Cara Mudah Bikin Aquarium Air Laut di Rumah

Aquarium bisa menciptakan suasana rumah menjadi sejuk dan tampak lebih menarik. Inilah cara mudah membuat aquarium air laut sediri di rumah Anda.
1. Cara Mudah Bikin Aquarium Air Laut di Rumah
Aquarium bisa membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan. (Foto: Central Florida Lifestyle)

RumahCom - Salah satu kelebihan memiliki rumah sendiri adalah kebebasan untuk Anda kreasikan agar bisa menjadi lebih menarik dan sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Menghias dan merubah tampilan rumah adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan karena Anda bisa meluapkan imajinasi dengan mudah dan merubah rumah yang seolah menjadi kanvas kosong yang bisa Anda isi. Salah satu cara agar rumah bisa terlihat lebih menarik adalah dengan mempunyai aquarium air laut.

Memiliki aquarium dan memelihara ikan air laut adalah salah satu bentuk hobi yang sangat menyenangkan. Anda bisa mengkreasikan isi dari aquarium sesuai dengan keinginan dan ukuran dari aquarium tersebut. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih berbagai jenis dan variasi ikan yang memiliki warna-warna menarik untuk menjadikan aquarium air laut tersebut menjadi lebih berwarna. Agar Anda bisa membuat aquarium air laut di rumah sendiri maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Asiknya Punya Aquarium Air Laut di Rumah
  2. Beda Aquarium Air Laut dan Aquarium Air Tawar
    1. Aquarium Air Laut
    2. Aquarium Air Tawar
  3. Cara Mudah Bikin Aquarium Air Laut di Rumah

1. Asiknya Punya Aquarium Air Laut di Rumah

Ada banyak sekali ragam ikan air laut yang bisa Anda miliki. (Foto: Pet Assure)

Ada banyak sekali ragam ikan air laut yang bisa Anda miliki. (Foto: Pet Assure)

Mempunyai sebuah hobi adalah salah satu hal yang positif dan bisa Anda manfaatkan untuk mengisi waktu luang yang kosong. Membuat aquarium air laut dan merawat ikan termasuk ke dalam salah satu hobi yang positif dan bisa memberikan manfaat bagi Anda. Dilansir dari Wikipedia, aquarium air asin adalah salah satu aquarium yang berisikan berbagai ikan, karang dan tanaman laut yang hidup.

Tidak sedikit aquarium air laut ini berisikan ikan-ikan predator yang tampak menyeramkan hingga ikan hias air laut dengan warna-warni yang menarik. Aquarium air laut ini juga sedikit berbeda dengan aquarium biasa karena membutuhkan berbagai peralatan yang berbeda untuk menjaga kondisi ekosistem yang berada di dalamnya.

Rumah Minimalis Jadi Dambaan, Pahami Seluk Beluknya

Tips Rumah dan Apartemen

Rumah Minimalis Jadi Dambaan, Pahami Seluk Beluknya

Mempunyai aquarium sendiri di rumah sangatlah menyenangkan. Anda bisa menjadikan ruangan di rumah menjadi lebih hidup dan menarik. Tidak hanya itu saja, suasana di dalam ruangan juga bisa menjadi lebih sejuk karena adanya air dari aquarium tersebut.

Asyiknya punya aquarium air laut di dalam rumah salah satunya bisa mengurangi kadar stres. Mau punya rumah di lingkungan hunian yang tenang di kawasan Bogor Kota? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

2. Beda Aquarium Air Laut dan Aquarium Air Tawar

Meskipun serupa, aquarium laut dan air tawar mempunyai banyak perbedaan. (Foto: Chicago Tribune)

Meskipun serupa, aquarium laut dan air tawar mempunyai banyak perbedaan. (Foto: Chicago Tribune)

Yang menjadi persamaan antara kedua buah aquarium adalah memiliki komponen yang sama yakni terbuat dari kaca tempered atau akrilik yang lebih murah. Keduanya sama-sama membutuhkan sistem filtrasi agar air bisa menjadi bersih, pencahayaan yang mencukupi hingga pengatur panas air aquarium. Namun, terdapat juga beberapa perbedaan yang menjadikan kedua aquarium tersebut unik.

1. Aquarium Air Laut

Agar tidak pusing, inilah beberapa karakteristik dari aquarium air laut yang perlu Anda ketahui:

  • Secara penampilan, aquarium akan terlihat lebih menarik dan berwarna. Pilihan ikan yang ditawarkannya juga jauh lebih bervariatif sehingga Anda memiliki banyak opsi untuk meramaikan isi dari aquarium
  • Aquarium air laut juga mempunyai banyak pilihan flora dalam air yang akan menjadikan aquarium terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
  • Aquarium air tawar membutuhkan perbandingan jumlah air yang lebih banyak dibandingkan dengan ikannya karena kandungan oksigen di dalamnya jauh lebih sedikit sehingga tidak banyak ikan yang bisa Anda pelihara di dalam. Dilansir dari Reef Tank Resource, aquarium air laut memiliki kandungan oksigen 20% lebih rendah dibandingkan dengan aquarium air tawar.
  • Secara perawatan, aquarium air laut juga lebih kompleks dan membutuhkan banyak komponen berbeda agar ikan di dalamnya bisa hidup secara normal. Secara otomatis, biaya untuk memiliki aquarium air tawar juga akan jauh lebih mahal dan membutuhkan perawatan yang sangat ketat.
  • Suhu di dalam air sangat penting untuk dijaga agar ikan bisa hidup normal. Ikan air laut sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan bisa mati secara mendadak apabila terjadi perubahan suhu secara drastis.
  • Anda juga akan membutuhkan alat pengetes pH atau tingkat keasaman air laut agar kondisi air sesuai dengan kebutuhan dan ikan bisa hidup dengan baik.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Hias Terpopuler yang Mudah Dipelihara Dalam Rumah

2. Aquarium Air Tawar

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat aquarium sendiri maka bisa memulainya terlebih dahulu dengan membuat aquarium air tawar. Di bawah ini adalah beberapa karakteristik dari aquarium air tawar yang membedakannya dengan aquarium air laut:

  • Varian ikan aquarium air tawar lebih sedikit namun harga dari ikan air tawar jauh lebih murah dan lebih mudah untuk Anda dapatkan.
  • Aquarium air tawar juga tidak membutuhkan tambahan flora laut untuk menciptakan sebuah ekosistem khusus. Aquarium bisa terlihat menarik meskipun hanya berisikan ikan tanpa adanya tambahan apapun.
  • Ikan aquarium air tawar memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap perubahan suhu maupun tingkat keasaman air. Sehingga Anda tidak perlu pusing untuk membeli berbagai peralatan berbeda untuk mengetahui dan menjaga kondisi di dalam air.
  • Pastikan agar kondisi filter air selalu terjaga kebersihannya. Filter yang kotor akan membuat ikan menjadi lebih susah untuk bernapas dan memperpendek umur dari ikan yang Anda pelihara.
Tip Rumah
Jangan terburu-buru ketika hendak memasukkan ikan ke dalam aquarium agar ikan bisa beradaptasi secara bertahap dan tidak mati.

3. Cara Mudah Bikin Aquarium Air Laut di Rumah

Pencahayaan pada aquarium sangat penting agar ikan memiliki siklus yang sesuai. (Foto: Marine Depot Blog)

Pencahayaan pada aquarium sangat penting agar ikan memiliki siklus yang sesuai. (Foto: Marine Depot Blog)

Membuat sebuah akuarium sendiri adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan persiapan beberapa peralatan agar aquarium bisa dimanfaatkan dengan baik. Dilansir dari The Spruce Pets, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk membuat aquarium dengan mudah:

  1. Ukur terlebih dahulu tempat yang akan Anda gunakan untuk meletakkan aquarium. Dari ukuran tersebut barulah Anda bisa mencari sebuah aquarium yang tepat sesuai dengan ukuran yang sudah Anda hitung sebelumnya. Letakkan aquarium tersebut pada tempat yang sudah disediakan dan siapkan juga ruang lebih untuk kabel-kabel dari aquarium.
  2. Siapkan juga sebuah tempat yang bisa Anda gunakan untuk memasang strip lampu di atas aquarium agar mendapatkan penerangan yang cukup.
  3. Basuhkan filter terlebih dahulu pada air bersih sebelum memasangkannya pada tempat filter. Filter yang sudah basah secara merata akan lebih baik untuk menyaring air dibandingkan dengan filter yang kering dan langsung Anda masukkan ke dalam tangki aquarium.
  4. Pasanglah mesin pompa dan filter ke dalam tangki lalu rapikanlah kabel dan pipa agar tidak terlihat berantakan.
  5. Masukkan terlebih dahulu air tawar ke dalam aquarium lalu jalankanlah pompa untuk mengetes apakah kerja dari pompa dan penyaring air bekerja dengan baik dan tidak terdapat kebocoran pada alat hisapnya.
  6. Setelah pompa dan filter berjalan secara normal barulah Anda bisa memasukkan campuran garam laut ke dalam tangki dan nyalakan kembali pompa agar garam bisa tercampur secara merata di dalam air.
  7. Diamkan terlebih dahulu selama beberapa saat barulah Anda bisa memasukkan pasir ke dalam aquarium. Pada awal Anda memasukkan pasir tentu air kolam akan terlihat keruh dan pucat. Nyalakan terus pompa agar air yang keruh bisa menjadi bersih dan tersaring ke dalam filter.
  8. Masukkan berbagai jenis tanaman dan hiasan seperti batu karang ataupun bebatuan untuk menjadikan aquarium Anda terlihat lebih menarik. Diamkan selama semalaman agar aquarium bisa siap untuk digunakan.
  9. Masukkan ikan secara bertahap dan dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu agar bakteri yang baik bisa tumbuh di dalam tangki dan bisa memperpanjang umur dari ikan yang Anda masukkan ke dalam aquarium.
  10. Satu atau dua ikan yang Anda masukkan bisa menjadi tanda apakah air sudah siap untuk digunakan atau tidak. Jika ikan Anda ada yang mati artinya air tersebut masih belum siap untuk digunakan dan suhunya perlu diatur kembali agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh ikan.
  11. Untuk mengurangi pertumbuhan alga di dalam aquarium, Anda bisa menambahkan umang-umang atau siput yang akan memakan alga dan membuat kondisi kolam menjadi lebih bersih.
  12. Tambahkan sistem filter biologis untuk membantu penyaringan bakteri berbahaya yang mungkin menganggu ikan Anda di dalam aquarium.
  13. Periksalah kondisi ikan Anda secara berkala dan perhatikan apakah ikan tersebut mengalami gejala stress seperti tidak nafsu makan dan sisik yang berwarna pucat.

Itulah cara mudah untuk membuat aquarium air laut Anda sendiri di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangki agar kandungan amonia di dalamnya tidak terlalu tinggi dan mengakibatkan tingkat keasaman menjadi meningkat pesat. Selamat mencoba!

Ketahui jurus investasi terbaik di kawasan sekitar Kota Mandiri melalui video yang menarik berikut ini!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Ini daftar Hunian Baru di Bekasi

Masukan