Mengenal Ragam Bata Ekspos, Keunggulan, dan Cara Merawatnya

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Desain rumah dengan material bangunan bata ekspos saat ini cukup banyak digandrungi untuk memberikan nuansa berbeda pada rumah. Penggunaan bata ekspos pada desain rumah dapat menciptakan hunian bernuansa natural. Selain itu, konsep rumah atau cafe desain industrial ataupun skandinavia juga menggunakan bata tipe ekspos sebagai ciri khasnya.
Namun sebelum mengaplikasikan bata ekspos pada rumah Anda, alangkah baiknya untuk mengetahui beragam keunggulan maupun kekurangan bata tipe ekspos. Selain itu, ada pula cara khusus dalam perawatan bata tipe ekspos. Sebelum membahas lebih lanjut, berikut ini merupakan poin pembahasan pada artikel ini.
  1. Apa Itu Bata Ekspos?
  2. Alternatif Bata Ekspos untuk Dinding Rumah yang Lebih Estetik
  3. 4 Jenis Bata Ekspos
    1. Bata Terakota
    2. Bata Tanah Liat Belang
    3. Bata KWD
    4. Batu Bata Pasir Kapur
  4. Keunggulan Penggunaan Bata Ekspos di Rumah
  5. Cara Merawat Bata Ekspos untuk Interior dan Eksterior Rumah

1. Apa Itu Bata Ekspos?

Bata tipe  ekspos memiliki kelebihan sebagai dinding kedap suara. (Sumber: Pexels.com)
Bata tipe ekspos memiliki kelebihan sebagai dinding kedap suara. (Sumber: Pexels.com)
Bata ekspos merupakan salah satu material bangunan yaitu batu bata yang biasanya digunakan untuk membuat sekat dinding pada rumah. Bata tipe ekspos umumnya terbuat dari tanah liat, namun saat ini ada beberapa bata ekspos yang terbuat dari material seperti gipsum.
Konsep batu bata ekspos yakni penyusunan batu bata secara rapi untuk dinding polos atau tanpa plester. Biasanya bata tipe ekspos dibiarkan dengan warna asli atau memberikan warna lain dengan mengecat dinding bata. Dengan begitu karakter, tekstur, warna, dan bentuk dari batu bata tersebut akan terekspos dan terlihat menonjol dalam ruangan. Penggunaan bata tipe ekspos pada rumah sering digunakan untuk memberikan nuansa industrial maupun natural yang kuat dengan konsep rumah unfinished.

2. Alternatif Bata Ekspos untuk Dinding Rumah yang Lebih Estetik

Rumah dengan konsep industrial biasanya menggunakan bata tipe ekspos. (Sumber: Pexels.com)
Rumah dengan konsep industrial biasanya menggunakan bata tipe ekspos. (Sumber: Pexels.com)
Bata ekspos bisa menjadi alternatif untuk mempercantik dinding rumah Anda agar terlihat lebih estetik. Pengaplikasian bata tipe ekspos bisa Anda terapkan pada bagian rumah manapun tergantung tujuan pengaplikasiannya. Seperti contohnya, Anda bisa mengaplikasikan bata tipe ekspos pada satu sisi bagian dinding di ruang keluarga untuk memberikan kesan hangat. Atau Anda bisa mengaplikasikan bata tipe ekspos pada dinding luar yang menghadap halaman dan memadukan dengan tanaman untuk memberikan kesan natural.
Dengan penggunaan bata tipe ekspos, Anda bebas berkreasi membuat nuansa hunian Anda bertema natural, skandinavia, maupun industrial. Anda bisa memulai dekor dengan bata ekspos saat beli rumah baru, seperti contohnya rumah harga Rp 800 juta di Cibubur yang bisa Anda dekor sesuai preferensi.

3. 4 Jenis Bata Ekspos

Selain terbuat dari tanah liat bata tipe ekspos juga terbuat dari campuran pasir dan kapur. (Sumber: Pexels.com)
Selain terbuat dari tanah liat bata tipe ekspos juga terbuat dari campuran pasir dan kapur. (Sumber: Pexels.com)
Sebelum membuat hunian atau desain interior dengan bata ekspos, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu jenis-jenis bata ekspos yang biasa digunakan. Ada beberapa macam jenis yang biasa digunakan untuk desain bata tipe ekspos.
Umumnya, bata tipe ekspos menggunakan jenis bata hias. Bata hias dibuat dengan mesin pres yang menghasilkan ukuran seragam serta lebih presisi. Dibandingkan dengan bata biasa, tekstur bata hias lebih halus dan jauh lebih padat dengan pori-pori relatif lebih kecil, juga lebih kuat.
Semakin baik kualitasnya, semakin tinggi harganya. Berikut beberapa jenis bata tipe ekspos yang bisa menjadi pilihan untuk rumah Anda.

1) Bata Terakota

Bata ekspos terakota memiliki desain yang sangat klasik. Bata tipe ekspos terakota memiliki tekstur yang paling halus dengan bentuk yang sangat presisi. Tak heran kalau jenis bata ekspos ini merupakan yang paling mahal di antara jenis bata tipe ekspos lain.
Satu bata tipe ekspos terakota dapat dijual dengan harga lebih dari Rp 3.000 per buah. Bata ekspos terakota juga memiliki tingkat warna merah yang lebih terang sehingga terlihat lebih elegan. Namun ada juga jenis bata ekspos terakota yang dibuat dengan warna natural.
Banyak orang memilih bata tipe ekspos terakota karena mudah dalam finishing. Bata ekspos terakota juga cenderung lebih awet dan tahan lama. Banyak digunakan untuk desain resto, cafe, atau hunian dengan tema unik dan klasik.

2) Bata Tanah Liat Belang

Jenis bata ekspos ini merupakan jenis bata hias yang dibuat menggunakan tanah liat padat. Teksturnya halus. Uniknya jenis bata ini memiliki tingkat warna yang tidak seragam. Cirinya beberapa terdapat warna kehitaman hasil dari proses pembakaran sehingga saat disusun menampilkan kesan klasik yang lebih kental.
Jika Anda ingin membuat kesan klasik pada hunian, jenis bata ekspos ini yang paling cocok digunakan. Bata tanah liat belang cocok digunakan untuk hunian maupun resto atau cafe.

3) Bata KWD

Jenis bata ekspos KWD merupakan bata hias yang terlaris. Bata KWD terbuat dari tanah liat semi padat, namun tetap memperlihatkan serat-serat dari bata itu sendiri sehingga menonjolkan tekstur bata yang lebih jelas. Jika diperhatikan, pori-pori pada bata KWD tidak sehalus jenis terakota atau tanah liat belang.
Jenis bata ini relatif lebih murah dan ekonomis, namun tidak mengurangi kesan elegan dari bata tersebut. Tak heran jika jenis bata ini banyak digunakan untuk cafe, resto, dan perkantoran. Untuk memberikan nuansa berbeda, Anda dapat menggantinya dengan warna putih.

4) Batu Bata Pasir Kapur

Bata ekspos pasir putih merupakan bata yang terbuat dari pasir dan campuran kapur. Jenis bata tipe ekspos ini memiliki tekstur yang lebih halus dikarenakan ada kandungan kapur. Selain itu jenis bata tipe ekspos ini memiliki beragam variasi warna yang dapat dipilih.
Kelebihan lain dari bata ekspos ini adalah ketahanan air yang cukup baik dibandingkan dengan bata lain. Jenis bata ini juga tidak menggunakan banyak mortal atau bahan perekat batu bata dalam proses pemasangannya.

4. Keunggulan Penggunaan Bata Ekspos di Rumah

Beberapa jenis bata tipe ekspos memiliki kelebihan tahan dari api. (Sumber: Pexels.com)
Beberapa jenis bata tipe ekspos memiliki kelebihan tahan dari api. (Sumber: Pexels.com)
Bata ekspos memiliki beragam keunggulan yang membedakan dari penggunaan batu bata pada umumnya. Kelebihan-kelebihan tersebut membuat bata tipe ekspos banyak dipilih untuk pembuatan dinding rumah. Salah satu keunggulannya adalah penggunaan bata ekspos dapat memberikan kesan artistik pada rumah. Beberapa rumah menggunakan bata tipe ekspos untuk membuat nuansa natural, industrial, maupun tema skandinavia yang saat ini sedang diminati.
Kelebihan berikutnya adalah selain digunakan sebagai dinding pembatas, bata ekspos juga dapat digunakan sebagai peredam suara. Beberapa bahan bata ekspos bisa meredam suara bising dari luar, sehingga beberapa perkantoran mengaplikasikan bata tipe ekspos untuk tujuan ini. Kelebihan lain yang membedakan bata ekspos dengan bahan lain adalah ketahanannya terhadap api. Beberapa bahan bata tipe ekspos dibuat tahan api untuk jangka waktu tertentu.

Tips Rumah.com

Pilih permukaan bata ekspos yang halus jika rumah Anda terdapat balita maupun anak kecil, karena permukaan bata tipe ekspos yang kasar dapat melukai kulit yang balita yang sensitif.

5. Cara Merawat Bata Ekspos untuk Interior dan Eksterior Rumah

Bersihkan permukaan bata tipe ekspos secara berkala untuk tampilan yang optimal. (Sumber: Pexels.com)
Bersihkan permukaan bata tipe ekspos secara berkala untuk tampilan yang optimal. (Sumber: Pexels.com)
Membahas terkait cara perawatannya, bata ekspos bisa dibilang memiliki perawatan yang cukup sederhana. Perawatan sederhana ini sebaiknya dilakukan secara berkala untuk merawat kondisi bata ekspos tetap pada kondisi semula. Perawatan bata tipe ekspos ini biasanya dibagi menjadi tiga fase pembersihan, yaitu pembersihan, penambalan, dan perlindungan.
Fase pertama adalah pembersihan, yaitu membersihkan kotoran dan debu pada permukaan bata tipe ekspos. Anda bisa menggunakan alat sederhana seperti sikat bulu, air hangat yang telah dicampur cairan pembersih, dan lap. Prosesnya cukup sederhana seperti membersihkan permukaan lantai. Bersihkan permukaan bata ekspos terlebih dahulu menggunakan sikat bulu, kemudian gunakan air secukupnya, dan diamkan beberapa menit sebelum dikeringkan dengan lap.
Fase berikutnya adalah penambalan yang perlu segera Anda lakukan apabila menemukan permukaan yang retak ataupun timbul celah. Hal ini dilakukan agar kerusakan tidak menjalar ke bagian bata ekspos lain. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi celah atau retakan dengan menggunakan mortar atau bahan perekat bata ekspos.
Tahap terakhir adalah melakukan perlindungan bata ekspos dengan produk pelapis sealer bata ekspos yang cocok. Cairan ini diaplikasikan pada permukaan bata tipe ekspos untuk menghindari keretakan atau tumbuhnya lumut. Cairan ini juga dapat mempertahankan tampilan bata ekspos seperti baru.
Nah, itulah ulasan lengkap terkait ragam bata tipe ekspos, keunggulan hingga cara perawatannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana untuk mengaplikasikan bata tipe ekspos pada rumah idaman.
Anda sedang mempertimbangkan membeli rumah di daerah Bekasi maupun Cikarang? Simak video berikut untuk mengetahui secara lengkap prospek daerah tersebut.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini