17 Ide Memulai Usaha Kecil dan Menguntungkan

Memulai usaha tak perlu bermodalkan dalam jumlah yang besar. Dengan ide-ide usaha kecil di bawah ini, Anda bisa meraup keuntungan besar dan dapat dilakukan hanya dari rumah saja atau secara online.
Memulai Usaha
Ide-ide dengan potensi besar untuk memulai usaha kecil. (Foto: forbes.com)

RumahCom - Memulai usaha dari awal memang bukan perkara mudah karena dibutuhkan tekad dan kemauan belajar yang kuat. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa meraih bisnis impian Anda. Ada banyak keuntungan ketika kita berhasil membangun bisnis sendiri. Salah satunya adalah kemampuan finansial kita untuk bisa beli properti rumah impian.

Kendala yang selalu menjadi alasan utama untuk ragu memulai usaha sendiri adalah modal. Banyak di antara kita beranggapan bahwa berbisnis haruslah memiliki modal yang besar. Padahal dalam kenyataannya, bisnis kecil-kecilan pun bisa menjadi peluang memulai usaha. Asalkan usaha yang dilakukan memiliki potensi besar di pasaran dan mampu bersaing, maka Anda bisa meraup keuntungan dan uangnya bisa dibelikan properti seperti beli rumah.

Sebelum melihat ide-ide apa saja yang bisa Anda terapkan untuk memulai usaha kecil, pembahasan pada artikel ini akan terbagi menjadi beberapa poin sebagai berikut:

  1. Mulai Usaha dengan Jeli Baca Peluang
  2. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Buka Jasa Laundry
  3. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Buka Toko Kelontong
  4. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Fotokopi dan Printer
  5. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Buat Aksesoris Wanita
  6. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Katering Rumahan
  7. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Daur Ulang
  8. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Jual Pulsa
  9. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Produksi Camilan
  10. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Custom Case Smartphone
  11. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Budidaya Ikan Hias
  12. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Paid Promote Instagram
  13. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Jual Beli Motor Bekas
  14. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Jadi Seorang Copywriter
  15. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Menjadi Microstack
  16. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Jual Properti
  17. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Penyewaan Perlengkapan Fotografi
  18. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Buat Tema WordPress dan Menjualnya

Daripada menunggu lagi, simak ulasan lengkapnya berikut ini, yuk.

Mulai Usaha dengan Jeli Baca Peluang

Memulai Usaha

Memulai usaha dengan jeli membaca peluang yang ada. (Foto: providesupport.com)

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, peluang usaha saat ini semakin beragam. Melalui sistem online, proses penjualan semakin efektif bagi Anda dalam menarik calon pembeli. Berbagai usaha seperti jual beli rumah bisa dilakukan secara online dan tetap terpercaya.

Meskipun Anda baru mau terjun ke dunia bisnis, Anda tidak perlu takut untuk memulainya. Berikut adalah beberapa tips dalam memulai usaha:

  • Memfokuskan diri pada satu peluang saja agar seluruh ide dan pikiran bisa lebih terarah dan susunlah rencana usaha dengan sebaik-baiknya.
  • Untuk mendapatkan investor, sebaiknya Anda menguasai usaha yang akan dijalankan agar terlihat lebih meyakinkan.
  • Pilih usaha di bidang yang Anda sukai, sebab dengan melakukan hal yang Anda suka menjalankannya bisa dengan sepenuh hati.
  • Melihat peluang pasar apakah produk yang akan Anda pasarkan memiliki potensi di masa mendatang.
  • Mau belajar dan menerima saran dari orang lain agar bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukan mereka.
  • Sebagai seorang pengusaha haruslah pintar-pintar mengelola keuangan dan selalu lakukan pencatatan keuangan dengan baik.
  • Jangan pernah menyerah ketika gagal, itulah waktu yang tepat untuk Anda belajar.

Setelah mengetahui berbagai tips dalam menjalankan usaha, kini waktunya Anda untuk mencari ide-ide yang tepat. Beberapa ide berikut mungkin bisa membantu Anda menentukan usaha mana yang cocok.

1. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Buka Jasa Laundry

Zaman sekarang, semua orang ingin hidup serba praktis. Tak heran bila permintaan layanan mencuci dan menyetrika pakaian pun semakin meningkat. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan indekos, di mana kebanyakan yang tinggal adalah karyawan dan mahasiswa.

Cukup dengan modal mesin cuci, setrika, deterjen, timbangan, dan pewangi Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, tetapi bisa dapat keuntungan yang cukup menggiurkan.

2. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Buka Toko Kelontong

Memulai Usaha

Usaha kecil di rumah dengan membuka warung. (Foto: techinasia.com)

Meskipun saat ini sudah banyak minimarket atau supermarket, tapi toko kelontong ataupun warung sembako masih tetap dibutuhkan masyarakat. Toko kelontong memiliki daya tarik sendiri, di mana biasanya harganya relatif lebih murah dan kemudahan masyarakat untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Kalau di rumah Anda jarang ditemukan warung atau toko kelontong, coba untuk membukanya sebagai peluang, ya.

3. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Fotokopi dan Printer

Kalau Anda punya komputer dan printer nganggur di rumah, cobalah untuk memanfaatkannya sebagai modal usaha. Target pasarnya pun beragam, bisa dari karyawan yang tinggal di sekitar rumah Anda ataupun mahasiswa dan anak sekolah.

Anda tidak memerlukan mesin fotokopi yang besar, cukup miliki printer yang memiliki fitur fotokopi dan scan. Jika usaha semakin berkembang, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai perusahaan yang membutuhkan jasa untuk cetak dokumen.

4. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Buat Aksesoris Wanita

Memulai Usaha

Membuat pernak-pernik serta aksesoris adalah usaha kecil rumahan. (Foto: dresses2019.com

Keterampilan tangan dan kreativitas adalah sesuatu yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Anda bisa membuat pernak-pernik perhiasan seperti gelang, bando, syal, dan yang lainnya. Tapi sebelum memulainya, ada baiknya Anda mencari penyedia bahan bakunya terlebih dahulu, supaya produk yang Anda tawarkan harganya bisa bersaing dengan yang lainnya.

5. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Katering Rumahan

Membuka usaha katering adalah salah satu ide usaha yang cocok bagi Anda yang pintar memasak. Usaha ini tidak akan pernah ketinggalan zaman karena masyarakat pastinya membutuhkan jasa katering. Prospeknya juga cukup berkembang, Anda bisa memasarkannya di saat ada pesta ulang tahun dan pernikahan.

Saat ini, di kantor-kantor juga banyak karyawan yang suka memesan katering, ketika mereka sibuk dan tidak sempat membeli makanan di luar. Modal yang dibutuhkan juga terjangkau seperti kompor, gas, bahan baku masakan, kotak makanan, dan rice cooker. Coba untuk menargetkan pasaran di sekitar lingkungan rumah dulu ya, seperti ke para tetangga.

6. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Daur Ulang

Sampah memang menjadi masalah lingkungan yang sangat serius. Tapi siapa sangka dibalik tumpukan sampah tersebut, Anda bisa menjadikannya sumber “emas.” Ada beberapa jenis sampah yang bisa didaur ulang kembali seperti kaleng minuman, sisa kain, dan aneka plastik.

Produk daur ulang yang Anda hasilkan tidaklah harus menjadi produk yang sama. Dilansir dari Beauty Harmony Life, Anda bisa mengubah jenis-jenis sampah di atas menjadi beberapa kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Misalnya saja sampah bungkus deterjen bisa dijadikan tas dengan menjahitnya. Botol plastik bekas juga bisa Anda sulap menjadi hiasan meja yang cantik sebagai tempat pensil di meja belajar.

Selain bisa meraup keuntungan dan meningkatkan kreativitas, Anda juga bisa turut membantu untuk mengurangi sampah.

7. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Jual Pulsa

Memulai Usaha

Jual pulsa merupakan salah satu ide mulai usaha kecil rumahan. (Foto: usatoday.com)

Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone yang tentunya butuh pulsa dan kuota internet. Ini bisa jadi ide usaha kecil Anda yang punya modal di bawah Rp1 juta, tapi menghasilkan omzet penjualan yang cukup besar.

Anda cuma perlu daftar ke provider pulsa elektronik online, lalu lakukan deposit dari modalnya. Kemudian Anda bisa langsung menjual pulsa dengan harga dan keuntungan yang sudah Anda hitung.

Selain bisa memasarkannya kepada teman kerja dan tetangga, Anda juga bisa memasarkannya melalui media sosial. Kalau respon Anda ramah dan cepat serta harganya cukup bersaing, tentu usaha jual pulsa ini akan berhasil.

8. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Produksi Camilan

Bagi Anda yang hobi ngemil, mungkin sudah saatnya mengubah hobi tersebut menjadi pundi-pundi pemasukan. Camilan ringan seperti snack telur gabus, keripik pisang, dan keripik singkong bisa Anda coba buat di rumah.

Selain tahan lama untuk dinikmati kapanpun, pengolahannya juga mudah dan lebih praktis. Omzet yang dihasilkan juga cukup besar setiap bulannya dan cukup menjanjikan.

Tips Beli Rumah Kedua

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

Tips Beli Rumah Kedua

9. Ide Memulai Usaha Kecil Rumahan: Custom Case Smartphone

Memulai Usaha

Usaha kecil rumahan dengan desain case smartphone. (Foto: pumpkinemily.com)

Kebanyakan saat ini, kalangan muda sangat memperhatikan bagaimana tampilan ponsel mereka. Selain untuk melindungi smartphone, case juga bisa dipercantik tampilannya. Case custom menjadi tren saat ini, di mana setiap orang bisa memilih seperti apa tampilan case-nya.

Selain memperhatikan kualitas hasil gambar dari case, Anda juga dapat menyediakan berbagai case dengan ragam bahan seperti kaku dan lentur. Sebagai tahap awal, Anda bisa menerapkan sistem pre-order di mana customer bisa memberi desain case mereka.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha yang satu ini, berikut adalah tahap-tahap dalam membuat case custom:

  1. Siapkan case smartphone yang berwarna bening atau putih polos.
  2. Dalam mendesainnya, Anda bisa menggambar case tersebut menggunakan bolpoin gel ataupun cat besi.
  3. Jika ingin print desain, Anda bisa menggunakan kertas foto. Dalam mencetak gambar 3D, diperlukan mesin sublim
  4. Anda juga bisa menambahkan pita dan stiker untuk menambah estetika dari case

10. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Budidaya Ikan Hias

Memulai Usaha

Usaha kecil di rumah dengan budidaya ikan hias. (Foto: fao.org)

Terkadang, ide usaha yang satu ini tak disangka-sangka keuntungannya. Ikan louhan yang sudah dewasa saja bisa dijual mencapai ratusan juta rupiah. Asalkan Anda tahu bagaimana menguasai pasarnya dan menjalaninya dengan serius, usaha ini bisa membawa keuntungan.

Cobalah bergabung dengan komunitas para penghobi ikan hias dan pahami bagaimana teknik pembiakkannya. Cari jenis ikan apa yang dijual dengan harga tinggi.

Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai alat promosi. Siapa tahu, dengan usaha kecil-kecilan dari menjual ikan hias, Anda bisa membeli rumah lagi.

11. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Paid Promote Instagram

Kalau Anda menggunakan wi-fi di rumah dan memiliki jumlah followers yang cukup banyak, tidak ada salahnya mencoba usaha yang satu ini. Keberhasilan paid promote ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti materi post yang cukup bagus, caption yang menarik, serta peranan hashtag.

12. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Jual Beli Motor Bekas

Memulai Usaha

Usaha kecil di rumah dengan jual beli motor bekas bisa dilakukan secara online. (Foto: usedmotorcyclesjapan.com)

Jual beli motor bekas bukanlah hal yang baru. Menurut survei, penjualan motor di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Dengan tingginya permintaan terhadap motor bekas, coba jadikan ide yang satu ini sebagai ladang Anda meraih keuntungan. Hanya bermodalkan kuota internet, Anda bisa memasarkan motor-motor bekas tersebut ke media sosial.

13. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Jadi Seorang Copywriter

Ide usaha dengan bermodalkan kreativitas ini sangatlah cocok bagi Anda yang hobi merangkai kata-kata. Rangkaian kata-kata itu nantinya akan disematkan pada sebuah produk untuk menarik perhatian calon customer. Jumlah katanya pun tidak sebanyak dengan para penulis buku atau blog.

Anda bisa menuliskan kata-kata untuk sebuah teks iklan yang menarik dan membuat penasaran para calon pembeli. Apalagi di era digital saat ini, usaha online akan terus berkembang dan bisa meraup keuntungan untuk Anda.

14. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Menjadi Microstock

Memulai Usaha


Menjadi microstock merupakan salah satu ide memulai usaha online. (Foto: csform.com)

Anda adalah seorang desainer grafis? Mungkin Anda bisa menambah pasif income dengan menjadi microstock. Cara memulai usaha ini juga mudah. Cukup dengan menghasilkan gambar-gambar vektor lalu menguploadnya di situs microstock. Setiap ada orang yang membeli gambar yang Anda buat, maka Anda akan mendapatkan bayaran.

15. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Jual Properti

Properti menjadi salah satu investasi yang paling menjanjikan saat ini dan banyak dari kalangan muda pun sudah sadar akan hal itu. Usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar. Cukup andalkan keterampilan Anda dalam berbicara supaya orang bisa tertarik dengan properti yang Anda pasarkan.

Dalam memulai usaha yang satu ini, Anda harus meneliti properti apa yang ingin Anda tawarkan. Penting juga untuk terus meningkatkan wawasan diri untuk mengetahui harga jual rumah, apartemen, tanah, dan properti lainnya. Jangan lupa juga daftarkan properti Anda di platform terpercaya seperti Rumah.com untuk memperluas promosi.

Tip Rumah
Dalam menjual properti, sebaiknya Anda juga datang langsung untuk mengecek kondisinya. Hal ini dilakukan agar calon pembeli dapat percaya sepenuhnya.

16. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Penyewaan Perlengkapan Fotografi

Memulai Usaha

Memulai usaha kecil secara online dengan membuka menyewakan perlengkapan fotografi. (Foto: adorama.com)

Tempat penyewaan kamera atau perlengkapan fotografi saat ini semakin marak karena banyaknya orang-orang yang ingin memiliki kualitas foto yang bagus.

Apalagi kaum muda yang sangat peduli pada konten virtual di platform media sosial mereka. Meskipun kamera smartphone sudah dilengkapi fitur yang cukup canggih, kamera seperti DSLR ataupun mirrorless tetaplah menawarkan hasil yang lebih bagus.

Keterbatasan dana, menjadikan beberapa orang untuk enggan membelinya. Hal ini bisa menjadi ladang usaha Anda jika memiliki perlengkapan kamera yang cukup lengkap.

17. Ide Memulai Usaha Kecil Online: Buat Tema WordPress dan Menjualnya

Era di saat ini telah mengubah cara pandang berbisnis secara online. Bukan hanya di kantor, tapi kita juga bisa menghasilkan uang dari rumah. Apalagi sebuah website menjadi kebutuhan utama bagi para pelaku bisnis saat ini.

Tentu sebagai pemilik dari perusahaan, punya tema website yang sesuai dengan kriteria perusahaan adalah salah satu checklist yang wajib dipenuhi. Permintaan akan tema-tema WordPress juga terus meningkat karena pelaku bisnis online pun semakin berkembang. Untuk itulah, apabila Anda punya keahlian dalam membuat tema WordPress, Anda bisa melirik peluang yang satu ini untuk memulai usaha.

Kapan waktu yang tepat bagi Anda membeli rumah? Simak penjelasan lengkapnya di video berikut ini. Siapa tau Anda bisa segera mewujudkan beli rumah idaman.

 

Memulai usaha bukanlah sesuatu yang sulit jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Apapun jenis usahanya, tidak ada yang tiba-tiba jadi besar. Pasti setiap pengusaha sukses pun diawali dengan memulai usahanya dari kecil dulu. Bahkan bukan tidak mungkin mereka pun mengalami ups dan downs selama prosesnya.

Hal yang terpenting ialah, Anda mau mencoba untuk memulai dan jangan takut gagal. Siapa tahu, dengan memulai usaha kecil-kecilan ini Anda jadi bisa punya keuntungan besar dan dapat membeli rumah yang Anda impi-impikan sejak dulu.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Empat Properti Ini Bisa Jadi Pilihan Hunian Pertama

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan