Harga Gypsum 2020, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan

Ingin mempercantik rumah agar tampil cantik dan memukau dengan gypsum? Sebelum membeli, cek harga gypsum terlengkap 2020 beserta kelebihan dan kekurangannya dalam artikel ini.
gypsum Foto Utama

RumahCom – Memiliki rumah adalah impian banyak orang. Demi mewujudkan impian ini, tentunya tidak bisa terjadi dalam sekejap mata. Butuh waktu dan proses yang tidak singkat untuk membangun sebuah hunian idaman. Karenanya, harus dipersiapkan dan direncanakan secara matang termasuk dalam hal pemilihan material bangunan. 

Untuk mendirikan sebuah gedung atau rumah hak milik, pastinya diperlukan berbagai macam bahan dan material. Misalnya batu bata, pasir, semen, kayu dan lain sebagainya. Salah satu material yang mulai banyak diminati orang adalah gypsum. Harga gypsum yang cukup terjangkau dan kelebihan lainnya, menjadikan gypsum pilihan favorit.

Gypsum telah digunakan sebagai alternatif material bangunan. Bahan yang satu ini sebenarnya telah dikenal luas sejak lama. Dalam industri konstruksi, gypsum rumah seringkali dimanfaatkan sebagai material konstruksi pembentuk dinding, penyekat, partisi, dan plafon.

Tips Beli Rumah Kedua

Membeli Rumah, Ruko, dan Properti Lainnya

Tips Beli Rumah Kedua

Jika Anda baru saja membeli rumah dan berniat membangunnya kembali menggunakan gypsum, ada baiknya kenali dulu seluk beluk harga gypsum rumah. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai apa itu gypsum, jenis gypsum, merek dan daftar harga gypsum. Namun, sebelumnya pembahasan artikel ini akan terbagi menjadi beberapa topik sebagai berikut:

  1. Pengertian Gypsum
  2. Cara Memilih Gypsum yang Benar Untuk Rumah Idaman
  3. 7 Jenis Gypsum
    1. Gypsum Jayaboard
    2. Gypsum Elephant
    3. Gypsum Knauf
    4. Gypsum Aplus
    5. Gypsum Selenite
    6. Gypsum Alabaster
    7. Gypsum Desert
  4. Daftar Harga Gypsum
  5. Kelebihan dan Kekurangan Gypsum
  6. 7 Manfaat Gypsum
    1. Sebagai Konstruksi Plafon, Gypsum Tidak Mudah Bocor
    2. Gypsum Bisa Untuk Perekat atau Plester
    3. Gypsum Bahan Pembuatan Semen
    4. Ornamen Dinding Gypsum Dalam Mendekorasi Rumah
    5. Digunakan Sebagai Sekat Dinding, Gypsum Pilihan yang Tepat
    6. Gypsum Sebagai Bahan Dalam Pembuatan Lapangan Tenis
    7. Gypsum Sebagai Dinding Kamar Mandi

Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

1. Pengertian Gypsum

Pembangunan dinding rumah yang menggunakan gypsum rumah lebih mudah untuk dibentuk. (Foto: intekclean.com)

Pembangunan dinding rumah yang menggunakan gypsum rumah lebih mudah untuk dibentuk. (Foto: intekclean.com)

Gypsum merupakan salah satu bahan yang memiliki kadar kalsium cukup tinggi. Selain untuk bahan bangunan, material ini juga seringkali dimanfaatkan dalam banyak sektor seperti sebagai bahan obat-obatan dan produk kecantikan.

Dilansir dari Eurogypsum.org, gypsum adalah salah satu dari beberapa mineral yang mengendap karena konsentrasi ion-ion oleh penguapan. Ketika air memiliki kadar garam yang tinggi, maka akan mengubah bahan ini menjadi basanit (CaSO4.H2O) atau menjadi anhidrit (CaSO4).

Sebagai mineral yang terbentuk karena proses penguapan, endapan gypsum membentuk lapisan di antara batuan-batuan sedimen, batu gamping, serpih merah, batu pasir, lempung, dan garam batu. Endapan ini biasanya dapat ditemukan di danau, laut, mata air panas, dan jalur endapan belerang yang berasal dari gunung api.

2. Cara Memilih Gypsum yang Benar untuk Rumah Idaman

Gypsum Rumah Idaman

Biasanya semakin ringan sebuah papan gypsum maka pemasangannya akan lebih mudah dan praktis. (Sumber: 123rf)

Penggunaan gypsum saat ini sering dimanfaatkan sebagai kebutuhan konstruksi plafon atau dinding konvensional rumah karena dinilai lebih ringan, praktis, dan mudah dipasang. Selain itu, penggunaan gypsum pada plafon atau dinding rumah atau ruangan dinilai lebih nyaman untuk menjaga suhu ruangan dibandingkan dengan bata.

