17 Desain Rumah Type 45 Berdasarkan Kebutuhan, Konsep, dan Tema

Bingung memilih desain rumah type 45 yang cocok untuk hunian baru Anda? 18 ragam pilihan desain rumah type 45, siap menginspirasi dan diaplikasikan langsung pada rumah Anda.
15 Ragam Pilihan Denah Rumah Minimalis
Pilih ragam denah rumah minimalis berdasarkan kumpulan dari RumahCom berikut ini. (Foto: pexels.com)

RumahCom – Desain rumah type 45 dengan berbagai gaya seperti minimalis masih menjadi dambaan banyak orang. Tak heran jika pihak pengembang menyesuaikan permintaan dengan menyediakan desain rumah type 45 dengan bermacam macam gaya. Mulai dari tipe perumahan, cluster, dan townhouse tersedia dengan kisaran harga murah sampai yang fantastis.

Lantas, alasan apa saja yang menyebabkan permintaan desain rumah type 45 minimalis ini tinggi? Ternyata ada keuntungan rumah type 45 yang mungkin banyak orang tidak ketahui. Selain pemanfaatan ruang atau luas lahan yang efektif, rumah minimalis biasanya akan menghabiskan anggaran yang lebih sedikit dalam aspek perancangan, pembangunan, dan perawatan dibandingkan dengan rumah besar. Kemudian, desain rumah type 45 minimalis juga dirasa lebih fleksibel karena denah rumah minimalis sengaja dirancang agar simple, efisien, dan efektif.

Dari pemaparan artikel ini, akan dipaparkan banyak referensi denah desain rumah type 45 untuk hunian idaman Anda:

  1. Desain Rumah Type 45
  2. Desain Rumah Type 45 Berdasarkan Kebutuhannya
    1. Desain Rumah Type 45 dengan 2 Kamar Tidur
    2. Desain Rumah Type 45 dengan 3 Kamar Tidur
    3. Desain Rumah Type 45 dengan 2 Lantai
    4. Desain Rumah Type 45 dengan Kolam Renang
  3. Konsep Desain Rumah Type 45
    1. Desain Rumah Type 45 dengan Konsep Terbuka
    2. Desain Rumah Type 45 dengan Konsep Narrow Lot House
    3. Desain Rumah Type 45 dari Jermey Gamelin
    4. Desain Rumah Type 45 dari Rishabh Kushwaha
    5. Desain Rumah Type 45 Minimalis
    6. Desain Rumah Type 45 Klasik
  4. Referensi Tema Desain Rumah Type 45
    1. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Zen
    2. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Light & Fun
    3. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Hardwood Floors
    4. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Mid-Century Modern
    5. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Industrial
    6. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Nautical
    7. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Farmhouse

Yuk, langsung saja simak pemaparan lengkapnya di bawah ini.

1. Mengenal Desain Rumah Type 45

Desain rumah type 45 dengan 2 kamar tidur adalah desain yang umum diterapkan. (Foto: pinterest.com)

Desain rumah type 45 dengan 2 kamar tidur adalah desain yang umum diterapkan. (Foto: pinterest.com)

Dengan luas yang cukup lega, Anda dapat memiliki desain rumah type 45 dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Ruang tamu dan keluarga dapat Anda jadikan spot favorit untuk menghabiskan waktu bersama saat bersantai di malam hari dan juga akhir pekan.

Selain itu, desain rumah type 45 yang cukup minimalis ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah teras atau taman mini di depan halaman rumah. Seperti contohnya daftar rumah di sentul di bawah 300juta ini.

2. Desain Rumah Type 45 Berdasarkan Kebutuhannya

Jumlah anggota keluarga biasanya memberikan dampak pada rencana penataan ruang. (Foto: pixabay.com)

Jumlah anggota keluarga biasanya memberikan dampak pada rencana penataan ruang. (Foto: pixabay.com)

Desain dari sebuah rumah biasanya didasarkan pada kebutuhan masing-masing pemilik. Ada Kalanya pemilik menambahkan ruang-ruang atau fasilitas untuk memenuhi kebutuhan papannya. Contohnya keluarga dengan dua orang anak tentunya membutuhkan tambahan dua kamar kamar agar lebih nyaman. Selain itu ada pula yang menginginkan kolam renang sebagai salah satu fasilitas untuk bersantai dan berolahraga. Berikut ini beberapa contoh desain rumah type 45 berdasarkan kebutuhannya.

a. Desain Rumah Type 45 dengan 2 Kamar Tidur

Desain rumah type 45 dengan 2 kamar tidur cocok untuk keluarga kecil (Foto: pinterest.com)

Merancang desain rumah type 45 haruslah memanfaatkan luas lahan yang ada hingga bangunan rumah bisa efektif. Bagi Anda yang berencana menikah dan membangun rumah sendiri, desain rumah type 45 minimalis dengan 2 kamar tidur bisa menjadi pilihan terbaik. Terlebih jika Anda belum berencana punya anak dalam waktu dekat, atau hanya ingin memiliki satu anak saja.

Pakai Jasa Desain Rumah Ternyata Menguntungkan dan Murah

Tips Rumah dan Apartemen

Pakai Jasa Desain Rumah Ternyata Menguntungkan dan Murah

b. Desain Rumah Type 45 dengan 3 Kamar Tidur

Desain rumah type 45 dengan 3 kamar tidur cukup ideal karena untuk mewujudkan rumah minimalis Anda (Foto: civilengdis.com)

Desain rumah type 45 dengan 3 kamar tidur cukup ideal karena untuk mewujudkan rumah minimalis Anda (Foto: civilengdis.com)

Seiring dengan bertambahnya usia dan jumlah anggota keluarga, permintaan desain rumah type 45 dengan 3 kamar tidur juga sangat diminati banyak orang saat ini. Adapun keinginan lainnya ialah hunian tetap terasa nyaman dan leluasa dalam beraktivitas walaupun dengan syarat jumlah kamar tersebut. Gambar desain rumah type 45 di atas bisa menjadi solusi yang cocok bagi Anda yang sedang mencari desain rumah type 45 dengan 3 kamar tidur.

Tip Rumah
Menggunakan jasa desain interior atau arsitektur untuk perancangan denah rumah dapat menjadi solusi tert membantu dalam mewujudkan hunian idaman Anda.

c. Desain Rumah Type 45 dengan 2 Lantai

Denah rumah minimalis ini menjadi ciri khas hunian di Toronto (Foto: yr-architecture.com)

Denah rumah minimalis ini menjadi ciri khas hunian di Toronto (Foto: yr-architecture.com)

Desain rumah type 45 menjadi pilihan tepat untuk jumlah anggota keluarga lebih dari tiga. Walaupun luas bangunan terlihat terbatas atau hanya 45 meter persegi, Anda tetap bisa merancangnya menjadi hunian yang ideal dan efektif dengan pemanfaatan denah rumah minimalis ini. Penempatan tangga dan dapur yang berada di sepanjang dinding, membuat rumah jadi terlihat seperti tidak ada ruang berlebihan atau terbuang.

d. Desain Rumah Type 45 dengan Kolam Renang

Denah rumah type 45 dengan menambahkan fasilitas kolam renang (Foto: lingkarwarna.com)

Denah rumah type 45 dengan menambahkan fasilitas kolam renang (Foto: lingkarwarna.com)

Jika Anda berfikir, rumah type 45 terlalu sempit dan tidak mungkin menambahkan fasilitas kolam renang, coba lihat dulu denah di atas. Dengan menambahkan fasilitas kolam renang, maka Anda bisa memiliki rumah type 45 dengan suasana nyaman untuk bersantai setiap saat.

Dengan pengaturan ruang yang efisien, lahan sisa yang berada di belakang rumah dapat dimanfaatkan menjadi kolam renang minimalis. Untuk menyiasati ukuran, Anda bisa memilih jenis kolam renang yang memanjang untuk lebih memaksimalkan lahan.

3. Konsep Desain Rumah Type 45

Menambahkan konsep desain pada sebuah rumah akan memberikan suasana berbeda dengan hunian lain. (Foto: pixabay.com)

Proses desain rumah type 45 tidak hanya terpaku kepada kebutuhan semata, namun biasanya pemilik rumah akan memasukkan karakter hunian sesuai dengan preferensi pemilik. Preferensi inilah yang nantinya akan diwujudkan dalam hunian berkonsep.

Salah satu konsep rumah yang cukup populer saat ini contohnya konsep rumah minimalis. Namun selain konsep minimalis, ada beberapa konsep desain rumah type 45 yang bisa Anda jadikan inspirasi.

a. Desain Rumah Type 45 dengan Konsep Terbuka

Denah rumah minimalis ini dapat Anda terapkan untuk luas bangunan rumah 54 meter persegi (Foto: desain rumah.co.id)

Bingung mau membuat konsep desain rumah type 45 seperti apa? Desain rumah type 45 dengan konsep terbuka seperti di atas mungkin bisa jadi inspirasi Anda. Denah tersebut dapat memberikan kesejukan dari alam. Desain rumah type 45 dengan konsep terbuka ini banyak menyediakan lahan kosong untuk taman dibandingkan konsep rumah lainnya.

Desain rumah type 45 dengan konsep ini juga dapat membuat koneksi antar anggota keluarga terasa lebih hangat dan dekat. Jika tertarik menerapkan konsep terbuka ini, Anda dapat memasang dekorasi seperti karpet sebagai penanda atau sekat pada area ruang

b. Desain Rumah Type 45 dengan Konsep Narrow Lot House

Denah rumah minimalis dengan 2 kamar tidur termasuk yang paling banyak dicari dan diaplikasikan pada rumah type 45. (Sumber: coolhouseconcepts.com)

Desain rumah type 45 dengan konsep narrow lot house sangat cocok untuk diterapkan di luas lahan yang terbatas, namun tetap menyediakan ruang garasi. Tidak perlu khawatir, dengan perancangan desain rumah type 45 yang simple seperti ini, Anda akan tetap mendapatkan berbagai ruangan fungsional sebagaimana hunian pada umumnya.

Sesuai dengan gambar denah rumah minimalis di atas, Anda akan memiliki 2 kamar tidur, 1 garasi, ruang tamu, tempat makan, 1 kamar mandi, dapur, ruang keluarga, dan sebuah taman kecil di depan halaman rumah.

c. Desain Rumah Type 45 dari Jermey Gamelin

Denah rumah minimalis ini dapat menjadi referensi terbaik jika Anda menginginkan kesan yang modern dengan pencahayaan yang natural (Sumber: conceptark.com)

Jermey Gamelin merancang desain rumah type 45 ini dengan tujuan memberikan nuansa tenang melalui cahaya dan lampu yang terang, tapi tetap terasa natural. Pencahayaan tersebut berasal dari taman kecil atau teras yang terpapar sinar matahari dan juga sirkulasi angin.

Di samping itu, meskipun ukuran rumah ini terlihat kecil, namun penempatan ruang tamu, ruang keluarga, dan tempat makan akan memberikan kesan luas dalam penggunaannya.

d. Desain Rumah Type 45 dari Rishabh Kushwaha

Denah rumah minimalis ini dapat menjadi referensi terbaik jika Anda menginginkan kesan yang modern dengan pencahayaan yang natural (Sumber: conceptark.com)

Desain rumah type 45 ini memberikan ruang terbuka dan luas antara ruang keluarga, dapur, dan tempat makan. Desain rumah type 45 ini juga memiliki 2 kamar tidur dengan luas yang cukup besar untuk memudahkan ruang gerak Anda dan keluarga. Jika Anda adalah pasangan yang baru saja menikah dan ingin segera memiliki hunian sendiri, desain rumah type 45 dari Rishabh Kushwaha ini bisa jadi referensinya.

e. Desain Rumah Type 45 Minimalis

Desain rumah type 45 minimalis menjadi solusi untuk efisiensi pemanfaatan ruangan ( sumber: lematou.org)

Dengan desain rumah type 45 minimalis  ini,  Anda bisa semakin fleksibel lagi dalam membangun hunian sesuai keinginan. Dengan desain tersebut, Anda dapat merancang halaman dan teras yang cukup luas dan asri. Selain itu, denah rumah minimalis seperti ini juga memungkinkan seluruh ruangan mendapatkan ventilasi udara yang baik dengan lebih banyak jendela.

f. Desain Rumah Type 45 Klasik

Ruang-ruang terasa lebih luas dengan denah rumah type 45 dengan model klasik.  (Foto: spaceupla.org)

Desain rumah type 45 kasik ini juga ideal untuk hunian dengan jumlah anggota keluarga lebih dari tiga. Selain 3 kamar tidur, Anda dapat memiliki beberapa ruangan yang cukup luas, nyaman, dan leluasa untuk aktivitas sehari-hari.

Selain itu, denah rumah klasik ini juga dapat menjadi referensi terbaik jika Anda menginginkan hunian dengan halaman yang luas dan asri. Dengan begitu, Anda dan keluarga dapat melakukan kegiatan di luar ruangan lebih sering lagi.

Dengan begitu banyaknya pilihan atau referensi, Anda dapat menyesuaikan dan memilih hunian yang layak dan sesuai dengan kebutuhan. Tak heran bila rumah type 45 banyak digandrungi masyarakat hingga saat ini.

Tip Rumah
Menggunakan jasa desain interior atau arsitektur untuk perancangan denah rumah dapat menjadi solusi tert membantu dalam mewujudkan hunian idaman Anda.

4. Denah Rumah Minimalis dengan Tema

Tema sebuah rumah biasanya merefleksikan kepribadian masing-masing penghuni.  (Foto: pixabay.com)

Tema sebuah rumah biasanya merefleksikan kepribadian masing-masing penghuni. (Foto: pixabay.com)

Denah rumah minimalis dapat disesuaikan dengan berbagai tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Bagi Anda yang menyukai warna-warna kalem dan hangat, rumah bergaya zen cocok untuk diterapkan, sedangkan untuk warna-warna terang dan semangat gaya light & fun akan lebih sesuai untuk dipilih. Berikut beberapa pilihan denah rumah minimalis dengan tema yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan karakter Anda.

a. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Zen

rumah minimalis Zen

Denah rumah minimalis bergaya zen ini memiliki kekuatan untuk menciptakan suasana tenang dan nyaman (Foto: https://thrivehomes.com.au/)

Denah rumah minimalis dengan gaya zen sangat cocok untuk Anda yang mendambakan suasana rumah yang terasa tenang, nyaman, dan menentramkan jiwa. Desain zen juga biasanya banyak digunakan di tempat meditasi seperti spa ataupun yoga.

Ciri khas dari gaya zen ini adalah warna-warna yang natural seperti putih, abu-abu, krem dan hijau. Warna-warna tersebut menciptakan nuansa relaksasi dan juga ketenangan.

Ingin punya rumah sendiri? Temukan aneka cerita yang menginspirasi seputar perjuangan wujudkan mimpi punya rumah sendiri hanya di Cerita Rumah.

b. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Light & Fun

rumah minimalis Light & Fun

Temukan ide baru dan segar dengan menciptakan denah rumah minimalis bergaya light & fun (Foto: http://www.home-designing.com/)

Rumah minimalis bergaya light and fun seperti ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda dan dinamis. Denah rumah minimalis dengan gaya ini dapat membantu Anda dalam menemukan inspirasi atau perspektif yang baru.

Untuk mewujudkannya, Anda dapat merancang denah rumah minimalis dengan pilihan warna yang kuat dan terang, serta dekorasi furnitur yang unik dan beragam.

c. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Hardwood Floors

rumah minimalis Hardwood Floors

Lantai kayu akan membuat ruangan lebih hangat dan menenangkan (Foto: http://www.home-designing.com/)

Desain rumah type 45 dengan aspek lantai yang berasal dari kayu menjadi tren menarik untuk diikuti. Selain memberikan kesan yang estetik dari coraknya, lantai kayu juga membuat Anda semakin betah berlama-lama di rumah.

Tidak hanya itu, bila dirawat dengan baik, lantai kayu dapat bertahan hingga 25 tahun bahkan lebih lama lagi. Salah satu perawatan yang perlu Anda lakukan ialah re-coating atau pengecatan ulang setiap 3 bulan sekali.

d. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Mid-Century Modern

rumah minimalis Mid-Century Modern

Gaya rumah minimalis dengan latar tahun pertengahan 1900-an ini terlihat sangat ikonik, namun tetap modern untuk diterapkan saat ini. (Foto: https://www.ayanahouse.com/)

Desain rumah type 45 dengan gaya mid-century modern ini memiliki ciri khas garis-garis halus, siluet yang simpel atau terasa sangat minimalis, dan kesan bentuk yang alami.

Banyak arsitek yang dalam perancangan denah rumah minimalis ini menggunakan cara-cara yang kreatif dan eksploratif, yakni dengan menggunakan material baru seperti cetakan plastik, lapisan kayu untuk lantai, hingga aluminium yang biasanya dipakai untuk desain industri.

e. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Industrial

rumah minimalis Industrial

Gaya rumah minimalis ini dapat memberikan kesan sederhana dan dewasa pada hunian Anda. (Foto: pinterest.com)

Desain rumah type 45 selanjutnya dapat menjadi referensi unik untuk diwujudkan pada hunian idaman Anda ialah konsep industrial. Rumah yang menerapkan konsep ini seakan menciptakan dimensi waktu lain ke era industri pada akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20.

Denah rumah minimalis dengan gaya industrial akan menekankan penggunaan baja terbuka dengan dinding dari batu bata. Gaya ini memang terinspirasi dari pabrik-pabrik industri yang memperlihatkan ruang besar dengan aksen material tembaga dan besi.

f. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Nautical

rumah minimalis Nautical

Denah rumah minimalis dengan gaya nautical banyak diterapkan pada hunian di pesisir pantai (Foto: https://www.coastalhomeplans.com/)

Konsep nautical ini seakan-akan memberikan nuansa Anda dan keluarga seperti sedang berlibur di pantai. Gaya rumah minimalis ini sering diminta oleh banyak orang dengan tujuan menciptakan suasana relaksasi atau menenangkan bagi penghuninya.

Pencahayaan rumah nautical berasal dari matahari yang alami. Gunakan unsur warna lautan dan pesisir pantai sehingga membuat Anda dan keluarga merasa nyaman dan betah berlama-lama di rumah.

g. Desain Rumah Type 45 dengan Tema Farmhouse

rumah minimalis Farmhouse

Gaya rumah minimalis ini terinspirasi dari bentuk rumah pertanian atau peternakan di Eropa, khususnya negara Jerman. (Foto: https://craft-mart.com/l)

Pada rancangan denah rumah minimalis yang satu ini, Anda dapat menggabungkan elemen tradisional dengan pendekatan modern pada desain interior ruang tamu dan ruangan lain yang digunakan. Kemudian, Anda juga dapat memberikan beberapa dekorasi lavender kering dan tanaman hijau lainnya dengan vas yang eksotik dan berwarna netral. Gaya rumah minimalis farmhouse ini cocok sekali untuk orang dewasa yang mendambakan ketenangan dan kesederhanaan.

Demikian ulasan lengkap seputar pilihan denah rumah minimalis yang dapat Anda pilih. Ingat, merancang denah rumah minimalis sangat penting untuk dilakukan sebagai persiapan Anda dalam memilih hunian terbaik.

Apakah Anda sedang mencari rumah idaman? Tips berikut ini dapat memberikan rekomendasi dan panduan yang tepat untuk Anda.

 

Dengan begitu banyaknya pilihan atau referensi, Anda dapat menyesuaikan dan memilih hunian yang layak dan sesuai dengan kebutuhan. Tak heran bila rumah type 45 banyak digandrungi masyarakat hingga saat ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Apartemen Mewah Terbaik di Jakarta Selatan

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan