14 Desain Pagar Tangga Minimalis yang keren

Tim Editorial Rumah.com

RumahCom – Pagar tangga atau biasa disebut pegangan tangga atau railing tangga, berfungsi untuk mencegah Anda terjatuh pada saat naik atau menuruni tangga. Selain untuk menjaga agar penghuni rumah aman dan nyaman, pemasangan pegangan tangga pada sisi tangga dapat menghadirkan kesan dan gaya tersendiri pada sebuah ruang.

Apapun dekorasi ruang rumah Anda, kontemporer, tradisional, modern atau minimalis, banyak sekali model dan desain pagar tangga yang dapat mengangkat elemen arsitektur rumah.

Ada banyak desain pagar tangga minimalis, mulai dari desain pagar tangga kaca, pagar tangga kayu, pagar tangga minimalis, pagar tangga kawat kontemporer dengan kisaran harga yang beragam pula.

Simak jenis-jenis KPR di Indonesia melalui video berikut ini!

Nah, dalam artikel ini akan dibahas tentang desain pagar tangga minimalis dengan uraian sebagai berikut

  1. 15 Desain Pagar Tangga Rumah
    1. Railing tangga kaca
    2. Railing tangga kaca dengan bingkai kayu atau logam
    3. Railing tangga kayu
    4. Railing tangga minimalis modern
    5. Railing tangga minimalis dengan fungsi rak
    6. Railing tangga tali temali
    7. Railing tangga rustic
    8. Railing tangga stainless steel dengan kabel baja
    9. Railing tangga geometri
    10. Railing tangga spiral
    11. Railing tangga logam baluster melingkar
    12. Railing tangga classic tuscan
    13. Railing tangga mosaik
    14. Railing tangga dengan ornamen GRC
    15. Railing tangga kawat kontemporer
  2. Daftar Harga Pagar Tangga

Langsung saja kita langsung mengulasnya satu per satu dengan penjabaran di bawah.

15 Desain Pagar Tangga Rumah

Yuk, simak 15 inspirasi desain railing tangga minimalis mulai dari desain railing tangga kaca, railing tangga kayu, pagar tangga minimalis, railing tangga kawat kontemporer, dengan uraian sebagai berikut:

1. Railing Tangga Kaca

Railing tangga kaca memberi kesan interior yang ringan dan minimalis. (Foto: backtobasicliving.com)

Material kaca merupakan salah satu bahan favorit untuk dipadukan sebagai railing tangga terutama pada rumah minimalis. Pegangan tangga kaca, membuat kesan rumah minimalis tampak lebih gaya dan elegan, tapi apakah aman?

Tentu saja, karena pegangan tangga kaca ini memberi tingkat keamanan yang sama dengan pegangan baja dan kayu, asalkan Anda menggunakan material kaca terbaik.

Tips Rumah.com

Biasanya, pegangan tangga kaca yang digunakan adalah kaca tempered ukuran 8/10 untuk tangga rumah, dengan ketebalan minimum 12-15 mm.

Tempered glass tak mudah tergores dan tahan panas. Kalaupun pecah, tempered glass tak akan hancur menjadi berkeping-keping yang tentunya bahaya bagi penghuni rumah.

2. Railing Tangga Kaca Dengan Bingkai Kayu Atau Logam

Railing kaca dengan frame kayu atau logam membuat rumah terlihat lebih keren dan bergaya. (Foto: modernstairs.icu)

Pegangan tangga kaca pada rumah juga bisa dipadukan dengan kayu atau logam seperti baja atau stainless steel. Dengan penambahan bingkai ini, ada kesan kekokohan sekaligus keindahan.

Bagi penyuka gaya minimalis modern, Anda bisa menggunakan pegangan tangga kaca dengan bingkai kayu atau baja. Namun jika rumah Anda bergaya kontemporer, padukan pegangan tangga kayu dengan bingkai logam.

3. Railing Tangga Kayu

Ada kesan vintage modern yang dihasilkan oleh railing tangga kayu. (Foto: bhg.com)

Pegangan tangga berbahan kayu sebenarnya cocok untuk segala macam gaya rumah; minimalis, klasik, ataupun modern. Merawatnya pun tidak sulit, Anda hanya perlu melapisinya dengan pernis sebagai perlindungan. Untuk sehari-hari, Anda hanya perlu menyeka debu di permukaan.

4. Railing Tangga Minimalis Modern

Railing tangga minimalis terlihat sederhana tapi menarik. (Foto: Aprar.net)

Pegangan tangga minimalis modern merupakan solusi dari masalah luas ruangan terbatas. Pegangan tangga berbahan besi dengan bentuk spiral ini cukup menarik perhatian. Sedangkan, pegangan tangga kecil atau slim rounded yang mengikuti bentuk tangganya, membuat naik dan turun tangga menjadi lebih nyaman.

5. Railing Tangga Minimalis Dengan Fungsi Rak

Keamanan terpenuhi, rumah Anda pun bisa lebih rapi dengan railing tangga ini. (Foto: custommade.com)

Setujukah Anda jika tangga bisa menjadi solusi serbaguna, sebagai rak buku atau tempat penyimpanan? Cara dan desain baru ini memaksimalkan fungsi tangga rumah Anda. Jika ingin terlihat lebih minimalis dan sederhana, Anda bisa menggantinya dengan cat berwarna putih sehingga terlihat lebih bersih dan elegan untuk rumah minimalis.

6. Railing Tangga Tali Temali

Berkat railing tangga ini, kreativitas dalam sebuah ruang memberi nilai lebih pada rumah. (Foto: rileyarchitects.com)

Pegangan tangga bertali adalah salah satu contoh desain yang kreatif dan aman. Palet warna pada ruangan monokromatik yang ringan membantu siluet dan bayangan unik dari pagar tali yang menonjol. Terlebih lagi jika Anda merangkai tali seperti di atas. Hasilnya akan membuat tangga terlihat seperti instalasi karya seni.

7. Railing Tangga Rustic

Railing tangga rustic dengan paduan material logam dan kayu. (Foto: specializedstairs.com)

Dalam desain interior, gaya rustic adalah salah satu gaya yang paling diminati. Gaya rustic mengutamakan material alami dengan rancangan sederhana namun kokoh.

Tidak hanya dalam interior perabotan, tetapi juga pada aplikasi pegangan tangga rumah minimalis. Warna cokelat kayu yang alami, meski dipadukan dengan logam dalam railing tangga, tetap akan membawa kesan homey.

8. Railing Tangga Stainless Steel Dengan Kabel Baja

Railing tangga kabel baja memberi kesan sederhana dan tidak menghalangi pandangan. (Foto: architecturelab.net)

Pada rumah dengan lahan terbatas bergaya minimalis atau industrial, pegangan tangga dengan material baja bisa menjadi pilihan tepat. Gunakan juga material kabel baja pada pegangan untuk memberikan sentuhan halus pada desain tangga baja.

Perawatan dan pemeliharaan pegangan tangga yang menggunakan kabel baja adalah yang penting. Pastikan kabel baja dipasang dengan kuat dan gunakan air tawar atau pembersih khusus untuk stainless steel agar kabel baja tetap bersih.

9. Railing Tangga Geometri

Kreativitas tanpa batas pada railing tangga dengan desain geometri ini. (Foto: trendir.com)

Anda mungkin lebih sering melihat desain railing tangga dalam bentuk vertikal. Namun, kini banyak juga railing tangga dengan fitur desain yang tidak biasa, salah satunya dengan menonjolkan detail geometris.

Railing tangga dibuat dengan material besi dari lantai hingga ke langit-langit rumah. Mengesankan bukan? Jelas, desain pegangan tangga ini sangat cocok untuk Anda pecinta gaya minimalis.

10. Railing Tangga Spiral

Foto: fresshoz.com

Railing tangga jenis ini memiliki pola melilit di sepanjang jalur spiral. Umumnya, railing ini terbuat dari baja dan dibuatkan custom design untuk melingkar membentuk spiral.

Karena terbuat dari baja, railing tangga jenis ini memiliki kapasitas penahan beban yang bisa bertahan untuk waktu yang sangat lama. Desain railing tangga spiral juga tersedia dalam banyak pola, artwork, dan harga yang gampang ditemui di pasaran.

11. Railing Tangga Logam Baluster Melingkar

Foto: pinterest

Salah satu jenis logam yang cocok untuk dijadikan sebagai railing tangga adalah baluster. Baluster adalah material yang kuat dan kokoh serta tahan lama. Karakternya yang unik menampilkan kesan yang artistik sehingga terkesan elegan, maskulin, dan modern.

Railing tangga baluster melingkar umumnya banyak diaplikasikan karena hanya membutuhkan sedikit ruangsehingga sangat cocok untuk area terbatas dengan konsep minimalis.

12. Railing Tangga Classic Tuscany

Foto: pinterest

Desain railing tangga ini memiliki kesan yang klasik khas rumah di Tuscany, Italia. Pola besi yang meliuk-liuk menambah kesan klasik dan indah ditambah dengan perpaduan dengan tangga yang dibuatkan dengan pijakan dengan bahan kayu polished.

Jenis railing tangga ini termasuk yang paling populer di berbagai rumah di seluruh dunia, apalagi lengkungan yang artistik membuat tampilan rumah menjadi lebih lembut dan elegan menjelaskan garis sudut tangga.

13. Railing Tangga Mosaik

Foto: pinterest

Desain railing tangga ini akan sangat cocok jika dikombinasikan dengan tangga bermaterial ubin dengan motif kerikil.

Railing tangga ini terbuat dari jenis kayu eksotis dari Brazil yang memang banyak digunakan untuk pembuatan railing tangga. Desainnya pun sangat sederhana. Ketika membuatkan liukan pada pegangan tangganya memang membutuhkan pengerjaan custom sesuai dengan tipe rumah.

14. Railing Tangga dengan Ornamen GRC

Foto: madaniah.com

Glass Fiber Reinforced Concrete atau GFRC adalah jenis beton yang diperkuat serat dengan bahan yang ringan, kuat dan tidak mudah terbakar api. Finishing-nya juga halus dan rapi sehingga cocok untuk railing tangga di dalam rumah.

Desain GRC memang banyak ditemukan di beberapa kawasan Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, perbatasan Asia dan Eropa seperti Turki dan Rusia dan Afrika Selatan dengan model yang futuristik.

Daftar Harga Pagar Tangga

Sudah dapat ide untuk railing tangga rumah Anda? Jika sudah, maka persiapkan lebih dahulu desain, material, hingga anggaran biayanya. Biasanya, kisaran harga pembuatan railing harga dimulai dari ratusan ribu rupiah per meter.

Agar biaya membuat railing tangga tidak mahal sebaiknya, Anda menanyakannya lebih dahulu pada ahli membuat tangga dan pastikan tukang yang mengerjakan railing tangga rumah Anda telah berpengalaman. Berikut adalah contekan harga railing tangga untuk Juli 2019.

1
Besi Hollow 40x40
Besi Hollow 20x40
Besi Hollow 30x50
355000
2
Besi Hollow 40x40
Hollow Galvanis 20x40
Besi Hollow 30x50
450000
3
Besi Hollow 40x60
Hollow 20x40
Besi Hollow 30x50
500000
4
Besi Hollow Galvanis 40x60
Hollow Galvanis 20x40
Besi Hollow 30x50
550000
5
Kayu Sungkai 9x5 (LxT)
145000/m lari
6
Kayu Mahoni 9x5 (LxT)
125000/m lari
7
Kayu Kamper 9x5 (LxT)
156000/m lari
8
Kayu Merbau 9x5 (LxT)
255000/m lari
9
Kayu Bengkirai 9x5 (LxT)
247000/m lari
10
Kayu Jati Perhutani II 9x5 (LxT)
247000/m lari
11
Kayu Jati Perhutani I 9x5 (LxT)
436000/m lari

Harga ini sudah termasuk biaya pemasangan dan pengecatan sesuai warna pilihan Anda. Perlu diketahui, untuk pembelian pegangan railing tangga, dikenal istilah “per meter lari”. Artinya yang dihitung panjangnya saja, karena ukuran lebar dan tinggi sudah mengacu pada standar, biasanya 9x5 cm.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang model tangga, Anda bisa mencari inspirasinya di sini. Rumah yang Anda tempati belum bertingkat? Temukan pilihan rumah 2 lantai dengan harga di bawah 2 miliar di sini.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami