9 Fakta Atap Baja Ringan yang Harus Anda Tahu

Pemasangan atap baja ringan harus cermat dan melibatkan ahli. Sebelum memutuskan untuk rumah Anda, kenali dulu fakta lainnya.
atap baja ringan

RumahCom – Bagian rumah yang satu ini tentu saja sangat penting sebagai pelindung tempat tinggal dari cuaca panas maupun hujan. Karena itu, material untuk atap harus dipilih yang kuat dan kokoh agar tahan lama sampai bertahun-tahun setelah pemasangan.

Material baja ringan saat ini populer digunakan sebagai alternatif rangka atap, karena atap baja ringan punya bobot yang sangat ringan namun kokoh, serta tahan rayap.

Dilansir dari Bridgersteel, baja ringan merupakan material hasil perpaduan beberapa material dan elemen. Beberapa bahkan terbuat dari bahan daur ulang sehingga bahan ini dianggap sebagai material yang ramah lingkungan.

Sebelum memutuskan menggunakan baja ringan sebagai konstruksi atap hunian, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal penting mengenai material ini. Berikut 9 faktanya:

  1. Kualitas dan kekuatan atap baja ringan

Dalam memilih atap baja ringan, perhatikan kualitas dan kekuatannya. (Foto: Roof-it.net)

Dalam memilih atap baja ringan, perhatikan kualitas dan kekuatannya. (Foto: Roof-it.net)

Pada dasarnya, baja ringan merupakan lembaran baja dengan ketebalan berkisar 0,65-11 mm. Kualitas baja ringan dilihat dari nilai tegangan tarikan.

Kekuatan yang dipersyaratkan adalah 550Mpa atau 550kg/m2. Nilai tegangan tarikan sebesar itu dianggap cukup kokoh menopang berbagai jenis atap.

Selain nilai tegangan tarikan, kualitas dan kekuatan atap baja ringan juga bisa dihitung dengan menggunakan patokan SAE grade. Baja ringan dengan kualitas terbaik biasanya memiliki SAE grade 980.

  1. Lapisan anti karat pelapis atap baja ringan

Kualitas baja ringan juga bisa ditentukan dengan jenis lapisan anti karat atau anti korosi yang digunakan. Ada yang terdiri dari galvanis (seng), galvanum, zincalume (kombinasi seng, alumunium, dan silikon) dan ZAM (seng, alumunium, dan magnesium).

Perbedaan campuran pelapis sangat mempengaruhi ketahanan material terhadap ancaman lain, seperti garam, larutan asam, dan larutan basa.

Baja ringan dengan lapisan seng umumnya dijual dengan harga murah, tahan terhadap campuran semen, namun tidak tahan terhadap air garam. Sebaliknya, baja ringan dengan lapisan galvalume lebih tahan terhadap zat-zat korosif namun tidak tahan terhadap semen.

  1. Sistem kesatuan atap baja ringan terintegrasi satu dengan yang lain

Atap yang terbuat dari baja ringan lebih dari sekadar lembaran atap. Semua bagian, mulai dari sekrup dan baut terkecil hingga lembaran dan tangga atap yang besar, adalah hal yang penting.

Seperti dilansir dari Ruuki, peran struktur bawah atap adalah untuk menciptakan fondasi yang kuat untuk pemasangan lembaran atap. Struktur bawah ini mencakup lapisan bawah, reng, dan ventilasi.

Struktur bawah yang dibangun dengan baik juga meningkatkan kedap suara dan melindungi rumah dari cuaca panas dan hujan. Sistem saluran air hujan dan pipa juga perlu diperhatikan agar atap Anda tampil maksimal dan menarik secara visual.

Ada empat hal yang harus diperhatikan terhadap kondisi atap sebelum membeli rumah. Apa saja itu? Baca ulasannya di artikel berikut ini.

  1. Jenis profil atap baja ringan yang beredar di pasaran

Atap baja ringan yang beredar di pasaran memiliki berbagai jenis profil. (Foto: Cladco.co.uk)

Atap baja ringan yang beredar di pasaran memiliki berbagai jenis profil. (Foto: Cladco.co.uk)

Jenis profil baja ringan yang banyak beredar di pasaran, antara lain profil head section (U terbalik dengan kaki), profil C, dan profil Z. Setiap jenis profil merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dan mempunyai keunggulan tersendiri.

Untuk keunggulan tiap jenis profil, profil head section dianggap memiliki kestabilan yang lebih baik karena memiliki 2 kaki sebagai penumpu. Sementara profil C dinilai lebih efisien dalam segi bentuk dan aplikasinya. Untuk harganya pun relatif lebih terjangkau.

Simak jenis-jenis KPR di Indonesia melalui video berikut ini!

 

  1. Penggunaan software komputer dalam penghitungan agar akurat

Software komputer akan membantu untuk menghasilkan desain atap baja ringan yang paling efektif dan aman. (Foto: Dondeir.info)

Software komputer akan membantu untuk menghasilkan desain atap baja ringan yang paling efektif dan aman. (Foto: Dondeir.info)

Untuk menghasilkan sistem kesatuan antar baja ringan yang kokoh, butuh sistem perhitungan yang akurat dan presisi.

Penghitungan tentu saja tidak bisa berdasarkan estimasi atau pengalaman. Perhitungan dengan bantuan software komputer sangat diperlukan agar menghasilkan penghitungan yang sempurna.

Software komputer akan membantu untuk menghasilkan desain rangka yang paling efektif dan aman, mulai dari bentuk kerangka, ukuran sambungan hingga jumlah sambungan yang disesuaikan dengan profil dan jenis kerangka masing-masing.

  1. Perhatikan panduan pemasangan atap baja ringan

Setelah proses perhitungan dan olah data menggunakan sotware baja ringan selesai dikerjakan, maka akan muncul gambar kerja sebagai panduan. Gambar kerja ini berisi gambar penempatan sistem rangka, jenis dan rangka panjang hingga jumlah baut.

Berdasarkan data tersebut, seluruh proses pemotongan, penyambungan hingga instalasi di atap akan dilakukan. Banyak detail data membuat gambar kerja hanya disetujui oleh teknisi bersertifikasi, bukan tukang.

  1. Atap baja ringan lebih baik jika dikerjakan teknisi bersertifikat

Gunakan jasa teknisi bersertifikat alih-alih tukang untuk hasil pengerjaan atap baja ringan terbaik. (Foto: Stratco.com.au)

Gunakan jasa teknisi bersertifikat alih-alih tukang untuk hasil pengerjaan atap baja ringan terbaik. (Foto: Stratco.com.au)

Produsen tentunya memberi gambar kerja hasil penghitungan software komputer agar bisa dikerjakan di lapangan. Meski proses pemasangan sambungan atap baja ringan bisa dikatakan mudah, sebaiknya Anda tidak mempercayakannya ke sembarang orang.

Alih-alih menggunakan jasa tukang biasa, sebaiknya Anda percayakan pemasangannya pada aplikator atau teknisi bersertifikasi.

Hal ini untuk menghindari kesalahan dan kerusakan saat proses pemasangan. Kesalahan pemasangan bisa membuat baja robek dan melukai lapisan pelindung karat.

  1. Harga dan biaya yang harus dikeluarkan

Harga yang ditawarkan setiap produsen berbeda sesuai kualitas bahan dan perangkat lunak yang mereka keluarkan. Karena itu, tidak ada patokan harga tetap. Semua harga dan biaya dihitung berdasarkan perhitungan luas, tinggi, kemiringan atap, dan jenis penutup yang dikenakan.

Infokan kepada produsen mengenai luas atap dan model yang Anda inginkan, termasuk informasi mengenai bujet yang Anda alokasikan.

  1. Pilihlah produsen atap baja ringan yang memberikan garansi

Perlu diperhatikan untuk memilih produsen baja ringan yang memberikan garansi produk bahwa produksi yang digunakan telah sesuai dengan nilai tegangan tarikan yang tertera. Garansi ini juga termasuk jaminan kekuatan, kualitas, dan ketahanan atap.

Waktu garansi berbeda, dengan rentang waktu garansi yang umumnya di atas 10 tahun hingga 20 tahun. Namun, perlu diingat bahwa garansi hanya berlaku untuk desain yang telah disetujui.

Garansi akan berubah jika di kemudian hari ada perubahan bentuk, penggantian penutup atap, penggantian aksesoris atau renovasi atap.

Setelah membaca 9 fakta di atas, tentunya Anda sudah paham mengenai karakteristik material baja ringan. Jika menginginkan informasi mengenai bentuk-bentuk atap yang biasa digunakan dalam membangun rumah, Anda bisa membaca ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Jika Anda sedang mencari rumah dengan atap yang terbuat dari baja ringan yang kokoh namun masih dengan bujet terjangkau, Rumah.com menyediakan banyak rumah murah di bawah 500 juta Rupiah. Cek saja pilihannya di sini.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Baca Selanjutnya

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan