14 Ide Dapur Kecil Anda Tampak Mewah

Tim Editorial Rumah.com

RumahCom – Dapur adalah salah satu bagian dari rumah yang merupakan elemen penting untuk menghidupkan suasana. Hal ini dikarenakan sumber kehidupan kita, yakni makanan, umumnya diracik dapur. Dapur seringkali menjadi bagian favorit dari sebagian perempuan karena tingginya minat terhadap kegiatan memasak. Baik individu maupun keluarga setuju jika dapur yang bersih adalah cerminan dari gaya hidup dan gizi makanan yang diasup oleh penghuni rumah.

Meski begitu, nyatanya tidak semua rumah memiliki luas dapur yang cukup besar. Karena luas rumah yang terbatas, bagian dapur juga terkadang dipadatkan hingga harus mengorbankan kenyamanan dan keleluasaan bekerja para penghuninya.

Salah satu aspek yang wajib diperhatikan ketika akan mencicil rumah adalah memahami cara menghitung bunga KPR. Simak video panduannya!

Namun, bukan berarti dapur kecil tidak bisa disiasati. Ada banyak cara yang bisa dilakukan terutama dengan bereksperimen dengan desain dapur kecil minimalis. Memilih desain dapur kecil minimalis yang tepat dapat membuat dapur terlihat lebih luas yang juga tidak menghilangkan sisi estetik dapur itu sendiri. Tentunya, desain dapur kecil minimalis juga dirancang tanpa menghilangkan elemen penting di dalamnya terutama yang berhubungan dengan aktivitas masak memasak.

Nah, berikutnya dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang desain dan gaya dapur kecil minimalis yang terbagi atas berbagai poin, yakni:

  1. Desain Dapur Kecil Minimalis
  2. 14 Gaya Dapur Kecil Minimalis
    1. Nuansa klasik
    2. Gaya Scandinavia
    3. Nuansa modern
    4. Gaya cottage
    5. Konsep Zen
    6. Nuansa warna royal atau batu mulia
    7. Gaya hitam minimalis
    8. Tampak Mewah Pencahayaan maksimal
    9. Bentuk Huruf U
    10. White Laquer Kitchen
    11. London Townhouse
    12. Manyatu Dengan Ruang Lain
    13. Memanfaatkan Pencahayaan
    14. Modern Farmhouse

Langsung saja kita simak uraian tentang desain dapur kecil minimalis sebagai berikut

Desain Dapur Kecil Minimalis

Rumah mungil berarti Anda juga memiliki bagian ruangan lain yang juga mungil, termasuk dapur. Salah satu tantangan ketika menata atau mendekorasi dapur kecil adalah kemampuan Anda dalam mengimbangi sisi fungsionalnya dan sisi estetikanya.

Anda juga punya dapur kecil? Percantik dapur Anda dengan beberapa ide berikut yang bisa membuat dapur kecil Anda tampak lebih mewah dan menawan.

14 Desain Dapur Kecil Minimalis Modern

Dapur minimalis memberi kesan psikologis yang lebih bebas, sederhana, dan terkendali. Terinspirasi dari Marie Kondo yang membuat gerakan minimalis menjadi gerakan mendunia, dapur kecil Anda bisa menjadi lebih nyaman untuk dilihat.

(Foto: Decoist)
(Foto: Decoist)

Tak hanya itu, Anda menjadi lebih mudah menempatkan dan mengatur perkakas dapur yang akan dipakai. Konsep minimalis ini juga akan membuat dapur kecil Anda terlihat bersih, rapi, dan higienis. Kesan bersih ini juga memberi kesan elegan dan mewah.

Terdapat gaya dapur kecil dengan konsep minimalis yang bisa menjadi pilihan Anda dengan fungsi yang sama tanpa mengesampingkan estetika keindahan dari desain itu sendiri.

1. Nuansa Klasik

Nuansa klasik tentu akan memberi efek mewah pada dapur kecil Anda. (Foto: Home Design Ideas)
Nuansa klasik tentu akan memberi efek mewah pada dapur kecil Anda. (Foto: Home Design Ideas)

Gaya dapur pilihan Home Design Ideas ini cocok untuk Anda yang menyukai ornamen-ornamen klasik yang terinspirasi dari desain-desain bangunan aristokrat zaman dahulu. Pilihan kabinet, perkakas, dan juga penataan perkakas akan menciptakan kesan klasik.

Desain klasik cocok untuk Anda yang menyukai keindahan estetika dan memiliki karakter perfeksionis, lembut, serta suka bereksperimen dengan gaya baru.

Untuk menerapkan gaya klasik, Anda bisa memilih gaya furnitur dengan beberapa ornamen kaya detail berwarna putih atau cokelat, yang dipadankan dengan perkakas dapur stainless, dan lantai kayu berwarna muda.

2. Gaya Scandinavian

Gaya Skandinavian juga bisa diaplikasikan pada dapur kecil Anda. (Foto: Ikea)
Gaya Skandinavian juga bisa diaplikasikan pada dapur kecil Anda. (Foto: Ikea)

Anda mungkin sudah sering mendengar gaya interior Scandinavian, namun apa sebenarnya ciri khas dari gaya ini?

Gaya Scandinavian pada dapur kecil bisa Anda terapkan dengan potongan dan bentuk furnitur yang sederhana dan tidak rumit. Lalu, ada sentuhan kayu dan juga nuansa warna netral.

3. Nuansa Modern

Nuansa modern pada dapur kecil didapat dari sentuhan warna terang. (Foto: Home Stratosphere)
Nuansa modern pada dapur kecil didapat dari sentuhan warna terang. (Foto: Home Stratosphere)

Jika pada umumnya, dapur lebih sering terlihat dengan warna monoton atau bernuansa kekayuan, berbeda dengan konsep modern. Tidak ada aturan yang terlalu baku pada bentuk furnitur atau ornamen tertentu.

Konsep modern lebih kepada penggunaan warna terang di setiap elemen maupun furniturnya. Agar dapur kecil Anda terasa bersih sekaligus mewah, pilih warna terang yang mengesankan “muda”. Hindari warna-warna lembut yang mungkin akan menyatu dengan warna furnitur.

4. Gaya Cottage

Jika menggunakan konsep cottage, dapur kecil Anda terasa lebih mewah sekaligus hangat. (Foto: RunmanReCords Design)
Jika menggunakan konsep cottage, dapur kecil Anda terasa lebih mewah sekaligus hangat. (Foto: RunmanReCords Design)

Gaya cottage atau gaya pedesaan tidak akan membuat dapur kecil Anda terlihat jadul. Sebaliknya, kesan hangat dan mewah bisa dihadirkan melalui konsep pedesaan yang memiliki karakter perabot open shelving, kayu raw pada dapur atau meja makan, kayu alami yang dicat putih, hingga penggunaan bahan alami seperti kotak kayu atau keranjang rotan. Kalau terasa sepi, Anda bisa memberikan sentuhan batu bata merah pada dinding.

5. Konsep Zen

Konsep hijau yang menenangkan bisa memberikan “warna” bagi dapur kecil Anda. (Foto: Good Housekeeping)
Konsep hijau yang menenangkan bisa memberikan “warna” bagi dapur kecil Anda. (Foto: Good Housekeeping)

Apakah dapur adalah tempat tersibuk Anda di rumah? Entah karena persiapan sarapan keluarga di pagi hari (yang seringnya mepet waktu) atau ketika Anda mencoba memasak menu baru. Bagi beberapa orang, terutama yang kurang pandai memasak, dapur bisa menjadi tempat yang kurang menyenangkan. Karena itu, redakan kesan ini dengan menciptakan zona Zen di dapur.

Tambahkan tanaman hijau yang menghasilkan oksigen di ruangan sekitar dapur. Tak perlu tanaman hijau besar, tanaman mungil saja sudah bisa memberi pengaruh ketenangan jiwa. Adanya pemandangan warna hijau bisa menstabilkan mood dan melepas stres. Anda juga bisa menggunakan tanaman bambu atau buket bunga untuk kesan lebih elegan.

6. Nuansa Warna Royal atau Batu Mulia

Warna khas kerajaan atau batu mulia bisa memberi kesan mewah pada dapur kecil sekalipun. (Foto: weixinor.com)
Warna khas kerajaan atau batu mulia bisa memberi kesan mewah pada dapur kecil sekalipun. (Foto: weixinor.com)

Untuk memberi kesan mewah, bagaimana kalau Anda bermain pada warna tertentu. Gunakan warna-warna royal khas kerajaan, seperti ungu, burgundy, atau biru gelap. Atau, Anda juga bisa menggunakan warna khas batu mulia, seperti merahnya batu ruby atau hijaunya batu zaitun.

Warna-warna tak melulu harus diaplikasikan pada panel pintu kabinet atau warna kulkas. Anda bisa memberikan sentuhan warna tersebut pada dindingnya saja.

7. Gaya Hitam Minimalis

Sleek namun mewah dan berkelas adalah kesan yang dihasilkan dari dapur kecil bernuansa hitam minimalis. (Foto: Melbourne Kitchens)
Sleek namun mewah dan berkelas adalah kesan yang dihasilkan dari dapur kecil bernuansa hitam minimalis. (Foto: Melbourne Kitchens)

Warna hitam tak berarti meredupkan atau suram. Warna hitam punya sisi cantik tersendiri dan bisa memberi kesan elegan yang mewah. Apalagi jika Anda memadankannya dengan meja atau top cabinet granit berwarna hitam.

Jika berniat menggunakan konsep ini pada dapur kecil Anda, pastikan saja Anda tidak menggunakan pintu kabinet hitam dengan efek glossy. Pilih yang memiliki efek matte atau semiglossy.

8. Tampak Mewah Pencahayaan maksimal

Cahaya terang bisa membuat mood Anda membaik dan memberi kesan mewah pada dapur kecil. (Foto: Coco Lapine Design)
Cahaya terang bisa membuat mood Anda membaik dan memberi kesan mewah pada dapur kecil. (Foto: Coco Lapine Design)

Percaya atau tidak, dapur yang terang bisa membuat mood Anda membaik. Karena itu, tempatkan dapur yang dekat dengan jendela agar bisa mendapat cahaya alami yang baik. Pasang jendela di dekat wastafel untuk mencuci piring.

Selain bisa memberi cahaya penerangan, jendela membuat Anda tidak merasa jenuh saat berjam-jam beraktivitas di dapur.

Kalau dapur Anda terletak di tengah rumah yang tidak mendapatkan akses ke jendela atau penerangan alami lainnya, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan dari lampu.

Efek terang ini akan membuat dapur kecil Anda terlihat bersih dan mewah. Dan inspirasi dari Coco Lapine Design ini sangat menggoda untuk ditiru, kan?

9. Bentuk Huruf U

Foto: woohome.com
Foto: woohome.com

Dapur dengan bentuk U umumnya berpotensi memaksimalkan ruangan yang kecil dan memprioritaskan aneka rak penyimpanan dan bagian kerja mulai dari memasak hingga memotong bahan makanan.

Dengan memilih dapur berbentuk U Anda bisa memberikan keleluasaan ruang meja aktivitas mulai dari memotong hingga memasak makanan tanpa menggunakan ruangan yang terlalu luas.

Kuncinya jika Anda mendesain rak penyimpanan di dapur, usahakan untuk membuat raknya tidak memiliki pegangan dengan detail yang mencolok untuk membuat trik dapur menyatu dengan dinding.

10. White Lacquer Kitchen

Foto: Elledecor.com
Foto: Elledecor.com

Desain dapur ini terinspirasi dari rak dapur kebanyakan penghuni apartemen di New York. Dapur jenis ini mengutamakan konsep dapur yang bersih dengan gaya estetik nan modern.

Poin terpentingnya, dinding dapur terbuat dari marmer yang mudah dibersihkan meskipun mayoritas warna interior pada dapurnya adalah berwarna putih.

Jenis dapur seperti ini tidak terlalu banyak memakan tempat namun semua rak dimaksimalkan untuk memasukkan segala elemen penting dalam dapur.

11. London Townhouse

Foto: Elledecor.com
Foto: Elledecor.com

Elemen marmer yang banyak dimainkan mulai dari lantai hingga dapur yang melekat dengan meja makan ini membuat tampilan dapur menjadi sejuk, lebar dan juga bersih.

Selain itu material batuan alam juga membuat nuansa ruangan menjadi lebih mewah dan terkesan menarik.

Desain ini dikembangkan oleh arsitek Colin Radcliffe untuk sebuah rumah di Notting Hill, London. Agar dapur juga terlihat semakin luas dan nyaman, penggunaan chandelier dan rak dapur juga didesain oleh interior designer.

12. Menyatu Dengan Ruang Lain

Foto: home-designing.com
Foto: home-designing.com

Jika Anda terbiasa menyatukan dapur dengan ruang makan, tantangan berikutnya adalah berusaha memaksimalkan ruangan dapur dengan ruang keluarga sehingga keduanya dapat dijangkau dengan cepat oleh penggunanya.

Desainnya bisa memanfaatkan warna putih dan motif kayu dengan meja kerja dapur sebagai pembatas yang tak kasat mata. Dengan begitu, ruangan dalam rumah bisa dimaksimalkan dan tidak berlebihan.

13. Manfaatkan Pencahayaan

Foto: Elledecor.com
Foto: Elledecor.com

Dengan sedikit sentuhan bohemian seperti kursi bulu dengan style yang bebas pada ruang makan, Anda bisa memanfaatkan pencahayaan dalam rumah dengan mendesain konsep dapur dan ruang makan yang minimalis.

Seluruh peralatan dapur yang besar seperti kulkas, oven dan kompor bisa disiasati memiliki corak dengan warna yang sama sehingga membuat ruangan menjadi lebih besar.

14. Modern Farmhouse

Foto: nkba.org
Foto: nkba.org

Modern farmhouse adalah konsep yang sedang populer belakangan ini khususnya untuk desain dapur minimalis.

Keunikan dari dapur tipe farmhouse ini adalah interiornya yang materialnya mayoritas terbuat dari kayu dengan dominan warna putih atau cokelat, dengan tipe rak penyimpanan yang dibuka dan ditutup, yang memberikan kesan dapur menjadi lebih besar.

Dapur jenis ini memiliki konsep vintage yang bisa bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Punya dapur kecil cukup menantang, karena Anda harus mampu menempatkan segala kebutuhan memasak Anda dalam area yang mungil.

Kalau penghuni rumah Anda sudah bertambah dewasa dan kebutuhan akan kegiatan di dapur semakin tinggi, mungkin sudah saatnya Anda meninggalkan rumah mungil Anda dan mencari hunian baru.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Pencarian Agen

Hubungi Agen Profesional yang Akan Membantu Kebutuhan Anda

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini