7 Tip Membangun Rumah Kecil yang Bikin Betah

rumah kecil

RumahCom – Katanya, tidak ada rumah yang terlalu kecil, tetapi kebahagiaan penghuni rumahnya yang terlalu besar. Untuk itu, ukuran rumah bukan harga mati membangun rasa nyaman para penghuninya.

Anda yang hanya memiliki lahan 36 m2 bisa membangun rumah yang lebih nyaman dan membuat Anda dan keluarga mager saat sudah berada di dalam rumah kecil daripada rumah dengan lahan luas.

Untuk mewujudkannya, simak tujuh tips andalan dari Rumah.com:

  1. Rumah kecil harus memanfaatkan jendela

Lupakan desain bangunan yang rumit dengan atap zig-zag, atau rumah dengan garasi yang memiliki akses ke ruang bawah tanah. Mulailah untuk menghindari hal rumit sehingga Anda bisa membuat ruangan di dalam rumah yang kecil terasa lebih luas.

Bangunan kotak misalnya, adalah bentuk yang paling sederhana dan paling terjangkau untuk dibangun. Anda bisa memanfaatkan lahan untuk banyak ruangan dan fungsi dengan mudah bila bangunan berbentuk kotak.

Meski terlihat sederhana, pastikan bangunan kotak Anda memiliki unsur alam yang menonjol, seperti memiliki kerangka kayu untuk jendela rumah yang dibuat lebar, atau pintu rumah yang dibuat dari kayu. Lalu, jangan lupa tambahkan warna hijau dari pohon, tanaman, atau taman vertikal.

Untuk desain interior di dalam rumah, pilih berbagai interior desain yang disesuaikan dengan karakter Anda dan keluarga.

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan desain simpel yang memanfaatkan fungsi jendela atau mengaplikasikan warna-warna monokrom yang membuat ruang seolah lebih luas dan sederhana. Salah satu desain yang inspiratif adalah pilihan Elle Décor ini.

Pemanfaaatan jendela dan tanaman dapat membuat rumah lebih mempesona. (Foto: Elledecor)

Pemanfaaatan jendela dan tanaman dapat membuat rumah lebih mempesona. (Foto: Elledecor)

  1. Rumah kecil fokus pada satu hal

Jika Anda ingin memiliki ruangan favorit, selain kamar tidur, tentukan ruangan yang perlu tampil lebih menonjol. Mulai dari luas ruangan hingga desain ruangan.

Di ruangan favorit Anda dan keluarga, Anda bisa memberi luas yang lebih daripada ruangan lain dan membuatnya menjadi tempat yang lebih nyaman.

Maka, secara tidak langsung Anda sedang menciptakan ruangan rumah minimalis dengan menyisakan beberapa titik lapang yang membuat rumah kecil terasa lebih lebar.

Keep it simple, dan hanya fokus pada detail dan hal-hal yang benar-benar diperlukan saja di ruangan lain. Inspirasi dari Home-Designing ini bisa jadi pilihan.

Dengan fokus pada satu ruangan, Anda bisa mendapatkan kenyamanan ekstra di rumah kecil. (Foto: Home-Designing)

Dengan fokus pada satu ruangan, Anda bisa mendapatkan kenyamanan ekstra di rumah kecil. (Foto: Home-Designing)

  1. Rumah kecil perlu ruang terbuka

Open space atau lantai terbuka menjadi konsep kontemporer yang cukup diminati kaum urban yang hanya memiliki lahan terbatas dalam membangun hunian. Konsep open space menjadi salah satu opsi terbaik untuk memanfaatkan fungsi ruang tanpa mengorbankan estetika.

Solusi hemat ruang ini memberi tampilan ruang menjadi lebih lapang. Selain itu, konsep open space juga memunculkan kesan relaks atau santai yang membuat penghuni rumah tetap saling terkoneksi.

Agar suasana rumah dapat semakin nyaman, Anda bisa mengaplikasikan interior desain modern yang simpel yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah dengan lebih leluasa.

Atau, Anda juga bisa memilih konsep open space dengan desain rumah minimalis serba putih agar terkesan lapang apabila Anda memiliki rumah bertingkat. Koleksi desain pilihan Curbed ini juga bisa Anda aplikasikan.

Ruang terbuka ini memberi kesan rileks dan Anda semakin betah di rumah kecil. (Foto: Curbed)

Ruang terbuka ini memberi kesan rileks dan Anda semakin betah di rumah kecil. (Foto: Curbed)

 

  1. Rumah kecil punya langit-langit tinggi

Bila pada poin sebelumnya telah dijabarkan opsi open space, dan Anda menyukai ide tersebut, maka Anda dapat melanjutkan opsi tersebut dengan mengaplikasikan langit-langit rumah yang tinggi.

Ini adalah salah satu siasat membuat rumah kecil agar terkesan luas sekaligus mewah. Konsep rumah dengan open space atau tanpa sekat sangat sesuai dengan rumah yang memiliki langit-langit yang tinggi.

Sebagai tambahan saran, sebaiknya Anda tidak perlu mengaplikasikan langit-langit yang tinggi untuk ruangan yang sempit karena membuat visual ruangan tersebut kurang proposional. Pilihan Small House Swoon ini menarik untuk dicontek.

Langit-langit tinggi dapat memberi kesan luas pada rumah kecil. (Foto: Small House Swoon)

Langit-langit tinggi dapat memberi kesan luas pada rumah kecil. (Foto: Small House Swoon)

  1. Permainan cahaya di rumah kecil

Kuncinya adalah membuat jendela besar, terutama di bagian depan rumah, kamar, atau di area ruang favorit agar cahaya dapat masuk. Cahaya yang masuk memberi kesan lapang menyatu.

Selain itu, banyaknya cahaya membuat penghuni rumah tidak merasa terkukung, relaks dan merasa menyatu dengan alam. Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan area di depan jendela sebagai ruang hijau, baik itu pohon, taman, maupun tatanan pot di bawah jendela.

Selain melalui jendela, Anda juga bisa memanfaatkan, skylight untuk mendapatkan tambahan cahaya dari atas ruangan. Ruangan pun dapat terasa lebih terang tanpa tambahan lampu di siang hari, nyaman, sekaligus terkesan lebih mewah.

Apabila Anda sudah memanfaatkan cahaya alami, tak ada salahnya juga memanfaatkan permainan cahaya lampu. Anda bisa memilih opsi lampu dinding atau lampu lantai di teras atau ruang tamu. Hal ini, dapat memberi kesan lebih mewah, seperti pilihan Tyres2C ini

Meski sudah mendapat sinar dari luar, tambahan lampu yang tepat dapat memberi kesan mewah. (Foto: Tyres2C)

Meski sudah mendapat sinar dari luar, tambahan lampu yang tepat dapat memberi kesan mewah. (Foto: Tyres2C)

  1. Rumah kecil harus punya area hijau

Meski hanya seukuran 8x5 ubin rumah, taman petak dengan pinggiran batang pohon dan rumput gajah serta lampu taman sudah dapat membuat suasana rumah terasa sejuk.

Selain taman petak, Anda juga bisa berkreasi dengan konsep taman tanpa rumput. Sisakan sebagian halaman luar atau rumah untuk diisi batu putih kecil yang banyak, kemudian tata pot bunga atau tanaman favorit lain di atas lahan itu.

Inspirasinya bisa disimak dari Homesthetics. Bila, Anda tak punya lahan lagi, Anda bisa menggunakan konsep vertical garden atau taman yang memanjang ke atas dengan pemanfaatkan lahan dinding kosong.

Lahan kecil dapat dimanfaatkan untuk taman mini yang akan membuat rumah Anda semakin nyaman. (Foto: Homesthetics)

Lahan kecil dapat dimanfaatkan untuk taman mini yang akan membuat rumah Anda semakin nyaman. (Foto: Homesthetics)

  1. Finishing mewah di rumah kecil

Meski rumah kecil, gaya tetap nomor satu. Untuk itu, apabila masih ada bujet lebih, manfaatkan untuk membeli material yang dapat memberi efek langsung pada interior dan eksterior hunian Anda.

Misalnya, menggunakan materi batu keramik besar atau parket kayu yang hangat sebagai lantai pada ruang tamu dan ruang keluarga. Selain digunakan sebagai lantai, Anda bisa memanfaatkan marmer sebagai fasad bangunan (tampak depan) terutama bila Anda memiliki fasad depan kotak.

Hal ini langsung dapat menonjolkkan arstitektur rumah kecil yang mewah. Apalagi bila Anda tambahkan dengan permainan cahaya lampu lantai. Inspirasi dari Dexorate ini bisa jadi contekan Anda.

Parket kayu dan batu keramik besar memberi kesan mewah pada rumah kecil. (Foto: Dexorate)

Parket kayu dan batu keramik besar memberi kesan mewah pada rumah kecil. (Foto: Dexorate)

Jadi, sudah semakin tidak sabar mendekorasi atau membangun rumah impian meski lahan masih minimalis, ya?

Kalau masih belum ada ide, tapi bujet juga belum maksimal, mungkin Anda bisa mengecek inspirasi deretan rumah dan harganya di sini, pasti ada yang pas di hati dan di kantong Anda.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah!

Baca Selanjutnya

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan