10 Jenis Tanaman Begonia, Begini Perawatannya

Ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di rumah, salah satunya adalah begonia. Kenalilah 10 jenis tanaman begonia dan cara merawatnya melalui artikel ini!
Begonia 1
Tanaman begonia tidak membutuhkan tempat yang luas untuk Anda tanam. (Foto: Gardening Know How)

RumahCom - Tanaman begonia merupakan salah satu tanaman berukuran kecil yang sangat tepat untuk Anda tanam di rumah. Menanam tanaman sendiri adalah salah satu bentuk hobi yang sangat menarik dan bisa membuat Anda sibuk setiap hari dan mendapatkan pengalaman positif yang bermanfaat. Dengan belajar merawat tanaman juga bisa meredakan rasa lelah dan stress sehingga pikiran Anda tidak akan terbebani dan bisa merasakan perasaan yang lebih tenang.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda coba tanam sendiri di rumah, salah satunya adalah tanaman begonia. Tanaman begonia adalah salah satu tanaman berukuran kecil yang mudah untuk ditanam dan tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas di rumah. Selain itu juga tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat indah dan membuatnya sangat tepat untuk menjadi dekorasi di rumah Anda. Agar bisa merawat tanaman ini dengan mudah maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Kenalan Sama Tanaman Hias Begonia yang Cantik
  2. 10 Jenis Tanaman Begonia
    1. Begonia Rex
    2. Begonia Rhizomatous
    3. Begonia Cane
    4. Begonia Tuberous
    5. Hardy Begonias
    6. Begonia Semperflorens
    7. Solenia Begonia
    8. Begonia Richmond
    9. Nonstop Begonia
    10. Begonia Cocktail Series
  3. Cara Merawat Tanaman Begonia agar Tumbuh Subur di Rumah
  4. Ternyata, Begonia Memiliki Khasiat untuk Obat

1. Kenalan Sama Tanaman Hias Begonia yang Cantik

Begonia 2

Tanaman hias akan menjadikan halaman rumah Anda terlihat indah. (Foto: Backyardville)

Ada banyak sekali tanaman hias yang bisa Anda pilih untuk ditanam di rumah Anda, salah satu tanaman hias yang memiliki ukuran kecil dan bisa ditanam dengan mudah adalah begonia. Dilansir dari Wikipedia, tanaman begonia memiliki spesies yang sangat banyak dan paling sering bisa ditemui pada negara-negara tropis seperti Indonesia ataupun negara subtropis yang memiliki kelembapan tinggi.

Baca Juga: 15 Inspirasi Taman Kering Indoor dan Outdoor

Keanekaragaman tanaman begonia menjadikannya salah satu tanaman yang sangat cocok untuk menjadi tanaman hias yang sangat indah. Selain itu juga warna yang dimilikinya sangatlah cerah dan bisa membuat suasana rumah Anda menjadi lebih menarik. Tanaman begonia sendiri sangat mudah untuk ditanam dan tidak terlalu banyak membutuhkan perhatian.

2. 10 Jenis Tanaman Begonia

Begonia 3

Terdapat beberapa jenis tanaman begonia yang populer dan memiliki nilai jual yang mahal. (Foto: Our House Plants)

Jika Anda tertarik untuk menanam begonia di rumah maka sudah semestinya Anda mengetahui apa saja jenis tanaman begonia yang populer dan paling banyak dicari. Di bawah ini adalah beberapa jenis tanaman begonia populer yang bisa Anda coba untuk tanam di rumah:

1. Begonia Rex

Jenis tanaman begonia yang paling populer dan banyak ditemui adalah begonia rex. Tanaman begonia rex sangatlah digemari karena mempunyai daun yang memiliki banyak warna-warna indah. Tidak hanya itu saja, daun dari begonia rex juga mempunyai pola yang beragam dan membuatnya menjadi salah satu tanaman hias terbaik untuk ada di rumah Anda.

2. Begonia Rhizomatous

Begonia 4

Warna yang unik dan tidak biasa menjadikan begonia rhizomatous sangat dicari. (Foto: Pinterest)

Jika Anda tertarik untuk mempunyai tanaman hias yang unik maka Anda bisa mencoba untuk menanam begonia rhizomatous. Tanaman ini biasanya memiliki daun yang berwarna hijau gelap yang lebih mengarah ke arah warna hitam. Tanaman ini juga tidak terlalu tinggi dan tumbuh lebih dekat ke arah tanah, menjadikan ukurannya tidak terlalu besar dan mudah untuk ditanam.

3. Begonia Cane

Jenis begonia yang populer selanjutnya adalah begonia cane. Tanaman ini mempunyai ciri khas batangnya yang menyerupai pohon bambu namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil dan tipis. Selain itu juga jika tanaman ini sedang mekar maka akan memiliki bunga berwarna kemerahan yang sangat indah untuk dipandang. Pastikan agar tanaman ini tidak terkena sinar matahari secara langsung karena akan menjadi kering dan tidak bisa tumbuh sempurna.

4. Begonia Tuberous

Jenis tanaman begonia yang selanjutnya adalah begonia tuberous. Tanaman begonia ini mempunyai kuncup bunga yang menyerupai bunga mawar. Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga mempunyai warna bunga yang sangat beragam dan tidak akan terlihat membosankan. Keindahannya itulah yang menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk menjadi tanaman hias di rumah Anda.

5. Hardy Begonias

Begonia 5

Tanaman hardy begonias mempunyai daun yang menyerupai bentuk hati. (Foto: 66 Square Feet)

Tanaman begonia yang unik dan banyak dicari selanjutnya adalah hardy begonias. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berbentuk seperti hati dan mempunyai bunga yang yang menggantung keluar dari dahannya. Tanaman ini akan mengeluarkan bunga-bunga indahnya pada pertengahan hingga akhir musim kemarau.

6. Begonia Semperflorens

Tanaman begonia semperflorens adalah salah satu jenis tanaman begonia yang bisa tumbuh tidak terlalu tinggi dan memiliki tingkat penyebaran daun yang cukup lebar. Begonia semperflorens juga sangatlah indah karena memiliki bubuk sari berwarna kuning dan berada tepat di tengah-tengah daun yang memberikan sebuah kontras indah.

7. Solenia Begonia

Solenia begonia adalah salah satu tanaman begonia campuran dan mempunyai bunga yang sangat indah dengan warna merah layaknya bunga mawar. Berbeda dari tanaman begonia yang lainnya, tanaman ini membutuhkan pencahayaan lebih agar bisa tumbuh subur dan mempunyai daun dengan warna hijau yang cerah.

12 Desain Pagar Lipat Minimalis Modern & Keunggulannya

Tips Rumah dan Apartemen

12 Desain Pagar Lipat Minimalis Modern & Keunggulannya

8. Begonia Richmond

Jenis tanaman begonia yang selanjutnya adalah begonia richmond. Tanaman ini juga termasuk sangat unik karena mempunyai daun yang bisa berubah warna sesuai dengan arah mata Anda melihatnya. Tanaman ini juga memiliki ukuran yang sedikit lebih besar sehingga anda akan memerlukan media tanam dan pot yang sedikit lebih lebar untuk mengakomodir tanaman ini dengan baik.

9. Nonstop Begonia

Dilansir dari The Spruce, tanaman nonstop begonia merupakan salah satu begonia yang memiliki toleransi terhadap panas yang sangat tinggi. Jika Anda tinggal pada daerah yang panas dan ingin memiliki tanaman hias yang indah maka bisa mencoba untuk menanam nonstop begonia pada halaman di rumah tanpa harus takut tanaman tersebut akan menjadi kering dan layu.

10. Begonia Cocktail Series

Begonia 6

Tanaman begonia cocktail series memiliki pilihan warna bunga yang berbeda dan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. (Foto: Benary)

Tanaman begonia cocktail series adalah salah satu tanaman begonia yang lebih cocok untuk ditanam di tanah yang luas karena mempunyai tingkat penyebaran daun yang tinggi dan cepat. Anda juga tidak perlu takut untuk menanamnya di halaman yang terkena cahaya matahari secara langsung karena tanaman ini juga memiliki ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan begonia umumnya.

3. Cara Merawat Tanaman Begonia agar Tumbuh Subur di Rumah

Begonia 7

Tanaman begonia bisa tumbuh subur asalkan mendapat asupan gizi yang cukup. (Foto: Apartment Therapy)

Setiap tanaman bisa tumbuh dengan baik asalkan mendapat perawatan yang baik. Sama halnya juga dengan tanaman begonia yang membutuhkan perawatan agar bisa tumbuh subur di rumah Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara merawat tanaman begonia agar bisa tumbuh subur:

  • Gunakanlah tanah yang lembab dan sudah diberikan pupuk terlebih dahulu agar bisa mendapatkan asupan gizi yang mencukupi.
  • Pastikan juga agar tanaman begonia Anda mendapatkan pupuk cair secara berkala setiap bulannya. Carilah pupuk cair yang memiliki kandungan nitrogen yang tinggi dan usahakan agar memberikannya langsung secara sedikit demi sedikit ke dalam tanah.
  • Jangan menyiram tanaman begonia hingga terlalu basah karena tanaman ini bisa menjadi busuk dengan cepat dan menyebabkannya terserang penyakit. Pastikan agar tanahnya lembab saja dan siram kembali tanah tersebut jika sudah mulai mengering.
  • Tanaman ini juga membutuhkan pestisida agar tidak terserang oleh hama. Tanaman begonia sangat rentan rusak apabila terkena hama yang mengganggu dan memakan daunnya.
  • Tidak semua tanaman begonia mempunyai daya tahan terhadap sinar matahari. Pastikan agar tanaman ini ditempatkan pada sebuah tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Agar tumbuh subur, tanaman juga membutuhkan tanah yang gembur dengan kondisi cuaca yang sesuai. Sebagai referensi, Anda bisa mencari rumah dijual wilayah Bogor 800 jutaan yang sejuk dan asri.

Tip Rumah
Kenali terlebih dahulu jenis dan karakter dari tanaman begonia sebelum Anda memutuskan untuk menanam dan merawatnya di rumah.

4. Ternyata, Begonia Memiliki Khasiat untuk Obat

Begonia 8

Tidak semua tanaman bisa diolah menjadi minuman herbal berkhasiat. (Foto: Produce Business UK)

Selain indah untuk dipandang dan bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik, ternyata tanaman begonia juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi sebuah obat. Dilansir dari Home Stratosphere, daun dari tanaman ini mempunyai kandungan flavonoid, alkaloid, hingga vitamin C yang tinggi.

Jika Anda terserang oleh batuk-batuk maka bisa mencoba untuk merebus daun begonia dan menyaring air rebusan tersebut hingga bersih. Campurkanlah air yang sudah direbus tersebut dengan madu untuk menambah rasa dan minumkanlah seharian penuh hingga batuk Anda mereda. Air rebusan daun begonia tersebut juga sangat ampuh untuk mengatasi sakit disentri dan menjaga kesehatan dari lambung Anda.

Itulah 10 jenis tanaman begonia dan cara merawatnya di rumah. Pastikan agar setiap tanaman yang ada di rumah Anda mendapatkan asupan gizi dan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan subur sepanjang tahun.

Ketahuilah tips mengatur keuangan untuk orang banyak utang melalui video yang menarik dan informatif berikut ini!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Daftar Perumahan dengan Harga Rp1 Miliar

Masukan