10 Desain Balkon Minimalis yang Bikin Tampilan Rumah Aesthetic Abis!

Tim Editorial Rumah.com
10 Desain Balkon Minimalis yang Bikin Tampilan Rumah Aesthetic Abis!
Rumah.com – Desain balkon minimalis tidak hanya membuat rumah tampak terlihat cantik dan menarik, tetapi juga bisa menjadi tempat bersantai yang ekonomis bagi keluarga setelah seharian harus menjalani rutinitas. Untuk itu, mendesain balkon minimalis agar tampilan rumah menjadi aesthetic sangat dibutuhkan.
Terdapat banyak desain balkon minimalis yang bisa dipilih supaya rumah bisa tampak keren, namun juga nyaman. Setiap desain memiliki fungsi dan gayanya sendiri-sendiri. Apa sajakah itu? Artikel ini akan memberikan rekomendasi 10 desain balkon minimalis yang membuat tampilan rumah menjadi aesthetic abis.
  1. Balkon Sederhana
  2. Balkon Elegan
  3. Balkon Rustic
  4. Balkon Natural
  5. Balkon Kayu
  6. Balkon Kekinian
  7. Balkon Modern
  8. Balkon Zen
  9. Balkon Industrial
  10. Balkon Kontemporer

1. Balkon Minimalis Sederhana

Balkon minimalis sederhana. (Foto: Thearchitecturedesigns.com)
Balkon minimalis pertama adalah balkon minimalis sederhana. Sesuai dengan namanya, balkon ini tidak perlu memiliki banyak perabot, furniture, atau detail untuk membuatnya tampak terlihat cantik.
Balkon ini juga sangat cocok pada mereka yang memiliki ruang terbatas, namun dapat menjadi tempat bersantai sembari minum kopi di sore hari yang nyaman. Perlu untuk meletakkan satu pot tanaman agar balkon tetap terasa sejuk dengan adanya elemen natural.
Menikmati secangkir teh menjelang senja di balkon minimalis tentunya bisa jadi momen yang manis. Bukan hanya itu, salah satu untungnya punya punya balkon minimalis bikin tampilan rumah makin aesthetic loh! Mau punya rumah bergaya minimalis di Depok dengan harga di bawah Rp700 jutaan? Cek pilihan rumahnya di sini!

2. Balkon Minimalis Elegan

Balkon minimalis elegan. (Foto: Architectureartdesigns.com)
Balkon minimalis selanjutnya adalah balkon minimalis elegan. Desain model balkon ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin tampak terlihat mewah dan elegan, tanpa terlihat norak dengan terlalu banyak menggunakan furniture.
Supaya bisa mendapatkan tampilan balkon minimalis elegan pun cukup simpel. Pilih furniture yang tidak terlalu memiliki banyak detail dan bertekstur. Atap balkon yang unik juga bisa menjadi daya tarik sendiri.

3. Balkon Minimalis Rustic

Balkon minimalis dengan gaya rustic. (Foto: Brit.co)
Balkon minimalis dengan gaya rustic bisa menjadi pilihan selanjutnya bagi mereka yang menginginkan balkon yang aesthetic, tetapi sangat cozy. Pilih furnitur berbahan natural seperti kayu atau rotan.
Selain itu, percantik balkon dengan lampu-lampu indah seperti lampu kecil atau lampion supaya memperoleh pencahayaan yang maksimal di malam hari. Anda juga bisa menambah hammock rajut dengan palet warna serupa agar tampilan balkon semakin indah.
Tips Dan Trik Memanfaatkan Balkon Sempit

Tips Dan Trik Memanfaatkan Balkon Sempit

4. Balkon Minimalis Natural

Balkon minimalis bergaya natural. (Foto: Designswan.com)
Sesuai dengan namanya, balkon minimalis bergaya natural merupakan balkon yang sarat dengan sesuatu yang alami. Mulai dari penggunaan tanaman hijau di berbagai tempat, hingga akses lantai kayu yang membuat balkon tampak nyaman.
Berikan balkon tanaman di berbagai tempat, seperti di pembatas dengan teralis, di dekat kursi, di dinding, ataupun di atas meja supaya bisa mendapatkan kesan balkon yang alami. Supaya lebih maksimal, pilih kursi dengan warna tanah seperti coklat tua, abu-abu tua, atau putih agar semakin melengkapi.

5. Balkon Minimalis Kayu

Balkon minimalis kayu. (Foto: Plantcaretoday.com)
Sesuai dengan namanya, balkon minimalis kayu menghadirkan desain balkon yang didominasi oleh material kayu. Mulai dari bagian lantai, bangku, hingga penggunaan batang pohon sebagai kaki meja. Terlihat sangat simpel, balkon minimalis kayu bisa dipercantik dan tampak aesthetic dengan pemberian beberapa aksen mencolok.
Semisalnya bantal duduk berwarna berwarna-warni, serta dekorasi pada dinding. Bukan itu saja, agar terlihat lebih indah, menghiasinya dengan tanaman atau pot berbunga juga bisa menjadi solusi lainnya.

6. Balkon Minimalis Kekinian

Balkon minimalis kekinian. (Foto: Pinterest – Kelly Constanza)
Balkon dengan desain yang cozy dan aesthetic membuat penghuni betah untuk berada di balkon lama-lama. Balkon tidak hanya sebagai tempat beristirahat, tetapi juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga dan teman.
Diperlukan beberapa kursi dan sofa besar yang nyaman. Agar lebih kekinian, gunakan layar proyektor yang bisa dimanfaatkan ketika ingin menonton film bersama keluarga dan teman di akhir pekan. Jangan lupa, percantik balkon dengan lampu-lampu kecil serta pot tanaman kecil.

7. Balkon Minimalis Modern

Balkon minimalis modern. (Foto: Pacificengineers.com)
Dengan luas terbatas, tetapi ingin balkon tampil aesthetic? Tentu bisa dengan balkon minimalis modern ini. Tidak perlu banyak perabot di dalam balkon, hanya tempat duduk, pot tanaman yang memberikan kesan hangat, lampu yang dipergunakan sebagai penerangan di malam hari, dan rak penyimpanan serbaguna.
Jangan lupa, lengkapi kursi duduk dengan bantal agar balkon semakin cozy. Yang membuat balkon ini lebih modern, dengan adanya kaca menutupi area balkon sehingga suasana lebih sejuk karena tetap terpapar AC dari dalam ruangan.

8. Balkon Minimalis Zen

Balkon minimalis zen. (Foto: Architectureartdesigns.com)
Bagi mereka yang menyukai suasana yang tidak terlalu ramai dan ketenangan, bisa mencoba desain balkon minimalis zen. Balkon bergaya zen ini cukup simpel, namun masih tetap nyaman dan aesthetic.
Padukan kursi berwarna gelap dengan lantai dan dinding motif kayu yang alami. Kemudian percantik dengan teralis kaca tembus pandang yang seolah tidak memberi batasan pada dunia luar. Supaya lebih seimbang, bisa juga ditambahkan dengan dekorasi seperti elemen batu bersusun di pojok ruangan.

Tips Rumah.com

Hadirkan desain zen pada balkon yang menonjolkan kesederhanaan, simpel, dan nuansa alam. Desain zen memberikan kesan balkon sebagai tempat untuk berelaksasi setelah seharian beraktivitas.

9. Balkon Minimalis Industrial

Balkon minimalis industrial. (Foto: Qanvast.com)
Balkon minimalis industrial menjadi rekomendasi selanjutnya untuk mereka yang ingin mencoba balkon dengan desain tidak biasa. Balkon yang aesthetic gaya industrial ini tercerminkan dari tampilan clean bangku panjang serta elemen logam lainnya pada teralis hingga kerangka atas.
Sesuaikan tema warna dengan interior pada bagian dalam agar tercipta satu kesatuan konsep yang apik. Manfaatkan area bawah bangku sebagai storage, agar bisa menyimpan barang-barang atau perkakas lebih rapi.

10. Balkon Minimalis Kontemporer

Balkon minimalis kontemporer. (Foto: Architectureartdesigns.com)
Sesuai dengan namanya, balkon minimalis kontemporer merupakan perpaduan antara dua jenis desain untuk menghasilkan harmoni yang apik dan indah. Semisal desain klasik dan modern, minimalis dan elegan, dan lainnya.
Semisal pada desain ini, yang dihadirkan dengan kursi kayu bergaya vintage namun dipercantik dengan pagar pembatas kaca dan balkon serba putih. Kemudian untuk lebih seimbang, dua pot tanaman besar pun hadir.
Tonton video berikut untuk mempelajari cara menata ruangan rumah minimalis!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini