Tren Wastafel 2019/2020 Lengkap Panduannya

Ketahui tren wastafel tahun ini, pilihan ukurannya, jenis materialnya, wastafel untuk cuci piring, wastafel dapur, hingga wastafel untuk kamar mandi.
Fakta Wastafel agar Rumah Makin Cantik Foto Utama

RumahCom-Meski bukan pengisi rumah yang utama, wastafel adalah elemen penting yang sebenarnya tak bisa dianggap remeh. Terkait dengan fungsi dan pemasangannya yang rumit, pemilihan bak cuci yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan ukuran dan fungsi ruangan, serta penggunaannya.

Anda yang tengah membangun atau merenovasi rumah, simak dulu rangkaian fakta seputar wastafel dari Rumah.com berikut.

Ketahui tren wastafel tahun ini, pilihan ukurannya, jenis materialnya, wastafel untuk cuci piring, wastafel dapur, wastafel untuk kamar mandi, wastafel portable, kisaran harganya, hingga kesalahan yang umum terjadi ketika membersihkannya.

Untuk itu, kali ini Rumah.com akan memberikan pembahasan mengenai wastafel dengan urutan sebagai berikut:

  1. Tren Wastafel 2019
    1. Wastafel Cuci Piring
    2. Wastafel Dapur
    3. Wastafel Kamar Mandi
    4. Wastafel Portabel
  2. Ukuran Wastafel
  3. Material Wastafel
  4. Daftar Harga Wastafel

Tren Wastafel 2019

Tren wastafel umumnya mengikuti tren interior dapur. (Foto: Pexels)

Tren wastafel umumnya mengikuti tren interior dapur. (Foto: Pexels)

Meski tak secepat perputaran tren warna cat dinding atau interior, wastafel juga punya tren sendiri. Umumnya, tren ini tercipta tatkala ada perubahan tren atau minat pada interior dapur atau kamar mandi.

Mengutip Elle Décor, penggunaan material timah dan gunmetal merupakan salah satu tren interior dapur tahun ini. Hal ini bisa mempengaruhi model bak cuci dan keran yang digunakan. Gaya vintage dan warna dapur yang hitam pekat juga termasuk dalam tren dapur 2019, yang tentunya bisa ikut mengarahkan pilihan Anda akan model dan material bak cuci.

Ada beberapa model populer yang bisa dipilih, antara lain:

  • Undermount sink. Pinggirannya berada di bawah lapisan meja, sehingga dapur terlihat tak bertumpuk dan lebih rapi.
  • Drop-in sink. Tepiannya berada di atas lapisan meja, berkebalikan dengan model undermount sink.
  • Apron-front sink. Model bak cuci ini memiliki tepi luar yang terekspos jelas. Umumnya, bak cuci memiliki tingkat kedalaman yang tinggi. Anda mesti memotong lapisan kabinet atau memilih kabinet yang memang ditujukan untuk model wastafel ini.

Berikut ini beberapa tren wastafel 2019 yang patut Anda ikuti perkembangannya.

1. Wastafel Cuci Piring

Foto: https://www.hgtv.ca

Foto: https://www.hgtv.ca

Zaman sekarang, tidak hanya dapur minimalis saja yang sedang kekinian, bagian dapur seperti wastafel cuci piring pun ikut mengalami perkembangan. Selain desainnya yang lebih modern, tren wastafel cuci piring masa kini pun tentunya memiliki inovasi yang bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Umumnya, jenis material yang digunakan pada bak cuci piring adalah dari logam, yaitu stainless steel, karena faktor ketahanannya dan kemudahan dalam membersihkan. Untuk bak cuci piring, Anda harus mempertimbangkan sisi fungsionalnya. Ada beberapa faktor yang menentukannya, antara lain:

  • Jumlah bak. Ada model wastafel dengan 1 bak, ada juga yang memuat 2 hingga 3 bak. Kalau melihat ukuran dapur Anda, mana yang tak memakan tempat? Tentukan juga tingkat kesibukan Anda di dapur. Wastafel dengan lebih dari 1 bak akan sangat membantu jika Anda ingin mencuci piring dan membilasnya di bak terpisah. Atau, ada juga yang menggunakan bak lainnya untuk membilas bahan makanan.
  • Ada juga wastafel yang mungil dalam lebar, namun tinggi dalam segi kedalaman. Hal ini berguna untuk menumpuk piring kotor dalam jumlah banyak beserta panci.
  • Wastafel dan keran adalah satu kesatuan. Untuk mencuci piring, ada baiknya Anda mencari leher keran melengkung untuk memudahkan pencucian. Keran yang dipilih juga mesti memudahkan Anda ketika menutup atau mengunci aliran air.

2. Wastafel Dapur

Foto: https://homebnc.com

Foto: https://homebnc.com

Selain wastafel cuci piring, wastafel dapur pun turut mengikuti tren. Tren wastafel dapur ini didesain sedemikian rupa untuk menyesuaikan model rumah yang minimalis dan modern. Tren wastafel dapur pun tentunya berbeda model dengan wastafel cuci piring.

Wastafel cuci piring bisa menjadi wastafel dapur, namun wastafel dapur belum tentu adalah wastafel cuci piring. Sesuai namanya, wastafel cuci piring memang ditujukan untuk mencuci piring, sedangkan wastafel dapur bisa juga Anda gunakan sebagai sarana untuk menyiapkan makanan.

Biasanya, kedua bak cuci ini dibedakan pada hunian dengan ukuran luas. Wastafel cuci piring ada di dapur kotor dan wastafel dapur ada di dapur bersih. Jika diletakkan dalam satu ruangan, pastikan material dan model keran yang digunakan tak jauh berbeda.

3. Wastafel Kamar Mandi

Foto: Pixabay

Foto: Pixabay

Salah satu tren wastafel 2019/2020 yang tidak boleh ketinggalan adalah tren wastafel kamar mandi. Zaman sekarang, banyak sekali model-model wastafel kamar mandi yang unik dan modern, sehingga kamar mandi bisa terlihat lebih ‘mencolok’. Tren wastafel kamar mandi masa kini biasanya dihiasi dengan model-model wastafel yang simple namun tetap elegan.

Berbeda dengan dapur, wastafel pada kamar mandi memiliki model berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan penempatannya di kamar mandi.

  • Freestanding basin. Ini adalah model wastafel berdiri yang utuh tanpa potongan antara bak dan kakinya.
  • Pedestal basin. Model ini memiliki kaki ramping hingga ke lantai yang sebenarnya ditujukan untuk menutupi pipa air. Ada juga yang menggunakan model semi-pedestal, dengan kaki yang menutupi pipa, namun tidak sampai menyentuh lantai.
  • Wall-mounted basin. Model tanpa kaki alias melayang. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong ini untuk menempatkan ember atau peralatan membersihkan kamar mandi.
  • Countertop basin. Wastafel ini menyerupai mangkuk atau baskom yang diletakkan di atas meja kabinet kamar mandi.
  • Corner sink. Kalau kamar mandi Anda tergolong sempit, model ini cocok digunakan karena memiliki bentuk segitiga yang pas ditempatkan di sudut ruangan.

Material yang biasa digunakan untuk kamar mandi umumnya adalah porselen dan kaca. Karena akan selalu terpapar genangan air, Anda sebaiknya memilih material yang mudah dibersihkan dan tak gampang terkena noda.

4. Wastafel Portable

Karena kepraktisan dan tempat yang terbatas, ada juga wastafel portable. (Foto: Allportablesinks.com)

Karena kepraktisan dan tempat yang terbatas, ada juga wastafel portable. (Foto: Allportablesinks.com)

Seiring perkembangan zaman, orang membutuhkan alat-alat rumah tangga yang ringkas dan mudah dipindahkan. Berdasarkan kebutuhan itulah, wastafel pun akhirnya ikut berinovasi menjadi inovasi portabel. Tren wastafel portabel ini banyak digunakan di kantor medis, salon dan spa, area kemping, dan festival outdoor.

Dengan teknologi yang semakin maju dan hunian yang semakin ringkas, Anda pasti akan menemukan satu varian lain dari wastafel, yaitu versi portable. Keunggulan dari jenis ini adalah ukurannya dan kepraktisannya.

Jenis portable umumnya dijual dalam satu set berupa bak cuci, keran, saluran pipa air atau penampungannya, dan kabinet utuh. Ada yang menjualnya dengan satu atau beberapa bak sekaligus. Keran ini menggunakan listrik sebagai dayanya.

Ukuran Wastafel

Sesuaikan ukuran wastafel dengan luas ruangan dan fungsinya. (Foto: Pixabay)

Sesuaikan ukuran wastafel dengan luas ruangan dan fungsinya. (Foto: Pixabay)

Ada banyak pilihan ukuran bak cuci yang tersedia di pasaran. Semua bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan dan juga peruntukannya. Umumnya, ukuran standar wastafel adalah 55 – 75cm, dengan kedalaman 20 – 25cm.

Namun, hal ini akan berbeda jika bak cuci Anda memiliki dua bak atau tiga bak. Begitu juga jika Anda memiliki ruangan yang kecil, sesuaikan bak cuci dengan ukuran ruangan.

Tip Rumah
Kesesuaian ukuran wastafel dengan luas kabinet dapur juga mesti diperhatikan

Jika ruangan Anda lebih kecil dari 14m², ada baiknya Anda menggunakan bak cuci mungil yang tak menghabiskan tempat. Meski mungil, Anda bisa memilih bak cuci dengan kedalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Material Wastafel

Selain stainless steel yang populer, ada juga bahan lainnya seperti porselen. (Foto: Pexels)

Selain stainless steel yang populer, ada juga bahan lainnya seperti porselen. (Foto: Pexels)

Untuk dapur atau kamar mandi, Anda bisa memilih material yang berbeda. Ada banyak material bak cuci yang ditawarkan, dan semuanya memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing.

Stainless steel

Harga terjangkau. Awet. Tahan pada suhu apapun.

Jika tak segera dilap kering, bercak air dan klorin kerap meninggalkan noda yang sulit hilang.

Porcelain atau enamel

Banyak pilihan model dan warna. Tahan pada suhu apapun.

Berat. Mudah tergores atau pecah jika terkena hantaman keras. Goresan dalam bisa mengundang noda pada celah.

Batu

Banyak pilihan model dan warna. Permukaan halus dan punya lapisan mengkilap untuk mencegah noda. Tahan pada suhu apapun.

Berat. Material batu bisa bereaksi berbeda pada pembersih dengan kandungan kimiawi tertentu. Noda bercak air akan terlihat jelas pada wastafel berwarna gelap.

Kaca

Memberi kesan ruang lapang. Banyak pilihan warna. Penggunaan tempered glass bisa memperpanjang umur wastafel.

Meski mudah dibersihkan, noda bercak air sangat mudah muncul dibanding jenis wastafel lain.

Kayu atau bambu

Memberi kesan eksotis dan alami.

Tak bisa dibersihkan dengan sikat ekstra tajam, karena bisa merusak permukaan. Mudah tergores.

Tidak banyak yang menggunakan kayu sebagai wastafel. Agar tidak keliru, kenali jenis material kayu dan cara merawatnya di artikel ini.

Daftar Harga Wastafel

Pilih wastafel sesuai kebutuhan dan kegunaannya.

Pilih wastafel sesuai kebutuhan dan kegunaannya.

Tergantung ukurannya dan kualitas masterialnya, harga yang ditawarkan bisa bervariasi. Anda bisa melihatnya dalam daftar yang dirangkum Rumah.com berikut.

Teka Linea LE 40.40.25

Tanam

45x45x18,5

Stainless steel

1245000

Modena Orta KS 2100A

Tanam

40,5x40,5x18,5

Stainless steel

1000000

Modena Maggiore KS9101 LM

Tanam

86x50x21

Granit

8700000

Modena Molveno KS 9121C LN

Tanam

86x50x20

Granit

7450000

Modena Bracciano KS 8101

Tanam

86x51x22,3

Stainless steel

6400000

Modena Lugano KS 4201

Tanam

116x50x19

Stainless steel

3125000

Toto LW240CJ/LW240HFJ

Dinding

50x35x20

Porselen

1100000

Toto LW24+P2:S48JT1

Dinding

51x26x20

Porselen

528000

American Standard CLU032I3

Dinding

45,1x29,3x18,1

Porselen

250000

Aer HW 01

Dinding

46x38,5x17

Keramik

655000

Aer HW 01

Dinding

56x44x20

Keramik

835000

Aer UCW 01 C

Tanam

57x41,5x19,5

Keramik

583000

Aer UCW 02 R

Tanam

46,5x35x19

Keramik

583000

Aer CWB 02 C

Atas Meja

43x43x16,5

Keramik

683000

Aer CWH 01 C

Atas Meja

46,5x46,5x15,5

Keramik

683000

Aer CWH 03 R

Atas Meja

53,5x43x16

Keramik

1000000

Aer CWB 04 R

Atas Meja

48,5x37x14

Keramik

774000

Aer CWB 01 C

Atas Meja

59x40x14,5

Keramik

974000

Aer CWB 05 R

Atas Meja

60,5x36x13

Keramik

998000

Aer CWH 06 R

Atas Meja

61x46x16

Keramik

1300000

Meski terkesan kurang penting, wastafel ternyata menyimpan catatan vital yang mendukung ruang lingkup hunian Anda. Setelah mengetahui beragam fakta ini, Anda kini bisa lebih leluasa menentukan produk yang tepat untuk mengisi rumah.

Jelajahi link berikut untuk membaca sederet tips berguna seputar rumah. Kalau Anda sedang berencana membeli rumah tambahan sebagai investasi, langsung kunjungi halaman Properti Baru.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Masukan