9 Warna Cat Rumah yang Bikin Betah

Tim Editorial Rumah.com
9 Warna Cat Rumah yang Bikin Betah
RumahCom – Warna memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Tiap warna diyakini memiliki filosofi dan kekuatan yang menyampaikan makna atau pesan. Misalnya warna merah yang sering diasosiasikan dengan warna api, darah, cinta, dan gairah. Warna merah ini dianggap mampu menyimbolkan kekuatan, kepercayaan diri, dan semangat.
Setiap orang pastinya mempunyai warna favorit yang menjadi pertimbangan saat memilih suatu barang. Entah itu memilih warna pakaian, kendaraan, hingga memilih warna cat rumah impian. Pemilihan warna untuk interior rumah merupakan sebuah cara untuk mengekspresikan diri.
Warna-warna cat yang Anda pilih bisa menentukan mood sebuah rumah lho. Warna di hunian Anda mampu membangkitkan suasana hati yang berbeda, menceritakan sebuah kisah, serta mampu mengubah kesan dan perasaan seseorang terhadap suatu ruang.
Kombinasi warna yang Anda pilih untuk dinding interior memiliki pengaruh besar pada psikologis keluarga Anda. Jangan sampai gara-gara keliru memilih warna cat rumah, rumah Anda jadi terlihat sumpek dan membuat keluarga tidak betah.
Jadi, sebelum Anda mulai memilih warna cat, penting untuk memahami warna mana yang paling cocok dan mengapa. Dalam artikel ini, Anda akan mendapat informasi mengenai kombinasi warna cat rumah dan inspirasi contoh cat rumah yang bisa Anda contek untuk rumah idaman Anda.

Kombinasi Warna Cat Rumah

Memadu padankan warna untuk interior rumah bisa gampang-gampang sulit. Namun Anda tidak perlu bingung karena ada beberapa trik yang bisa diikuti untuk mengkombinasikan warna cat rumah. Dilansir dari Freshome.com, berikut adalah trik kombinasi warna cat untuk rumah cantik Anda:
  • Kombinasikan warna yang memiliki tone senada

Warna dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu warna hangat atau dingin. Warna merah, jingga, dan kuning sering digambarkan sebagai warna hangat. Warna-warna tersebut dianggap mampu menimbulkan kesan bersemangat dan akrab pada sebuah ruang.
Warna ungu, biru, dan sebagian besar hijau adalah warna-warna dingin. Warna-warna tersebut dapat digunakan untuk menenangkan ruangan dan menghadirkan nuansa santai
Saat memilih tone warna untuk suatu ruang, Anda juga harus mempertimbangkan ukurannya. Menggunakan warna hangat di ruangan sempit bisa membuat segalanya terasa sesak. Sebaliknya menggunakan warna-warna dingin di ruangan yang luas bisa membuat segalanya terasa mencolok.
Misalnya, memasangkan warna dingin seperti biru dan hijau secara bersamaan akan nampak selaras. Atau memasangkan campuran warna netral hangat, seperti krem ​​lembut dengan cokelat atau oranye, akan indah dipandang mata.

Tips Rumah.com

Mengkobinasikan warna yang memiliki tone senada akan menghasilkan kombinasi warna yang harmonis.

  • Gunakan palet warna monokrom

Menggunakan warna palet monokromatik akan bekerja dengan baik untuk interior rumah Anda. Perlu diingat bahwa palet monokromatik tidak harus kombinasi warna hitam, putih, dan abu-abu. Anda juga bisa memadukan warna dalam tone yang sama, tapi dengan shade berbeda. Misalnya, baby blue dengan biru yang lebih dalam akan menghasilkan kombinasi yang sempurna.
  • Pilih warna pelengkap sebagai aksen

Selain dua trik di atas, Anda juga bisa menggunakan warna yang sama sekali berbeda tone-nya. Misalnya padankan warna hangat dengan warna dingin secara kontras. Warna berlawanan satu sama lain dan terlihat indah ketika dipasangkan bersama.
Biasanya satu warna bertindak sebagai warna dominan dan yang lainnya sebagai aksen. Misalnya Anda bisa menggunakan warna krem sebagai warna dominan kemudian warna oranye sebagai aksen yang menarik perhatian.

Inspirasi dan contoh cat rumah

Masih bingung dalam mix and match warna untuk cat rumah Anda? Jangan sampai keliru memilih warna cat rumah agar rumah Anda terlihat indah sekaligus nyaman. Berikut adalah inspirasi 9 kombinasi warna cat rumah yang bisa membuat anggota keluarga Anda betah:
  1. Warna cat rumah pastel

Warna-warna pastel memamerkan sifat lembut, netral, dan menenangkan di rumah Anda. (Foto: Homestratosphere.com)
Warna-warna seperti merah muda atau pink, baby blue, biru muda, serta warna-warna yang teduh dan tidak kuat acap disebut sebagai warna pastel. Menggunakan warna-warna pastel di cat dinding interior Anda akan memberikan tampilan dan nuansa yang berbeda untuk rumah Anda.
Warna-warna pastel menyatu dengan baik. Warna-warna ini memamerkan sifat lembut, netral, dan menenangkan di rumah Anda. Ini adalah kombinasi warna yang sangat tepat untuk kamar anak-anak Anda.
  1. Warna cat rumah hitam dan putih

Dua warna monokromatik ini akan tampil dengan elegan, indah dan bersahaja dengan cara yang elegan anggun. (Foto: Lovestruckdesignhouse.com)
Memang benar kata pepatah bahwa kita tidak boleh melihat dunia secara hitam dan putih. Namun jangan salah, dalam interior kombinasi hitam dan putih akan terlihat sangat bagus. Konsep desain black anda white ini mampu membuat ruang di rumah Anda menjadi hidup. Dua warna monokromatik ini akan tampil dengan elegan, indah dan bersahaja dengan cara yang elegan anggun.
  1. Warna cat rumah biru aqua dan krem

Warna biru aqua menggambarkan laut dan krem mewakili pasir. (Foto: Freshome.com)
Kombinasi wana biru aqua dan krem mampu menghadirkan suasana sejuk dan segar di rumah Anda. Kombinasi tersebut mengingatkan orang-orang di ruangan itu tentang pantai. Warna biru aqua menggambarkan laut dan krem mewakili pasir. Kombinasi ini di dinding interior Anda akan menciptakan suasana santai dan damai.
  1. Warna cat rumah biru dan kuning

Dinding biru dramatis ketika mendapatkan percikan kontras dari warna kuning akan menghangatkan suasana rumah Anda. (Decoist.com)
Biru dan kuning merupakan dua warna yang dominan, namun kombinasi dua warna ini akan menarik. Perpaduan warna biru cerah dan kuning hangat membuat interior Anda terlihat lebih menarik, dan dinamis.
Dinding biru dramatis ketika mendapatkan percikan kontras dari warna kuning akan menghangatkan suasana rumah Anda. Kombinasi dinamis ini paling cocok untuk ruang belajar Anda, karena kuning meningkatkan memori. Dampak warna-warna ini dapat membuat di rumah Anda membuatnya menjadi cat dinding interior yang paling disukai.
  1. Warna cat rumah oranye dan putih

Oranye dicampur dengan putih menciptakan suasana sempurna untuk keluarga yang bahagia. (Foto: Freshome.com)
Oranye adalah warna pesta dan perayaan. Oranye dicampur dengan putih menciptakan suasana sempurna untuk keluarga yang bahagia. Kemurnian putih dan keceriaan oranye di kamar Anda menjadikannya pilihan terbaik untuk kamar Anda. Ini adalah salah satu kombinasi warna cat dinding interior yang menarik.
  1. Warna cat rumah biru navy dan putih

Dengan latar panggung biru dan aksen putih, kombinasi warna ini adalah kombinasi warna cat dinding interior paling minimalis.
Kombinasi warna ini menambah banyak perspektif pada rumah Anda dan itu membuat interior Anda terlihat bersih dan elegan. Kombinasi ini juga membuat ruangan Anda terlihat luas dan segar.
  1. Warna cat coklat dan hijau

Kombinasi warna coklat dan hijau akan menambahkan suasana alami ke rumah Anda. (Foto: Nuitsunplugged.com)
Kita selalu cenderung merasa tenang dan betah saat duduk di taman karena dikelilingi oleh pepohonan. Kenapa tidak mencoba menghdirkan suasana taman dan hutan hijau ini ke hunian Anda? Hal yang sama dapat diterapkan pada kombinasi warna coklat dan hijau di dinding interior Anda. Kombinasi ini akan menambahkan suasana alami ke rumah Anda dan membuat Anda merasa segar.
  1. Warna cat rumah ungu dan abu-abu

Kombinasi ungu dan abu-abu terlihat elegan namun lebih soft. (Foto: Decoist.com)
Ungu dicampur dengan abu-abu membuat interior rumah Anda terlihat elegan namun lebih soft . Sifat dasar dari ungu yang dicampur dengan abu-abu netral akan terlihat sebagai kombinasi warna cat dinding yang saling melengkapi. Anda juga bisa memadukan warna ungu tua dan abu-abu untuk menciptakan kesan yang lebih tegas.
  1. Warna cat merah dan biru tua

Paduan warna merah dan biru tua akan mengekpresikan kesan tegas namun menenangkan. (Foto: Elledecor.com)
Warna merah dan biru merupakan warna yang kontras dan dominan. Namun jika dipadu padankan, dua warna tersebut akan saling melengkapi tanpa menjadi terlalu kuat. Ini akan menjadi konsep warna yang bagus untuk kamar tidur utama atau bahkan ruang tamu. Paduan warna ini akan mengekpresikan kesan tegas namun menenangkan.

Harga Cat Rumah

Jika Anda berniat untuk langsung mengeksekusi pengecatan rumah, cek dulu harga cat rumah terbaru untuk Agustus 2019.
Merk-merk populer seperti Dulux, Nippon Paint dan Jotun biasanya langsung menyambut Anda di toko dengan variasi warna memukau. Begitu pula dengan Metrolite dan Kemtone. Berikut contekannya:

DAFTAR HARGA CAT RUMAH AGUSTUS 2019

2
Dulux Weathershield Pro Exterior
2,5 liter
215,000
3
Dulux Pearl Glo
2,5 liter
185,000
4
Nippon Paint Vinilex
1 kilogram
35,000
5
Nippon Vinilex
5 kilogram
95,000
6
Nippon Matex Gold
5 kilogram
100,000
7
Nippon Vinilex Fresh
2,5 liter
175,000
8
Nippon Satin Glo
2,5 liter
175,000
9
Nippon Vinilex
25 kilogram
455,000
10
Nippon Spot-Less
2,5 liter
153,000
11
Nippon Weatherbond
2,5 liter
185,000
12
Nippon Odour-Less
2,5 liter
225,000
13
Nippon 3 in 1
2,5 liter
200,000
14
Falcon
1 kilogram
22,000
15
Falcon
5 kilogram
65,500
16
Falcon
25 kilogram
300,000
17
Falcon Yhing Stex
5 kilogram
42,000
18
Falcon Yhing Stex
25 kilogram
175,000
19
Metrolite
1 kilogram
32,500
20
Metrolite
3 liter
85,000
21
Metrolite
16 liter
395,000
22
Danacryl warna putih
2,5 liter
140,500
23
Danacryl warna putih
20 liter
975,000
24
Eco Emulsion (Interior)
5 kilogram
110,000
25
Eco Emulsion (Interior)
25 kilogram
465,000
26
Kemtone Alkali Resisting Primer (utk luar)
3,78 liter
235,500
27
Kemtone Alkali Resisting Primer (utk luar)
18,9 liter
5,000
28
Kemtone 3 in 1 Alkali Primer
3,70 liter
241,000
29
Kemtone 3 in 1 Alkali Primer
18,9 liter
1,120,500
30
Kemtone Interior flat warna muda
3,78 liter
209,000
31
Kemtone Interior flat warna muda
18,9 liter
976,000
32
Kemtone Interior flat warna tua
3,78 liter
251,500
33
Kemtone Interior flat warna tua
18,9 liter
1,145,000
34
Spectrum Alkali Resisting Primer
3,78 liter
100,500
35
Spectrum Alkali Resisting Primer
18,9 liter
466,000
36
Spectrum Plafond & Gypsum
3,70 liter
98,000
37
Spectrum Plafond & Gypsum
18,9 liter
450,000
38
Spectrum Tintink Colors warna standar
0,94 liter
40,500
39
Spectrum Tintink Colors warna standar
3,70 liter
111,500
40
Spectrum Tintink Colors warna standar
18,9 liter
517,000
41
Spectrum Tintink Colors warna tua
0,94 liter
45,500
42
Spectrum Tintink Colors warna tua
3,70 liter
131,000
43
Spectrum Tintink Colors warna tua
18,9 liter
612,000
44
Jotun Majestic Optima Putih
2,5 liter
189,500
45
Jotun Majestic Optima Standar
2,5 liter
189,500
46
Jotun Majestic Optima Premium
2,5 liter
240,000
47
Jotun Pearl Silk Putih
2,5 liter
155,000
Jadi kombinasi warna apa yang menjadi favorit Anda? Kombinasi warna mana yang menurut Anda ingin Anda gunakan? Tidak perlu takut dalam memilih dan memadukan warna cat rumah. Yang Anda butuhkan hanya kreativitas dan keberanian. Lebih lanjut, simak panduan memilih warna cat rumah di artikel ini.artikel ini.
Seru kan memilih warna-warna untuk rumah impian? Namun, jika Anda masih belum menemukan rumah, segera temukan pilihan rumah baru untuk Anda dan keluarga di Perumahan Baru dengan harga bervariasi.

Hanya rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini