Atap Seng: Fungsi, Harga, Plus Minusnya

Tim Editorial Rumah.com
Atap Seng: Fungsi, Harga, Plus Minusnya
RumahCom – Popularitas dari atap seng seolah tidak bisa digantikan. Dalam setiap keperluan konstruksi, penggunaan dan pemilihan atap yang tepat adalah salah satu cara agar bangunan yang Anda miliki bisa tetap nyaman dan masih sesuai dengan batas anggaran yang Anda miliki. Pastikan agar atap yang dipakai juga sesuai dengan desain dari bangunan yang akan dibangun untuk memiliki sebuah keselarasan yang sangat baik. Setiap atap tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sama juga halnya dengan atap seng.
Atap seng merupakan salah satu jenis atap bangunan yang popularitasnya sangatlah tinggi dan banyak sekali bangunan yang mengadopsi dan menggunakan atap seng. Atap yang terbuat dari seng ini menjadi sangat populer karena banyak hal. Agar Anda bisa mengetahui fungsi atap seng, dan fungsinya maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai:
  1. Atap Seng, Jenis Atap yang Populer di Indonesia
  2. Fungsi Atap Seng
  3. Karakteristik Atap Seng
  4. Kekurangan dan Kelebihan Atap Seng
  5. Harga Atap Seng Terbaru

1. Atap Seng, Jenis Atap yang Populer di Indonesia

Atap Seng 2
Atap seng adalah salah satu jenis atap yang mudah untuk dipasang. (Foto: ArchiExpo)
Atap adalah salah satu aspek yang paling penting dalam dunia konstruksi bangunan. Seluruh bangunan perlu memiliki atap yang baik agar bagian dalam dari bangunan tersebut bisa terlindung dari berbagai hal dan membuat Anda menjadi merasa nyaman untuk berada di dalamnya. Tidak semua bangunan dibuat dengan konstruksi atap yang sama karena ada beberapa yang menggunakan bahan-bahan atap yang berbeda.
Salah satu bahan atap yang bisa diaplikasikan dengan mudah pada berbagai konstruksi adalah atap seng. Dilansir dari Wikipedia, atap seng bisa disebut juga sebagai atap yang terbuat dari bahan yang keras seperti metal atau baja dan dikenal sebagai salah satu atap yang mempunyai daya tahan yang lama dan kuat terhadap benturan.
Bahan atap seng juga sangat mudah untuk diaplikasikan dan dari sejak awal dibuat biasanya sudah mempunyai warna-warna yang cerah dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk dipadukan dengan cat tembok yang memiliki warna senada.

2. Fungsi Atap Seng

Atap Seng 3
Atap seng memiliki kontur dan tekstur yang berbeda-beda. (Foto: Cook Roofing Company)
Pada awalnya, atap yang terbuat dari seng masih belum memiliki bentuk dan desain yang beragam yang menjadikan fungsi pemakaiannya sangatlah terbatas. Namun, seiring dengan perjalanan waktu akhirnya membuat atap seng menjadi lebih variatif dan sangat banyak ragamnya yang bisa disesuaikan dengan mudah pada setiap jenis bangunan berbeda. Di bawah ini adalah beberapa fungsi atap seng yang bisa Anda pilih sendiri:
  • Atap seng yang memiliki model melengkung atau bergelombang bisa digunakan untuk menjadi atap pelindung dari carport di rumah Anda. Model atap seperti ini sangatlah ringan dan harganya juga sangat murah sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk membelinya.
  • Tidak hanya itu saja, atap seng juga sangat cocok untuk digunakan pada pabrik yang berukuran besar. Bangunan berukuran besar membutuhkan sebuah konstruksi atap yang sederhana dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar. Tidak hanya itu saja, jika menggunakan atap seng yang rata maka pengaplikasiannya pun akan menjadi lebih mudah dan tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak.
  • Atap dengan jenis seng yang memiliki model rata juga akan sangat tepat untuk digunakan pada setiap jenis bangunan. Namun, tentunya akan membutuhkan sebuah insulasi yang baik agar suara bising tidak masuk ke dalam bangunan sekaligus berfungsi untuk menahan panas di dalam bangunan.

3. Karakteristik Atap Seng

Atap Seng 4
Setiap atap mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. (Foto: Cook Roofing Company)
Setiap atap bangunan memiliki karakteristik berbeda dan menjadikan setiap atap sangat unik dan berbeda dari satu dan yang lainnya. Atap seng juga memiliki karakteristiknya sendiri dan Anda harus mengetahui apa yang menjadi karakter dari atap tersebut sebelum membeli dan memasangnya pada bangunan. Di bawah ini adalah beberapa karakteristik dari atap seng:
  • Atap seng sangatlah kuat dan mempunyai tekstur yang kasar. Pengaplikasiannya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan pengaturan yang sulit.
  • Atap seng juga dijual dalam bentuk lembaran yang memiliki ukuran tersendiri. Karena ukurannya yang sudah pas membuat Anda tidak perlu repot untuk mengukur tatanan atap yang ada.
  • Selain itu, karena atap seng dipasang dengan rapat dan memiliki celah yang lebih minim membuat air hujan.
  • Dikutip dari The Metal Roof Company, salah satu karakter dari atap seng adalah bentuknya yang seamless dan bisa membuat atap terlihat rapi dan lebih simetris.

Tips Rumah.com

Pastikan agar atap seng terpasang dengan baik agar tidak terlepas saat terkena angin yang kencang.

4. Kelebihan dan Kekurangan Atap Seng

Atap Seng 5
Atap seng membutuhkan insulasi agar tidak terlalu berisik ketika terkena hujan. (Foto: The Home Depot)
Ada banyak sekali jenis atap yang ada dan bisa Anda pilih sendiri dengan mudah menyesuaikan dengan keperluan bangunan atau konstruksi yang sedang Anda jalankan. Sama halnya dengan atap seng karena atap ini juga mempunyai kelebihannya tersendiri dan membuatnya unik dan berbeda dari atap yang lainnya. Dilansir dari JTC Roofing, dibawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari atap seng yang perlu Anda ketahui:
Kelebihan
Kekurangan
Atap seng memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat tinggi
Pemasangan perlu dilakukan secara berhati-hati. Jika atap seng ada penyok maka kebocoran tidak dapat dicegah dan tidak bisa diperbaiki.
Atap seng sangatlah kuat dan memiliki kemampuan untuk menutup baret-baret yang ada secara otomatis.
Atap seng juga sangat rentan terbawa oleh angin kencang sehingga harus dipasang dengan kuat.
Warna dari atap seng sangat cerah, dan membuatnya menjadi lebih mudah untuk dipadukan dengan cat tembok di rumah.
Tidak semua atap seng memiliki desain yang menarik dan bisa membuat bangunan menjadi terlihat murahan.
Atap seng juga sangat ramah terhadap lingkungan karena diproduksi dengan energi yang minim dan tidak membutuhkan biaya besar.
Permukaan dari atap seng sangatlah panas apabila terkena sinar matahari dan membuat pemasangan harus dilakukan saat sedang teduh.
Material dari atap seng masih bisa didaur ulang kembali di kemudian hari dan membuatnya tidak akan mencemari bumi yang kita tinggali.
Pemasangannya membutuhkan sebuah lapisan insulasi sintetis agar bagian bawah dari atap seng tidak menjadi lembab dan menimbulkan lumut.
Atap seng sangat cocok untuk bangunan berukuran besar seperti hall atau gedung olahraga.
Ketika sedang hujan, atap yang terbuat dari seng sangatlah berisik dan bisa mengganggu suasana di dalam rumah.
Kemampuan atap seng dalam menahan panas sangatlah baik sehingga bagian dalam ruangan tidak akan terasa gerah.
Atap seng yang murah akan mengalami perubahan warna seiring dengan berjalannya waktu.
Harga dari atap seng juga lebih murah sehingga Anda bisa lebih berhemat dalam biaya konstruksi.
Jika Anda berencana ingin merenovasi rumah, sebaiknya tentukan dulu jenis atap yang cocok. Namun, Anda bisa mencari di daftar perumahan baru di Bogor ini.

5. Harga Atap Seng Terbaru

Atap Seng 6
Atap seng membutuhkan pemasangan yang tepat agar tidak terjadi bocor ataupun penyok. (Foto: Metal DIY, Design & Decor)
Setelah mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari atap seng maka inilah saatnya bagi Anda untuk mengetahui harga dari atap seng terbaru yang ada saat ini. Di bawah ini adalah beberapa harga atap seng gelombang yang bisa menjadi referensi terbaik bagi Anda sebelum membelinya:
Seng Gelombang Warna
0.30mm x 75cm
Rp65.000
Seng Gelombang Warna
0.40mm x 75cm
Rp75.000
Seng Gelombang Warna
0.50mm x 75cm
Rp85.000
Galvalum BJLS Gajah Surya
0.20mm x 80cm
Rp50.000
Galvalum BJLS Gajah Surya
0.25mm x 180cm
Rp60.000
Galvalum BJLS Gajah Surya
0.25mm x 210cm
Rp70.000
Galvalum BJLS Gajah Surya
0.25mm x 240cm
Rp80.000
Galvalum BJLS Gajah Surya
0.3mm x 180cm
Rp70.000
Plat Galvalum BJLS 0.4
1.219 x 1m x 4kg
Rp120.000
Plat Galvalum BJLS 0.5
1.219 x 1m x 5kg
Rp150.000
Plat Galvalum BJLS 0.6
1.219 x 1m x 6kg
Rp170.000
Plat Galvalum BJLS 0.7
1.219 x 1m x 7kg
Rp210.000
Itulah beberapa fungsi dari atap seng, plus minus dan harga terbarunya yang bisa menjadi referensi bagi Anda dalam membeli dan memilihnya untuk di rumah. Pastikan agar pemasangan dilakukan secara berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan dan membuat atap menjadi tidak rata dan bisa mengakibatkan kebocoran di kemudian hari.
Anda tidak perlu pusing! Inilah video yang informatif dan bisa membantu Anda untuk memahami cara mudah memahami isi brosur properti!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini