13 Contoh Pertanyaan Interview Saat Melamar Kerja dan Tips Cara Menjawabnya

Persiapkan diri Anda untuk menjawab pertanyaan interview yang biasanya diajukan.
Interview

RumahCom – Hampir semua karyawan pernah menjalani tahap interview kerja sebelum resmi diterima di sebuah perusahaan. Di dalam sebuah interview, Anda mungkin menemukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang cerdas. Bukan tidak mungkin, pertanyaan interview terasa sedikit “menjebak”. Namun, dari situlah pewawancara bisa menilai karakter Anda.

Untuk meningkatkan kemungkinan diterima, tentu saja perkenalan diri Anda harus mengesankan. Penting untuk menjadi diri sendiri, percaya diri, serta tetap menunjukkan kerendahan hati saat menjalani interview. Untuk membantu Anda lebih sukses dalam melamar kerja, mari kita ulas beberapa hal berikut ini.

  1. Pertanyaan Interview Soal Pribadi
    1. Ceritakan tentang Diri Anda
    2. Alasan Anda dalam Memilih Jurusan Kuliah
    3. Apa Kekurangan dan Kelebihan Anda
    4. Apakah Ada Rencana untuk Melanjutkan Pendidikan
  2. Pertanyaan Interview tentang Pengalaman Kerja
    1. Alasan Keluar dari Perusahaan Sebelumnya
    2. Bagaimana Cara Anda Menyelesaikan Masalah
    3. Bagaimana Cara Anda Menghadapi Kritik
    4. Apa yang Anda Lakukan Jika Teman Satu Tim Melakukan Kesalahan
    5. Masalah Terbesar yang Anda Hadapi di Pekerjaan Sebelumnya
  3. Pertanyaan Interview Terkait Perusahaan yang Dilamar
    1. Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan
    2. Seberapa Besar Keinginan Anda Bekerja di Perusahaan
    3. Apa yang Bisa Anda Usahakan untuk Perusahaan
    4. Berapa Gaji yang Anda Harapkan
  4. Tips Menjawab Pertanyaan Interview dengan baik

Siapa bilang milenial susah beli rumah? Ikuti panduan di video ini untuk tahu caranya beli rumah di usia muda.

Pertanyaan Interview Soal Pribadi

Saat wawancara dimulai, kemungkinan perusahaan akan menanyakan tentang pribadi Anda terlebih dahulu. Ada yang memulainya secara santai, ada pula yang bertanya secara formal. Yang terpenting, Anda cepat beradaptasi dan melihat situasi untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan yang diminta oleh pewawancara.

Berikut adalah pertanyaan yang mungkin diajukan dan bagaimana cara menjawabnya.

1. Ceritakan tentang Diri Anda

Hindari bercerita tentang informasi dasar seperti usia, alamat, dan jawaban trivia lainnya. Jawab pertanyaan ini dengan informasi yang berkaitan dengan dunia kerja dan pribadi Anda secara profesional yaitu nama, pendidikan terakhir, pengalaman kerja secara singkat, atau di mana Anda bekerja sekarang lengkap dengan jabatannya.

Usahakan, jangan bertele-tele dan terlihat ragu saat menjawab. Selain jawaban yang tegas, keyakinan dan kepercayaan diri pun akan terlihat saat Anda menjawab pertanyaan interview.

2. Alasan Anda dalam Memilih Jurusan Kuliah

Pertanyaan ini bertujuan untuk mencari tahu lebih dalam mengenai passion Anda di dunia kerja. Tunjukkan kalau Anda benar-benar mencintai bidang yang digeluti dan hindari jawaban yang terdengar klise.

3. Apa Kelemahan dan Kelebihan Anda

Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah memberikan solusi untuk setiap kelemahan Anda. Artinya, Anda bisa mengukur kemampuan diri dan menjadi seorang problem solver.

Contoh jawaban yang baik adalah, “kelemahan saya adalah sifat saya yang pelupa, makanya saya selalu mencatat semua tugas di buku catatan yang saya bawa ke mana pun.” terdengar realistis dan cerdas.

4. Apakah Ada Rencana untuk Melanjutkan Pendidikan

Melalui pertanyaan ini, perusahaan ingin melihat apakah Anda tertarik untuk mengembangkan keahlian diri lebih jauh—baik itu melalui pendidikan formal atau nonformal. Anda beruntung jika bertemu dengan pewawancara yang mencoba akrab dan membuat sesi interview menjadi lebih santai. Dengan begitu, Anda tidak akan tegang dan lebih bisa mengatur diri untuk menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

Pertanyaan Interview tentang Pengalaman Kerja

Caption: Jawablah pertanyaan dengan singkat namun penuh percaya diri. (Foto: Wallpaperflare.com)

Jawablah pertanyaan dengan singkat namun penuh percaya diri. (Foto: Wallpaperflare.com)

Selanjutnya, Anda akan ditanya mengenai pengalaman, rencana, serta pandangan Anda mengenai dunia kerja. Di sini, integrasi Anda sebagai seorang pekerja dapat terlihat. Sebisa mungkin, jawab pertanyaan dengan positif tanpa menjelekkan pihak mana pun.

1. Alasan Keluar dari Perusahaan Sebelumnya

Jawaban positif seperti ingin belajar keahlian baru dan mencari tantangan kerja bisa memberikan reputasi baik bagi Anda. Ingat, meskipun memiliki pengalaman kurang baik di perusahaan sebelumnya, jangan ceritakan hal tersebut saat wawancara.

2. Bagaimana Cara Anda Menyelesaikan Masalah

Biasanya, pewawancara akan memberikan sebuah kasus dan bertanya apa yang Anda lakukan jika berada di posisi tersebut. Sering kali, perusahaan menginginkan karyawan yang cekatan dalam menyelesaikan masalah. Jadi, berikan jawaban yang praktis serta tidak terdengar sombong.

Jika dibutuhkan, Anda pun boleh bertanya mengenai batasan wewenang jika Anda sudah berada di dalam perusahaan. Jawaban tersebut bisa menjadi bahan untuk menjawab pertanyaan dengan baik.

3. Bagaimana Cara Anda Menghadapi Kritik

Salah satu sifat penting dalam dunia kerja adalah menerima kritik dengan hati terbuka agar bisa terus memperbaiki diri dan meningkatkan keahlian. Melalui pertanyaan ini, perusahaan ingin melihat kemampuan Anda menghadapi tekanan di tempat kerja.

4. Apa yang Anda Lakukan Jika Teman Satu Tim Melakukan Kesalahan

Bekerja dalam tim adalah salah satu kualitas penting saat bekerja di suatu perusahaan. Anda harus bisa bekerja sama dengan baik untuk mencapai tujuan pekerjaan. Tanggapan Anda terhadap pertanyaan ini bisa membuktikan kemampuan Anda bersikap profesional dalam tim.

5. Masalah Terbesar yang Anda Hadapi di Pekerjaan Sebelumnya

Ceritakan tentang masalah apa yang pernah Anda selesaikan bersama tim di pekerjaan sebelumnya. Di sini, Anda bisa menunjukkan kelebihan Anda terutama jika ada prestasi yang bisa diceritakan.

Penting untuk tetap fokus dan berkata jujur saat menjawab pertanyaan interview. Namun, bukan berarti Anda harus menutupi keadaan tentang pengalaman kerja sebelumnya. Jika dibutuhkan, pilih diksi yang normatif dan diplomatis saat harus menjelaskan tentang permasalahan yang pernah dialami di perusahaan sebelumnya.

Tip Rumah
Selain menabung dari gaji jika sudah diterima kerja, berinvestasi bisa jadi cara untuk mengumpulkan uang muka rumah.

Pertanyaan Interview Terkait Perusahaan yang Dilamar

Pelajari tentang perusahaan tempat Anda melamar sebelum menjalani interview kerja. (Foto: Needpix.com)

Pelajari tentang perusahaan tempat Anda melamar sebelum menjalani interview kerja. (Foto: Needpix.com)

 

1. Apa yang Anda Ketahui tentang Perusahaan

Jangan berangkat menuju tempat wawancara tanpa pengetahuan tentang perusahaan. Manfaatkan internet untuk mempelajari sejarah serta bidang usaha perusahaan agar Anda dianggap benar-benar tertarik untuk bekerja.

Pihak perusahaan akan sangat menghargai usaha Anda tersebut dan mungkin mempertimbangkan untuk menerima Anda sebagai karyawan.

2. Seberapa Besar Keinginan Anda Bekerja di Perusahaan

Biasanya, pewawancara meminta jawaban berupa skala antara 1 – 10 atau berapa persen keinginan Anda diterima bekerja. Jawab dengan jujur. Setelah sampai di tahap wawancara dan melihat lingkungan kerja, Anda pun harus bisa menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok untuk diperjuangkan.

3. Rencana Kerja Anda jika Diterima

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melakukan analisis singkat mengenai kebutuhan perusahaan. Agar terasa mudah, jawab pertanyaan sesuai porsi jabatan yang Anda lamar.

Sekali lagi, hindari jawaban klise seperti, “saya akan memajukan perusahaan” atau “saya akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan”. Pewawancara akan memberikan nilai lebih kalau Anda menjawab secara konkret dan praktis sesuai.

4. Berapa Gaji yang Anda Harapkan

Sebelum memberikan angka gaji yang diharapkan, Anda pun harus mengetahui standar perusahaan. Jangan memberikan angka yang terlalu jauh di atas, tetapi juga jangan menyerahkan jawaban kepada perusahaan.

Selain untuk mengetahui ekspektasi Anda terhadap perusahaan, pewawancara juga ingin melihat kemampuan Anda mengambil keputusan terpenting dalam melamar kerja. Tentu saja, besaran gaji menjadi salah satu faktor utama Anda melamar di posisi tersebut, bukan?

Banyak hal yang bisa dinilai pewawancara dari setiap jawaban yang Anda berikan. Pastikan Anda menjawab sesuai dengan pertanyaan dan tidak berbohong. Perlu diingat, kalau jawaban terasa salah dan Anda merasa tidak cocok dengan lingkungan perusahaan, mungkin memang lowongan pekerjaan tersebut bukan untuk Anda.

9 Tips Menabung Banyak. Gaji Minim Tak Masalah!

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

9 Tips Menabung Banyak. Gaji Minim Tak Masalah!

Tips Menjawab Pertanyaan Interview dengan Baik

Selain jawaban yang praktis, cerdas, dan percaya diri, banyak hal lain yang pewawancara nilai dari kehadiran Anda saat interview kerja. Di kesempatan inilah Anda bisa secara maksimal membuat pewawancara merasa bahwa kualitas dan keahlian Anda pantas untuk ada di perusahaan tempat Anda melamar. Berikut adalah beberapa tips interview yang perlu Anda perhatikan.

  1. Pakaian yang sesuai. Gunakanlah pakaian yang cocok untuk posisi yang Anda lamar.
  2. Sopan santun terhadap orang lain. Saat memasuki area kantor, bersikap ramahlah terhadap semua orang yang Anda temui.
  3. Jabatan tangan. Percaya atau tidak, kepribadian Anda bisa terlihat dari saat Anda berjabat tangan dengan sang pewawancara. Jabat tangan yang erat bisa menggambarkan kepercayaan diri, dan jabat tangan yang terlalu lemah bisa berarti Anda tidak terlalu percaya diri. Sementara itu, jabat tangan yang terlampau kuat bisa menunjukkan sifat agresif.
  4. Gestur tangan saat menjalani wawancara. Melipat tangan di depan dada menunjukkan bahwa ada hal yang Anda tutupi. Sementara itu, terlalu banyak menggerakan tangan saat berbicara bisa menggambarkan kegugupan Anda.
  5. Kontak mata dan komunikasi yang cukup. Saat wawancara, perusahaan ingin berbicara dua arah. Jadi, alih-alih hanya menjadi pendengar, cobalah untuk lebih komunikatif dalam menjawab serta ajukan pertanyaan jika diperlukan. Selain itu, jangan lupa lakukan kontak mata agar percakapan lebih bermakna.
  6. Tetap tenang dan tersenyum. Senyum merupakan bahasa tubuh yang berpengaruh pada kepercayaan diri dan mengubah ketegangan suasana menjadi lebih santai. Percayalah, tetap tersenyum saat menjalani wawancara kerja bisa meringankan kegugupan Anda.

Meskipun terdengar rumit, menjalani interview kerja tidaklah menakutkan. Jika Anda percaya diri dengan keahlian yang dimiliki, serta benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut, wawancara kerja akan terasa menyenangkan.

Yang tidak kalah penting adalah membuat rencana pengaturan keuangan saat Anda sudah diterima kerja. Sisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung agar Anda bisa segera membeli rumah impian. Semakin cepat dimulai, impian Anda memiliki rumah di usia muda pun akan semakin dekat. Semoga sukses!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Empat Apartemen Siap Huni Tangerang Selatan

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan