15 Usaha Online yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Tertarik melakukan usaha online karena Anda tidak harus pergi ke kantor tiap hari? Berikut ini 15 ide usaha online yang bisa Anda kerjakan di rumah.
Usaha Online Foto Utama

RumahCom - Mengenai ide memulai bisnis, kebanyakan orang akan merasa enggan soal permodalan, lalu mundur untuk berbisnis. Padahal, membangun usaha tidak harus dengan modal besar. Anda bisa memulai usaha yang bisa dikerjakan di rumah tanpa modal besar. Salah satunya adalah dengan memulai usaha online

Bisnis ini dijalankan secara online, dengan menggunakan koneksi internet dan perangkat komputer atau perangkat mobile. Hanya bermodalkan laptop, ponsel, dan perangkat yang dapat terhubung ke internet, Anda bisa mengendalikan usaha di rumah sambil mengurus rumah, keluarga, dan anak-anak.

Usaha online saat ini sudah menjadi jenis usaha baru. Banyak keuntungan yang bisa didapat ketika mengelola bisnis online karena peluang usaha ini dapat dilakukan oleh siapapun, di manapun, dan kapanpun. Anda tidak perlu menjadi pekerja kantoran dan tidak harus menghadapi kemacetan setiap hari. Dengan demikian, Anda bisa mengatur waktu bekerja dan lebih dekat dengan keluarga.

Mengingat keuntungan tersebut, mengapa Anda tidak mencoba memulai usaha online sendiri di rumah? Artikel berikut ini akan membahas:

  1. Alasan Usaha Online Bisa Bantu Keuangan Rumah
    1. Meningkatkan DP Rumah
    2. Menambah Penghasilan Rumah Tangga
    3. Memiliki Dana untuk Keperluan Tak Terduga
    4. Menabung untuk Rumah Kedua
  2. 15 Peluang Usaha Online di Rumah
    1. Dropshipper
    2. Menjadi reseller
    3. Menjadi vlogger atau blogger
    4. Penulis freelance
    5. Affiliate marketing
    6. Berjualan online
    7. Social media manager
    8. Internet researcher
    9. Tutor kursus online
    10. Menyewakan rumah secara online
    11. Membuat dan menjual produk informasi
    12. Menjual stok foto
    13. Desainer website dan aplikasi
    14. Desainer grafis
    15. Penerjemah
  3. Cara Memulai Usaha Online di Rumah

Alasan Usaha Online Bisa Bantu Keuangan Rumah

Salah satu keuntungan usaha online adalah bisa membantu keuangan keluarga. (Foto: Pexels)

Salah satu keuntungan usaha online adalah bisa membantu keuangan keluarga. (Foto: Pexels)

Memiliki usaha online bisa menjadi solusi praktis bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Selain bisa mengurus anak, Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Seperti dilansir dari Kompas.com, dengan kepercayaan yang meningkat dari para pelanggan, bisnis Anda bisa terus melesat. Tertarik?

Berikut ini alasan usaha online bisa membantu keuangan keluarga.

1. Meningkatkan DP Rumah

Salah satu syarat membeli rumah secara KPR adalah membayar down payment (DP) atau uang muka. Membayar DP adalah hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, karena jumlah minimal DP biasanya cukup besar, yaitu 10% hingga 20% dari nilai rumah yang akan dibeli.

Dengan memiliki penghasilan tambahan dari usaha online, Anda bisa menabung lebih banyak sehingga bisa meningkatkan DP rumah. Semakin besar DP yang Anda bayar, maka akan semakin kecil cicilan yang Anda bayar per bulan. Jangka waktu untuk mencicil pun lebih pendek. Dengan demikian, impian memiliki rumah idaman jadi semakin dekat dan nyata.

2. Menambah Penghasilan Rumah Tangga

Dengan memiliki usaha online, Anda pun bisa memiliki penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan tersebut tentu saja akan berdampak baik bagi keuangan keluarga. Ketika keuangan keluarga lebih kuat dan sehat, Anda bisa lebih leluasa dalam mengatur bujet.

3. Memiliki Dana untuk Keperluan Tak Terduga

Dengan memiliki penghasilan baru dari usaha online, Anda bisa memiliki dana tambahan untuk keperluan yang tidak terduga. Jika ada kebutuhan mendesak yang membutuhkan dana besar seperti renovasi rumah dan biaya rumah sakit, Anda bisa menggunakan dana yang didapatkan dari usaha online.

4. Menabung untuk Rumah Kedua

Jika Anda berniat membeli rumah kedua dengan cara tunai, ada dana besar yang harus dipersiapkan. Jika usaha online sudah berkembang, penghasilan Anda bisa ditabung untuk membeli rumah kedua.

Trik Menabung DP Rumah Dalam 12 Bulan

Berita Properti

Trik Menabung DP Rumah Dalam 12 Bulan

15 Peluang Usaha Online di Rumah

Usaha online bisa disesuaikan dengan minat dan keahlian Anda. (Foto: Pexels)

Usaha online bisa disesuaikan dengan minat dan keahlian Anda. (Foto: Pexels)

Ada banyak peluang usaha online yang bisa disesuaikan dengan minat dan keahlian Anda. Simak beberapa contoh berikut ini.

1. Dropshipper

Menjadi dropshipper berarti Anda bisa berjualan melalui toko online atau e-commerce, tetapi tidak memproduksi barang atau tidak memiliki stok produk. Metode ini memungkinkan penjual tidak melakukan proses produksi dan pengiriman barang. Penjual hanya perlu memajang produk dan melayani pemesanan. Proses pengiriman akan dilakukan oleh supplier. Keuntungan berjualan dengan sistem dropship antara lain tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai usaha, tidak membutuhkan stok, tidak membutuhkan biaya operasional, dan bisa dilakukan dari mana saja.

2. Menjadi reseller

Menjadi reseller berarti Anda menjualkan produk orang lain. Berbeda dengan dropshipper, Anda harus memiliki stok barang untuk dijual. Tentukan produk yang ingin Anda jual dan sebaiknya merupakan produk yang Anda pahami. Carilah produsen yang memberikan harga termurah agar margin keuntungan lebih besar.

3. Menjadi vlogger atau blogger

Jika Anda merupakan orang yang kreatif dengan cerita dan ide, bagikan hal tersebut melalui blog atau vlog. Jadikan blog sebagai bisnis dengan mempertahankan tema yang menarik dan mem-posting konten secara teratur. Tema yang bisa dipilih contohnya kecantikan, tren gadget, wisata, atau tips perjalanan.

4. Penulis freelance

Penulis freelance biasanya mendapatkan honor berdasarkan artikel yang dipublikasikan. Semakin banyak artikel yang Anda tulis dan dipublikasikan, maka semakin banyak honor yang Anda terima. Dengan meningkatnya permintaan untuk konten website, menjadi penulis freelance menjadi salah satu pekerjaan yang menguntungkan.

5. Affiliate marketing

Affiliate marketing pada umumnya merupakan sebuah praktik di mana Anda bekerja sama dengan penjual barang, produk, atau jasa. Anda mereferensikan bisnis atau produk dari sebuah perusahaan, kemudian perusahaan akan membayar komisi kepada Anda karena telah mengiklankan produknya.

6. Berjualan online

Dengan semakin berkembangnya e-commerce dan marketplace, peluang usaha untuk berjualan online semakin terbuka lebar. Jika Anda memiliki produk tertentu, cobalah memasarkan produk Anda di marketplace karena dengan berjualan online, Anda bisa mengelola toko Anda di rumah.

Tip Rumah
Jadilah kreatif agar usaha yang Anda jalankan memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pengusaha lain.

7. Social media manager

Tugas social media manager umumnya adalah membantu bisnis kecil atau menengah mengelola media sosial. Pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan kekuatan media sosial akan membayar Anda untuk mengurus akun media sosial sehingga dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

8. Internet researcher

Publikasi online membutuhkan seseorang untuk memeriksa fakta informasi yang dibagikan. Namun, menemukan informasi yang benar dan relevan membutuhkan banyak waktu, sehingga banyak pebisnis, akademisi, pengacara, pendidik, dan lain-lain membutuhkan orang lain untuk melakukannya. Saat itulah internet researcher diperlukan untuk meneliti tiap fakta dan informasi yang terdapat di internet.

9. Tutor kursus online

Jika Anda memiliki keahlian mengenai suatu topik tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi tutor kursus online. Apalagi jika Anda memiliki pengalaman mengajar, Anda bisa berbagi materi pelajaran di situs kursus online di Indonesia.

10. Menyewakan rumah secara online

Menyewakan properti secara online melalui marketplace penginapan adalah peluang potensial untuk mendapatkan uang dari rumah atau ruangan Anda yang tidak terpakai. Anda dapat mengubah kamar yang selama ini menganggur menjadi semacam kamar hotel yang bisa disewa oleh para turis. Jika rumah Anda dekat dengan lokasi wisata, potensinya akan semakin besar.

11. Membuat dan menjual produk informasi

Anda bisa membuat produk berupa buku, ebook, video, atau audio yang berisi panduan atau informasi yang berguna. Misalnya produk video fitness yang berisi panduan gerakan olahraga, atau ebook berisi resep populer, dan lainnya.

12. Menjual stok foto

Peluang menjual stok foto cocok bagi Anda yang menggemari fotografi. Alasannya karena tidak semua orang bisa memotret dengan bagus, tetapi menyewa fotografer juga tidak murah. Solusinya, orang-orang membeli lisensi foto royalty-free, yang bisa digunakan untuk keperluan apapun setelah satu kali membeli lisensinya.

13. Desainer website dan aplikasi

Menjadi desainer website dan aplikasi berarti Anda bertugas merancang aplikasi dan tampilan sebuah website. Anda juga membuat tampilan halaman aplikasi website yang dinamis dan user friendly agar para pengunjung dapat berinteraksi dengan semua elemen yang ada dalam website dengan baik.

14. Desainer grafis

Jika Anda memiliki kemampuan menggambar atau mendesain, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut menjadi sumber penghasilan. Menjadi desainer grafis bisa dilakukan di rumah dengan cara mendapatkan proyek dari website penyedia jasa desain.

15. Penerjemah

Pekerjaan online selanjutnya yang bisa dikerjakan di rumah adalah menerjemahkan dokumen. Manfaatkan keahlian Anda di bidang bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Korea, bahasa Prancis, dan lain-lain dengan menjadi seorang penerjemah.

Baca juga: 6 Trik Betah Berkantor Di Rumah

Cara Memulai Usaha Online di Rumah

Memulai bisnis yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan menjadikan hobi Anda sebagai bisnis. (Foto: Pexels)

Memulai bisnis yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan menjadikan hobi Anda sebagai bisnis. (Foto: Pexels)

Memulai usaha online di rumah membutuhkan tekad dan kesungguhan. Berikut ini langkah-langkah memulai usaha online di rumah, seperti yang dilansir dari Simply Business.

  • Memulai usaha yang paling menyenangkan adalah menjadikan hobi Anda sebagai bisnis. Hobi bisa mengalirkan pundi-pundi uang dan menjadi sumber pendapatan.
  • Perkenalkan bisnis Anda kepada teman-teman saat reuni, acara pernikahan, dan lain-lain.
  • Atur strategi dengan cara melihat pasar untuk produk atau jasa yang akan Anda Hitung biaya atau modal yang harus dikeluarkan, dari mana sumber modal, berapa harga umum, dan tren apa yang sedang berkembang.
  • Promosikan usaha Anda kepada teman, keluarga, dan komunitas yang mempunyai hobi yang sama.
  • Membuka akun di marketplace dan membuat akun media sosial.
  • Memperluas jaringan akan membuat Anda dapat belajar lebih banyak hal, mengetahui karakter konsumen, dan lebih mudah dalam memperkenalkan produk Anda.
  • Dapatkan legalitas hukum dengan cara mempunyai NPWP untuk mengurus pajak atau mendapatkan nomor P-IRT jika bisnis Anda berkaitan dengan makanan.

Ingin mengajukan KPR untuk mendapatkan pembiayaan membangun rumah? Simak informasi lengkap di video ini.

 

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

AreaInsider

Informasi mendalam seputar area pencarian properti

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Perumahan Mewah Strategis Kawasan Jakarta Barat

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan