Rekomendasi Wastafel Tren 2021 untuk Hunian Anda

Ketahui tren wastafel tahun ini, pilihan ukurannya, jenis materialnya, wastafel untuk cuci piring, wastafel dapur, hingga wastafel untuk kamar mandi.
Fakta Wastafel agar Rumah Makin Cantik Foto Utama

RumahCom-Meski bukan perlengkapan rumah tangga yang utama, wastafel adalah elemen penting yang sebenarnya tak bisa dianggap remeh. Terkait dengan fungsi dan pemasangannya yang rumit, pemilihan bak cuci yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan ukuran dan fungsi ruangan, serta penggunaannya. Kini, tren wastafel pun menjadi semakin bervariasi dan Anda harus pintar-pintar memilih.

Setidaknya, ada 2 macam wastafel yang digunakan di rumah umumnya, yakni untuk di dapur dan di kamar mandi. Meskipun bukan kebutuhan utama, tentunya wastafel atau bak cuci sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan rumah tangga. Untuk itu, kali ini Rumah.com akan memberikan pembahasan mengenai wastafel dengan urutan sebagai berikut:

  1. Mengenal Penggunaan Wastafel
    1. Fungsi Wastafel Berdasarkan Kebutuhan
    2. Ukuran Wastafel
    3. Material Wastafel
  2. Pilihan Wastafel yang Sesuai dengan Rumah Anda
  3. Tren Wastafel 2021
    1. Wastafel Cuci Piring
    2. Wastafel Dapur
    3. Wastafel Kamar Mandi
    4. Wastafel Portabel
    5. Wastafel Kamar Mandi Tipe Pedestal
    6. Wastafel Kamar Mandi Tipe Vessel & Bak Wastafel Dangkal
    7. Wastafel Kamar Mandi Wall-Mount
    8. Wastafel Kamar Mandi Under-Mount
  4. Daftar Harga Wastafel
  5. Tips Memasang Wastafel dan Material Pendukungnya
  6. 8 Aksesoris Wastafel yang Penting untuk Dipertimbangkan

Penasaran seperti apa tren variasi wastafel tahun ini? Ikuti terus pembahasannya di sini.

15 Ide Dapur Bersih Minimalis

Tips Rumah dan Apartemen

15 Ide Dapur Bersih Minimalis

1. Mengenal Penggunaan Wastafel

Fungsi utama wastafel adalah untuk mencuci tangan. (Foto:Castorly Stock-Pexels)

Fungsi utama wastafel adalah untuk mencuci tangan. (Foto:Castorly Stock-Pexels)

Wastafel biasanya diletakkan di kamar mandi dan dapur. Kadang kala, ada juga yang menambah wastafel di luar kamar tidur sebagai tambahan. Meskipun terlihat sepele, sebenarnya wastafel sangat fungsional dan penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

1) Fungsi Wastafel Berdasarkan Kebutuhan

Fungsinya sendiri yang paling utama adalah sebagai bak cuci. Di dapur, fungsinya tentu adalah tempat mencuci piring, atau mencuci sayur dan buah sebelum dimakan. Di kamar mandi, wastafel jadi tempat mencuci tangan, membasuh muka, menyikat gigi, mencukur. Jika wastafel berukuran besar, bahkan bisa juga untuk memandikan hewan peliharaan atau membersihkan bagian tubuh tertentu.

2) Ukuran Wastafel

Ada banyak pilihan ukuran bak cuci yang tersedia di pasaran. Semua bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan dan juga peruntukannya. Umumnya, ukuran standar wastafel adalah 55 – 75 cm, dengan kedalaman 20 – 25 cm. Namun, hal ini akan berbeda jika bak cuci Anda memiliki dua bak atau tiga bak.

Begitu juga jika Anda memiliki ruangan yang kecil, sesuaikan bak cuci dengan ukuran ruangan. Jika ruangan Anda lebih kecil dari 14m², ada baiknya Anda menggunakan bak cuci mungil yang tak menghabiskan tempat. Meski mungil, Anda bisa memilih bak cuci dengan kedalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Tip Rumah
Kesesuaian ukuran wastafel dengan luas kabinet dapur juga mesti diperhatikan

3) Material Wastafel

Untuk dapur atau kamar mandi, Anda bisa memilih material yang berbeda. Ada banyak material bak cuci yang ditawarkan, dan semuanya memiliki keunggulan serta kekurangan masing-masing.

Stainless steel

Harga terjangkau. Awet. Tahan pada suhu apapun.

Jika tak segera dilap kering, bercak air dan klorin kerap meninggalkan noda yang sulit hilang.

Porcelain atau enamel

Banyak pilihan model dan warna. Tahan pada suhu apapun.

Berat. Mudah tergores atau pecah jika terkena hantaman keras. Goresan dalam bisa mengundang noda pada celah.

Batu

 

Banyak pilihan model dan warna. Permukaan halus dan punya lapisan mengkilap untuk mencegah noda. Tahan pada suhu apapun.

 

Berat. Material batu bisa bereaksi berbeda pada pembersih dengan kandungan kimiawi tertentu. Noda bercak air akan terlihat jelas pada wastafel berwarna gelap.

Kaca

Memberi kesan ruang lapang. Banyak pilihan warna. Penggunaan tempered glass bisa memperpanjang umur wastafel.

 

Meski mudah dibersihkan, noda bercak air sangat mudah muncul dibanding jenis wastafel lain.

Kayu atau bambu

Memberi kesan eksotis dan alami.

Tak bisa dibersihkan dengan sikat ekstra tajam, karena bisa merusak permukaan. Mudah tergores.

2. Pilihan Wastafel yang Sesuai dengan Rumah Anda

Ada banyak variasi bak cuci yang bisa dipilih. (Foto: Andrea Piacquadio-Pexels)

Ada banyak variasi bak cuci yang bisa dipilih. (Foto: Andrea Piacquadio-Pexels)

Tentunya dalam memilih wastafel pun, Anda tidak bisa sembarang. Seperti yang dijelaskan di atas, wastafel pun ada banyak jenisnya. Variasinya bergantung pada ukuran, jumlah bak, material, sehingga fungsi dan penempatannya pun dapat berbeda-beda pula. Cara pemasangan wastafel pun turun berpengaruh.

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, hal ini mungkin cukup membingungkan, ya? Untungnya, kini rumah yang baru dibangun tidak sedikit yang menawarkan full furnished, sehingga umumnya sudah dilengkapi dengan wastafel. Berikut daftar hunian sewa Apartemen terlengkap.

3. Rekomendasi Tren Wastafel 2021

Tren wastafel umumnya mengikuti tren interior dapur. (Foto: Tyra Xu-Pexels)

Tren wastafel umumnya mengikuti tren interior dapur. (Foto: Tyra Xu-Pexels)

Meski tak secepat perputaran tren warna cat dinding atau interior, wastafel juga punya tren sendiri. Umumnya, tren ini tercipta tatkala ada perubahan tren atau minat pada interior dapur atau kamar mandi.

Ada beberapa model populer yang bisa dipilih, antara lain:

  • Undermount sink. Pinggirannya berada di bawah lapisan meja, sehingga dapur terlihat tak bertumpuk dan lebih rapi.
  • Drop-in sink. Tepiannya berada di atas lapisan meja, berkebalikan dengan model undermount sink.
  • Apron-front sink. Model bak cuci ini memiliki tepi luar yang terekspos jelas. Umumnya, bak cuci memiliki tingkat kedalaman yang tinggi. Anda mesti memotong lapisan kabinet atau memilih kabinet yang memang ditujukan untuk model wastafel ini.

Baca Juga: Kenali Jenis Material Kayu dan Cara Perawatannya

1) Wastafel Cuci Piring

Tren wastafel umumnya mengikuti tren interior dapur. (Foto: Tyra Xu-Pexels)

Tren wastafel umumnya mengikuti tren interior dapur. (Foto: Tyra Xu-Pexels)

Zaman sekarang, tidak hanya dapur minimalis saja yang sedang kekinian, bagian dapur seperti wastafel cuci piring pun ikut mengalami perkembangan. Selain desainnya yang lebih modern, wastafel cuci piring kini tentunya memiliki inovasi yang bisa memberikan kemudahan bagi penggunanya. Umumnya, jenis material yang digunakan pada bak cuci piring stainless steel, karena faktor ketahanannya dan kemudahan dalam membersihkan. Ada beberapa faktor yang menentukannya fungsi wastafel, antara lain:

  • Jumlah bak. Ada model wastafel dengan 1 bak, ada juga yang 2 hingga 3 bak. Sesuaikan dengan ukuran dapur dan seberapa sering Anda menggunakan wastafel. Wastafel dengan lebih dari 1 bak akan sangat membantu jika Anda ingin mencuci piring dan membilasnya di bak terpisah.
  • Ada juga wastafel yang mungil dalam lebar, namun tinggi dalam segi kedalaman. Hal ini berguna untuk menumpuk piring kotor dalam jumlah banyak beserta panci.
  • Wastafel dan keran adalah satu kesatuan. Untuk mencuci piring, ada baiknya Anda mencari leher keran melengkung untuk memudahkan pencucian. Keran yang dipilih juga mesti memudahkan Anda ketika menutup atau mengunci aliran air.

2) Wastafel Dapur

Menjaga kebersihan pada wastafel dapur penting untuk dilakukan karena penggunaan yang sering untuk kebutuhan sehari-hari. (Foto: Jean van der Meulen-Pexels)

Menjaga kebersihan pada wastafel dapur penting untuk dilakukan karena penggunaan yang sering untuk kebutuhan sehari-hari. (Foto: Jean van der Meulen-Pexels)

Tren wastafel dapur pun tentunya berbeda model dengan wastafel cuci piring. Wastafel cuci piring bisa menjadi wastafel dapur, namun wastafel dapur belum tentu adalah wastafel cuci piring. Sesuai namanya, wastafel cuci piring memang ditujukan untuk mencuci piring, sedangkan wastafel dapur bisa juga Anda gunakan sebagai sarana untuk menyiapkan makanan.

Biasanya, kedua bak cuci ini dibedakan pada hunian dengan ukuran luas. Wastafel cuci piring ada di dapur kotor dan wastafel dapur ada di dapur bersih. Jika diletakkan dalam satu ruangan, pastikan material dan model keran yang digunakan tak jauh berbeda.

3) Wastafel Kamar Mandi

Cari material yang tahan air untuk wastafel kamar mandi Anda. (Foto: Karolina Grabowska-Pexels)

Cari material yang tahan air untuk wastafel kamar mandi Anda. (Foto: Karolina Grabowska-Pexels)

Zaman sekarang, banyak sekali model-model wastafel kamar mandi yang unik dan modern, sehingga kamar mandi bisa terlihat lebih ‘mencolok’. Wastafel kamar mandi modern biasanya memiliki model yang simpel namun tetap elegan. Berbeda dengan dapur, wastafel pada kamar mandi memiliki model berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan penempatannya di kamar mandi.

  • Freestanding basin. Ini adalah model wastafel berdiri yang utuh tanpa potongan antara bak dan kakinya.
  • Countertop basin. Wastafel ini menyerupai mangkuk atau baskom yang diletakkan di atas meja kabinet kamar mandi.
  • Corner sink. Kalau kamar mandi Anda tergolong sempit, model ini cocok digunakan karena memiliki bentuk segitiga yang pas ditempatkan di sudut ruangan.

Material yang biasa digunakan untuk kamar mandi umumnya adalah porselen dan kaca. Karena akan selalu terpapar genangan air, Anda sebaiknya memilih material yang mudah dibersihkan dan tidak gampang terkena noda.

4) Wastafel Portabel

Wastafel portable sering dijumpai di tempat-tempat umum seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan. (Foto: www.portablesinks4less.com)

Wastafel portable sering dijumpai di tempat-tempat umum seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan. (Foto: www.portablesinks4less.com)

Seiring perkembangan zaman, orang membutuhkan alat-alat rumah tangga yang ringkas dan mudah dipindahkan. Berdasarkan kebutuhan itulah, wastafel pun akhirnya ikut berinovasi menjadi portabel. Wastafel portabel ini banyak digunakan di kantor medis, salon dan spa, area kemah, dan festival outdoor.

Keunggulan dari jenis ini adalah ukurannya dan kepraktisannya. Jenis portabel umumnya dijual dalam satu set berupa bak cuci, keran, saluran pipa air atau penampungannya, dan kabinet utuh. Ada yang menjualnya dengan satu atau beberapa bak sekaligus. Keran ini menggunakan listrik sebagai dayanya.

5) Wastafel Kamar Mandi Tipe Pedestal

Wastafel jenis ini Ideal untuk ruang berukuran kecil atau ruang rias. (Foto: kohler.co.id)

Wastafel jenis ini Ideal untuk ruang berukuran kecil atau ruang rias. (Foto: kohler.co.id)

Jenis wastafel satu ini ideal untuk kamar mandi yang berukuran kecil. Model ini memiliki kaki ramping hingga ke lantai yang sebenarnya ditujukan untuk menutupi pipa air. Ada juga yang menggunakan model semi-pedestal, dengan kaki yang menutupi pipa, namun tidak sampai menyentuh lantai. Karena bagian dasarnya yang ramping, sehingga menghemat ruang lantai.

6) Wastafel Kamar Mandi Tipe Vessel & Bak Wastafel Dangkal

Bak wastafel dangkal bertujuan untuk menonjolkan pergerakan air (Foto: kohler.co.id)

Tipe vessel biasanya hanya berupa bak cuci yang diletakkan di atas counter. Umumnya wastafel ini digunakan untuk pelengkap ruang rias. Di kamar mandi, bak wastafel yang dangkal dapat memiliki berbagai desain dan model yang unik dan cantik sehingga dapat mempercantik interior kamar mandi juga.

7) Wastafel Kamar Mandi Wall-Mount

Wastafel model ini ditujukan untuk kemudahan akses kursi roda. (Foto: kohler.co.id)

Wastafel model ini ditujukan untuk kemudahan akses kursi roda. (Foto: kohler.co.id)

Model wastafel ini tidak memiliki kaki alias melayang, karena wastafel terpasang langsung ke dinding dengan braket logam. Anda bisa memanfaatkan ruang kosong ini untuk menempatkan ember atau peralatan membersihkan kamar mandi. Model ini juga bagus untuk mempermudah akses pengguna kursi roda.

8) Wastafel Kamar Mandi Under-Mount

Jenis wastafel ini Ideal bagi mereka yang mengganti countertop. (Foto: kohler.co.id)

Model satu ini menempatkan bak di bawah counter sehingga terlihat seperti ceruk yang menyatu dengan counter. Karena posisinya ini, wastafel model ini jadi lebih mudah dibersihkan dan menciptakan tampilan keseluruhan yang lebih mulus dan sleek.

4. Daftar Harga Wastafel

Pilih wastafel sesuai kebutuhan dan kegunaannya. (Foto: Max Vakhtbovych-Pexels)

Pilih wastafel sesuai kebutuhan dan kegunaannya. (Foto: Max Vakhtbovych-Pexels)

Tergantung ukurannya dan kualitas materialnya, harga yang ditawarkan bisa bervariasi. Anda bisa melihatnya dalam daftar berikut:

Teka Linea LE 40.40.25

Tanam

45x45x18,5

Stainless steel

1.080.000

Modena Orta KS 2100A

Tanam

40,5x40,5x18,5

Stainless steel

700.000

Modena Maggiore KS9101 LM

Tanam

86x50x21

Granit

6.000.000

Modena Molveno KS 9121C LN

Tanam

86x50x20

Granit

7.800.000

Modena Bracciano KS 8101

Tanam

86x51x22,3

Stainless steel

6.500.000

Modena Lugano KS 4201

Tanam

116x50x19

Stainless steel

2.500.000

Toto LW240CJ/LW240HFJ

Dinding

50x35x20

Porselen

1.200.000

Toto LW24+P2:S48JT1

Dinding

51x26x20

Porselen

600.000

American Standard CLU032I3

Dinding

45,1x29,3x18,1

Porselen

300.000

Aer HW 01

Dinding

46x38,5x17

Keramik

700.000

Aer HW 01

Dinding

56x44x20

Keramik

900.000

Aer UCW 01 C

Tanam

57x41,5x19,5

Keramik

600.000

Aer UCW 02 R

Tanam

46,5x35x19

Keramik

810.000

Aer CWB 02 C

Atas Meja

43x43x16,5

Keramik

665.000

Aer CWH 01 C

Atas Meja

46,5x46,5x15,5

Keramik

700.000

Aer CWH 03 R

Atas Meja

53,5x43x16

Keramik

1.200.000

Aer CWB 04 R

Atas Meja

48,5x37x14

Keramik

720.000

Aer CWB 01 C

Atas Meja

59x40x14,5

Keramik

1.000.000

Aer CWB 05 R

Atas Meja

60,5x36x13

Keramik

1.100.000

Aer CWH 06 R

Atas Meja

61x46x16

Keramik

1.200.000

5. Tips Memasang Wastafel dan Material Pendukungnya

Pemasangan wastafel juga perlu diperhatikan dengan seksama. (Foto: Max Vakhtbovych-Pexels)

Pemasangan wastafel juga perlu diperhatikan dengan seksama. (Foto: Max Vakhtbovych-Pexels)

Pemasangan wastafel sebenarnya memiliki banyak elemen yang perlu diperhatikan, mulai dari warna, desain, konsep hingga ukuran ruangan penempatannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jadikan acuan dalam memasang wastafel:

  • Perhatikan lokasi penempatan wastafel. Jika di luar kamar mandi, tetap letakkan di dekat kamar mandi agar tidak perlu mengeluarkan biaya dan energi pemasangan saluran air yang terlalu besar.
  • Pastikan ukuran wastafel sesuai dengan besarnya ruangan. Jangan gunakan wastafel kecil di ruangan luas, begitu juga sebaliknya.
  • Perhatikan material wastafel sesuai fungsinya juga. Wastafel stainless steel umumnya digunakan di dapur, sementara di kamar mandi bisa gunakan porselen, enamel, kaca, atau batu.
  • Pemilihan kran wastafel ternyata juga penting untuk memastikan aliran air yang lancar. Ada banyak bentuk dan desain kran yang bisa Anda sesuaikan dengan estetika.

6. 8 Aksesoris Wastafel yang Penting untuk Dipertimbangkan

Ada beberapa aksesori yang cukup penting selain bak cucinya sendiri. (Foto: ready made-Pexels)

Ada beberapa aksesori yang cukup penting selain bak cucinya sendiri. (Foto: ready made-Pexels)

Selain bak cucinya sendiri, ada berbagai aksesori pelengkap wastafel yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Aksesori ini tentunya tidak wajib ada, tapi akan menambah fungsionalitas wastafel dan mempermudah pekerjaan Anda. Berikut 8 aksesori tersebut:

  • Rak pengering. Fungsinya untuk menampung peralatan makan yang baru saja dicuci sehingga tidak membasahi area lainnya.
  • Dengan memiliki talenan yang terintegrasi dengan wastafel akan memudahkan Anda mencuci bahan makanan dan memotongnya dengan lebih higienis pula.
  • Keran wastafel deck-mounted atau wall-mounted. Jangan anggap sepele, karena keran juga bisa memengaruhi tampilan wastafel.
  • Dispenser atau wadah sabun. Tentunya memiliki aksesori ini di dekat wastafel akan sangat mempermudah pekerjaan mencuci piring Anda.
  • Penampung ampas makanan. Sisa-sisa makanan yang tidak dibuang dengan semestinya akan menyumbat saluran pembuangan, jadi pastikan Anda punya aksesori satu ini.
  • Penghancur sisa makanan atau food waste disposer. Alat ini akan menghancurkan ampas makanan seperti sayur, buah, tulang sehingga tidak menyumbat saluran pembuangan.
  • Bottle trap atau sifon wastafel. Ini adalah wadah yang menghubungkan penampung ampas dengan outlet
  • Pipa penghubung. Yakni pipa yang menyalurkan air (inlet) dan pembuangan (outlet).

Meski terkesan kurang penting, wastafel ternyata memiliki fungsi vital yang mendukung ruang lingkup hunian Anda. Bahkan desainnya juga bisa menjadi elemen estetika ruangan. Setelah mengetahui berbagai fakta ini, Anda kini bisa lebih leluasa menentukan produk yang tepat untuk mengisi rumah.

Punya rumah sendiri sudah pasti lebih enak, termasuk bisa pilih wastafel sesuai selera. Apa aja sih enaknya? Nonton video berikut ini, yuk!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Cari Rumah Baru di Bandung?

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan