4 Contoh Iklan Rumah dan Panduannya

Membuat iklan rumah bisa menjadi tantangan bagi Anda yang belum pernah melakukannya. Simak panduannya berikut ini.
Contoh IKlan Rumah Foto Utama

RumahCom – Menjual dan memasarkan rumah tentunya tidak semudah menjual makanan, pakaian, atau kendaraan. Banyak faktor yang memengaruhi keputusan calon pembeli untuk setuju membeli rumah. Untuk meningkatkan ketertarikan calon pembeli, diperlukan iklan yang menarik dengan bahasa yang persuasif.

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam dunia periklanan, membuat iklan untuk memasarkan rumah Anda mungkin menjadi tantangan. Anda mungkin kebingungan dalam menentukan konten yang seharusnya ada dalam sebuah iklan rumah.

Untuk membantu Anda membuat iklan rumah, artikel ini akan mengulas panduan mengenai iklan rumah dan contoh yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  1. Kenapa Harus Mengiklankan Rumah?
  2. Informasi yang Wajib Ada dalam Iklan Rumah
  3. Panduan Menyusun Kalimat dan Menampilkan Foto
    • Tips menulis headline
    • Tips menulis deskripsi rumah
    • Tips menulis keunggulan atau nilai lebih rumah
    • Tips menampilkan foto untuk iklan rumah
  4. Bentuk-bentuk Iklan Rumah Beserta Penjelasan dan Contohnya
    • Iklan cetak
    • Iklan elektronik
    • Iklan online
    • Iklan luar ruangan

Kenapa Harus Mengiklankan Rumah?

Hindari rumah menjadi tidak laku terjual karena iklan rumah Anda kurang menarik. (Foto: Pexels)

Hindari rumah menjadi tidak laku terjual karena iklan rumah Anda kurang menarik. (Foto: Pexels)

Saat ingin menjual rumah, salah satu cara yang sering dilakukan banyak orang adalah memasang papan iklan rumah dijual di bagian pagar atau di halaman depan rumah. Cara ini tidak terlalu efektif karena hanya menjangkau audiens yang terbatas, yaitu hanya diketahui oleh tetangga sekitar Anda atau orang-orang yang kebetulan lewat di depan rumah.

Untuk menambah jumlah audiens, Anda sebaiknya mengiklankan rumah Anda. Promosi atau pemasaran ini bisa Anda lakukan di berbagai media massa. Contohnya di media cetak, media online, ataupun lewat brosur dan spanduk.

Semakin banyak audiens yang bisa Anda jangkau, semakin besar pula kemungkinan calon pembeli yang akan melirik iklan rumah Anda. Kesempatan rumah Anda segera terjual pun akan lebih besar.

Informasi yang Wajib Ada dalam Iklan Rumah

Merangkai iklan rumah membutuhkan seni agar calon pembeli tertarik untuk melihatnya. (Foto: Pexels)

Merangkai iklan rumah membutuhkan seni agar calon pembeli tertarik untuk melihatnya. (Foto: Pexels)

Membuat iklan rumah bukanlah pekerjaan yang asal jadi saja. Merangkai iklan rumah membutuhkan seni agar calon pembeli tertarik untuk melihatnya. Alasannya karena ada ratusan iklan rumah dijual di berbagai media, mulai dari surat kabar, media online, spanduk, hingga brosur. Hal ini membuat Anda harus bersaing untuk merebut perhatian calon pembeli.

Selain bahasa iklan yang menarik, Anda perlu perhatikan konten yang harus ada dalam sebuah iklan rumah. Informasi ini akan berguna bagi calon pembeli yang sedang mencari rumah dengan spesifikasi tertentu. Berikut ini adalah informasi yang wajib ada dalam iklan rumah.

  1. Judul atau headline yang mendeskripsikan secara singkat kondisi rumah.
  2. Detail atau deskripsi rumah secara terperinci.
  3. Harga rumah.
  4. Keunggulan rumah Anda.
  5. Foto-foto rumah dengan resolusi yang bagus.
  6. Akses ke lokasi rumah atau transportasi umum yang melewati perumahan.
  7. Nomor kontak yang bisa dihubungi.

Panduan Menyusun Kalimat dan Menampilkan Foto

Kalimat iklan harus disampaikan dengan bagus dan menarik agar dilirik oleh calon pembeli. (Foto: Pexels)

Kalimat iklan harus disampaikan dengan bagus dan menarik agar dilirik oleh calon pembeli. (Foto: Pexels)

Sangat penting untuk membuat bahasa iklan yang bagus dan menarik. Jika kurang bagus dalam copywriting, iklan Anda tidak akan dilirik oleh calon pembeli. Namun, sebagian orang kurang ahli dalam merangkai kalimat untuk iklan. Tak perlu khawatir karena berikut ini ada panduan menyusun kalimat iklan rumah yang bisa Anda contoh.

  • Tips menulis headline

Dilansir dari Startegiproperti.com, headline iklan online yang baik dan benar akan menyumbangkan click yang tinggi. Jadi, judul atau headline yang menarik dan outstanding menjadi sangat penting untuk membuat pembeli tertarik dalam sekali lihat. Selain itu, headline juga harus mendeskripsikan secara singkat kondisi rumah yang dijual.

Cara pertama, Anda bisa mengawali dengan kata “Dijual”, lalu diikuti dengan deskripsi singkat tentang rumah dan masukkan lokasi rumah yang Anda jual. Contoh: Dijual Rumah Minimalis 2 Lantai Harga Nego di Bintaro. Cara kedua, tonjolkan kelebihan rumah kemudian ikuti dengan detail lokasi rumah. Contoh: Rumah Bebas Banjir Sertifikat Lengkap di Cilacap.

  • Tips menulis deskripsi rumah

Iklan rumah harus dilengkapi dengan deskripsi rumah secara terperinci, mulai dari harga, luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, taman, dan bagian-bagian rumah lainnya.

Contoh:

Dijual Rumah Minimalis 2 Lantai Harga Nego di Bekasi Barat

Spesifikasi: Luas Bangunan: 180 m², Luas Tanah: 90 m², Harga: Rp 10.000.000 per m² / Rp. 900 Juta, Listrik: 3500 watt

Deskripsi: Rumah minimalis 2 Lantai, Rumah Hadap Utara, Rumah Terakhir Renovasi 2011, Legalitas SHM + IMB, Kamar Tidur : 3, Kamar Mandi : 3, Carport : 1 Mobil + 3 Motor, Semi Furnish,  Sumber Air Jet pump + 2 Toren 500 Liter & 250 Liter, Akses 1 Mobil Longgar.

Tip Rumah
Selain spesifikasi rumah, iklan rumah sebaiknya dilengkapi dengan detail lokasi dan akses transportasi menuju ke lokasi. Deskripsikan rumah dengan jelas, sehingga mudah dipahami oleh calon konsumen.
  • Tips menulis keunggulan atau nilai lebih rumah

Keunggulan rumah adalah alasan mengapa pembeli perlu membeli rumah tersebut. Keunggulan ini bisa berupa akses jalan yang mudah dijangkau, dekat dengan sarana pendidikan, dekat dengan pasar tradisional atau swalayan, bebas banjir, dan kelebihan-kelebihan lainnya. Tulislah dengan kalimat yang singkat dan jelas agar pembaca semakin mudah memahami kalimat iklan Anda. Berikut ini contoh kalimatnya: Hanya 5 menit ke tol pondok Aren, 3 menit ke Stasiun Sudimara, 7 menit ke Mall Bintaro Exchange, 10 Menit ke RS Premier Bintaro. Bebas banjir, lingkungan nyaman, security 24 jam.

  • Tips menampilkan foto untuk iklan rumah

Foto adalah hal yang penting dalam iklan untuk menarik konsumen. Oleh karena itu, Anda wajib melengkapi iklan dengan foto rumah yang dijual. Selain foto bagian depan rumah, sebaiknya Anda juga menampilkan foto ruangan-ruangan di dalam rumah, foto jalan di depan rumah, foto halaman belakang rumah, dan foto bagian rumah lainnya. Perlu diingat untuk menampilkan foto yang memiliki kualitas yang bagus atau foto yang memiliki resolusi tinggi, yang menjadi faktor penting untuk menarik pembeli.

Bentuk-bentuk Iklan Rumah Beserta Penjelasan dan Contohnya

Iklan rumah bisa dipasang di berbagai media seperti media cetak, elektronik, dan online. (Foto: Pexels)

Iklan rumah bisa dipasang di berbagai media seperti media cetak, elektronik, dan online. (Foto: Pexels)

Anda pasti sering menjumpai spanduk promosi perumahan yang terbentang di pinggir jalan. Selain spanduk, ada juga promosi rumah yang dilakukan di surat kabar atau di media online. Berdasarkan medianya, iklan rumah bisa dibedakan menjadi beberapa macam.

  • Iklan cetak

Iklan jenis ini merupakan iklan yang dibuat dan dipasang menggunakan teknik cetak yang menggunakan print, letterpress, sablon, inkjet, dan sebagainya. Iklan cetak sering dijumpai di media cetak seperti koran, majalah, buletin, dan sebagainya. Berdasarkan luas areanya, iklan cetak terbagi menjadi tiga macam yaitu iklan baris yang luas areanya tidak lebih dari 3-4 baris saja, iklan kolom yang memiliki luas 1 kolom atau lebih tinggi dibandingkan iklan baris, dan iklan display yang memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom.

  • Iklan elektronik

Iklan elektronik adalah jenis iklan yang menggunakan media elektronik seperti televisi dan radio. Iklan pada televisi menonjolkan aspek video, visual, dan audio sebagai media penyampaian pesan dalam iklan. Sementara itu, iklan radio lebih memfokuskan pada intonasi suara.

Baru Dari Rumah.Com - Memasang Iklan Properti Dengan Cepat Dan Mudah

Berita Properti

Baru Dari Rumah.Com - Memasang Iklan Properti Dengan Cepat Dan Mudah

  • Iklan online

Iklan online adalah iklan yang memanfaatkan internet atau media online untuk menyampaikannya kepada netizen. Iklan online biasanya dipasang di situs berita, blog, media sosial, email, search engine, dan lain sebagainya.

  • Iklan luar ruangan

Iklan luar ruangan merupakan jenis iklan yang ditujukan kepada masyarakat yang berada di luar rumah. Jenis iklan ini biasa dijumpai di jalanan untuk menjangkau orang-orang yang sedang berada di luar ruangan. Contoh iklan luar ruangan antara lain spanduk, baliho, billboard, dan sebagainya.

Sudah punya rumah dan ingin membeli lagi? Supaya lancar hingga masa cicilan selesai, simak tips-nya berikut ini.

 

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Ini 4 Perumahan Terjangkau Area Jawa Barat

Masukan