Untuk itu, pengetahuan mengenai cara memilih gypsum yang tepat menjadi penting untuk Anda ketahui. Selain berat papan yang ringan, Anda juga perlu memperhatikan kualitas kertas dan kekuatannya. Jangan sampai pelapis kertas gypsum mudah sobek atau terkelupas dan jika diangkat tidak terasa rapuh. Dengan memilih gypsum yang tepat, impian Anda untuk memiliki rumah idaman akan semakin maksimal. Jika Anda sedang mencari rumah idaman di kawasan Jakarta, berikut daftar perumahan dengan harga jual Rp450-Rp900jt.

3. 7 Jenis Gypsum

Dibandingkan dengan material-material lain, gypsum memiliki bobot yang relatif sangat ringan dan fleksibel. (Foto: Fountainpenhouse.com)

Dibandingkan dengan material-material lain, gypsum memiliki bobot yang relatif sangat ringan dan fleksibel. (Foto: Fountainpenhouse.com)

Di pasaran, ada beragam jenis merk dengan harga gypsum yang cukup beragam. Harga gypsum biasanya dipengaruhi oleh tingkat ketebalan dari gypsum itu sendiri. Harga gypsum yang tebal dihargai lebih mahal dibandingkan harga gypsum yang tipis. Berikut 7 jenis gypsum yang penting untuk menjadi referensi Anda sebelum membelinya.

a. Gypsum Jayaboard

Harga Gypsum Jayaboard tersedia dengan berbagai varian harga, dengan ketebalan yang berbeda-beda. Gypsum Jayaboard dikenal dengan varian tahan air yang dibutuhkan dalam pemasangan plafon di ruangan basah seperti kamar mandi. Selain varian tahan air, Jayaboard juga menyediakan varian gypsum tahan api dengan harga gypsum yang sedikit lebih mahal dibandingkan varian biasa. Berikut daftar harga gypsum Jayaboard terbaru 2020.

b. Gypsum Elephant

Harga Gypsum Elephant di pasaran ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan merek lainnya. Varian yang ditawarkan juga cukup beragam seperti adanya varian tahan api. Berikut ini merupakan daftar harga gypsum Elephant terbaru 2020.

c. Gypsum Knauf

Ditawarkan dengan harga gypsum yang terjangkau, Knauf menyediakan berbagai varian harga gypsum sesuai dengan kebutuhan. Jika dibandingkan dengan merek lain, Knauf memiliki harga gypsum termurah. Namun walaupun dibandrol dengan harga gypsum yang terjangkau, kualitas gypsum Knauf dikenal juga akan keringanan, ketahanan, dan kemudahan saat dibentuk. Di bawah ini merupakan harga gypsum Knauf terbaru 2020.

d. Gypsum Aplus

Jika merek lain menawarkan varian anti air dan api, Aplus yang telah dikenal akan kualitas material gypsum yang baik, menawarkan varian lain kemampuan redam suara. Varian Aplus Sound adalah satu dari varian-varian lain yang ditawarkan oleh Aplus. Di bawah ini merupakan daftar harga gypsum Aplus terbaru 2020.

e. Gypsum Selenite

Selenite merupakan salah satu jenis bahan gypsum yang berbentuk pipih dan beberapa di antaranya memiliki kristal ganda. Gypsum jenis ini juga mempunyai tampilan dengan serabut lembut atau seperti butiran kecil yang halus. Harga gypsum berbahan selenite sangat bervariasi di pasaran tergantung dengan jumlah dan kualitas materialnya.

f. Gypsum Alabaster

Alabaster adalah salah satu bahan gypsum yang memiliki tampilan putih bersih dengan serabut halus. Biasanya dipakai untuk membuat aksesori, hiasan, atau ornamen pada bangunan. Harga gypsum yang terbuat dari bahan alabaster mengikuti kualitas bahan dan di pasaran rentang harga gypsum bahan alabaster juga sangat bervariasi.

g. Gypsum Desert

Bahan gypsum desert merupakan jenis bahan gypsum yang berbentuk seperti bunga mekar dan memiliki sifat seperti pasir. Sesuai namanya, gypsum jenis ini mudah ditemukan di daerah yang kering dan gersang. Tekstur dari gypsum desert cenderung kasar dan berserat. Harga gypsum desert di pasaran sangat dipengaruhi oleh bentuk dan penggunaannya.

4. Daftar Harga Gypsum

Harga gypsum termasuk ekonomis dibanding material lainnya. (Foto: Pexels)

Harga gypsum termasuk ekonomis dibanding material lainnya. (Foto: Pexels)

Selain beberapa kelebihan dan kekurangan gypsum di atas, material ini juga terbilang ekonomis dan mudah ditemukan. Saat ini sudah banyak merek gypsum rumah yang tersedia di pasaran dengan harga bersaing. Berikut adalah daftar merek dan harga gypsum rumah terlengkap di tahun 2020 ini.

Jayaboard Sheet Rock 6.5mm

120 x 240 cm

Rp. 65.000

Jayaboard Sheet Rock 9mm

120 x 240 cm

Rp. 77.000

Jayaboard Indo Board 9mm

120 x 240 cm

Rp. 65.000

Jayaboard Heatstop 9mm

120 x 240 cm

Rp. 90.000

Jayaboard Wet-area Optimum 9mm

120 x 240 cm

Rp. 106.000

Jayaboard Sheet Rock 12mm

120 x 240 cm

Rp. 95.000

Jayaboard Wet-area Optimum 12mm

120 x 240 cm

Rp. 159.000

Jayaboard Firestop 13mm

120 x 240 cm

Rp. 157.000

Jayaboard Firestop 16mm

120 x 240 cm

Rp. 175.000

Elephant Standard 9mm

120 x 240 cm

Rp. 60.000

Elephant Fire Resistant 9mm

120 x 240 cm

Rp. 100.000

Elephant Moisture 9mm

120 x 240 cm

Rp. 70.000

Elephant Standard 12mm

120 x 240 cm

Rp. 80.000

Harga gypsum Knauf 9mm

120 x 240 cm

Rp. 53.000

Harga gypsum Knauf MoistureShield 9 mm

120 x 240 cm

Rp. 95.000

Harga gypsum Knauf 12mm

120 x 240 cm

Rp. 72.000

Harga gypsum Knauf MoistureShield 12mm

120 x 240 cm

Rp. 125.000

Harga gypsum Aplus 9mm  

120 x 240 cm

Rp. 48.000

Harga gypsum Aplus G-Strength 9mm 

120 x 240 cm

Rp. 57.000

Harga gypsum Aplus  Water resistant 9mm

120 x 240 cm

Rp. 77.000

Harga gypsum Aplus 12mm  

120 x 240 cm

Rp. 55.000

Harga gypsum Aplus Sound 12mm  

120 x 240 cm

Rp. 220.000

5. Kelebihan dan Kekurangan Gypsum

Berbagai manfaat pengaplikasian gypsum rumah dalam konstruksi bangunan. (Foto: m.economictimes.com)

Berbagai manfaat pengaplikasian gypsum rumah dalam konstruksi bangunan. (Foto: m.economictimes.com)

Seperti yang dikutip oleh Kompas.com, selain sifatnya yang tahan terhadap api, beberapa hal juga menjadi kelebihan dari gypsum, misalnya ringan dan fleksibel. Maka, bukan tanpa alasan jika banyak orang yang menggunakan gypsum karena berbagai kelebihannya. Tapi, gypsum rumah tetap memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan.

Berikut adalah tabel dari 5 kelebihan dan kekurangan dari gypsum rumah sebagai material konstruksi yang sudah Rumah.com rangkum.

1

Gypsum memiliki bobot yang ringan dan fleksibel

Gypsum tidak tahan terhadap air

2

Pemasangan gypsum lebih cepat dan mudah

Gypsum tidak mampu menahan beban berat

3

Hasil finishing gypsum lebih rata dan mulus

Tampilan gypsum terlihat mudah kusam

4

Gypsum tidak mudah terbakar dan anti rayap

Gypsum sangat sensitif terhadap benturan

5

Perawatan dan perbaikan gypsum lebih mudah

Perawatan gypsum harus dilakukan secara berkala

Tip Rumah
Jika Anda mendapati kerusakan pada gypsum, Anda bisa mengganti permukaan yang rusak dengan papan yang baru dan mengecatnya dengan warna yang sama dengan sebelumnya.

6. Tujuh Manfaat Gypsum

Berbagai manfaat pengaplikasian gypsum rumah dalam konstruksi. (Foto: margypsummalta.weebly.com)

Berbagai manfaat pengaplikasian gypsum rumah dalam konstruksi. (Foto: margypsummalta.weebly.com)

Gypsum merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Dalam dunia konstruksi dan bahan bangunan sendiri, gypsum biasanya dimanfaatkan sebagai lapisan interior pada dinding dan plafon. Papan gypsum telah diperkenalkan dari ratusan tahun yang lalu oleh masyarakat. Sebab, waktu itu papan gypsum dipercaya bisa berfungsi untuk interior suatu bangunan.

Dalam industri konstruksi, bahan ini digunakan sebagai material non struktural karena memiliki banyak kelebihan. Di antaranya adalah aman dan mudah diaplikasikan pada hunian. Berikut adalah 7 manfaat gypsum yang perlu Anda ketahui agar saat beli rumah dan membangunnya kembali menjadi semakin memukau dan tetap aman.

a. Sebagai Konstruksi Plafon, Gypsum Tidak Mudah Bocor

Elemen penting dalam sebuah konstruksi bangunan ini merupakan sekat yang membatasi ruangan di dalam bangunan dengan atap suatu bangunan. Gypsum yang memiliki keunggulan tahan terhadap api serta fleksibel dalam pemasangannya, menjadikan material bangunan ini sangat cocok digunakan sebagai plafon. Kontur yang lebih rapi dan presisi serta tidak mudah rusak adalah keuntungan menggunakan gypsum sebagai plafon.

Gypsum berbentuk seperti lembaran yang lebar sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih cepat. Berbeda dengan batu bata yang harus dipasang satu per satu, satu lembar gypsum mampu untuk menutupi permukaan yang luas. Ini membuat proses instalasi tidak memakan waktu lama, juga tidak butuh banyak tenaga.

b. Ornamen Dinding Gypsum Dalam Mendekorasi Rumah

Fungsi gypsum ternyata tak sebatas pada fungsi konstruksi utama, misalnya seperti sekat, plafon, ataupun dinding. Gypsum rumah nyatanya juga bisa digunakan sebagai ornamen rumah. Lis dan ceiling center adalah salah satu penerapan penghias plafon yang memberikan fungsi estetik pada ruangan. Misalnya diolah menjadi bentuk bertingkat (drop up celling), kubah (dome), dan lain-lain.

Selain itu, dari segi perawatan dan perbaikannya pun mudah. Anda tidak perlu mengecat ulang jika permukaan gypsum mulai berdebu atau kotor. Cukup mengelapnya dengan menggunakan kain basah kemudian mengeringkannya. Pemakaian gypsum juga akan meminimalkan risiko kebakaran karena materialnya yang tidak menyebarkan panas.

Kapan waktu yang tepat bagi Anda membeli rumah? Simak penjelasan lengkapnya di video berikut ini. Siapa tau Anda bisa segera mewujudkan beli rumah idaman.

c. Digunakan Sebagai Sekat Dinding, Gypsum Pilihan yang Tepat

Gypsum bisa dijadikan sebagai sekat dinding. Pengaplikasian cat temboknya pun mudah, bisa langsung tanpa harus diblok lagi. Sifat material ini mudah menyerap cat sehingga Anda bisa bebas memilih beragam warna dan jenis cat. Selain mudah menyerap, gypsum rumah juga memiliki daya rekat yang bagus untuk cat.

Jika ingin berkreasi, Anda bisa menempelkan papan gypsum rumah dengan wallpaper alih-alih mengecatnya atau melapisinya dengan produk pelapis lainnya. Dengan kelebihan ini, gypsum jadi banyak digemari.

d. Gypsum Sebagai Bahan Dalam Pembuatan Lapangan Tenis

Jika ingin memiliki lapangan di rumah, Anda bisa menggunakan bahan gypsum rumah. Biasanya lapangan tenis dibuat dengan tipe lapangan clay atau menggunakan bahan tanah liat. Untuk itu, campuran gypsum sangat berfungsi agar lapangan tidak licin dan juga menjadi lebih kesat. Masa pakai juga lebih tahan lama dan struktur lapangan menjadi lebih kuat.

e. Gypsum Bisa untuk Perekat atau Plester

Sifatnya yang fleksibel dan tidak mudah pecah menjadikan gypsum rumah sangat cocok digunakan sebagai plester atau perekat. Konstruksi gypsum rumah untuk dinding interior dan dinding luar tentunya akan berbeda. Pada bagian interior, plester gypsum rumah digunakan untuk melapisi bagian dinding dan langit-langit agar terlihat lebih estetik. Pada bagian dinding luar, gypsum digunakan sebagai pengganti acian dan plester pada bagian dalam bata.

f. Gypsum Bisa Dijadikan Bahan Pembuatan Semen

Siapa sangka jika ternyata gypsum rumah juga bisa digunakan sebagai dinding partisi? Material bangunan yang satu ini sangat cocok dijadikan campuran dalam pembuatan semen. Sebab, gypsum bisa memberikan kekuatan tambahan pada dinding karena daya rekatnya yang lebih bagus dibandingkan semen biasa.

g. Gypsum Sebagai Dinding Kamar Mandi

Saat ini sudah tersedia papan gypsum rumah yang tahan air dan juga tahan terhadap benturan. Kekuatan dari papan ini mendekati dengan bata dan mudah dibentuk. Material ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot-repot ketika ingin merenovasi kamar mandi.

Semua seluk beluk mengenai gypsum rumah ini sebaiknya Anda pahami lebih dulu sebelum memutuskan memilih gypsum untuk hunian Anda. Dengan semakin banyak merek gypsum yang bermunculan membuat Anda memiliki banyak pilihan. Maka, pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan, ya.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Apartemen Terlaris Di Bekasi

Masukan