15 Tanaman Obat Herbal Keluarga Ampuh Hilangkan Penyakit

Ketahuilah 15 tanaman obat herbal terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan penyakit.
Obat Herbal 1

RumahCom – Kesehatan adalah hal yang sangat mahal dan tidak bisa Anda beli dengan uang. Setiap orang tentunya ingin agar bisa terus sehat dan terhindar dari penyakit yang tidak menyenangkan. Untuk membuat tubuh tetap sehat maka Anda harus melakukan banyak hal yang positif seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat secara teratur. Dengan secara rutin untuk mengatur pola makan maka Anda bisa mengurangi kemungkinan untuk terserang penyakit.

Akan tetapi, tidak selamanya tubuh ini akan selalu sehat. Mungkin akan ada beberapa saat ketika Anda akan mengalami kondisi sakit dan membuat Anda tidak bisa beraktifitas secara normal. Tentunya Anda akan segera meminum obat untuk menghilangkan penyakit yang ada pada tubuh Anda. Akan tetapi, dengan meminum obat terlalu sering tentunya bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik. Salah satu cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan sakit adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis tanaman obat herbal. Agar Anda bisa lebih mengetahui tentang manfaat dari tanaman herbal maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Tanaman Obat Keluarga (Tanaman Toga) Adalah Obat Herbal Paling Digemari
  2. Cara Mengubah Lahan Kosong Menjadi Taman Hias Mini
  3. 5 Tanaman Obat Keluarga Herbal Rempah-Rempah dan Manfaatnya
    1. Jintan Hitam
    2. Kapulaga
    3. Jahe
    4. Kunyit
    5. Kencur
  4. 5 Tanaman Obat Keluarga Herbal Buah dan Daun beserta Manfaatnya
    1. Lidah Buaya
    2. Daun Seledri
    3. Daun Kelor
    4. Alpukat
    5. Belimbing
  5. 5 Tanaman Obat Keluarga Herbal Berbunga dan Manfaatnya
    1. Bunga Tapak Dara
    2. Bunga Telang
    3. Bunga Melati
    4. Bunga Lawang
    5. Bunga Rosella
  6. Untungnya Memiliki Tanaman Obat Herbal Keluarga di Rumah Sendiri

1. Tanaman Obat Keluarga (Tanaman Toga) Adalah Obat Herbal Paling Digemari

Tanaman herbal bisa menjadi sebuah pengganti yang baik dari obat. (Foto: Jamie Oliver)

Tanaman herbal bisa menjadi sebuah pengganti yang baik dari obat. (Foto: Jamie Oliver)

Dilansir dari Wikipedia, Tanaman herbal adalah sebuah tanaman yang mempunyai rasa dan wangi yang sangat unik. Sebelum manfaat dari tanaman herbal banyak diketahui biasanya orang memanfaatkan tanaman herbal sebagai bahan untuk menambah aroma dan rasa pada makanan atau minuman. Namun, banyak ahli dari Tiongkok berhasil menemukan manfaat lain dari tanaman herbal yang membuatnya menjadi sangat penting bagi perkembangan teknologi kesehatan saat ini.

Dalam istilah botani, tanaman herbal merupakan tanaman yang berukuran kecil dan tumbuh besar tanpa adanya batang kayu pada tanaman tersebut. Hampir seluruh bagian dari tanaman herbal bisa dimanfaatkan untuk menjadi berbagai produk kesehatan yang bisa bermanfaat bagi tubuh.

Di Indonesia, tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat seringkali disebut juga sebagai tanaman Toga atau tanaman obat keluarga. Tanaman obat keluarga merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang mempunyai khasiat sebagai obat-obatan dan membantu untuk menggantikan peran obat konvensional.

Tanaman obat herbal menjadi sangat diminati karena harga dari obat-obatan buatan pabrik yang cukup tinggi dan khasiatnya yang sangat ampuh sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk alternatif yang baik dan murah. Selain itu juga tanaman obat tradisional nyaris tidak mempunyai efek samping dan sangatlah berbeda dengan obat-obatan pabrik yang bisa berbahaya apabila terlalu sering untuk dikonsumsi.

Selain itu juga tanaman obat herbal menjadi diminati karena proses pembudidayaannya yang sangat mudah dan Anda bisa menanamnya hanya dengan menggunakan media pot saja tanpa harus memakan ruangan yang besar pada rumah Anda sendiri.

2. Cara Mengubah Lahan Kosong Menjadi Taman Hias Mini

Lahan yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk menjadi sebuah taman yang indah. (Foto: San Diego Home)

Lahan yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk menjadi sebuah taman yang indah. (Foto: San Diego Home)

Mempuyai sebuah lahan kosong pada rumah Anda adalah sebuah kesempatan yang tidak boleh Anda sia-siakan. Anda bisa memanfaatkan lahan yang kosong untuk berbagai bentuk aktivitas ataupun hobi Anda. Sama halnya apabila Anda mempunyai sebuah lahan kosong pada hunian apartemen Anda karena bisa Anda rubah untuk menjadi sebuah taman hias mini yang indah. Cek daftar apartemen 2 kamar tidur kisaran Rp300-Rp500 jutaan ini, yuk!

3. Lima Tanaman Obat Keluarga Herbal Rempah-Rempah dan Manfaatnya

Rempah selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan masak juga bisa dipakai untuk obat tradisional. (Foto: Natural Food Series)

Rempah selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan masak juga bisa dipakai untuk obat tradisional. (Foto: Natural Food Series)

Tanaman rempah mempunyai aroma yang sangat unik dan menyegarkan sehingga seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu masak yang bisa membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat. Selain bisa untuk bahan masak ternyata tanaman rempah mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Di bawah ini adalah 5 tanaman obat keluarga herbal rempah beserta manfaatnya:

1. Jintan Hitam

Tanaman jintan hitam atau seringkali dikenal sebagai habbatussauda mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Dilansir dari Alodokter, tanaman jintan hitam sangat membantu dalam proses pengobatan diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi hingga mengurangi kemungkinan untuk terserang kanker.

2. Kapulaga

Biji kapulaga atau disebut dalam dunia kuliner sebagai green cardamon adalah salah satu rempah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kapulaga, terutama kapulaga hijau sangat baik bagi saluran pencernaan. Di dalam kapulaga terdapat kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bisa membantu untuk melancarkan proses buang air besar Anda.

3. Jahe

Tanaman jahe sudah dikenal sejak lama dan dimanfaatkan sebagai obat karena tanaman jahe adalah salah satu antioksidan alami terbaik bagi tubuh. Tanaman jahe sangat baik untuk mengatasi masalah dan penyakit pada pencernaan. Selain itu juga jika secara rutin mengonsumsi jahe maka bisa mengurangi risiko terserang penyakit kanker.

Jangan ragu untuk membeli sebuah rumah! Simak video berikut untuk mempelajari hal yang harus Anda perhatikan tentang pengembang perumahan.

4. Kunyit

Salah satu rempah yang paling sering digunakan untuk bumbu masak ini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Kunyit mempunyai kandungan yang bisa mengencerkan darah dan menghancurkan kolesterol yang ada pada tubuh Anda.

5. Kencur

Kencur sangat disukai karena baunya yang khas dan bisa diolah menjadi minuman beras kencur yang sangat menyegarkan. Kencur bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang ampuh karena bisa meredakan flu dan batuk sekaligus menyegarkan saluran pernapasan Anda.

Tip Rumah
Konsumsilah tanaman herbal seperti kunyit dan jahe secara rutin untuk membuat tubuh Anda menjadi lebih segar dan sehat.

4. 5 Tanaman Obat Keluarga Herbal Buah dan Daun Beserta Manfaatnya

Ada banyak daun dan buah yang mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. (Foto: Almanac)

Ada banyak daun dan buah yang mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh. (Foto: Almanac)

Tidak kalah dengan rempah, ternyata ada beberapa tanaman obat keluarga herbal dari kategori buah dan daun yang mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda. Buah-buahan bisa Anda konsumsi secara langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu seperti rempah dan dedaunan herbal. Di bawah ini adalah beberapa pilihan tanaman herbal buah dan daun yang baik bagi tubuh:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai rasa yang menyegarkan dan seringkali dicampurkan ke dalam minuman untuk menambah keunikan dari rasa minumannya. Tanaman lidah buaya mempunyai manfaat yang baik untuk kulit dan mampu untuk mencegah penuaan dini. Selain itu juga, tanaman lidah buaya bisa menjadi obat yang tepat bagi para penderita diabetes.

2. Daun Seledri

Apabila Anda mempunyai masalah tekanan darah tinggi maka Anda bisa mengonsumsi daun seledri dengan mencampurkannya pada makanan Anda. Tanaman daun seledri terbukti ampuh dalam menurunkan tekanan darah dan tensi bagi orang yang menderita hipertensi.

Baca Juga: Metode Cara Menanam Bawang Merah di Rumah Tanpa Repot

3. Daun Kelor

Daun kelor merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak dipakai sebagai bentuk pengobatan kanker dan mencegah agar Anda tidak mudah untuk terserang penyakit. Daun kelor ini meskipun cukup sulit untuk ditemui namun manfaatnya tidak bisa dibandingkan dengan tanaman herbal yang lainnya.

4. Alpukat

Buah alpukat mempunyai rasa yang segar dan manis. Selain rasanya yang nikmat, ternyata buah alpukat juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat dari mengonsumsi buah alpukat secara rutin adalah mampu untuk mencegah penyakit jantung dan bisa mengurangi risiko terserang diabetes.

5. Belimbing

Apabila Anda mempunyai masalah terhadap berat badan maka Anda bisa secara rutin mengonsumsi buah belimbing. Tidak hanya itu saja, buah belimbing juga bisa untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah penyakit diabetes datang sejak dini.

5. Lima Tanaman Obat Keluarga Herbal Berbunga dan Manfaatnya

Selain bentuknya yang menarik ada beberapa bunga yang mempunyai manfaat bagi tubuh. (Foto: Steemit)

Selain bentuknya yang menarik ada beberapa bunga yang mempunyai manfaat bagi tubuh. (Foto: Steemit)

Siapa yang pernah menyangka bahwa ternyata ada beberapa jenis tanaman bunga yang mempunyai manfaat bagi tubuh. Di bawah ini adalah beberapa tanaman obat keluarga herbal dari bunga beserta manfaatnya bagi tubuh:

1. Bunga Tapak Dara

Mesikpun jarang didengar, bunga tapak dara mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh kita. Bunga ini bermanfat sebagai penghilang stress dan bisa membantu tubuh Anda dalam berelaksasi. Selain itu juga apabila dicampur dan diseduh bersama teh dan madu maka bisa mengatasi demam tinggi yang berkepanjangan.

2. Bunga Talang

Bunga talang adalah sebuah bunga yang mempunyai warna biru keungu-unguan dan bisa dijadikan ekstrak dan mempunyai manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat bunga talang adalah bisa untuk memicu dan meningkatkan daya ingat Anda sehingg sangat cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sering mengalami lupa. Selain itu juga ekstrak bunga talang bisa untuk meringankan depresi seseorang karena mempunyai kandungan yang bisa menenangkan perasaan.

Tips Beli Rumah Lelang Bank BTN

Membeli Rumah, Ruko dan Properti Lainnya

Tips Beli Rumah Lelang Bank BTN

3. Bunga Melati

Selain memiliki bentuk yang menarik dan wangi yang menyegarkan ternyata ekstrak dari bunga melati juga ampuh untuk mengatasi beberapa penyakit. Ekstrak bunga melati bisa dimanfaatkan untuk mengatasi demam tinggi dan sakit kepala berkepanjangan. Selain itu juga apabila dikonsumsi secara rutin maka bisa mengatasi sakit gigi dan infeksi pada rongga mulut.

4. Bunga Lawang

Bunga lawang atau dikenal juga sebagai pekak murupakan salah satu bunga yang umum dipakai dalam bumbu masak. Bunga lawang mempunyai manfaat untuk meredakan flu sekaligus mengatasi insomnia yang berkepanjangan.

5. Bunga Rosella

Bunga rosella umumnya dicampur ke dalam seduhan teh panas dan madu. Dilansir dari Detik Health, hasil ekstrak dari bunga rosella sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol di dalam tubuh dan menjadikannya sangat baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang ingin melakukan diet.

6. Untungnya Memiliki Tanaman Obat Herbal Keluarga di Rumah Sendiri

Tanaman herbal bisa tumbuh dengan mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. (Foto: Gardener’s Supply)

Tanaman herbal bisa tumbuh dengan mudah dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit. (Foto: Gardener’s Supply)

Mempunyai tanaman obat herbal di rumah Anda adalah salah satu hal yang sangat baik. Anda bisa dengan mudah memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang Anda punya agar bisa langsung Anda olah sendiri menjadi obat-obatan. Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan lahan yang tidak terpakai pada rumah Anda dengan menanam tanaman obat dan membuat suasana rumah Anda akan terlihat lebih asri dan menyegarkan.

Itulah beberapa jenis tanaman obat herbal keluarga yang bisa ampuh untuk menghilangkan penyakit. Dengan secara rutin untuk mengonsumsi tanaman herbal maka tubuh Anda akan jauh lebih sehat dan segar. Selain itu juga Anda tidak akan mudah untuk terserang penyakit yang berbahaya. Selamat mencoba.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rekomendasi Properti Keluarga Di Jakarta Barat

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan