Batu Andesit: Fungsi dan Keunggulannya Sebagai Material Pada Bangunan Rumah

Tim Editorial Rumah.com
RumahCom – Aplikasi batu alam pada desain rumah pastinya menambah daya tarik rumah Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan batu andesit agar tampilan rumah menjadi lebih mewah. Sudah banyak sebetulnya bangunan modern masa kini yang menggunakan material ini seperti kafe, restoran, bank, gedung pemerintahan, sekolahan dan bangunan-bangunan komersial lainnya yang mayoritas sudutnya menggunakan dinding batu alam.
Kombinasi antara desain yang cantik dengan fokus utama penggunaan andesit jelas membuat rumah Anda tak sekedar mewah tapi juga elegan. Pada saat digunakan di bagian interior, batuan alam ini juga memberikan kesan abadi dan elegan pada ruangan.
Mengutip laman Minerals Education Coalition, Andesit termasuk batuan vulkanik yang mirip dengan basal, hanya saja warnanya lebih terang dan mengandung lebih sedikit zat besi dan magnesium dibandingkan basal. Andesit juga punya kandungan kristal besar yang mencolok. Jenis batuan ini ternyata merupakan batuan induk bagi andesit, batu permata yang berharga.
Terbayang kan mengapa kesan mewah lekat dengan batuan ini? Tak hanya di situ, material ini juga mudah ditemukan karena mayoritas kerak benua bumi terdiri dari batuan andesit. Ingin tahu lebih dalam soal penggunaan batu alam andesit?
  1. Mengenal Batu Andesit
    a. Asal Batuan Alam Ini
    b. Ciri dan Karakteristik Batu Andesit
  2. Fungsi Batu Andesit
  3. keunggulan Batu Andesit

1. Mengenal Batu Andesit

Batuan andesit tercipta karena lava mendingin dengan cepat di permukaan. Foto: Pinterest
Batuan andesit tercipta karena lava mendingin dengan cepat di permukaan. Foto: Pinterest
Kalau dilihat dari fisiknya, andesit merupakan batuan beku berbutir halus yang biasanya memiliki warna abu-abu terang hingga gelap. Seperti dilansir Geology, batu ini memiliki komposisi mineral antara granit dan basal. Asal muasal nama batuan beku ini berasal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan. Jadi memang batuan ini biasanya ditemukan di gunung berapi. Itu karena batuan ini terbentuk ketika jenis magma tertentu mengalir ke permukaan sebagai lava dan mendingin
Namun saat ini memang cukup susah untuk mengklasifikasikannya, karena banyak batuan berbutir halus yang bentuknya mirip seperti andesit. Jadi kalau ada batuan yang tampak seperti andesit, tetapi tidak begitu mirip dengan ciri yang disebutkan di atas, maka biasanya disebut batuan ‘andesitoid’.
Untuk membuat rumah cantik menawan, batu andesit merupakan material bahan bangunan yang bisa dipertimbangkan. Mau punya rumah cantik maksimal di Parung Panjang dengan harga yang minimal? Cek pilihan rumahnya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

a. Asal Batuan Alam Ini

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, nama andesit berasal dari lokasi batuan ini banyak ditemukan yakni Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Batuan andesit tercipta karena lava mendingin dengan cepat di permukaan, umumnya lava terdiri dari kristal kecil. Sehingga bisa disimpulkan andesit adalah batuan berbutir halus yang terbentuk saat magma meletus ke permukaan dan mengkristal dengan cepat.
Selain pegunungan Andes, pegunungan Cordillera di Amerika Utara dan Tengah juga menyimpan bebatuan ini. Meski berasal dari nama pegunungan yang jauh, tapi andesit juga tersebar ke pegunungan dengan karakter yang sama termasuk di Indonesia. Mengingat Indonesia memiliki karakter sebagai negeri vulkanik. Sehingga Anda pun tak perlu risau soal ketersedian material ini di dalam negeri. Berikut ini sejumlah wilayah penyebaran batu andesit:
  • Di Selandia Baru ditemukan di daerah Raglan-Kawhia, Coromandel Peninsula, Great and Little Barrier Islands, West Auckland, Western Bay of Plenty, Central North Island, dan Taranaki.
  • Gunung berapi aktif Popocatépetl di Meksiko
  • Gunung Ngauruhoe di Selandia Baru
  • Gunung Shasta, Adams, dan Mount Hood di Amerika Serikat
  • Soufrière Saint Vincent, Karibia
  • Gunung Krakatau di Indonesia
  • Gunung Fuji di Jepang
  • Montagne Pelée, Karibia
  • Bandai-san di Jepang

b. Ciri dan Karakteristik Batu Andesit

Ciri andesit seperti diketahui terbentuk oleh lava dingin yang membuatnya diklasifikasikan sebagai batuan vulkanik. Selain itu karena mengandung silika menengah, biasanya berwarna abu-abu dan mungkin berbutir halus atau porfiritik. Eits, tak hanya di situ, ada sederetan fakta dibalik keberadaanya.
Diantaranya, ternyata ada terlalu banyak jenis batuan ini di kerak benua. Kemudian juga warna gelapnya sering disalah artikan sebagai batuan basal hingga batuan ini pun dianggap setara dengan diorit vulkanik atau batuan kristal granular. Itu tadi secara singkatnya ya, selebihnya karakteristiknya terlalu ilmiah yang memerlukan penelitian. Intinya, setelah tahu bagaimana rupa dan bentuknya, Anda bisa cari tahu fungsi dan contoh aplikasinya pada desain dalam artikel ini.

2. Fungsi Batu Andesit

Secara umum andesit dapat diaplikasikan ke desain ubin karena tahan slip. Foto: Pinterest
Secara umum andesit dapat diaplikasikan ke desain ubin karena tahan slip. Foto: Pinterest
Termasuk dalam kategori batu alam, andesit jelas serbaguna dan menambahkan tekstur berbeda pada desain interior Anda. Belum lagi ketersediaan batu yang melimpah di alam dan sering digunakan dalam proyek bangunan hijau karena ramah lingkungan. Tidak mengandung bahan berbahaya atau racun dan dapat digunakan dengan aman baik di dalam maupun di luar ruangan.
Secara umum andesit dapat diaplikasikan ke desain ubin karena tahan slip dan bisa juga digunakan dalam desain lansekap dan taman. Untuk tampilan yang lebih klasik dan ramping, Anda juga bisa pikirkan untuk teknik pengaplikasiannya. Merujuk inspirasi di Architectural Digest, simak sejumlah contoh pengaplikasiannya berikut ini:
  • Lantai

Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih material ini di lantai karena sifatnya yang tahan lama dan membutuhkan perawatan minimum. Bahan alami menciptakan suasana yang ramah di rumah dan bersahaja. Kalau Anda ingin lebih bereksperimen, mix and match warna dan tekstur untuk estetika yang menarik. Misalnya dengan granit dan marmer.
  • Cladding

Cladding dari material batu alam memberikan dimensi dan kedalaman lebih pada suatu ruang. Namun Anda harus pastikan untuk perawatan jangka panjang agar menggunakan lapisan sealer pada permukaan batu setelah dilapisi. Alasannya, karena hal ini membuat permukaan menjadi lebih tahan dan melindunginya dari keausan.
Tapi di sisi lain Anda juga perlu mengingat kebanyakan batu alam punya tingkat porositas tertentu. Jadi memang penting untuk memeriksa faktor ini saat memutuskan untuk melapisi permukaan luar atau dalam ruangan.
  • Rak dan Penyimpanan

Anda juga bisa mempertimbangkan batu alam untuk rak dan penyimpanan terbuka. Tak hanya fungsional, rak yang terbuat dari batu alam mudah dirawat bahkan menambahkan nilai estetika pada ruang. Lengkap, kan?
  • Table tops, Kitchen Counters dan Backsplash

Batu alam jelas merupakan material terbaik untuk meja dapur. Mereka dapat dibersihkan dengan mudah dan sangat tahan lama. Batu juga bisa digunakan untuk backsplash. Kehabisan ide? Coba pola mozaik di dinding dengan bebatuan kecil dengan dua warna berbeda untuk tampilan yang unik. Tips lainnya, Anda bisa hadirkan meja makan dengan pelapis batu di atasnya untuk menciptakan suasana yang bersahaja. Anda juga dapat menambahkan ubin warna-warni untuk menyorot meja dapur.
  • Aksesoris

Artefak batu seperti patung yang terbuat dari batu bisa menjadi aksesori yang sempurna baik untuk ruang tamu maupun taman. Keunggulannya tahan lama, tetapi juga tahan air, yang berarti tidak akan ada rembesan. Ditambah panel dari batu, kerikil, dan kerang yang semi mulia dapat digunakan sebagai highlight dinding atau sebagai pelapis pada furnitur. Makin nyaman bukan ruang tamu dan taman Anda?

Tips Rumah.com

Batu andesit telah digunakan sejak lama bahkan termasuk dalam pembangunan candi kuno yang berasal dari zaman megalitik. Andesit digunakan karena memiliki tekstur yang sangat keras sehingga mampu menahan perubahan cuaca dan suhu yang drastis.

3. Keunggulan Batu Andesit

Popularitas batu andesit tidak kalah dengan batu alam lainnya seperti marmer. Foto: Granices
Popularitas batu andesit tidak kalah dengan batu alam lainnya seperti marmer. Foto: Granices
Dari segi kekuatan, batu alam sering digunakan karena kemampuannya dalam menahan berbagai jenis cuaca dan suhu. Batu alam akan tetap awet dan kokoh meski dipasang di luar ruangan. Selain itu, penggunaan batu alam juga akan menambah nilai artistik pada properti.
Soal nilai seni, corak batu alam memberi properti lebih berkarakter. Anda pun tak akan pernah salah bila memilih andesit dalam rumah. Bahkan popularitas batu andesit tidak kalah dengan batu alam lainnya seperti marmer. Mengapa demikian? Berikut ini sejumlah keunggulan penggunaan andesit.
  • Motif Unik

Mirip dengan batu alam lain yang memiliki motif tertentu, batu andesit juga memiliki motif yang unik dan berbeda dengan jenis batu vulkanik lainnya. Komposisi pasir, batu lava, dan silika di Andesit membuatnya terlihat membumi.
  • Kuat Sebagai Pondasi

Selain memiliki nilai estetika, batu andesit juga memiliki sifat alami berupa kekuatan. Kekuatannya bahkan sudah terbukti sejak lama, candi purbakala tersebut kini masih kokoh meski sudah berusia ratusan tahun. Penggunaan batu andesit pada pondasi bangunan akan meningkatkan kekuatan struktur. Hanya saja pemanfaatannya dibatasi pada area dinding, bukan pada pondasi bangunan induk.
  • Tahan Terhadap Pengaruh Cuaca Buruk

Apakah Anda tinggal di daerah tropis atau subtropis? Batu andesit akan tahan terhadap segala jenis cuaca buruk. Batu andesit akan bertahan selamanya meskipun terkena panas dan dingin yang konstan atau perubahan cuaca yang drastis.
  • Bebas Jamur

Perubahan cuaca seringkali meninggalkan noda berupa kotoran yang kemudian menjadi tempat ideal tumbuhnya jamur dan jamur. Namun tidak dengan batu andesit yang bebas jamur dan lumut. Ini akan memudahkan Anda dalam membersihkan area yang menggunakan batu andesit. Plus, Anda akan bebas dari rasa khawatir karena tidak akan merusak keindahannya.
Setelah ada informasi dan gambaran soal andesit, apakah Anda sudah punya ide untuk mendesain rumah?
Tonton video berikut ini agar agar tak terkecoh bahasa marketing di brosur properti!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini