Simak 12 Barang Antik Bernilai Jual Tinggi

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghias rumah atau apartemen, salah satunya adalah dengan menggunakan barang antik. Artikel kali ini akan membahas mengenai 12 barang antik bernilai jual tinggi yang cocok untuk menghias rumah Anda!
Barang Antik 1
Barang antik memiliki keindahan tersendiri (Foto: Home Interiors Blog)

RumahCom - Barang antik merupakan salah satu benda yang mempunyai nilai sejarahnya sendiri. Hampir setiap rumah tentu mempunyai benda-benda yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah dekorasi agar tampilannya bisa menjadi lebih menarik. Benda yang dimanfaatkan menjadi dekorasi terkadang bentuknya sangat beragam karena tidak semua orang mempunyai selera yang sama. Salah satu benda yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah dekorasi rumah yang indah dan menarik adalah barang antik.

Barang antik memiliki daya tarik tersendiri karena desainnya yang unik, yang terkadang mengingatkan kita pada abad 19, serta bentuknya yang memiliki ciri khas tersendiri. Karena keunikannya tersebut menjadikan barang antik menjadi sangat cocok untuk menjadi sebuah dekorasi yang bernilai mahal. Artikel ini akan membahas mengenai barang antik yang cocok untuk Anda jadikan dekorasi, diantaranya:

  1. Kegunaan dan Manfaat Barang Antik
    1. Untuk Dekorasi Rumah
    2. Untuk Koleksi dan Investasi
  2. Uang Kuno
  3. Piringan Hitam
  4. Perangko
  5. Piano Klasik
  6. Lukisan
  7. Konsol Video Game Lawas
  8. Alat Makan dari Perak
  9. Karpet Persia
  10. Buku Komik dan Novel Kuno
  11. Kartu Pos
  12. Barang Elektronik
  13. Jam Kuno
  14. Cara Merawat Barang Antik di Rumah

Baca Juga: 7 Ide Karikatur untuk Dekorasi Ruangan Rumah Anda

1. Kegunaan dan Manfaat Barang Antik

Barang Antik 2

Rumah bisa Anda dekorasi sendiri dengan mudah agar terlihat lebih menarik. (Foto: We Heart It)

Barang antik memiliki keindahan tersendiri. Barang antik memiliki bentuk yang populer di zaman saat barang tersebut diciptakan, sehingga memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari zaman sekarang. Barang antik juga menjadi simbol bagi kepribadian sang pemilik. Merawat barang antik tidaklah mudah karena membutuhkan kesabaran yang tinggi. Barang antik memiliki kegunaan dan manfaat, diantaranya:

a. Untuk Dekorasi Rumah

Barang antik memiliki keindahan tersendiri sehingga membuat rumah anda menjadi lebih indah. Benda-benda tersebut akan memberikan kesan berbeda dari yang lain, sehingga siapapun yang berkunjung ke rumah dan melihat dekorasi benda yang tidak biasa ditemukan tentunya akan membuat orang lain menjadi takjub. Benda antik juga akan menciptakan sebuah kesan lawas pada rumah dan akan memunculkan suasana nostalgia yang melekat kepada siapa saja.

20 Ide Desain Plafon Minimalis dan Tipsnya

Tips Rumah dan Apartemen

20 Ide Desain Plafon Minimalis dan Tipsnya

b. Untuk Koleksi dan Investasi

Barang-barang antik tentunya memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan tidak sedikit juga yang mengumpulkannya sebagai salah satu bentuk koleksi maupun investasi. Mungkin terkadang Anda bisa terkejut mengetahui ada banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk membeli sebuah benda antik yang langka hanya untuk koleksi pribadi saja.

Dilansir dari Taylors Classics, nilai dari barang antik akan terus mengalami peningkatan dan akan memberikan nilai return yang baik di kemudian hari jika barang antik tersebut terus Anda rawat dengan baik.

Tip Rumah
Agar kandungan bisa menjadi lebih sehat, konsumsilah jambu batu dengan buah-buahan yang lain dan tidak memiliki rasa yang terlalu asam.

2. Uang Kuno

Barang Antik 3

Koleksi uang kuno memiliki nilai jual yang sangat tinggi. (Foto: 123RF)

Uang kuno selalu menjadi barang antik yang digemari oleh para kolektor. Uang yang Anda miliki sekarang ini bisa menjadi barang antik yang bernilai sangat mahal dalam waktu 20 tahun mendatang. Oleh karena itu, anda dapat mempertimbangkan untuk menyimpan beberapa pecahan uang yang anda miliki sekarang ini untuk menciptakan harta karun tersembunyi di rumah anda. Selain itu juga, uang-uang kuno yang ada sejak dahulu kala saat ini bisa menjadi sebuah pajangan yang sangat unik. Masukkanlah uang kuno tersebut ke dalam sebuah pigura untuk dipajang di salah satu ruangan di rumah Anda.

3. Piringan Hitam

Barang Antik 4

Piringan hitam dan pemutarnya bisa menjadi salah satu bentuk dekorasi yang sangat menarik. (Foto: Rolling Stone)

Dilansir dari Decor Tips, piringan hitam dan pemutarnya bisa menjadi salah satu barang antik yang mahal di rumah Anda. Karena saat ini popularitas dari piringan hitam sudah semakin berkurang dan terganti oleh kepingan DVD ataupun Blu-Ray, menjadikan harga piringan hitam mengalami peningkatan secara drastis. Piringan hitam lawas dan pemutarnya bisa menjadi sebuah pajangan yang indah untuk di ruang tamu rumah.

4. Perangko

Barang Antik 5

Perangko adalah salah satu bentuk koleksi yang sangat populer hingga saat ini. (Foto: This is Money)

Perangko dapat menjadi salah satu pilihan untuk koleksi barang antik. Orang yang mengoleksi perangko disebut filateli. Perangko memiliki gambar yang berbeda – beda, dari zaman ke zaman dan dari berbagai negara. Koleksi perangko yang banyak dan bermacam jenis dan asalnya, memiliki nilai jual yang tinggi, terutama perangko – perangko yang sudah berumur cukup lama. Perangko bisa menjadi salah satu pajangan yang indah untuk di kamar tidur Anda. Pajanglah koleksi perangko berharga yang Anda miliki ke dalam sebuah pigura untuk digantungkan pada sebuah dinding di rumah.

5. Piano Klasik

Barang Antik 6

Piano merupakan salah satu instrumen musik yang bisa menjadi sebuah hiasan menarik di rumah. (Foto: Steinway)

Siapa yang menyangka bahwa sebuah instrumen musik bisa menjadi sebuah pajangan yang indah di rumah? Jika Anda memiliki sebuah piano lawas yang diberikan oleh orang tua janganlah dibuang begitu saja. Perbaiki dan rapihkanlah piano tersebut agar terlihat lebih indah bisa bermanfaat kembali. Pajanglah piano lawas yang sudah diperbaiki pada ruang tamu di rumah.

6. Lukisan

Barang Antik 7

Lukisan merupakan salah satu dekorasi yang indah. (Foto: Samsung Global Newsroom)

Jika Anda mencari salah satu dekorasi yang paling banyak ditemui pada setiap rumah maka Anda bisa memanfaatkan lukisan sebagai jawabannya. Di Indonesia sendiri ada banyak pelukis terkenal yang karyanya sangat indah, salah satunya adalah Affandi Koesoema. Lukisan indah karya Affandi tersebut dijual dengan harga yang sangat fantastis dan bisa menjadi dekorasi rumah Anda yang sangat indah.

7. Konsol Video Game Lawas

Barang Antik 8

Konsol video game lawas mempunyai nilai estetikanya sendiri. (Foto: Happy Gamer)

Apabila Anda adalah seorang yang senang bermain game, mungkin Anda akan tertarik untuk mencari konsol video game lawas dan menjadikannya hiasan yang menarik di rumah. Konsol video game lawas tersebut mempunyai daya tarik yang berbeda, terutama bagi pecinta game dan kolektor barang-barang lawas.

8. Alat Makan dari Perak

Barang Antik 9

Jadikan suasana rumah agar terlihat klasik dengan alat-alat makan yang terbuat dari perak. (Foto: Home Stratosphere)

Alat-alat makan lawas yang terbuat dari perak asli bisa Anda manfaatkan untuk menjadi pajangan yang indah di rumah Anda, lho. Anda bisa memajang alat makan perak tersebut pada lemari dan memunculkan sebuah estetika yang sangat indah pada ruangan.

9. Karpet Persia

Barang Antik 10

Karpet akan membuat rumah menjadi terlihat lebih mewah. (Foto: Decoist)

Karpet Persia yang dibuat menggunakan tangan akan naik nilainya dari tahun ke tahun, namun butuh waktu yang lama agar karpet bisa memiliki nilai jual tinggi. Karpet kecil yang dibeli nenek Anda mungkin akan memiliki nilai jual yang tinggi pada saat ini. Karpet yang memiliki umur 50 tahun ke atas sudah dianggap menjadi sebuah barang antik. Harganya ditentukan melalui ukuran, material yang dipakai, kepadatan simpul, kondisi dan desainnya.

Karpet persia adalah salah satu barang antik yang berukuran besar dan membutuhkan ruang yang sedikit luas di rumah Anda agar bisa digunakan semaksimal mungkin. Apabila Anda berniat ingin pindah dari rumah lama Anda ke hunian yang baru yang lebih luas. Simak dulu perumahan populer di Jawa Barat dengan 3 kamar tidur.

10. Buku Komik dan Novel Kuno

Barang Antik 11

Buku komik dan novel lawas akan menjadi sebuah koleksi dan hiasan yang indah di rumah. (Foto: Public Domain Pictures)

Bagi Anda yang senang membaca buku mungkin tentunya akan senang untuk mengoleksi berbagai buku yang disukai dengan lengkap dan tanpa terlewat satu seri sama sekali. Anda bisa mencoba untuk mencari buku komik ataupun novel-novel lawas untuk menjadi koleksi di rumah. Tidak hanya itu saja, buku-buku lawas tersebut akan menjadi sebuah hiasan yang sangat indah di rumah.

11. Kartu Pos

Barang Antik 12

Setiap negara mempunyai desain kartu pos yang berbeda-beda. (Foto: Blushrougette)

Sama seperti halnya dengan perangko, kartu pos juga memiliki gambar yang berbeda – beda dan sangat tepat untuk menjadi sebuah koleksi. Setiap tahunnya, kartu pos mempunyai desain yang berbeda. Oleh sebab itu, koleksi kartu pos Anda yang langka akan memiliki nilai jual yang tinggi. Para kolektor tidak akan segan untuk merogoh kantung mereka dalam – dalam untuk sebuah koleksi kartu pos.

12. Barang Elektronik

Barang Antik 13

Ada banyak barang elektronik antik yang memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa menjadi pajangan yang menarik di rumah. (Foto: Pinterest)

Barang – barang elektronik bisa jadi barang yang amat dicari sebagai barang yang langka. Walkman dari tahun 90an yang kondisinya masih baik memiliki nilai jual puluhan juta rupiah. Telepon genggam atau komputer lama juga memiliki nilai jual tinggi, terutama yang modelnya keluar untuk pertama kalinya. Anda bisa menyimpan koleksi barang-barang elektronik yang lama dan menjadikannya pajangan di rumah Anda.

13. Jam Kuno

Barang Antik 14

Jam antik adalah salah satu bentuk hiasan yang mewah dan bernilai tinggi. (Foto: Moving)

Jam kuno atau jam antik merupakan salah satu aset yang memiliki nilai tinggi. Jika di rumah Anda terdapat sebuah jam kuno, perbaikilah agar fungsinya bisa terus berjalan dengan normal dan menjadi sebuah hiasan yang bermanfaat. Jam kuno yang masih berfungsi dengan baik bisa menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang yang berharga.

14. Cara Merawat Barang Antik di Rumah

Barang Antik 15

Barang antik harus dijaga agar tidak mudah rusak. (Foto: Home Guides - SFGate)

Barang antik adalah salah satu barang yang sudah cukup lama termakan oleh usia. Agar kemewahan dan kecantikannya bisa terus terjaga maka barang antik tersebut haruslah Anda jaga dengan baik. Dilansir dari Grace, inilah beberapa cara merawat barang antik di rumah Anda:

  • Simpan barang antik pada sebuah tempat khusus agar terhindar dari kerusakan.
  • Bersihkan barang-barang secara berkala dari debu dan kotoran.
  • Jangan terlalu sering memoles permukaan barang antik karena sangat rentan sekali rusak.
  • Memperbaiki seluruh kerusakan yang ada untuk meningkatkan nilai jual dari barang antik yang Anda miliki.
  • Memindahkan barang antik secara berhati-hati agar tidak rusak karena usianya yang sudah terlampau tua.

Itulah 12 barang antik yang memiliki nilai tinggi dan bisa menjadi dekorasi yang indah di rumah Anda. Simpanlah dengan baik benda-benda tua yang Anda punya dan jangan buang terlebih dahulu karena nilainya bisa akan terus meningkat di kemudian hari.

Apakah saat ini Anda sedang dalam proses mencicil rumah? Tontonlah video menarik berikut ini untuk mengetahui tips terbaik agar rumah Anda bisa cepat lunas!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan