7 Manfaat Kunyit: Sang Pelindung dari Berbagai Macam Penyakit

Kunyit memiliki kandungan yang dapat melindung tubuh Anda dari berbagai macam penyakit. Simak artikel ini untuk mengetahui cara menanam kunyit yang baik dan manfaat kunyit untuk kesehatan.
Kunyit
Membuat obat batuk alami dari kunyit tidak sulit, hanya memerlukan air perasannya saja sudah ampuh mengobati batuk. (Foto: Unsplash)

RumahCom-Kunyit merupakan salah satu varietas yang masih dekat dengan jahe. Hal ini terlihat dari bentuk rimpangnya yang memiliki kemiripan namun berbeda manfaat dan penggunaan. Rempah dengan warna dominan kuning dan oranye ini banyak dimanfaatkan di India dan Asia Tenggara. Manfaat kunyit selain banyak dijadikan sebagai rempah dan bumbu dapur,  bisa juga dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif.

Agar mudah mendapatkan kunyit, Anda bisa menanam tanaman tersebut di halaman depan atau belakang rumah. Selain itu ada informasi lain yang Anda perlukan sehingga bisa memanfaatkan kunyit dengan baik. Untuk itu artikel ini akan membahas:

  1. Jenis-Jenis Kunyit di Indonesia
    1. Kunyit Merah
    2. Kunyit Kuning
    3. Kunyit Putih
    4. Kunyit Hitam
  2. Cara menanam kunyit di rumah
    1. Persiapan media tanam
    2. Persiapan bibit kunyit
    3. Penanaman
    4. Perawatan
    5. Pemanenan
  3. 7 manfaat kunyit bagi kesehatan
    1. Mengobati saluran pencernaan
    2. Mengobati diabetes
    3. Baik untuk kesehatan kulit
    4. Mengobati batuk
    5. Pereda nyeri haid
    6. Mengatasi diare
    7. Mengatasi perut kembung

Jenis-Jenis Kunyit yang Ada di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada 4 jenis kunyit yang berbeda. Masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang unik bagi tubuh kita. (Foto: freepik)

Di Indonesia sendiri ada 4 jenis kunyit yang berbeda. Masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang unik bagi tubuh kita. (Foto: freepik)

Di India dan beberapa negara Asia Tenggara, kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, jamu, dan pewarna alami makanan. Namun ada beberapa jenis kunyit yang memiliki ciri khas berbeda-beda dan juga manfaatnya. Berikut adalah jenis-jenis kunyit beserta manfaatnya.

1. Kunyit merah

Secara umum kunyit merah memiliki ciri warna yang sama dengan kunyit kuning. Tetapi jika Anda lebih teliti ada perbedaan cukup mencolok pada kedua jenis kunyit ini. Warna dari kunyit merah cenderung lebih jingga dan lebih pekat, sementara kunyit kuning lebih pucat.

Kunyit merah sendiri mengandung senyawa dengan sifat antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat kunyit ini selain untuk kesehatan banyak juga dipakai sebagai bumbu dapur dan pewarna makanan alami.

2. Kunyit kuning

Kandungan kurkumin dan minyak atsiri dapat ditemukan pada kunyit kuning. Oleh karena itu manfaat kunyit kuning adalah mencegah infeksi, mengatasi masalah pencernaan, dan memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.

Ingin beli rumah tetapi bingung kapan waktu yang tepat? Nonton video di bawah ini untuk temukan jawabannya ya.

 

3. Kunyit putih

Kunyit putih dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kunyit putih sendiri adalah sebagai antibakteri, antijamur, antialergi, analgesik atau antinyeri, antiracun, dan antiradang. Banyak bagian dari kunyit ini bisa dimanfaatkan mulai dari akar hingga daunnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Kunyit hitam

Dari jenis lainnya, kunyit hitam memang kurang umum bagi masyarakat. Namun manfaat kunyit ini sangat baik bagi kesehatan karena kandungan yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah Curcuma Caesia yang mengandung zat antioksidan tinggi dan bermanfaat untuk antiradang dan mencegah kanker.

Rumah Kecil Pun Tetap Bisa Punya Taman Cantik

Berita Properti

Rumah Kecil Pun Tetap Bisa Punya Taman Cantik

Cara Menanam Kunyit di Rumah

Menanam kunyit di rumah selain bisa mendapat kunyit lebih mudah, halaman rumah Anda juga akan tampak lebih lestari. (Foto: Freepik)

Menanam kunyit di rumah selain bisa mendapat kunyit lebih mudah, halaman rumah Anda juga akan tampak lebih lestari. (Foto: Freepik)

Besarnya manfaat kunyit bagi kesehatan tentu akan sangat menguntungkan jika kita bisa memiliki tanaman kunyit sendiri di rumah. Menanam kunyit di rumah ternyata tidak begitu sulit, baik dari proses penanaman, perawatan, hingga panen bisa dengan mudah Anda lakukan. Berikut ini adalah cara membudidayakan kunyit di rumah.

1. Persiapan bibit

Sebelum memulai budidaya kunyit di rumah, Anda harus mempersiapkan bibir terlebih dahulu. Pilihlah bibit kunyit yang mudah tumbuh. Anda bisa mendapatkannya dari pecahan rimpang kunyit. Kemudian pastikan bibit yang dipilih memiliki kualitas yang baik sehingga siap ditanam.

Bagaimana mengetahui apakah bibit kunyit tersebut memiliki kualitas yang baik atau tidak? Anda bisa memerhatikan apakah kunyit tersebut terkena penyakit atau tidak, karena jika iya maka pertumbuhannya akan terhambat. Kemudian pastikan bibit telah melalui masa dormansi atau masa istirahat sebelum bibit akan ditanam.

2. Persiapan lahan

Media tanam yang baik penting sebagai lokasi pertumbuhan kunyit. Anda bisa menanam kunyit pada tegalan atau pot. Jika menanam pada tegalan sebaiknya Anda mempersiapkan lahan tersebut 30 hari sebelumnya. Kemudian bersihkan lahan tersebut dari hama dan tanaman pengganggu lainnya. Anda juga bisa menggemburkan dengan alat mekanik serta menambahkan pupuk kandang untuk memperbaiki kualitas tanah.

Namun jika Anda menanam dalam pot atau media tanam lainnya, pastikan tanah tersebut sudah Anda campurkan dengan kompos terlebih dahulu. Kemudian diamkan kompos tersebut selama 2 minggu sebelum ditanami bibit kunyit. Setelah pot siap, maka Anda bisa melakukan penanaman bibit kunyit.

3. Memelihara tanaman kunyit  

Agar bisa mendapat manfaat kunyit yang optimal, tentu sebelum panen Anda harus melakukan perawatan yang baik dan benar. Pastikan tanaman kunyit terkena sinar matahari selama lima sampai tujuh  jam setiap harinya. Kemudian siram kunyit sebanyak 2 kali sehari, Anda bisa melakukannya pada pagi dan sore hari.

Menurut iCultivate Jika ingin melakukan pemupukkan, sebaiknya hindari penggunaan pupuk kimia. Pergunakan pupuk kompos atau organik agar kunyit yang Anda panen bebas bahan kimia nantinya. Lakukan juga monitoring secara rutin untuk melihat hama, gulma, dan penyakit yang menyerang sehingga Anda bisa melakukan perawatan yang tepat.

4. Pemanenan

Kunyit dapat dipanen setelah memasuki usia 8 hingga 18 bulan lamanya. Namun, waktu terbaik untuk panen kunyit adalah pada usia 11 dan 12 bulan. Kunyit yang siap dipanen bisa Anda perhatikan pada layu atau jatuhnya daun kedua pada tanaman. Ada juga cara lain dengan melihat perubahan warna batang daun yang sebelumnya hijau menjadi kuning.

Agar Anda mendapat manfaat kunyit yang terbaik, langkah pasca panen juga harus diperhatikan. Mulai dari membersihkan kunyit hingga melakukan pengeringan dengan menggunakan matahari atau oven.

Baca Juga: Merawat Tanaman Buah Dalam Pot Tanpa Repot

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit juga sangat baik bagi kesehatan. Selain mudah didapatkan, cara mengolahnya juga tidak sulit. Namun Anda tidak boleh mengonsumsi kunyit bersamaan dengan obat lain karena akan ada interaksi yang menyebabkan efek samping.

Berikut adalah manfaat kunyit bagi kesehatan dan cara mengolahnya:

1.  Mengatasi masalah pencernaan

Masalah pencernaan tentu harus diselesaikan secepat mungkin sebelum gejalanya semakin parah. (Foto: Freepik)

Masalah pencernaan tentu harus diselesaikan secepat mungkin sebelum gejalanya semakin parah. (Foto: Freepik)

Anda mungkin merasa tidak nyaman ketika ada gangguan pada pencernaan seperti maag. Terlebih Anda sedang menghadapi kegiatan penting sehingga membutuhkan fokus yang tinggi. Oleh karena itu jika tidak segera diatasi, masalah pencernaan tadi bisa mengganggu pekerjaan atau kegiatan Anda yang lain.

Kandungan kurkumin pada kunyit ternyata membantu empedu untuk bekerja optimal. Empedu tersebut akan merangsang organ pencernaan lain agar berfungsi secara normal. Masalah pencernaan tersebut bisa diatasi dengan meminum teh kunyit.

Cara membuat teh kunyit adalah:

  • Mengambil beberapa potong kunyit kemudian dikuliti dan dibersihkan
  • Masukkan ke dalam panci bersama dengan satu sendok makan cairan kapur sirih serta air secukupnya
  • Rebus lalu aduk hingga merata, jika sudah matang maka saring agar terpisah dari ampasnya
  • Minumlah teh kunyit tadi sebanyak 3x/hari hingga perut terasa lebih baik.

2. Sebagai obat diabetes

Caption: Kunyit mampu merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin lebih banyak, sehingga mampu mengontrol gula darah dengan baik. (Foto: Unsplash)

Caption: Kunyit mampu merangsang pankreas untuk menghasilkan insulin lebih banyak, sehingga mampu mengontrol gula darah dengan baik. (Foto: Unsplash)

Manfaat kunyit salah satunya adalah sebagai obat untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh diabetes. Kandungan kurkuminnya meningkatkan sensivitas pankreas yang dapat meningkatkan produksi insulin. Peran dari insulin sendiri adalah mengendalikan kadar gula dalam darah.

Kandungan kurkumin juga disebut mampu meregenerasi dan memperbaiki sel beta yang berpengaruh pada peningkatan aktivitas pankreas. Hasilnya pembentukan glukosa oleh hati bisa dicegah. Berikut adalah cara mengolah kunyit yang bermanfaat bagi pengobatan diabetes.

  1. Anda memerlukan 3 rimpang kunyit yang sudah dibersihkan
  2. Kemudian direbus bersama ½ sendok teh garam dan 1 liter air.
  3. Lalu tiris dan saring air rebusan tadi sehingga terpisah dari ampasnya
  4. Anda dapat meminum minuman ini sebanyak 2x/hari

3. Kunyit baik untuk kesehatan kulit wajah

Caption: Kulit berjerawat cukup mengganggu penampilan Anda. Masker berbahan kunyit ternyata mampu memberi manfaat kesehatan bagi kulit wajah. (Foto: Freepik)

Kulit berjerawat cukup mengganggu penampilan Anda. Masker berbahan kunyit ternyata mampu memberi manfaat kesehatan bagi kulit wajah. (Foto: Freepik)

Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih tentu menjadi impian banyak orang. Namun Anda tidak perlu repot-repot melakukan perawatan kulit dengan harga yang bisa dibilang mahal. Kunyit ternyata memberi banyak manfaat kesehatan bagi kulit.

Menurut Greatist.com manfaat kunyit untuk mencegah jerawat, melawan eksim dan psoriasis, mengurangi bekas luka akibat jerawat, menghilangkan mata panda, dan membuat kulit wajah menjadi cerah secara alami. Berikut ini cara mengolah kunyit untuk kesehatan kulit wajah.

  • Untuk kulit berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat maka bisa menggunakan masker dengan bahan dasar kunyit. Caranya adalah dengan menghaluskan kunyit serta pisang lalu mencampurkan kedua bahan tersebut. Selanjutnya aplikasikan pada wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

  • Menyamarkan tanda penuaan dini

Kandungan antioksidan pada kunyit mampu menyamarkan tanda penuaan pada kulit. Pertama campurkan 1 sendok bubuk kunyit, beberapa butir buah anggur yang telah dihaluskan, 1 sendok makan teh hitam, dan air mawar. Campuran tersebut diaplikasikan pada wajah Anda, namun jangan sampai terkena mata.

  • Menyamarkan dan menghilangkan noda hitam di wajah

Manfaat kunyit untuk menghilangkan noda hitam bisa Anda dapatkan dengan cara mencampur kunyit bubuk dengan dengan 1 sendok tomat yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan lagi gula sebagai eksfoliator, 1 sendok air perasan lemon, dan teh hijau hangat. Aplikasikan pada wajah sambil memijatnya selama 15 menit lalu dibilas. Lakukan sebanyak 2-3x/minggu untuk hasil yang optimal.

4. Mengobati batuk

Batuk menjadi penyakit musiman yang muncul pada saat musim hujan. Kunyit menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi gejala batuk. (Foto: Freepik)

Batuk menjadi penyakit musiman yang muncul pada saat musim hujan. Kunyit menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi gejala batuk. (Foto: Freepik)

Kandungan kurkumin yang bersifat antioksidan, antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi ternyata dapat meredakan batuk kering dan batuk berdahak. Jika mengalami gejala batuk dan butuh untuk segera diobati maka kunyit bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Manfaat kunyit ini bisa Anda dapatkan dengan membuat teh dengan bahan dasar kunyit. Caranya adalah ambil 1 sendok teh bubuk kunyit dan sedikit black pepper lalu tambahkan madu. Lalu seduh dengan air hangat dan aduk hingga merata. Setelah meminumnya maka tenggorokan Anda akan langsung terasa lebih lega.

5. Pereda nyeri haid

Bagi sebagian wanita, nyeri saat haid sangat menyakitkan. Kandungan antiradang pada kunyit mampu merelaksasi bagian perut yang mengalami kontraksi. (Foto: Freepik)

Bagi sebagian wanita, nyeri saat haid sangat menyakitkan. Kandungan antiradang pada kunyit mampu merelaksasi bagian perut yang mengalami kontraksi. (Foto: Freepik)

Nyeri haid memang sangat tidak nyaman dan mengganggu berbagai aktivitas. Tak hanya perut saja yang terasa kram atau sakit, namun bagian tubuh lain seperti punggung dan panggul juga akan terasa nyeri. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ternyata kunyit mampu meredakan nyeri haid secara efektif.

Kunyit yang mengandung kurkumin ternyata memiliki antiradang yang dapat menenangkan kontraksi yang ada di perut. Berikut ini adalah cara mengolah kunyit sebagai pereda nyeri haid:

  1. Anda perlu mempersiapkan 1 rimpang kunyit dan jahe dengan ukuran 4 cm, serta kencur secukupnya.
  2. Seluruh bahan tadi kemudian diparut dan diperas untuk mendapatkan airnya, lalu air perasan tersebut ditambahkan dengan jeruk nipis secukupnya.
  3. Kemudian air perasan tadi di seduh dengan air.
  4. Minum ketika sedang hangat sehari sebelum datang bulan tiba atau saat nyeri haid sedang terasa.

6. Mengatasi diare

Caption: Diare menjadi gangguan perut yang paling mengganggu karena Anda akan ke toilet lebih sering. (Foto: Freepik)

Caption: Diare menjadi gangguan perut yang paling mengganggu karena Anda akan ke toilet lebih sering. (Foto: Freepik)

Diare merupakan kondisi seseorang akan buang air secara terus menerus, namun kotoran yang dikeluarkan dalam bentuk encer. Beberapa penyebab diare antara lain virus, bakteri, dan infeksi parasit. Manfaat kunyit ternyata bisa mengatasi diare. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antibakteri dan antivirus.

Berikut ini adalah cara membuat minuman dari kunyit untuk mengatasi diare:

  1. Kupas dan bersihkan kunyit secukupnya, kira-kira sepanjang 2 ruas buku tangan Anda
  2. Kemudian parut kunyit tersebut dan tambahkan air masak
  3. Peras dan kemudian disaring hingga tidak tersisa ampasnya
  4. Anda bisa menambah lemon atau madu sebagai penambah cita rasa
  5. Minum sebanyak 2x/hari sebelum sarapan dan sebelum tidur pada malam hari.

7. Mengatasi perut kembung

Perut kembung dapat diatasi dengan kandungan kurkumin, sehingga sistem pencernaan Anda lebih rileks dan gas yang terjebak akan keluar. (Foto: Unsplash)

Perut kembung dapat diatasi dengan kandungan kurkumin, sehingga sistem pencernaan Anda lebih rileks dan gas yang terjebak akan keluar. (Foto: Unsplash)

Jika Anda pernah mengalami perut kembung maka rasanya mungkin terasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa terjadi sesudah makan, akibat maag, kekurangan enzim tertentu, hingga masuk angin. Kunyit dipercaya mampu mengatasi perut kembung dengan cara menenangkan sistem pencernaan dan membuang gas yang terjebak.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit dalam mengatasi perut kembung Anda bisa membuat teh kunyit. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil dan kupas kunyit lalu dibersihkan
  2. Masukkan ke dalam air kemudian direbus
  3. Tambahkan lemon, madu, atau lada hitam secukupnya

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Project Review Di Medan

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan