9 Inspirasi Air Terjun Dinding Dalam Rumah, Dijamin Bikin Fresh!

Tim Editorial Rumah.com
9 Inspirasi Air Terjun Dinding Dalam Rumah, Dijamin Bikin Fresh!
RumahCom – Bicara mengenai dekorasi ruangan memang tidak ada habisnya. Banyak hal yang bisa Anda lakukan sebagai penghuni rumah demi mendapatkan kenyamanan dalam rumah. Salah satu contohnya adalah menghadirkan air terjun dinding dalam rumah Anda.
Suara gemericik air terjun buatan dijamin akan menjadi suara yang sangat menenangkan di dalam rumah. Suasana menyatu dengan alam menjadi salah satu hal yang menyenangkan yang membuat siapa saja betah berada di dekatnya. Untuk itu, inilah rekomendasi 9 air terjun dinding dalam rumah yang siap memanjakan interior.
  1. Air Terjun Dinding Rumah Bergaya Natural
  2. Air Terjun Dinding Rumah Bergaya Artistik
  3. Air Terjun Dinding Rumah Elegan
  4. Air Terjun Dinding Rumah Bergaya Tradisional
  5. Air Terjun Dinding Rumah Bergaya Klasik
  6. Air Terjun Dinding Rumah Modern Minimalis
  7. Air Terjun Dinding Rumah Kombinasi dengan Kolam Ikan
  8. Air Terjun Dinding Rumah Batu Alam
  9. Air Terjun Dinding Rumah Pancuran Bertingkat
  10. Tips dan Biaya Membuat Air Terjun Dinding Dalam Rumah

1. Air Terjun Dinding dalam Rumah Bergaya Natural

Air terjun dinding dalam rumah gaya natural membuat Anda seolah bukan berada di rumah, melainkan di alam bebas.
Tahukah Anda, penyakit insomnia atau sulit tidur rupanya dapat disembuhkan dengan terapi suara gemericik air. Seorang profesor dari Pennsylvania State University menuturkan, bahwa suara gemericik air bisa membuat otak dan perasaan makin tenang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kan untuk membangun air terjun dinding dalam rumah dengan gaya natural yang seolah Anda bukan berada di rumah, melainkan di alam bebas.

2. Air Terjun Dinding dalam Rumah Bergaya Artistik

Rasakan sensasi air terjun dengan daya tarik visual dan audio yang tak tertandingi. (Foto: Wallpaperkiss)
Air terjun dinding dalam rumah juga bisa ditampilkan dengan gaya artistik. Konsep desainnya simpel namun sangat memukau. Untuk membuatnya makin memesona, padukan material alam seperti gundukan tanah, garis kolam, berbagai macam batu, beberapa tanaman dan semak agar menghasilkan sensasi air terjun dengan daya tarik visual dan audio yang tak tertandingi.

3. Air Terjun Dinding dalam Rumah Elegan

Air terjun dinding dalam rumah bisa menjadi ruang relaksasi setelah seharian beraktivitas.
Gemericik air mampu membuat suara lain di sekitar tersamarkan, sehingga dapat memicu perasaan damai dan menenangkan. Selain bermanfaat bagi kesehatan, air terjun dinding dalam rumah seperti pada gambar di atas juga bisa menjadi ruang relaksasi setelah seharian beraktivitas. Menarik, ya?

4. Air Terjun Dinding dalam Rumah Bergaya Tradisional

Pastikan desain yang dipilih sesuai dengan konsep rumahnya.
Tidak punya banyak budget untuk menciptakan air terjun dinding dalam rumah? Jangan khawatir, gaya tradisional yang bersahaja bisa jadi pilihannya. Air terjun dinding dalam rumah memang mampu membuat suasana dalam rumah jadi segar. Hanya pastikan desain yang dipilih sesuai dengan konsep rumahnya. Lagi cari rumah dengan konsep minimalis di Bekasi Selatan dengan harga di bawah Rp700 jutaan? Simak pilihannya di sini!

5. Air Terjun Dinding dalam Rumah Bergaya Klasik

Air terjun ini tampak elegan dengan permukaan terrazzo hitam yang simetris. (Foto: Freund Gmbh)
Sementara jika Anda punya dana cukup besar, maka tidak ada salahnya memaksimalkan air terjun dinding dalam rumah dengan model klasik yang berkelas. Air terjun ini tampak elegan dengan permukaan terrazzo hitam yang simetris. Desain tersebut membuat air terjun ini mampu memukau siapa saja yang berada di dekatnya. Air terjun model ini cocok diletakkan di tengah ruangan atau di dekat ruang tamu Anda.

6. Air Terjun Dinding dalam Rumah Modern Minimalis

Rasakan nikmatnya menyantap makanan rumah selagi mendengarkan suara air yang syahdu.
Gaya modern minimalis pun sangat mumpuni diaplikasikan untuk air terjun dinding dalam rumah. Peletakannya bisa di bagian belakang rumah sehingga menyatu dengan taman atau ruang makan outdoor. Rasakan kenikmatan menyantap makanan rumah selagi mendengarkan suara gemericik air yang syahdu.

7. Air Terjun Dinding dalam Rumah Kombinasi dengan Kolam Ikan

Untuk membuatnya, Anda perlu konsultasi dengan ahli pembuatan kolam. (Foto: Insinyur Bangunan)
Bagi Anda yang menyukai karya seni, maka air terjun dinding dalam rumah bisa dituangkan bersama dengan kolam ikan dan beberapa patung pancuran yang cantik. Sekadar informasi, adanya kolam ikan dalam rumah pun dapat meningkatkan kesejukan udara. Untuk membuatnya, Anda perlu konsultasi dengan ahli pembuatan kolam agar tidak terjadi kebocoran dan sesuai dengan kebutuhan tanah dan bangunan.

Tips Rumah.com

Suara gemericik air terjun buatan dijamin akan menjadi suara yang sangat menenangkan di dalam rumah. Suasana menyatu dengan alam menjadi salah satu hal yang menyenangkan yang membuat siapa saja betah berada di dekatnya.

8. Air Terjun Dinding dalam Rumah Batu Alam

Buat level bebatuan agar air bisa mengalir dari level atas ke bawah.
Batu alam nampaknya menjadi satu-satunya pilihan terbaik untuk membuat air terjun dinding dalam rumah. Apalagi jika dibangun di halaman belakang, maka kehadiran air terjun batu alam mampu menciptakan titik fokus. Buat level bebatuan agar air bisa mengalir dari level atas ke bawah.

9. Air Terjun Dinding dalam Rumah Pancuran Bertingkat

Pancuran bertingkat dirancang secara lebih minimalis sehingga tidak memakan tempat. (Foto: Insinyur Bangunan)
Inspirasi terakhir adalah air terjun dinding dalam rumah dengan pancuran bertingkat. Model ini memiliki konsep modern dan dijamin mampu menjadi lokasi bersantai dalam rumah yang terbaik. Anda bisa melihat air terjun dengan gaya seperti ini di tempat besar seperti hotel, yang mana masih mungkin diaplikasikan dalam rumah tipe 70. Pancuran bertingkat pada air terjun dirancang secara lebih minimalis sehingga tidak memakan tempat.

Tips dan Biaya Membuat Air Terjun Dinding dalam Rumah

Jika Anda cukup kreatif dan senang mengeksplor diri, maka sebaiknya buat sendiri air terjun dalam rumah.
Air terjun dinding dalam rumah cukup populer di seluruh dunia karena dikenal mampu meningkatkan keindahan ruang dengan adanya elemen air. Selain sebagai pelengkap ruangan yang relatif mewah dan berkelas, juga bisa memberikan suasana yang menenangkan. Pasalnya, air terjun dinding memang memesona untuk dipandangi dan santai untuk didengar.
Berbagai air terjun dalam rumah sebenarnya sudah tersedia di pasaran, dan Anda dapat dengan mudah membelinya sesuai dengan preferensi. Rata-rata harga pembuatan dan pemasangannya berkisar antara Rp950 ribu sampai Rp2,5 juta bergantung luas dan material yang digunakan. Sebelum memutuskan untuk membuat air terjun dinding dalam rumah, berikut tips yang perlu dipelajari.
  • Jika Anda cukup kreatif dan senang mengeksplor diri, maka sebaiknya buat sendiri air terjun dalam rumah. Perlengkapan yang dibutuhkan mencakup wadah, pompa, batu, tabung fleksibel, air siku, dan pemutih.
  • Beli pompa submersible yang dapat dengan mudah ditemukan di toko perlengkapan akuarium. Beli barang lainnya juga. Pastikan bahwa ukuran batu bervariasi dari kecil hingga besar dan juga memiliki bentuk dan warna yang berbeda. Beli batu dengan jumlah ideal untuk menutupi pompa dan juga beberapa inci di luarnya.
  • Terkait wadah yang akan digunakan, pastikan ukurannya cukup besar dan dapat menahan pompa di bagian bawahnya. Juga pastikan ukurannya cukup lebar untuk menampung tabung dan pompa.
  • Terakhir, tentukan lokasi yang cocok untuk air terjun dinding dalam rumah Anda. Letakkan dekat sumber listrik agar pompa dapat bekerja. Selanjutnya, pastikan bahwa kabelnya dekat dengan dinding sehingga tidak ada yang tersandung. Jika menggunakan meja atau dudukan, maka pastikan itu cukup kuat.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini