Aplikasi Cek BI Checking Online iDebKu, Mudah Bisa dari Rumah

Tim Editorial Rumah.com
Aplikasi Cek BI Checking Online iDebKu, Mudah Bisa dari Rumah
RumahCom – Dalam kredit, Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah BI Checking. Dilansir dari laman resmi OJK, BI Checking adalah pengecekan riwayat kredit di Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia yang dilakukan oleh debitur. Tidak bisa disepelekan, BI Checking bisa mempengaruhi apakah seseorang layak mendapatkan kredit dari bank atau tidak. Jika ternyata skor BI Checking buruk, maka Anda akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman seperti KPR rumah di bank atau lembaga keuangan lainnya.
Oleh karena itu, selalu perhatikan tanggal jatuh tempo setiap kredit yang dimiliki mulai dari aplikasi pay later sampai kartu kredit. Jangan sampai kelalaian membayar tagihan membuat skor BI Checking buruk dan akhirnya masuk dalam blacklist karena dianggap banyak utang yang tidak dilunasi. Dampak terburuknya, beberapa perusahaan melihat skor BI Checking calon karyawannya dan tidak segan menolak lamaran jika diketahui memiliki catatan buruk.
Lalu bagaimana cara mengecek skor BI Checking? Tenang, saat ini OJK memiliki aplikasi cek BI Checking online yang bisa dicoba di rumah. Penasaran? Yuk simak artikel ini karena tim Rumah.com akan memberikan penjelasan lengkapnya berikut ini:
  • Aplikasi Cek BI Checking Online iDebKu
  • Cara Akses iDebKu
  • Keunggulan iDebKu
  • Beda iDebKu dan SLIK OJK

Aplikasi Cek BI Checking Online iDebKu

Aplikasi cek BI Checking online dapat digunakan kapan saja oleh perusahan atau individu. (Foto: iDebku.ojk)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja meluncurkan aplikasi cek BI Checking online iDebku dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat luas, meningkatkan kemudahan akses masyarakat terhadap informasi debitur, dan dapat dilakukan secara terpadu dan terintegrasi antara Kantor Pusat dan Kantor Regional/Kantor OJK di dalam satu aplikasi.
Melalui siaran resmi OJK tanggal 8 November lalu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae mengatakan bahwa Sistem Informasi Lembaga Keuangan (SLIK) merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.
"SLIK merupakan salah satu upaya OJK untuk menjadikan sistem keuangan di Indonesia lebih berintegritas, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat luas sehingga mendapat manfaat dan lebih percaya kepada industri keuangan Indonesia, serta sebagai bagian dari perlindungan konsumen," ujar Dian Ediana.
Adapun pengembangan aplikasi iDebKu sejalan dengan Destination Statement OJK Tahun 2022-2027, Arah Pengembangan Sistem Layanan Informasi Keuangan (AP SLIK) 2021-2025, dan merupakan bagian dari Rancang Bangun Sistem Informasi (RBSI) tahun 2019-2022 dan juga RBSI tahun 2023-2027
Aplikasi iDebKu bisa mempermudah Anda dalam mengecek status Anda untuk mengajukan KPR. Nah, jika Anda berencana membeli rumah dengan KPR. Berikut cek daftar huniannya di kawasan Jakarta Barat di bawah Rp1 miliar di sini!

Cara Akses iDebKu

Kemungkinan besar KPR rumah akan ditolak jika debitur masih memiliki tunggakan utang. (Foto: iStock – Comzeal)
Sebelum mengambil kredit apapun, pastikan skor BI Checking Anda aman karena data riwayat kredit nasabah semuanya tersimpan. Jika memiliki kredit macet atau gagal bayar, pihak pemberi pinjaman dapat melihat riwayat tersebut dan menolak memberikan pinjaman. Nah bagi Anda yang ingin melihat skor kredit, inilah cara akses aplikasi cek BI Checking online iDebku:
  1. Buka laman website https://idebku.ojk.go.id lalu klik menu “Pendaftaran”
  2. Isi data yang diperlukan sesuai instruksi seperti kewarganegaraan dan nomor identitas debitur
  3. Unggah foto diri dengan mengikuti instruksi yang tertera pada aplikasi
  4. Jika pendaftaran berhasil, pemohon akan menerima email informasi nomor pendaftaran dari OJK
  5. Pemohon dapat lakukan pengecekan status permohonan pada menu “Status Layanan” dengan mengisi nomor pendaftaran
  6. Permohonan iDeb akan diproses OJK dan hasilnya dikirimkan melalui email pemohon paling lambat 1 hari kerja setelah pendaftaran dilakukan
Perlu diketahui, pertukaran informasi debitur sebelumnya dikelola Bank Indonesia dengan nama Sistem Informasi Debitur (SID) atau dikenal dengan BI Checking. Namun adanya peralihan kewenangan pengawasan perbankan dari BI ke OJK membuat SID digantikan dengan SLIK (Sistem Informasi Lembaga Keuangan) yang dikelola oleh OJK.

Keunggulan iDebKu

Skor BI Checking yang baik meningkatkan kepercayaan mendapatkan kredit dari bank atau lembaga keuangan lain. (Foto: iStock – Casper 1774 Studio)
Kehadiran aplikasi iDebKu sejalan dengan AP SLIK 2021-2025 yang bertujuan untuk peningkatan kualitas SLIK pada masyarakat. Karena itu, aplikasi cek BI Checking online ini punya sejumlah keunggulan antara lain:
  1. Meningkatkan kualitas layanan pemberian informasi debitur kepada masyarakat secara cepat, mudah dan aman;
  2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pemberian layanan informasi debitur bagi internal OJK dengan adanya integrasi dengan SLIK dan ke depannya akan terintegrasi dengan Dukcapil;
  3. Meminimalkan potensi human error melalui otomasi proses layanan; dan
  4. Menyediakan layanan informasi debitur kepada masyarakat secara terintegrasi antara Kantor Pusat, Kantor Regional dan Kantor OJK dalam satu aplikasi.
OJK berharap adanya aplikasi cek BI Checking online iDebKu ini membuat akses masyarakat terhadap informasi debitur akan menjadi makin mudah dan layanan informasi debitur oleh OJK bisa dilakukan secara terpadu dan terintegrasi antara kantor pusat dan KR/KOJK dalam satu aplikasi saja.

Tips Rumah.com

Hindari utang konsumtif yang menggunakan pay later atau kartu kredit agar tidak terjebak cicilan dan belanjalah sesuai kebutuhan.

Beda iDebKu dan SLIK OJK

Jika dimanfaatkan dengan baik, fasilitas kredit bisa jadi modal yang membantu kelancaran usaha. (Foto: iStock – Whutwhanfoto)
SLIK OJK adalah singkatan untuk Sistem Informasi Lembaga Keuangan yang merupakan sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.
Melalui SLIK, Anda bisa meminta informasi debitur pada OJK untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, pengelolaan sumber daya manusia pada pelapor SLIK, verifikasi untuk kerja sama, dan meningkatkan disiplin industri keuangan.
Dibandingkan dengan iDebKu, sebenarnya keduanya sama saja sebab SLIK bertugas menyimpan informasi debitur dan dikenal juga sebagai iDeb yang berisi riwayat kelancaran kredit atau pembiayaan seorang debitur.
Namun perbedaan keduanya terletak dari cara pengecekan data. Aplikasi cek BI Checking online iDebKu dapat digunakan masyarakat dan perusahaan jasa keuangan kapan saja menggunakan berbagai perangkat gawai seperti smartphone dan komputer.
Sementara itu, permintaan informasi debitur pada OJK melalui SLIK bisa dilakukan secara offline/walk-in dengan datang ke kantor OJK setempat dan membawa dokumen persyaratan permohonan debitur SLIK yang bisa diunduh di OJK.go.id.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui alasan KPR rumah ditolak bank!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini