Apartemen SOHO (Small Office Home Office) Menggabungkan Konsep Hunian dan Kantor

Tim Editorial Rumah.com
Apartemen SOHO (Small Office Home Office) Menggabungkan Konsep Hunian dan Kantor
RumahCom – Guna menciptakan work life balance bagi pekerja, pihak pengembang perumahan terus berinovasi demi menghadirkan tempat tinggal yang membuat penghuninya mampu memangkas waktu mobilitas di jalanan.
Karena itu, hadirlah apartemen dengan konsep SOHO atau Small Office Home Office. Apa keistimewaan apartemen SOHO dan perbedaannya dengan jenis Work Office Home Service (WOHO)? Lewat artikel ini, berikut informasi yang bisa Anda dapatkan seputar apartemen SOHO:
  • Apa Itu Apartemen SOHO?
  • Keunggulan dan Kekurangan Apartemen SOHO
  • 5 Rekomendasi Apartemen SOHO di Indonesia
Setelah membaca poin-poin di atas, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Apartemen SOHO?

Dengan dua lantai, ruang kerja dan area pribadi dapat dipisahkan. (Foto: iStock – Asbe)
Apartemen SOHO adalah satu jenis hunian seperti apartemen atau rumah yang di dalamnya dilengkapi aneka fasilitas kantor. Berasal dari singkatan Small Office Home Office, konsep hunian ini mengizinkan pemiliknya memanfaatkan ruangan sebagai tempat tinggal,kantor, atau keduanya.
Karena memiliki fungsi ganda, desain apartemen SOHO biasanya dirancang berbentuk loft atau memiliki langit-langit tinggi. Struktur ini membuat pemilik jadi lebih fleksibel menambahkan lantai mezanin yang akan memisahkan area kerja dan tempat tinggal.
Selain SOHO ada juga hunian dengan konsep WOHO atau Work Office Home Office. Sekilas keduanya nampak sama yakni ingin menyatukan tempat tinggal dengan ruang kerja demi efisiensi waktu. Namun perbedaannya terletak pada akses masuk.
Lantai pada WOHO dibuat terpisah layaknya rumah bertingkat atau ruko dan tiap lantai memiliki pintu masuk sendiri. Hal ini membuat pekerja di lantai bawah tidak harus bertemu penghuni lantai atas dan sebaliknya. Privasi jadi jauh lebih terjaga dan pemilik di lantai atas bisa menyewakan ruang kerja pada orang lain.

Keunggulan dan Kekurangan Apartemen SOHO

Beberapa developer menawarkan apartemen SOHO fully furnished. (Foto: Pexels – Vecislavas Popa)
Sama seperti jenis hunian lainnya, Apartemen SOHO juga memiliki berbagai pro dan kontranya sendiri. Sebelum benar-benar memutuskan untuk pindah ke Apartemen SOHO, simak penjelasan berikut mengenai keunggulan dan kekurangannya:

Keunggulan Apartemen SOHO

Tidak sedikit apartemen SOHO yang dibangun menyatu dengan mal. (Foto: Pexels – Tuur T)

1. Efisien Waktu dan Mobilitas

Berjibaku dengan kemacetan sebelum berangkat kerja setiap hari tanpa disadari berkontribusi meningkatkan kadar stres Anda. Lebih parahnya, stres yang menumpuk bisa menurunkan produktivitas kerja dan kebahagiaan seseorang. Tapi dengan tinggal di apartemen SOHO, Anda bisa menghemat waktu karena ruang kerja semakin dekat. Waktu mobilitas di pagi hari kini bisa Anda manfaatkan untuk berolahraga atau melakukan hobi lainnya.

2. Lebih Hemat

Bagi yang sedang merintis usaha, menyewa ruko dan rumah secara terpisah tentu membutuhkan modal sangat besar. Tapi dengan memilih apartemen SOHO, Anda bisa lebih mudah dalam memantau pekerjaan dan memiliki tempat tinggal nyaman dalam satu tempat. Biaya yang dihemat pun dapat dialokasikan untuk maintenance atau membeli furnitur lain.
Konsep hunian seperti ini memang cocok untuk kalangan milenial. Namun ada banyak juga pilihan hunian rumah tapak yang berada di lingkungan perkantoran, seperti di kawasan Jakarta Pusat. Cek daftar hunian dijual dibawah Rp1 miliar di sini!

3. Lokasi Strategis

Kebanyakan apartemen dibangun di lokasi strategis yang dekat dengan jalan besar dan fasilitas umum. Sama halnya dengan apartemen SOHO, hunian dibangun di kota-kota besar untuk membuat para penghuninya nyaman dan memudahkan mobilisasi ke public space seperti rumah sakit, sekolah, mal, dan lainnya. Selain itu, apartemen SOHO juga dilengkapi aneka fasilitas penunjang seperti ruang meeting, taman bermain, dan pusat kebugaran.

4. Sarana Investasi Menjanjikan

Keunggulan lainnya dari apartemen SOHO adalah mampu dijadikan sarana investasi seperti rumah tapak. Fungsinya yang mengakomodir tempat kerja dan hunian tentu menarik banyak pekerja atau ekspatriat untuk menyewa tempat tinggal jenis ini. Di masa depan, Anda juga bisa menjualnya dengan harga cukup tinggi apalagi jika apartemen berada di pusat kota.
Panduan Investasi Apartemen di Indonesia Terbaru 2022

Panduan Investasi Apartemen di Indonesia Terbaru 2022

Kekurangan Apartemen SOHO

Apartemen cenderung memiliki space yang terbatas sehingga furnitur besar tidak disarankan. (Foto: iStock – Rudigobbo)

1. Renovasi Terbatas

Tidak seperti ruko atau rumah tapak, renovasi hunian yang bisa Anda lakukan terbatas hanya untuk interior saja. Bahkan jika harus memindahkan barang berukuran besar, beberapa pengelola menerapkan aturan cukup ketat agar tidak mengganggu kenyamanan penghuni lain.

2. Area Terbatas

Dibandingkan ruko dengan fungsi yang sama, apartemen SOHO relatif lebih kecil sehingga kurang cocok dijadikan working space dengan pekerja lebih dari 10 orang. Memang ada jenis apartemen SOHO yang lebih luas, tapi harganya tentu makin mahal. Jangan khawatir, beberapa jenis pekerjaan yang cocok menggunakan jenis hunian ini antara lain freelancer, fotografer, online shop, dan small business lainnya.

3. Biaya Maintenance Cukup Besar

Seperti apartemen lainnya, pihak pengelola akan membebankan Iuran Perawatan Lingkungan (IPL) atau maintenance pada setiap penghuni. Sayangnya, biaya yang diterapkan cukup besar dan dihitung berdasarkan luas apartemen. Jadi semakin besar aapartemen Anda, semakin tinggi pula biaya perawatan yang harus dibayar tiap bulannya.

Tips Rumah.com

Gunakan jasa desainer interior untuk mengatur tata letak apartemen SOHO jadi lebih efisien.

5 Rekomendasi Apartemen SOHO di Indonesia

Apartemen SOHO biasanya dibangun di tengah kota agar dekat fasilitas umum. (Foto: iStock – Scanrail)

1. SOHO Pancoran

Dekorasi interior apartemen SOHO pancoran yang terkesan maskulin. (Foto: SOHO Pancoran)
Proyek hasil Agung Podomoro Land ini dibangun di atas lahan seluas 7,795 meter persegi dan terdiri dari 2 gedung yakni Noble Wing dan Splendor Wing. Tipe Noble Wing mengusung apartemen SOHO 20 lantai dengan 12 unit.
Sementara Splendor Wing didirikan lebih tinggi dengan 30 lantai dan 14 unit. Untuk luas tiap unit, calon pembeli bisa memilih tipe 96,38 meter persegi atau 139,89 meter persegi. Sementara itu, harga yang ditawarkan berkisar Rp2,9-4,5 miliar per unit.

2. NEO SOHO Central Park

Apartemen SOHO yang terlihat hangat dengan pemakaian unsur kayu pada dinding dan perabot. (Foto: SOHO Podomoro City)
Sama seperti SOHO Pancoran, NEO SOHO Central Park juga didirikan pengembang Podomoro City di lahan seluas 2,3 hektar. Tersambung langsung dengan Mal Central Park, Menara SOHO memiliki 40 lantai dimana tiap unit terdiri dari 2 lantai mezanin dengan tinggi 5,8 meter yang dilengkapi interior bernuansa kayu menjadikan hunian ini terasa hangat dan mewah.

3. Ciputra World Surabaya, VieLoft SOHO

Aksen metal warna emas menambah kemewahan apartemen SOHO ini. (Foto: Ciputra World Surabaya)
Apartemen VieLoft SOHO ini merupakan proyek kedua setelah Ciputra World Surabaya membangun hunian jenis serupa sebelumnya. Dengan total 24 lantai, pihak pengembang membuat 2 tipe area yakni area atas dan bawah.
11 lantai pertama di area bawah memiliki luas 108 meter persegi dan 13 lantai di area atas tiap unitnya dibangun dengan luas 78 meter persegi. Dengan konsep premium, apartemen SOHO ini dibanderol dengan harga Rp2-2,8 miliar per unit.

4. Roseville SOHO Suites

Pemilihan warna dominan hitam pada salah satu unit apartemen Roseville SOHO Suites. (Foto: Roseville SOHO)
Terletak di BSD, Tangerang, rekomendasi apartemen SOHO terbaik adalah Roseville SOHO Suites. Setiap unit dibangun seperti dua lantai yang dapat difungsikan sebagai ruang kerja dan area rumah.
Untuk tipe 2 kamar, harga yang ditawarkan dilansir dari situs resminya berkisar antara Rp1,5-2 miliar. Demi menunjang kenyamanan penghuninya, sejumlah fasilitas premium diberikan seperti sauna, barbeque area, business lounge, gym center, dan kolam renang.

5. SOHO The Mansion Kemayoran

Salah satu kantor yang dibuka di SOHO The Mansion Kemayoran.
Apartemen SOHO selanjutnya cocok bagi Anda yang bekerja di daerah Jakarta Pusat. Dengan pemandangan lapangan golf, apartemen ini menghadirkan sensasi tinggal yang asri. Di apartemen ini, Anda yang ingin membuat kantor bisa lebih mudah karena pihak pengembang telah menyertakan Surat Izin Usaha.
Itulah pembahasan lengkap seputar apartemen SOHO dan rekomendasinya. Meskipun hunian menyatu dengan tempat kerja, pastikan Anda mampu mengatur waktu agar work life balance tetap terjaga.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara membuat Kartu Keluarga online!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini