7 Tugas Agen Properti, Ini yang Bisa Anda Minta dari Mereka

Agen properti bisa membantu Anda menjual, membeli, atau menyewakan properti. Simak hal-hal yang bisa Anda minta dari agen properti di artikel ini.
TU2526~1

RumahCom - Ketika Anda mulai kesulitan untuk menjual, membeli, atau menyewakan properti, mungkin inilah saat yang tepat bagi Anda untuk menyewa jasa agen properti. Namun, tentu saja Anda tidak boleh asal pilih karena keuntungan yang didapat akan bergantung pada peran seorang agen properti. 

Untuk mengenal lebih banyak tentang agen properti, artikel ini akan membahas:

  1. Apa itu agen properti.
  2. Tugas dan kewajiban agen properti.
  3. Manfaat menggunakan jasa agen properti.
  4. Tips memilih agen properti.
  5. Arti agen properti spesialis area di Rumah.com 

Apa itu Agen Properti

Agen properti adalah perantara antara investor atau pembeli dengan penjual. (Foto: Freepik)

Agen properti adalah perantara antara investor atau pembeli dengan penjual. (Foto: Freepik)

Makelar properti atau broker properti adalah istilah lain dari agen properti yang memiliki tugas sebagai perantara antara investor atau pembeli dengan penjual. Agen properti menawarkan jasa yang mempermudah proses jual beli dan sewa properti. Agen properti dikelompokkan menjadi dua, yaitu agen independen atau perseorangan dan agen yang berada di bawah naungan perusahaan.

Agen properti yang berada di bawah naungan perusahaan merupakan agen bersertifikat. Anda bisa memilih agen dari perusahaan agen properti terpercaya. Perusahaan agen properti diatur dalam peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti.

Beberapa hal yang diatur di antaranya adalah perusahaan agen properti harus memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4) dan memiliki paling sedikit dua orang tenaga ahli sebagai pimpinan perusahaan dan seorang agen properti. Tak hanya itu, perihal komisi pun telah diatur seperti berikut ini.

  • Komisi 3% : untuk harga jual lebih kecil atau sama dengan Rp1M
  • Komisi 2.5% : untuk harga jual antara Rp1M sampai Rp3M
  • Komisi 2% : untuk harga jual lebih besar dari Rp3M
  • Komisi 5% : untuk sewa dan kontrak properti
Pahami SP3K Sebelum Membeli Rumah

Panduan dan Referensii

Pahami SP3K Sebelum Membeli Rumah

Tugas dan Kewajiban Agen Properti

Tugas agen properti meliputi promosi hingga mengurus dokumen perjanjian jual beli. (Foto: Freepik)

Tugas agen properti meliputi promosi hingga mengurus dokumen perjanjian jual beli. (Foto: Freepik)

Selain menjadi perantara antara pembeli dan penjual, agen properti juga memiliki beberapa tugas lainnya yang tidak sederhana. Berikut ini 7 tugas dan kewajiban agen properti.

  1. Memberikan informasi aktual kepada klien tentang kondisi dan harga properti terkini dan membuat daftar properti yang tepat untuk pembeli berdasarkan kisaran harga dan kebutuhan.
  2. Memberikan saran dan solusi kepada penjual agar properti yang ditawarkan mampu memikat hati pembeli dan mampu memengaruhi klien yang potensial untuk membeli, menjual, dan menyewakan properti.
  3. Membandingkan jenis properti yang sama di sebuah kawasan untuk menentukan harga yang kompetitif.
  4. Memandu pembeli dan penjual saat melakukan proses transaksi.
  5. Mengelola daftar kontak dan semua dokumen yang diperlukan, termasuk surat perjanjian sewa atau jual beli.
  6. Mempromosikan properti melalui iklan, layanan listing di portal properti, dan open house.
  7. Menampilkan listing properti yang dipasarkan kepada calon pembeli.

Manfaat Menggunakan Jasa Agen Properti

Mempercepat proses penjualan merupakan salah satu manfaat menggunakan jasa properti. (Foto: Freepik)

Mempercepat proses penjualan merupakan salah satu manfaat menggunakan jasa properti. (Foto: Freepik)

Dilansir dari Liputan6.com, berikut ini beberapa manfaat menggunakan jasa agen properti.

  1. Biasanya agen properti profesional sudah memiliki area spesialisnya. Saat memasarkan properti, agen properti sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai lingkungan dan harga. Hal ini akan membantu calon pembeli ketika hendak bertanya mengenai keuntungan investasi dan kondisi lingkungan tempat tinggal. Sementara untuk penjual rumah, keuntungann menggunakan jasa properti adalah Anda tidak perlu lagi melakukan riset karena agen properti sudah memiliki data tentang potensi dan kekurangan lokasi properti Anda.
  2. Hemat waktu dan fokus pada penjualan merupakan manfaat lainnya dari menggunakan jasa agen properti, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menerima banyak panggilan telepon dari calon pembeli karena agen properti yang akan menyaringnya untuk Anda.
  3. Manfaat berikutnya adalah mempercepat proses penjualan karena agen properti memiliki strategi dalam memasarkan properti yang dipercayakan kepadanya. Selain teknik pemasaran yang baik, mereka juga memiliki database dan koneksi yang luas dalam memasarkan properti. Para agen juga biasanya bertukar informasi jual beli rumah untuk mempercepat proses penjualan.
Tip Rumah
Agen properti pilihan Anda harus mengetahui dengan baik fasilitas, kondisi lingkungan, dan kebijakan pemerintah di daerah properti Anda karena ini akan memengaruhi penjualan properti.

Tips Memilih Agen Properti

Cek reputasi agen properti sebelum menggunakan jasanya. (Foto: Freepik)

Cek reputasi agen properti sebelum menggunakan jasanya. (Foto: Freepik)

Anda sebaiknya tidak sembarangan memilih agen properti karena hal ini berkaitan dengan kesuksesan penjualan, pembelian, ataupun penyewaan properti. Seperti yang dilansir dari Beritasatu.com, berikut ini 6 tips memilih agen properti yang tepat.

  1. Cari tahu profil agen properti dan perusahaannya secara online, mulai dari kredibilitas, cara memasarkan properti secara online, hingga keefektifan dalam mencari pembeli potensial.
  2. Cek reputasi agen properti dari lisensi dan penghargaan yang dimiliki. Selain itu, di website perusahaan agensi ternama biasanya tercantum agen-agen berprestasi. Hal ini bisa menjadi acuan Anda dalam memilih agen properti di perusahaan tersebut.
  3. Siapkan beberapa pertanyaan untuk mewawancarai beberapa agen properti sebelum membuat keputusan final. Ajukan pertanyaan spesifik seputar pengalaman, sejarah penjualan, dan strategi mereka saat bekerja.
  4. Mintalah referensi dari beberapa klien sebelumnya. Tanyakan cara agen tersebut bekerja, berapa lama properti tersebut berada di pasaran, bagaimana kemampuan agen bernegosiasi, dan pada kesempatan berikutnya apakah mereka mau menggunakan lagi jasa agen properti tersebut atau tidak.
  5. Pilihlah agen yang memiliki keahlian di area yang Anda inginkan dan terbukti pernah menjual properti di area tersebut.
  6. Carilah agen yang memiliki kemampuan negosiasi yang baik dan bisa diandalkan.

Arti Agen Properti Spesialis Area di Rumah.com

Temukan agen properti dengan keahlian khusus. (Foto: Freepik)

Temukan agen properti dengan keahlian khusus. (Foto: Freepik)

Temukan agen properti tepercaya dengan nama, perusahaan, nomor telepon, dan history penjualan pada situs Rumah.com. Anda juga bisa mencari agen properti berdasarkan wilayah ataupun keahlian khusus seperti penjualan apartemen dan komersial atau industrial.

Tak hanya itu, untuk memudahkan Anda, Rumah.com menyediakan agen properti spesialis area, yaitu agen tersebut memiliki pengetahuan dan listing yang baik di area tersebut. Hal ini bisa memberikan insight yang lebih baik dan keuntungan bagi Anda.

Cara memanfaatkan fitur spesialis area di Rumah.com adalah dengan mengunduh aplikasi Rumah.com pada smartphone Anda. Selanjutnya klik menu pada pojok kiri atas, klik Cari Agen, pilih Agen Spesialis Area, dan pilih area yang Anda tuju. Setelah itu, Anda akan melihat list dari agen properti dan history penjualan mereka. Pilihlah yang terbaik menurut Anda.

Ingin membeli ruko untuk mendukung bisnis? Pertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum membeli ruko.

 

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Cari Agen

Temukan agen terbaik dan spesialis di setiap area

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Miliki Rumah Rp1 Miliaran di Jakarta Barat Ini!

Masukan