan mengganti dengan beberapa aplikasi yang lebih menghemat kuota. Jika Anda tetap memerlukan aplikasi tersebut, Anda dapat meminimalkan penggunaan aplikasi.

7. Pastikan aplikasi location tidak digunakan

Aplikasi navigasi, maps, atau location dapat menghabiskan paket kuota Anda, jika Anda menggunakannya sepanjang waktu. Jika Anda tidak menggunakannya, sebaiknya pastikan aplikasi tersebut dimatikan. Namun, jika Anda sedang traveling, salah satu cara menghemat kuota Anda adalah mengunduh peta area.

8. Hindari menggunakan streaming

Seperti yang diketahui, streaming musik dan video menyedot kuota internet dalam jumlah yang banyak. Usahakan untuk tidak menggunakan streaming jika Anda menggunakan kuota internet. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menyimpan dan mengunduh musik atau video yang diinginkan ketika sedang terhubung dengan wifi.

Untuk Anda yang sedang membutuhkan dana, KPR Multiguna bisa menjadi pertimbangan. Simak dulu tipsnya di video ini.

9. Berlangganan layanan streaming dengan opsi offline

Video merupakan saluran terbesar yang menghabiskan kuota internet Anda. Contohnya, jika Anda menggunakan banyak konten YouTube, pertimbangkan YouTube Red yaitu layanan premium berlangganan, sekitar $10 per bulan. Walau terdengar mahal, ini lebih hemat daripada Anda menonton YouTube dengan menggunakan kuota. Aplikasi ini juga memiliki pilihan untuk menyimpan video ke perangkat Anda dan Anda dapat memiliki layanan musiknya. Menarik bukan?

Pastikan juga Anda mencari tahu aplikasi lainnya yang menawarkan konten offline. Aplikasi seperti Apple Music, Google Play Music, dan Spotify memungkinkan Anda membuat daftar putar untuk mendengarkan offline, tetapi Anda perlu ruang untuk menyimpan kontennya. Spotify bahkan memungkinkan Anda untuk mengunduh semua lagu yang disimpan.

10. Ubah kebiasaan browsing 

Ubah kebiasaan menjelajah Anda di internet. Lebih baik pilih versi seluler untuk situs web pada perangkat seluler saat browsing. Jadi, hindari menggunakan versi desktop untuk menghemat kuota internet Anda.

11. Kompresi data di Google Chrome

Jika Anda menjelajah menggunakan Chrome, ketuk menu tiga titik di bagian kanan atas. Pilih pengaturan dan nyalakan penghemat data, sehingga hal ini akan otomatis mengompres halaman sebelum mengunduhnya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan browser Opera Mini yang dirancang untuk mengompresi data dan mengurangi penggunaan kuota Anda saat browsing.

12.  Gunakan airplane mode sebagai penyelamat

Menggunakan airplane mode adalah cara yang baik untuk menghentikan penggunaan data Anda. Hal ini berguna jika Anda ingin menyimpan sisa kuota internet Anda untuk keadaan darurat. Mode pesawat akan memblokir semua transfer data dari ponsel Anda dan mengatur penggunaan data Anda menjadi 0%. 

Keuntungan Menghemat Kuota Internet

Tidak hanya membuat keuangan stabil, menghemat kuota juga memperpanjang usia gadget Anda. (Foto: Pixabay)

Tidak hanya membuat keuangan stabil, menghemat kuota juga memperpanjang usia gadget Anda. (Foto: Pixabay)

Menghemat kuota internet ternyata mendatangkan banyak keuntungan. Simak empat keuntungan yang bisa didapatkan saat Anda menghemat kuota internet.

1. Membuat keuangan stabil

Menghemat kuota internet tentu saja menghemat pengeluaran Anda. Semakin besar data yang ditransfer, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli paket internet.

2. Perangkat lebih awet dan tahan lama

Menggunakan internet yang terus menerus selain boros juga memerlukan kinerja yang terus menerus pada ponsel. Perangkat yang terus menerus digunakan akan menjadikan perangkat rentan terhadap kerusakan, sehingga usianya tidak tahan lama.

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Hari Raya dan Situasi Covid-19

Panduan dan Referensi

Tips Mengatur Keuangan Menjelang Hari Raya dan Situasi Covid-19

3. Memperpanjang usia baterai

Daya tahan baterai terkait erat dengan aktivitas yang dijalankan oleh gadget. Semakin sering gadget digunakan, maka akan membuat baterai mudah rusak. Gejala yang paling sering dirasakan adalah naiknya suhu pada baterai, sehingga terasa panas jika disentuh.

4. Kinerja gadget lebih baik

Penghematan kuota menandakan bahwa gadget tidak digunakan secara terus menerus. Kinerja gadget pun akan lebih baik, karena aktivitas perangkat berkurang. Gadget akan lebih responsif dan jarang mengalami error.

Tips Penting Menghemat Kuota Internet

Ingin akses YouTube, pilih kualitas gambar standar agar hemat kuota. (Foto: Pexels)

Ingin akses YouTube, pilih kualitas gambar standar agar hemat kuota. (Foto: Pexels)

Terkait pandemi Corona virus, masyarakat termasuk juga Anda harus menjalankan aktivitas pekerjaan di rumah, yang pada akhirnya membuat masyarakat membeli kuota internet lebih besar. Simak tiga tips penting menghemat kuota internet yang dilansir dari Kompas.

1. Streaming video YouTube

Jika Anda ingin streaming video, sebaiknya cek kualitas video terlebih dahulu. Pilih kualitas gambar yang standar dan hindari kualitas video di atas 720 pixel.

2. Aplikasi WhatsApp

Jika Anda pengguna WhatsApp, pastikan Anda mematikan format auto download media, sehingga Anda dapat mengunduh hal-hal yang penting saja.

3. Video conference

Pada saat Anda meeting menggunakan video conference, ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghemat kuota internet, yaitu mematikan atau mute video jika Anda tidak perlu menampilkan wajah dan mute microphone jika tidak diminta untuk berbicara. Meskipun terlihat sederhana, hal ini akan membantu menurunkan kuota internet.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Miliki Rumah Rp1 Miliaran di Jakarta Barat Ini!

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan