Apa Itu Supermarket? Ini Penjelasannya dan Bedanya dengan Swalayan

Tim Editorial Rumah.com
Apa Itu Supermarket? Ini Penjelasannya dan Bedanya dengan Swalayan
RumahCom – Supermarket menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pasar swalayan. Sedangkan Cambridge Dictionary mendefinisikan supermarket sebagai toko besar yang menjual sebagian besar jenis makanan dan barang-barang lain yang dibutuhkan di rumah. Lantas, apa itu supermarket?
  • Apa Itu Supermarket?
  • Beda Supermarket dengan Swalayan
  • Keunggulan dan Kekurangan Belanja di Supermarket
  • 5 Supermarket Terbaik di Indonesia

Apa Itu Supermarket?

Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan, jam operasional supermarket wajib memenuhi ketentuan. (Foto: Pexels – Anna Shvets)
Supermarket adalah pasar swalayan atau toko besar yang menjual sebagian besar jenis makanan dan barang-barang lain yang dibutuhkan di rumah. Menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pengembangan, Penataan, dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, supermarket masuk dalam definisi toko swalayan. Yakni toko dengan sistem pelayanan mandiri, menjual berbagai jenis barang secara eceran yang berbentuk minimarket, supermarket, department store, hypermarket, ataupun grosir yang berbentuk perkulakan.
Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan, jam operasional supermarket wajib memenuhi ketentuan yaitu untuk hari Senin sampai dengan Jumat pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu pukul 10.00 sampai dengan pukul 23.00 waktu setempat.
Akan tetapi pada hari besar keagamaan atau libur nasional serta hari atau kondisi tertentu lainnya, Gubernur DKI Jakarta atau bupati/wali kota dapat menetapkan jam operasional supermarket, hypermarket, dan department store selain jam operasional.

Beda Supermarket dengan Swalayan

Justru antara supermarket, minimarket, hypermarket, dan grosir terdapat perbedaan. (Foto: Pexels – Hobi Industri)
Supermarket dan swalayan merupakan satu kesamaan alias tidak ada perbedaan. Dimana supermarket merupakan definisi dari swalayan itu sendiri, bersama dengan minimarket, hypermarket, dan grosir. Sesuai harfiahnya, swalayan adalah pelayanan sendiri oleh pembeli karena perusahaan tidak menyediakan pramuniaga.
Justru antara supermarket, minimarket, hypermarket, dan grosir terdapat perbedaan. Dimana pada supermarket nyaris semua barang tersedia, mulai dari kelontong, sepeda, TV dan camera, furniture, baju, ikan dan daging, buah-buahan, minuman, dan segala kebutuhan sehari-hari. Sementara minimarket adalah “toko kelontong” atau yang menjual segala macam barang dan makanan, namun tidak selengkap dan sebesar sebuah supermarket.
Lain halnya yang dimaksud hypermart adalah supermarket dengan ukuran lebih besar termasuk lahan parkirnya. Sedangkan grosir merupakan pasar swalayan yang menyediakan semua barang sehingga ada bongkar muat di dalamnya.
Supermarket adalah salah satu fasilitas yang dicari dalam kriteria pencarian rumah. Nah, jika Anda sedang mencari hunian yang strategis dan memiliki supermarket terdekat. Kunjungi listing di kawasan Tangerang Selatan dibawah Rp1 miliar berikut ini!

Keunggulan dan Kekurangan Belanja di Supermarket

Selain fungsi usaha dan perdagangan, supermarket turut mempunyai fungsi rekreasi. (Foto: Pexels – Gustavo Fring)
Siapa sangka, selain untuk tujuan berbelanja, supermarket turut mempunyai fungsi rekreasi yakni memberikan penyegaran kembali baik badan maupun pikiran kepada masyarakat dan pengunjung. Di samping fungsi utamanya adalah perdagangan dan usaha yang mana menyediakan fasilitas kepada pengunjungnya untuk membeli berbagai macam kebutuhan sehari-hari, serta bermanfaat bagi pelaku usaha lokal untuk dapat bergabung dalam memasarkan produk yang mereka miliki. Namun apa keunggulan dan kekurangan belanja di supermarket?
Keunggulan Belanja di SupermarketKekurangan Belanja di Supermarket
Produk atau barang yang dijual di supermarket sangat beragam, mulai dari produk lokal maupun impor dengan kualitas yang baik.Harga setiap barang sudah tertera pada produk dan tidak dapat ditawar.
Suasana belanja lebih nyaman karena bersih dan dilengkapi AC serta petugas yang siap membantu.Pada beberapa kondisi, produk yang dijual dibanderol lebih mahal dibandingkan pasar tradisional. Hal ini berkaitan juga dengan pengenaan Pajak Pertambahan Nilai.
Produk ditata secara rapi dan terstruktur berdasarkan jenisnya sehingga lebih memudahkan konsumen menemukan barang yang ingin dibeli.Beberapa produk tidak bisa dibeli dengan sistem eceran, misalnya telur dan beras.
Adanya cara pembayaran yang lebih modern.

Tips Rumah.com

Menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pengembangan, Penataan, dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, supermarket masuk dalam definisi toko swalayan.

5 Supermarket Terbaik di Indonesia

Adanya lokasi berbelanja di sekitar seperti supermarket membuat hidup lebih mudah. (Foto: Pexels – Aqsawii)
Tinggal dekat dengan pusat perbelanjaan memastikan seseorang tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan. Dengan adanya pilihan berbelanja di sekitar membuat hidup lebih mudah, baik itu pusat perbelanjaan atau toko kelontong maupun supermarket. Dan berikut ini 5 supermarket terbaik di Indonesia.

1. LOTTE Mart

Saat ini, Lottemart telah memiliki banyak toko yang tersebar di seluruh Indonesia. (Foto: Wikipedia)
Lotte Mart adalah sebuah jaringan hipermarket di Asia yang menjual berbagai bahan makanan, pakaian, mainan, elektronik, dan barang lainnya. Saat ini, Lottemart telah memiliki banyak toko yang tersebar di seluruh Indonesia, baik dari hipermarket (Lottemart) dan retail grosir/Horeka (Lotte Grosir).

2. Yogya Group

Yogya menyediakan puluhan ribu pilihan produk kebutuhan sehari-hari dengan kategori yang beragam. (Foto: Wikimedia Commons)
Yogya adalah salah satu supermarket dari perusahaan ritel terkemuka yang telah hadir memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja selama puluhan tahun untuk masyarakat Indonesia yang terpusat di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di sini tersedia puluhan ribu pilihan produk kebutuhan sehari-hari dengan kategori yang beragam.

3. Ranch Market

Ranch Market menyasar kebutuhan pelanggan kelas atas dan menengah atas di Indonesia. (Foto: Wikipedia)
Pada tahun 1998, PT Supra Boga Lestari Tbk mengawali usaha ritel modern nya dengan membuka supermarket pertama dengan nama “Ranch Market”, yang merupakan lisensi waralaba dari Ranch Market USA. Sepanjang perjalanannya, perusahaan melakukan penyesuaian konsep Ranch Market agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan kelas atas dan menengah atas di Indonesia.

4. Superindo

Hingga Juli 2020, Super Indo sudah memiliki 183 termasuk 6 gerai waralaba. (Foto: Giladiskon)
Super Indo adalah supermarket di Indonesia. Supermarket ini sudah berkembang sejak tahun 1997. Hingga Juli 2020, Super Indo sudah memiliki 183 termasuk 6 gerai waralaba yaitu Super Indo Express. Gerai Super Indo tersebar di kota-kota besar di Pulau Jawa dan Sumatera bagian selatan. Setiap gerai umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya.

5. Carrefour

Carrefour menjadi destinasi belanja yang dilengkapi sarana bersantap dan bermain. (Foto: Pexels – Anna Shvets)
Carrefour adalah sebuah kelompok supermarket internasional yang berkantor pusat di Prancis. Di Indonesia, Carrefour menjadi destinasi belanja yang dilengkapi sarana bersantap dan bermain dengan konsep lifestyle yang cukup tetap terjangkau.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui tahapan membangun rumah tumbuh!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini