9 Desain Gazebo untuk Santai di Rumah

Tim Editorial Rumah.com
9 Desain Gazebo untuk Santai di Rumah
RumahCom – Tahukah Anda, dibandingkan dengan penduduk desa, orang-orang yang tinggal di kota cenderung lebih rentan terhadap stres. Untuk itu, kita membutuhkan relaksasi supaya pikiran jauh dari stres.
Seperti dilansir dari Psychology Today, kegiatan di alam dapat membantu meningkatkan energi dan suasana hati. Tidak mengherankan jika kini ada banyak spot liburan seru yang mendekatkan manusia dengan alam. Selain beraktivitas di alam terbuka, menyediakan sarana relaksasi di rumah juga dapat dilakukan untuk membantu kurangi stres.
Kunjungi Pameran Properti Online DP 0%* di DealJuara
Halaman yang dilengkapi dengan gazebo dan dipenuhi tanaman hias dapat membuat suasana rumah menjadi lebih adem. Berikut ini 9 inspirasi desain gazebo yang cocok untuk dijadikan area santai di rumah. Mulai dari gazebo dengan partisi di dua sisi, gazebo kayu, gazebo berbentuk kereta kuda, gazebo berbentuk huruf L, gazebo ala kedai kopi, gazebo bamboo, hingga gazebo yang terbuat dari bahan daur ulang.

Gazebo dengan Partisi di Dua Sisi

Penggunaan sekat di gazebo berguna untuk penghalang panas. (Foto: DIY Network)
Gazebo biasanya memiliki atap yang mampu berdiri sendiri dan terpisah dari bangunan utama rumah.
Sebagai pemanis, Anda bisa menggunakan sekat atau partisi di dua sisi gazebo. Desain gazebo dengan sekat ini tidak hanya berfungsi untuk menopang atap, tetapi juga untuk penghalang panas dan silau saat bersantai di bawah sinar matahari.
Sebelum membangun gazebo, kenali dahulu macam-macam pola atap di sini.

Gazebo Kayu Tak Pernah Ketinggalan Zaman

Material kayu menghadirkan kesan alami di gazebo. (Foto: Pixabay)
Desain klasik menjadi salah satu gaya andalan untuk pembuatan gazebo. Bentuk segi delapan dan penggunaan material kayu memunculkan kesan alami dan sederhana, tetapi apik dan nyaman untuk bersantai. Penggunaan material kayu untuk gazebo juga tidak pernah keringgalan zaman.

Gazebo Berbentuk Kereta Kuda

Gazebo unik ini akan membuat Anda merasa seperti berada di atas kereta kuda. (Foto: quiet-corner.com)
Untuk Anda yang menyukai sesuatu yang etnik, cobalah desain gazebo ala kereta kuda. Dengan bentuk menyerupai kereta kuda yang terbuat dari kayu, gazebo Anda akan terlihat lain daripada yang lain. Tambahan ukiran tradisional akan menekankan nilai seni pada gazebo ini. Model gazebo ala kereta kuda cocok diletakkan di bagian tengah halaman, sehingga menjadi daya tarik utama di halaman rumah.

Gazebo Simpel dengan Tirai Bambu

Sofa dan meja membuat gazebo lebih nyaman bagi anak-anak untuk tempat belajar. (Foto: Hometone.com)
Siapa bilang rumah minimalis tidak cocok menggunakan gazebo? Pemilik rumah minimalis bisa menciptakan gazebo simpel beratap datar dengan menggunakan tiang besi dan tirai bambu. Perpaduan antara tiang besi dan tirai bambu pada gazebo menghadirkan kombinasi menarik antara gaya modern dan gaya natural.
Di samping itu, tirai bambu bisa menjadi solusi untuk Anda yang menginginkan sekat gazebo yang fleksibel. Jika tidak menginginkan penghalang, tirai bambu bisa digulung dengan mudah. Tambahkan juga furnitur seperti sofa dan coffee table supaya Anda bisa membaca buku dengan tenang dan anak-anak bisa belajar dengan nyaman di gazebo ini.

Tips Rumah.com

Jangan tempatkan pohon besar yang dapat menghalangi pemandangan dari arah gazebo. Tanaman gantung lebih apik sekaligus mampun menghalangi sinar matahari langsung.

Gazebo di Tepi Kolam Renang

Gazebo di tepi kolam renang bisa menjadi pilihan untuk menghadirkan suasana liburan. (Foto: bestedgeextensions.com)
Bagi Anda yang memiliki kolam renang di halaman belakang rumah, menempatkan gazebo di tepi kolam renang bisa menjadi pilihan. Untuk menciptakan suasana liburan sekaligus mempercantik tampilan gazebo, gunakan kain kanvas tebal di bagian atap.
Ajak para tamu yang datang ke rumah Anda untuk mengobrol sambil menikmati suasana santai dan secangkir teh hangat di gazebo di tepi kolam renang.

Gazebo Berbentuk Huruf L di Sudut Halaman

Dengan ruang duduk berbentuk L di sudut dan detil cat kayu warna abu-abu dan putih, bikin gazebo klasik ini terlihat sangat modern. (Foto: idealhome.co.uk)
Jika Anda menyukai gazebo dengan desain yang terbuka, gazebo berbentuk seperti huruf L bisa menjadi pilihan. Gazebo ini cocok diletakkan di sudut halaman belakang rumah Anda.
Intip konsep taman dengan desain minimalis di artikel ini.
Supaya sesi bersantai di gazebo berbentuk huruf L ini semakin menyenangkan, penuhi taman Anda dengan beragam pepohonan dan bunga.

Gazebo Ala Kedai Kopi

Penikmati kopi bisa membangun gazebo ala coffee shop di halaman belakang rumah. (Foto: recettemoussechocolat.com)
Jika Anda mengaku sebagai penikmat kopi dan sering nongkrong di coffee shop, cobalah membangun gazebo ala kedai kopi di halaman rumah. Untuk menonjolkan kesan kedai kopi, gunakan meja kayu dan bangku panjang di gazebo.
Seperti yang Anda tahu, hobi ngopi di coffee shop bisa membuat Anda mengeluarkan banyak biaya setiap bulan. Dengan memiliki gazebo ala kedai kopi, Anda bisa mencoba meracik kopi sendiri, kemudian menikmatinya sambil bersantai di rumah. Lumayan, kan, jadi bisa berhemat?

Gazebo Bambu

Kain panjang dapat dipasang di sisi gazebo bambu sebagai kain penutup yang fleksibel. (Foto: Goods Home Design)
Kurang menyukai gazebo dengan penyekat yang terkesan kaku? Desain gazebo bambu ini tidak memerlukan partisi berbentuk papan.
Jika tidak ingin kehilangan privasi, kain panjang dapat dipasang di keempat sisi gazebo sebagai kain penutup yang fleksibel. Model gazebo ini memang sederhana, tetapi terlihat cantik dan mengingatkan Anda dengan suasana liburan di pantai.

Gazebo yang Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Manfaatkan kayu bekas sebagai tiang penyangga gazebo. (Foto: bhg.com)
Desain gazebo berikutnya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari mendaur ulang barang-barang yang masih bisa dipakai. Kayu bekas bisa dimanfaatkan sebagai tiang penyangga gazebo. Sementara itu, terali jendela yang sudah tidak terpakai bisa dipasang di sisi-sisi gazebo.
Seperti dilansir dari Friends of the Earth, mendaur ulang kayu merupakan cara sederhana untuk membantu menyelamatkan pohon dan hutan. Kita bisa menanam pohon baru kapanpun yang diinginkan, tetapi untuk menumbuhkannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
Cara lain untuk menyulap gazebo menjadi seperti kedai kopi mini bisa ditemukan di sini.
Nah, Anda menjadi tertarik untuk menambah keindahan halaman rumah dan menciptakan area bersantai dengan menggunakan gazebo, kan? Jika Anda menginginkan rumah baru yang lebih luas supaya bisa menambahkan gazebo di halaman, Anda bisa mencarinya di sini.
Temukan beragam Panduan dan Referensi, serta kemudahan untuk Tanya Properti di Rumah.com.
Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini