14 Desain Rumah 2 Lantai untuk Hunian Idaman di 2022

Tim Editorial Rumah.com
14 Desain Rumah 2 Lantai untuk Hunian Idaman di 2022

RumahCom – Rumah berlantai 2 merupakan rumah yang paling diminati oleh masyarakat saat ini. Selain pemanfaatannya yang cenderung lebih praktis, pengerjaannya pun lebih mudah. Dari segi harga, tipe rumah ini lebih ekonomis sehingga banyak pengembang properti yang berlomba-lomba menciptakan tipe rumah ini. Hunian tapak minimalis ini banyak digemari oleh keluarga milenial.

Di dalam artikel ini akan dibahas desain-desain rumah dua lantai berdasarkan tren 2022 yang terbagi ke dalam poin-poin sebagai berikut :

  1. Rumah Tanpa Aksen
  2. Gaya Atap Miring
  3. Desain Rumah ‘Go in to Go out’
  4. Perpaduan Elemen Kayu dan Logam
  5. Rumah dengan Ruang Terbuka
  6. Desain Rumah di Lahan Terbatas
  7. Desain Asimetris
  8. Rumah yang Mengedepankan Keamanan Hunian
  9. Desain Mewah Rumah 2 Lantai
  10. Rumah Dengan Jembatan Penghubung
  11. Rumah dengan Konsep “Grow”
  12. Rumah ala Mediterania
  13. Desain Rumah Jepang
  14. Rumah Tropis

Konsep modern dapat menambah nilai estetika pada rumah Anda. Untuk memudahkan dalam melakukan perancangan desain rumah minimalis 2 lantai, berikut 14 tren desain rumah 2 lantai di 2022 yang bisa Anda kreasikan.

1. Rumah Tanpa Aksen Dua Lantai

Kalau Anda penganut gaya minimalis “garis keras”, desain tidak neko-neko dari hunian ini pas banget. Rumah minimalis 2 lantai ini dibangun tanpa terlalu banyak mengubah struktur asli bangunan yang berupa bungalow sederhana. Struktur kotaknya membebaskan Anda dari desain dan material yang memberatkan bujet biaya bangun rumah.

Meski begitu, Anda bisa menata bagian interior dengan warna terang yang bersih khas konsep minimalis. Aksen seperti batu bata, kayu, besi, dan beton bisa Anda tambahkan. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan kesan monoton dari sisi eksterior. Untuk warna-warna netral seperti hitam dapat Anda manfaatkan di bagian lantai dan peralatan pencahayaan.

2. Gaya Atap Miring Pada Rumah Tingkat Dua

Desain rumah minimalis 2 lantai ini boleh kotak biasa, namun model atap dan tingkat kemiringannya memberi nilai tambah. (Foto: Threadgoldarchitecture.com.au)

Minimalis namun artistik. Nuansa ini bisa Anda gunakan pada rumah minimalis 2 lantai bergaya kotak, dengan menambahkan elemen kreasi pada bagian atap. Alih-alih atap standar atau atap datar, hunian ini memiliki rancang atap tak biasa. Didesain miring, atap rumah ini memiliki rancang atap samping yang tetap bisa melindungi sisi rumah dari tempias hujan.

Anda juga bisa menggunakan kaca tebal sebagai pengganti dinding yang berdekatan dengan langit-langit atap. Cahaya masuk dengan mudah, ruangan pun tak sumpek karena desain langit-langit yang tinggi. Selain itu penggunaan “Skylight” pada atap rumah juga memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah. Mengganti pintu sandblast juga dirasa perlu untuk memberi cahaya pada lorong yang cukup gelap.

3. Desain Rumah Berlantai Dua ‘Go in to Go out’

Anda mengutamakan privasi? Rumah minimalis 2 lantai ini cocok dengan keinginan Anda. (Foto: Danielthiebaut.com)

Dirancang oleh firma arsitek Edward Suzuki Associates, rumah 2 lantai ini didesain untuk memiliki nuansa terbuka yang ramah lingkungan. Rumah ini memiliki konsep “Go in to go out” dan seharusnya arsitektur rumah membawa aset luar ke dalam rumah.

Rumah ini memiliki 3 kamar tidur dengan area patio terbuka di bagian tengah sebagai penghubung antar ruangan. Area tengah yang terbuka sangat bagus untuk sirkulasi udara dan memberi cahaya ekstra pada hunianmelalui sinar matahari alami. Untuk Anda yang mendambakan privasi lebih, letakkan sekat penghalang pada balkon. Interior dinding berwarna putih untuk memfokuskan pada kegiatan di luar rumah.

4.Perpaduan Elemen Kayu dan Logam

Bagian luar rumah minimalis 2 lantai ini menggunakan perpaduan semen, panel kayu, dan rangka logam. (Foto: Trendir.com)

Tak ingin rumah 2 lantai Anda terlihat monoton? Anda bisa menggunakan beberapa elemen berbeda sebagai alternatif pembangun struktur sekaligus pemanis hunian. Bagian luar rumah didominasi dinding semen yang dicat keabuan gelap, yang dipadukan dengan panel kayu pada langit-langit dan rangka logam untuk bingkai jendela serta railing balkon.

Pada lantai 2 terdapat beberapa jendela berukuran panjang untuk menghadirkan pemandangan dari luar ke dalam rumah sekaligus cahaya matahari. Lantai yang terbuat dari kayu pun dapat menciptakan kesan modern. Perpaduan kerangka logam pada jendela menambah kesan mewah dan elegan pada rumah Anda.

5. Rumah 2 Lantai dengan Ruang Terbuka

Agar hunian Anda terasa lapang dan terang, Anda bisa menerapkan desain rumah minimalis 2 lantai ini. (Foto: Myfancyhouse.com)

Memuat tiga kamar tidur, rumah yang berada di California, Amerika Serikat, ini mengusung konsep terbuka. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan jendela wall-to-wall yang memastikan hunian tak kekurangan cahaya.

Konsep terbuka lainnya digunakan pada pintu lipat yang diletakkan pada tiap ruangan yang menghadap taman belakang. Kalau menggunakan desain ini, Anda harus menyiapkan tirai untuk menahan suhu di musim panas.

Pada bagian interior pastikan mempertimbangkan penggunaan aksen logam seperti linen dengan anyaman perak untuk memberi kesan highlight pada ruangan. Pemanfaatan warna pastel akan memantulkan cahaya sehingga ruangan akan terlihat lebih cerah, sementara warna hangat akan menyerapnya.

6. Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Terbatas

Jika lahan bangun sempit, Anda bisa mencontek desain rumah minimalis 2 lantai berikut. (Foto: Hypebeast.com)

Hunian ini sama sekali tidak menggunakan sekat pada bagian dalam rumah untuk menghindari kesan sempit. Penggunaan warna putih pada dinding, lantai dan ceiling rumah juga dapat memberi kesan luas pada ruangan. Atap kaca pada rumah juga dapat memberi kesan luas karena pencahayaan yang cukup.

Ruang tidur terbuka juga diletakkan di lantai atas untuk menjauhkannya dengan area semi-publik. Meski tak memiliki pekarangan, Anda tetap bisa memiliki teras tertutup dengan desain langit-langit kaca “melayang” untuk pencahayaan alami dan sirkulasi udara.

7. Desain Asimetris Rumah Tingkat 2

Tak perlu dipusingkan dengan lahan yang asimetris, karena desain rumah minimalis 2 lantai ini bisa mengakalinya! (Foto: Archdaily.com)

Tak semua orang beruntung memiliki lahan dengan bentuk sisi yang sama. Bagaimana kalau Anda punya lahan asimetris tapi tetap ingin punya rumah bergaya minimalis dan dibuat tingkat?

Desain rumah minimalis 2 lantai di Kroasia yang berdiri di lahan seluas 400 meter persegi ini bisa Anda jadikan inspirasi. Hunian ini berada di persimpangan yang memberikan dua arah pandangan.

Desain asimetris ini bisa memberikan arah pandang yang lebih luas dan juga bisa menyesuaikan dengan bentuk lahannya. Agar tak terasa janggal, terapkan tata ruang yang tak asimetris untuk menyeimbangakan keunikan desain bangunan. Juga, terapkan warna dinamis untuk memberi dimensi.

8. Rumah Minimalis Berlantai 2 Mengedepankan Keamanan Hunian

Rasa aman pun terjamin berkat berbagai teralis yang tetap didesain “ramah” demi segi estetika rumah minimalis 2 lantai ini. (Foto: Habitat-my.com)

Segi kenyamanan memang perlu dinomorsatukan ketika Anda membangun rumah, namun jangan lupakan juga segi keamanan. Lihatlah rumah 2 lantai karya Yong Studio Sdn Bhd. Balkonnya dibangun jauh dari pepohonan tinggi yang dapat dijadikan alat bantu pendakian.

Konsep minimalisnya terwujud, dengan mempertimbangkan pemakaian teralis depan dan pintu tambahan pada area pintu masuk. Pintu tambahan ini berfungsi untuk memberi keamanan ekstra, menjaga privasi, sekaligus area untuk menempatkan rak sepatu.

Pada bagian depan, tinggi pagar dibuat setidaknya 0,5 m dan perimeternya setinggi 1 m agar tidak mudah didaki. Sentuhan warna hitam pada pagar menambah kesan minimalis dengan perpaduan cat putih pada dinding.

9. Desain Mewah Rumah 2 Lantai

Dengan desain yang tepat, rumah minimalis 2 lantai ini bisa disulap menjadi mewah. (Foto: Home-designing.com)

Kalau punya lahan luas dan bujet berlebih, mengapa tidak membuat konsep rumah 2 lantai yang mewah? Anda bisa mencontek idenya dari desain rumah ini. Tak perlu berlebihan dalam menata eksterior hunian. Cukup dengan nuansa putih, pagar kaca, dan panel kayu di beberapa tempat, hunian bisa tampak lebih mewah. Selain itu adanya jendela-jendela kaca yang berukuran besar menambah kesan minimalis sekaligus kemegahan untuk rumah Anda.

Untuk memperkuat kesan mewah, tambahkan aksen lis pada dinding bangunan. Gunakan juga aksen tumpuk pada langit-langit atap untuk memberi dimensi. Penggunaan lampu dinding berkualitas tinggi juga bisa menambah kesan mahal pada hunian.

10. Rumah 2 Lantai dengan Jembatan Penghubung

Foto : https://www.archdaily.com

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, konsep ini sangatlah tepat untuk diterapkan. Konsep rumah modern ini pertama kali diperkenalkan oleh arsitek Stanley Saitowitz yang terletak di California.

Dengan konsep yang memisahkan area privasi dengan semi publik, privasi Anda bersama keluarga bisa tetap terjaga. Jembatan yang menjadi penghubung dari satu massa bangunan ke lainnya dijadikan sebagai akses tangga.

Bagian dinding pada lantai atas dibangun dari kaca-kaca yang memperluas sudut pandang dari dalam rumah. Untuk desain rumah yang satu ini, Anda bisa posisikan ruang tamu utama berada di lantai atas, sementara area privasi dan kamar tidur tetap berada di lantai bawah.

11. Rumah 2 Lantai dengan Konsep “Grow"

Foto : https://www.curbed.com

Merupakan rumah yang dibangun dengan kondisi bangunannya disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik rumah. Biasanya rumah ini berbentuk partisi sementara untuk membatasi ruangan di dalam rumah. Dinding yang dibangun dibuat semi permanen untuk mudah dihubungkan dengan ruang lainnya.

Sebelum dibangun, pemilik akan merencanakan apakah rumahnya akan tumbuh ke bagian atas atau ke samping. Penambahan pada lantai atas hanya tinggal mengikuti struktur bangunan pada lantai bawah.

Ruang tamu yang dirancang terpisah dari ruang hunian agar nantinya dapat dialih fungsikan sebagai ruang belajar ataupun ruang keluarga. Untuk bagian teras bisa dikembangkan menjadi ruang tamu dengan membangun atap untuk teras.

12. Desain Mediterania Di Rumah Dua Lantai

Foto : http://www.usualhouse.com/

Dengan memadukan beberapa volume yang saling bertumpuk, rumah ini memiliki sentuhan gaya khas dari Mediterania. Seperti dikutip Usual House, konsep rumah ini dibangun oleh Pedone Working.

Campuran logam, kayu, dan batu saling melengkapi satu sama lain di ruang tamu dan menjadikan rumah fungsional sekaligus bergaya. Konsep minimalis didapat dari dinding-dinding kaca pada bagian lantai bawah. Penggunaan warna putih pada bangunan juga menambah kesan modern rumah ini.

Anda bisa tambahkan ukiran atau pahatan sebagai dekorasi pada dinding rumah. Di bagian atap berbentuk segitiga dengan ketinggian yang tidak terlalu menjulang. Salah satu fitur utama rumah ini adalah balkon kecil di kamar tidur.

13. Desain Rumah Jepang 2 Lantai

Foto : https://www.idesignarch.com

Rumah ini dirancang oleh arsitek KDDH untuk kaum milenial. Struktur rumah dibangun dari kayu ringan dengan fasad berbentuk ‘T’ dan massa atas mengambang. Ruang interior dibagi menjadi ruang publik di lantai 1 dan ruang pribadi di lantai 2.

Sebagai transisi antara area luar dengan bagian dalam rumah yang dikenal dengan sebutan genkan. Pada bagian teras rumah didominasi dengan elemen kayu dengan pintu dan tiang yang terbuat dari kayu.

Untuk penggunaan warna, orang Jepang kerap kali menggunakan warna-warna yang natural seperti putih agar ruangan terlihat lebih luas. Dekorasi seperti pohon bonsai dan pohon bambu juga dapat menambah kesan rumah Jepang Anda.

14. Rumah Tropis 2 Lantai

Foto : https://www.curbed.com

Bagi kita yang tinggal di garis khatulistiwa, sangatlah disarankan untuk membangun rumah dengan konsep yang satu ini. Benjamin Garcia Saxe memperkenalkan desain yang satu ini dengan konsep "Jungle Frame House".

Kesan minimalis didapat dari atap rumah yang berbentuk rata. Banyaknya bukaan ruang berfungsi mengatur sirkulasi udara sehingga kelembapan udara di dalam rumah dapat terjaga di musim kemarau sekalipun.

Desainnya berpusat di sekitar lantai utama, di mana ruang tamu dalam ruangan terhubung dengan teras luar yang terletak di lantai dasar dan menciptakan tingkat tiga lantai. Kamar tidur terletak di lantai kedua dan ketiga di mana cantilever volume kaca di atas lantai.

Untuk mengetahui cara mudah menyiapkan dana DP rumah, simak tautan berikut!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini