Daftar Alat Penjernih Air Beserta Harga Terbaru

Pastikan agar air di rumah bersih dan aman untuk digunakan. Inilah daftar alat penjernih air beserta harga terbarunya untuk Anda.
Alat Penjernih Air 1
Air bersih adalah sumber kehidupan bagi manusia. (Foto: Forbes)

RumahCom -  Tidak semua rumah bisa mendapatkan sumber air bersih dan membutuhkan sebuah alat penjernih air. Air adalah salah satu aspek yang penting bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya air bersih maka manusia tidak akan bisa hidup normal dan lebih mudah untuk terserang penyakit. Saat ini di Indonesia sendiri masih ada beberapa daerah yang belum atau masih cukup sulit untuk mendapatkan akses air bersih yang aman untuk digunakan. Karena itulah masih dibutuhkan sebuah alat penjernih air untuk mengolah dan mengubah air yang kotor tersebut menjadi kembali bersih dan aman untuk digunakan.

Saat ini sudah ada banyak sekali toko yang menjual alat penjernih air, bahkan sudah tersedia dalam beberapa ukuran berbeda yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Alat penjernih air juga dijual dengan harga yang sangat beragam dan bisa Anda cari sendiri sesuai dengan budget yang dimiliki. Agar bisa mengetahui daftar alat penjernih air terbaik maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:

  1. Alat Penjernih Air, Ciptakan Kehidupan Lebih Baik
  2. Macam-macam Alat Penjernih Air
    1. Filtrasi Sedimen
    2. Filtrasi Karbon Aktif
    3. Filtrasi Karbon Aktif Granular
    4. Filtrasi Reverse Osmosis
    5. Filtrasi Air Suling
    6. Filtrasi Ultra Violet (UV)
    7. Filtrasi Alumina Aktif
    8. Ionisasi
  3. Daftar Harga Alat Penjernih Air
  4. Tips Memilih Alat Filtrasi Air

1. Alat Penjernih Air, Ciptakan Kehidupan Lebih Baik

Alat penjernih air bisa mengatasi air yang kotor. (Foto: Apollo Home)

Alat penjernih air bisa mengatasi air yang kotor. (Foto: Apollo Home)

Bisa memiliki rumah tinggal Anda sendiri merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa dengan mudah untuk merubah rancangan yang ada pada rumah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat Anda hendak mencari atau membeli sebuah rumah idaman adalah melihat apakah air tanahnya memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Tidak semua daerah perumahan memiliki kualitas air yang sama baiknya karena saat ini masih banyak perumahan yang memiliki kualitas air tanah yang sangat tidak baik dan tidak layak untuk digunakan tanpa menggunakan filtrasi sebelumnya. Anda harus menjernihkan air dengan baik sebelum bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Air yang kotor bisa membawa penyakit sekaligus menjadikan tubuh Anda menjadi tidak nyaman.

Dikutip dari Wikipedia, proses penjernihan air adalah sebuah proses dimana di dalam air terdapat beberapa kandungan kimiawi dan zat berbahaya lainnya yang akan dibuang dan dibersihkan sehingga air bisa kembali dimanfaatkan secara normal dengan aman. Air yang sudah dibersihkan atau dijernihkan dengan baik hingga tingkatan tertentu juga menjadikannya aman untuk dikonsumsi. Setelah memahami pentingnya air bagi kehidupan, ada baiknya Anda melihat listing perumahan dari Rumah.com berikut ini.

2. Macam-Macam Alat Penjernih Air

Ada banyak metode penjernih air yang bisa digunakan di rumah. (Foto: Think Pure Water)

Ada banyak metode penjernih air yang bisa digunakan di rumah. (Foto: Think Pure Water)

Sangat penting sekali untuk memiliki air yang bersih di rumah Anda. Saat ini sudah ada beberapa macam atau tipe alat penjernih air yang memiliki kegunaan sama namun cara yang digunakan untuk membersihkan air cukup berbeda. Di bawah ini adalah beberapa macam alat penjernih air yang perlu Anda ketahui:

1. Filtrasi Sedimen

Alat penjernih air pertama yang bisa Anda gunakan adalah yang memiliki sistem filtrasi sedimen. Alat penjernih air yang memiliki sistem ini sangatlah populer untuk digunakan karena caranya yang sangat praktis dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Dilansir dari Brizfeel, alat dengan sistem filtrasi sedimen ini bekerja dengan cara air yang mengalir melalui filter akan tersaring ke dalam pori sedimen yang memiliki ukuran 5 mikron.

Meskipun sistem ini sangat ringkas dan mudah untuk dipasang namun Anda masih tetap membutuhkan filter lainnya agar air tersebut bisa menjadi aman untuk diminum. Filter sedimen juga tidak bisa menyaring bahan kimia yang memiliki ukuran di bawah 5 mikron.

2. Filtrasi Karbon Aktif

Salah satu macam alat penjernih air yang selanjutnya adalah yang memiliki filtrasi karbon aktif. Karbon aktif yang bisa digunakan sebagai filter adalah yang terdiri dari bubuk karbon berukuran kecil yang saling terikat dengan menggunakan bahan-bahan pengikat. Filtrasi karbon aktif sangat ampuh untuk menghilangkan bau klorin yang tidak sedap dan juga sanggup untuk menghilangkan kandungan timbal di dalam air.

Tip Rumah
Filter karbon aktif perlu diganti dan diperbaharui secara berkala agar berfungsi dengan baik.

3. Filtrasi Karbon Aktif Granular

Filtrasi karbon aktif granular sedikit berbeda dengan filtrasi karbon aktif yang biasa. Ukuran dari karbon aktif granular lebih besar dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi penyaring air tahap awal sebelum dimasukkan ke dalam saringan yang lainnya. Selain itu juga, harga dari karbon aktif granular ini sangatlah murah dan tidak sulit untuk didapatkan.

4. Filtrasi Reverse Osmosis

Mesin penyaring air yang menggunakan sistem filtrasi reverse osmosis umumnya memiliki kemampuan menyaring air yang sangat baik dan mampu untuk menghilangkan kandungan kimiawi dengan tingkat tertinggi. Tidak hanya itu saja, kandungan bakteri di dalam air juga akan bisa tersaring dengan sempurna dan menjadikan air aman untuk diminum.

Meskipun mampu untuk memberikan penyaringan yang baik, alat penyaring air yang menggunakan metode filtrasi reverse osmosis ini tidaklah murah dan membutuhkan perawatan secara teratur agar kualitas air yang dikeluarkannya bisa terus bersih.

5. Filtrasi Air Suling

Alat penyaring air yang menggunakan metode air suling sudah ada sejak lama dan bahkan termasuk ke dalam salah satu kategori penyaringan paling sederhana yang bisa Anda gunakan. Metode air suling ini bekerja dengan cara mendidihkan air yang akan disaring dan uap airnya akan bisa dimanfaatkan sebagai air suling yang sudah lebih bersih. Perlu diperhatikan bahwa metode filtrasi air suling tidak sepenuhnya aman untuk dikonsumsi.

Simaklah video yang informatif dan bermanfaat berikut ini untuk menghindari kekeliruan saat hendak membeli rumah!

 

6. Filtrasi Ultra Violet (UV)

Alat penjernih air lainnya ada yang menggunakan metode filtrasi ultraviolet. Teknologi ultraviolet ini terbukti ampuh untuk menghilangkan berbagai mikroorganisme yang ada di dalam air. Meskipun demikian penjernih air yang memiliki sistem ultraviolet masih membutuhkan alat penyaring air lainnya hingga air benar-benar layak untuk digunakan.

7. Filtrasi Alumina Aktif

Alat penjernih air saat ini juga sudah ada yang menggunakan teknologi filtrasi Alumina aktif yang memanfaatkan aluminum oksida dan dirancang khusus untuk menyaring kandungan zat besi berbahaya yang berada di dalam air keran rumah. Sistem penyaringan seperti ini juga sangat ampuh untuk menyerap kandungan fluorida di dalam air dan menjadikannya lebih bersih untuk digunakan.

8. Ionisasi

Ionisasi merupakan salah satu metode penjernihan air yang juga termasuk sudah cukup lama digunakan. Alat penyaringan air dengan metode ini memanfaatkan filter elektrolit untuk menghilangkan kandungan kimiawi yang ada di dalam air. Kemudian air juga melalui lembaran yang mengandung elektroda positif dan negatif yang bisa menarik kandungan besi berbahaya dan mengeluarkannya dari dalam air.

Hati-Hati, Jangan Lakukan Ini Saat Jual Rumah

Menjual Rumah

Hati-Hati, Jangan Lakukan Ini Saat Jual Rumah

3. Daftar Harga Alat Penjernih Air

Alat penjernih air dijual dengan variasi yang berbeda-beda. (Foto: Good Housekeeping)

Alat penjernih air dijual dengan variasi yang berbeda-beda. (Foto: Good Housekeeping)

Setelah Anda mengetahui berbagai macam alat penjernih air dengan metode filtrasi yang berbeda-beda, maka sudah saatnya Anda memilih alat penjernih air yang tepat untuk di rumah. Di bawah ini adalah beberapa daftar harga alat penjernih air yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

Merk atau Tipe Penjernih Air

Harga Satuan

Konka Ceramic Filter Water Purifier

Rp299.000

Eugen Watertech Filter Sedimen dan CTO Alkaline Water Purifier

Rp180.000

Reverse Osmosis + UV Water Filter

Rp1.850.000

Unilever Pure It Marvella Drink Water Filter

Rp2.835.000

 Kangaroo Water Purifier Reverse Osmosis

Rp2.600.000

Advance ZiproPlus RO Alkali Filter

Rp5.498.000

4.Tips Memilih Alat Filtrasi Air

Pilihlah alat filtrasi sesuai dengan kebutuhan. (Foto: BioEnergy Consult)

Pilihlah alat filtrasi sesuai dengan kebutuhan. (Foto: BioEnergy Consult)

Memilih alat penjernih air tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa perhitungan yang harus Anda lakukan terlebih dahulu dan sesuaikanlah juga dengan seberapa banyak air yang diperlukan untuk Anda pakai. Dilansir dari Livpure, di bawah ini adalah beberapa tips memilih alat filtrasi air yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

  • Cek terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan Anda dalam memakai filter air. Apakah Anda membutuhkan air untuk diminum ataupun hanya untuk keperluan sehari-hari saja.
  • Tentukan juga filter apa yang akan Anda gunakan. Setiap filter memiliki kemampuan menyaring yang tidak sama, oleh karena itulah sesuaikan juga dengan apa yang Anda perlukan.
  • Tentukanlah berapa besar budget yang Anda miliki. Jika Anda memiliki budget lebih maka carilah alat filtrasi air yang bisa dipasang langsung dari pompa air di rumah Anda. Dengan demikian maka keseluruhan air di rumah bisa menjadi lebih bersih dan aman untuk digunakan.

Itulah beberapa daftar alat penjernih air beserta harga terbarunya yang bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda. Pastikan juga untuk selalu membersihkan filter air agar bisa beroperasi secara optimal dan tidak mengurangi kualitas kebersihan air di rumah.

Baca Juga: 15 Tanaman Hidroponik yang Tepat untuk Lahan Perkotaan

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Properti Baru di Bandung

Masukan