12 Resep Minuman Herbal untuk Tangkal Penyakit Menular Ini Gampang Dibuat

Simak resep minuman herbal terbaik yang gampang dibuat dari rumah. Minuman herbal ini bisa untuk menangkal penyakit menular. Baca selengkapnya di artikel berikut ini.
Herbal 1

RumahCom – Membuat minuman herbal merupakan sebuah tradisi yang sudah dilakukan oleh banyak orang sejak lampau. Dalam sejarahnya, minuman herbal memiliki banyak efek positif bagi tubuh Anda. Pada umumnya minuman herbal dibuat dengan cara mencampurkan beberapa tanaman dan rempah lalu diseduh dengan air. Saat semakin mewabahnya virus corona, minuman herbal menjadi semakin diminati.

Untuk menangkal penyakit menular tersebut, Anda bisa mencoba untuk membuat minuman herbal Anda sendiri. Pada artikel ini akan dibahas secara mendetail mengenai:

  1. Ramuan Herbal Adalah
  2. Kelebihan Bahan-bahan Herbal
  3. Jenis Tanaman Herbal yang Banyak Digunakan dan Manfaatnya
    1. Jahe
    2. Kencur
    3. Kunyit
    4. Sereh
    5. Echinacea
  4. Kandungan Herbal untuk Tingkatkan Imunitas
  5. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Minuman Herbal
    1. Kebersihan Bahan
    2. Menggunakan Air Bersih
    3. Segera Konsumsi Setelah Dibuat
  6. 12 Resep Minuman Herbal dan Manfaatnya
    1. Teh Hijau
    2. Wedang Secang
    3. Serbat Asam Jawa
    4. Beras Kencur
    5. Kunyit Asam
    6. Wedang Jahe
    7. Wedang Temulawak
    8. Wedang Sereh
    9. Wedang Tahu
    10. Jamu Jakutes
    11. Bandrek
    12. Bir Pletok

1. Ramuan Herbal Adalah

Ramuan Herbal Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh (Foto: Pixabay)

Ramuan Herbal Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh (Foto: Pixabay)

Mengutip dari Craig Hospital Organization ramuan herbal merupakan sebuah produk kesehatan yang terbuat dari tanaman yang memiliki kandungan bermanfaat bagi tubuh. World Health Organization atau WHO memperkirakan terdapat sekitar 80% dari populasi dunia mengandalkan metode ramuan herbal untuk pengobatan. Dalam 10 tahun terakhir, penggunaan ramuan minuman herbal meningkat drastis hingga 380%.

Ramuan herbal digemari karena harganya yang jauh lebih murah dari obat yang dijual pada umumnya. Tidak sedikit orang yang menanam berbagai tanaman herbal di halaman rumahnya. Tanaman herbal sangat mudah untuk tumbuh, terutama pada daerah tropis. Selain itu ramuan herbal juga memiliki rasa yang menyegarkan sehingga siapapun bisa mengonsumsinya dengan mudah. Berbeda dengan obat, ramuan herbal hampir tidak memiliki efek samping.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa ramuan herbal bisa memiliki ketidakcocokan dengan obat-obatan. Pastikan agar Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter mengenai ramuan herbal dengan obat yang Anda konsumsi. 

2. Kelebihan Bahan-Bahan Herbal

Ramuan herbal sangat diminati oleh mayoritas dikarenakan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan obat biasa. Kelebihan bahan herbal yang paling menonjol adalah harganya yang cenderung lebih murah. Bahan herbal umumnya bisa didapatkan dengan mudah dari pasar tradisional, hingga toko daring. Apabila tertarik, Anda juga bisa menanam bahan herbal dengan mudah di halamn rumah Anda sendiri.

Bahan herbal juga dipercaya lebih aman untuk dikonsumsi oleh berbagai usia dikarenakan hampir tidak memiliki efek samping. Ramuan herbal lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh karena pada umumnya tidak dicampur dengan proses kimia lainnya. Kebanyakan dari ramuan herbal memiliki rasa yang sangat menyegarkan, oleh karena itu sangat cocok untuk Anda yang tidak mau mengonsumsi obat karena rasanya yang pahit.

3. Jenis Tanaman Herbal yang Banyak Digunakan dan Manfaatnya

Ada Banyak Tanaman Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh (Foto: Pixabay)

Ada Banyak Tanaman Herbal yang Bermanfaat Bagi Tubuh (Foto: Pixabay)

Ada banyak tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menjadi ramuan minuman yang menyehatkan dan beberapa sangat mudah didapatkan. Iklim tropis membuat tanaman herbal menjadi mudah untuk ditanam dan tubuh sumbur. Di bawah ini merupakan beberapa jenis tanaman herbal yang paling banyak digunakan beserta manfaatnya untuk tubuh Anda.

a. Jahe

Jahe adalah sebuah tanaman herbal yang sangat mudah untuk Anda dapatkan. Kegunaannya yang sangat beragam membuat popularitas tanaman jahe menjadi sangat tinggi. Dilihat dari segi medis, tanaman jahe memiliki senyawa yang bisa beraksi secara positif di dalam lambung untuk mengurangi mual dan meredam sakit maag. Selain itu tanaman jahe juga mampu untuk meredakan penyakit radang tenggorokan karena memiliki rasa yang sangat menyegarkan.

Jahe menjadi semakin diminati sejak virus corona mulai mewabah hingga Indonesia. Kelebihannya sebagai antioksidan dipercaya mampu untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan membantu untuk meningkatkan sistem imun Anda.

b. Kencur

Ada banyak yang tidak mengetahui bahwa kencur merupakan tanaman herbal yang masih termasuk ke dalam famili jahe. Tanaman kencur memiliki wangi yang sangat harum dan menyegarkan. Tidak hanya wanginya saja yang menarik, tanaman kencur juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda.

Tanaman kencur mampu untuk mengatasi seseorang yang menderita hipertensi beserta rematik. Selain itu tanaman kencur yang dibuat menjadi ramuan minuman bisa mengatasi gangguan tidur dan meringankan gejala stress.

Investasi Rumah dan Plus Minusnya

Investasi Properti

Investasi Rumah dan Plus Minusnya

c. Kunyit

Tanaman kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang sering juga dipakai sebagai bumbu masakan. Selain karena warnanya yang cerah dan menarik, rasa dari tanaman kunyit juga sangatlah unik. Tanaman kunyit memiliki manfaat yang sangat beragam bagi kesehatan.

Olahan tananaman kunyit bisa membantu untuk mengatasi penyakit disentri dan masalah pencernaan. Selain itu tanaman kunyit juga sangat baik untuk penderita penyakit jantung karena mampu untuk melancarkan peredaran darah.

d. Sereh

Daun sereh merupakan salah satu tanaman herbal yang juga sering digunakan sebagai bumbu dapur. Selain mampu untuk mebuat rasa masakan menjadi lebih sedap, daun sereh memiliki banyak kandungan mineral yang sangat baik bagi kesehatan.

Daun sereh memiliki kandungan vitamin B dan zat besi yang sangat tinggi. Olahan dari daun sereh mampu untuk menangkal radikal bebas. Daun sereh yang sudah diolah dan menjadi minyak bermanfaat untuk mengatasi sakit rematik dan kejang.

e. Echinacea

Echinacea merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara. Tanaman echinacea memiliki wangi yang menyegarkan sehingga orang senang untuk mengolahnya menjadi teh herbal. Echinacea memiliki kandungan yang mampu untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu tanaman ini juga sangat baik untuk penderita diabetes karena mampu untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Kandungan Herbal untuk Tingkatkan Imunitas

Cegah Penyakit Menular dengan Minuman Herbal (Foto: Pexels)

Cegah Penyakit Menular dengan Minuman Herbal (Foto: Pexels)

Tanaman herbal memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dikutip dari Best Health Magazine California, selain mampu untuk menjadi bumbu penyedap bagi makanan, tanaman herbal mampu untuk membantu tubuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Sejak zaman dahulu kala, praktek kesehatan tradisional sangat mengandalkan ramuan tanaman herbal. Hingga kini sudah ada banyak studi medis yang mampu menunjukkan banyaknya manfaat dari tanaman herbal.

Seiring dengan wabah virus corona yang semakin parah membuat tanaman herbal menjadi sangat diminati. Kandungannya yang natural sangat ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh dan aman untuk dikonsumsi oleh siapapun.

1. Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Minuman Herbal

Sangat Penting Untuk Menjaga Kebersihan Bahan Herbal (Foto: Pixabay)

Sangat Penting Untuk Menjaga Kebersihan Bahan Herbal (Foto: Pixabay)

Membuat minuman herbal merupakan sebuah tugas yang mudah. Selain bahan yang bisa dibeli dengan harga yang murah, tanaman herbal tidak memiliki banyak pantangan untuk membuatnya.

a. Kebersihan Bahan

Aspek paling penting yang harus diperhatikan saat membuat minuman herbal adalah bahan harus selalu dalam kondisi bersih. Pilihlah juga bahan yang terlihat masih segar dan tidak terlalu tua agar rasa dari minuman tersebut tetap segar.

b. Menggunakan Air Bersih

Dalam memasak ramuan herbal, gunakan selalu air bersih. Dengan menggunakan air bersih, kemungkinan terkontaminasi bakteri menjadi berkurang. Masaklah ramuan hingga benar-benar matang.

c. Segera Konsumsi Setelah Dibuat

Minuman herbal tidak memiliki daya tahan yang lama. Sebaiknya Anda langsung mengonsumsinya setelah selesai dibuat. Selain minuman tersebut masih hangat, wangi yang dikeluarkannya juga masih sangat segar.

Tip Rumah
Pastikan kebersihan dari bahan herbal yang akan digunakan terjamin untuk menghindari terjadinya kontaminasi dengan bakteri.

2.   12 Resep Minuman Herbal dan Manfaatnya

Teh Merupakan Minuman Herbal yang Disukai oleh Banyak Orang (Foto: Pexels)

Teh Merupakan Minuman Herbal yang Disukai oleh Banyak Orang (Foto: Pexels)

Ada banyak ragam minuman herbal yang bisa Anda buat sendiri selama Anda di rumah. Minuman herbal tersebut selain mudah untuk didapatkan, harga bahannya juga termasuk murah. Ikuti resep membuat minuman herbal beserta manfaatnya di bawah ini.

a. Teh Hijau

Dikutip dari Best Present Guide, minuman teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi atau disebut juga sebagai polifenol. Kandungan polifenol mampu untuk menyegarkan tubuh serta menumbuhkan rambut. Selain itu polifenol juga ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara membuatnya cukup mudah karena Anda tinggal menyiapkan serai dan jahe sebanyak 100 gram. Kupaslah keduanya dan rebus bersama daun teh hijau hingga mendidih. Saring dan minumlah setiap pagi setelah sarapan.

b. Wedang Secang

Salah satu minuman yang cocok diminum dingin ataupun panas. Dengan secara rutin mengonsumsi wedang secang bisa meningkatkan stamina sekaligus menghangatkan tubuh. Ramuan ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat Anda sedang flu atau demam karena sifatnya sangat menyegarkan.

Untuk membuat wedang secang, rebuslah kayu secang yang telah diserut sebelumnya. Campurkan kayu manis, kapulaga, daun sereh dan jahe agar rebusan wedang lebih menyegarkan. Anda juga bisa menambahkan gula merah agar rasanya menjadi lebih manis.

c. Serbat Asam Jawa

Asam merupakan bahan herbal yang sering dipakai sebagai bumbu masak. Rasanya yang unik membuat asam jawa sangat menyegarkan untuk dikonsumsi. Minuman herbal serbat asam jawa sangat ampuh untuk meredakan batuk yang sudah berkepanjangan. Selain itu juga minuman ini sangat cocok untuk membantu meredakan flu.

Serbat asam jawa cukup mudah untuk dibuat. Siapkan 10 gram asam jawa yang sudah dipotong dan dibersihkan. Seduh asam jawa dan rebuslah hingga matang. Campurkan dengan gula merah secukupnya dan minumlah saat masih panas.

d. Beras Kencur

Di dalam beras kencur terdapat banyak kandungan vitamin B. Ramuan beras kencur sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam dan meredakan alergi. Minuman beras kencur sangatlah diminati karena rasanya yang manis dan menyegarkan

Membuat minuman beras kencur siapkanlah 500 gram kencur dan 100 gram beras. Sediakan jeruk nipis dan cengkeh sebagai pelengkap. Rendam beras selama 4 jam kemudian tiriskan. Cuci dan kupaslah kencur hingga bersih kemudian tumbuk kencur tersebut bersama beras. Tambahkan cengkeh dan kayu manis, tumbuk kembali hingga halus. Rebus seluruh bahan dan tambahkan gula pasir. Tambahkan perasan jeruk nipis sebelum diminum.

e. Kunyit Asam

Minuman herbal kunyit asam sangat mudah dijumpai di mana saja. Memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit dan memperlancar diet membuatnya menjadi sangat diminati.

Cara membuat minuman kunyit asam juga cukup mudah. Siapkanlah beberapa buah kunyit, cuci hingga bersih. Rebuslah kunyit tersebut dengan air dan campurlah dengan dua sendok teh asam jawa. Tambahkan satu sendok teh gula jawa dan setengah sendok teh garam. Sajikan saat masih panas.

Ingin membangun rumah namun memiliki bujet yang terbatas? Simak videonya untuk mengetahui trik dalam membangun rumah dengan bujet minim.

f. Wedang Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan herbal yang sangat diminati di Indonesia. Selain aromanya yang khas, jahe juga memiliki rasa pedas yang nikmat. Minuman herbal jahe sangat ampuh untuk mengatasi pegal-pegal dan sariawan.

Untuk membuat wedang jahe, rebuslah 50 gram jahe dengan segelas air bersih. Campurkanlah rebusan dengan 30 gram gula merah. Habiskan wedang jahe sebelum dingin.

g. Wedang Temulawak

Tanaman temulawak sangat ampuh untuk mengatasi anak yang tidak nafsu makan. Ramuan temulawak juga terbukti efektif mengatasi gangguan pencernaan dan mengurangi kolesterol pada tubuh.

Untuk membuat wedang temulawak, sangrailah 100 gram temulawak yang sudah diiris halus bersama 50 gram kencur. Blender bersama dengan 40 gram asam jawa dan 10 gram jintan, tambahkan air sebanyak 100 ml. Setelah terblender dengan halus, rebuslah hingga mendidih. Tambahkan dengan gula aren dan daun pandan sesuai dengan selera.

h. Wedang Sereh

Selain untuk membuat masakan menjadi lebih nikmat, sereh juga bisa digunakan untuk menjadi ramuan herbal. Kandungan citronella yang terdapat di dalamnya ampuh untuk mengatasi masuk angin, demam dan pilek.

Cara membuat wedang sereh siapkanlah 3 batang sereh dan memarkan ujungnya. Rebus bersama 200ml air hingga mendidih dan masukkan 3 lembar daun jeruk. Tambahkan gula batu secukupnya dan minumlah selagi masih hangat.

i. Wedang Tahu

Minuman herbal wedang tahu memang tidak terlalu populer. Namun minuman herbal ini memiliki khasiat yang mampu untuk menambah nafsu makan dan menghilangkan batuk berdahak.

Untuk membuatnya, siapkanlah 200ml air dan rebuslah bersama jahe bakar. Tambahkan 1 sendok makan gula jawa dan gula batu ke dalam rebusan. Angkat rebusan, tambahkan dengan daun pandan dan tahu tofu yang lembut di dalamnya.

j. Jamu Jakutes

Jamu Jakutes merupakan minuman herbal yang menyegarkan. Campuran antara jahe, kunyit dan temulawak sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara membuatnya irislah 2 ruas jahe, kunyit dan temulawak. Geprek dan rebuslah seluruh bahan hingga mendidih. Tambahkan 1 batang sereh ke dalam rebusan. Sajikan hangat bersama madu.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Agar Tak Mudah Sakit

k. Bandrek

Minuman herbal ini berasal dari Jawa Barat. Khasiat utama dari bandrek adalah untuk melawan pertumbuhan sel kanker dan memiliki anti inflamasi. Bandrek juga bisa meringankan gejala batuk dan pilek.

Siapkan 1 ruas jahe merah yang sudah dibakar dan gepreklah. Rebus 100ml air dan masukkan jahe, gula jawa, kayu manis, cengkeh, sereh dan daun pandan. Tambahkan ke dalam rebusan gula batu secukupnya. Tuang ke dalam gelas dan tambahkanlah susu kental manis secukupnya.

l. Bir Pletok

Minuman bir pletok sangatlah digemari. Selain rasanya yang unik, bir pletok juga memiliki banyak kandungan bermanfaat di dalamnya. Bir pletok sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam dan diare.

Siapkanlah 1 ruas jahe, daun secang, kayu manis, dan kapulaga secukupnya. Rebuslah bersama air 100ml hingga mendidih. Tambahkan di dalamnya buah pala dan batang sereh untuk menambah rasa. Seduhlah ke dalam gelas dan Anda bisa menambahkan gula batu secukupnya sebagai tambahan.

Itulah 12 resep minuman herbal yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Semoga resep tersebut bisa membantu Anda untuk menangkal penyakit menular yang sedang mewabah saat ini. Selamat mencoba!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Rekomendasi 4 Hunian Nyaman Modern di Jakarta Barat

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan