Beli Rumah Jaminan Bank? Cek Kiat Amannya!

Rumah yang dijaminkan di bank dapat dikategorikan sebagai rumah bermasalah. Namun, Anda bisa saja membelinya dan menghindari masalah yang muncul asal mengikuti tips berikut.
Estate agent shaking hands with his customer
Estate agent shaking hands with his customer after contract signature

Menemukan rumah yang sesuai dengan selera pribadi dan keluarga bukan hal yang mudah. Saat Anda merasa sreg dengan desain rumahnya, istri dan anak berkomentar mengenai lokasinya yang lebih jauh dari sekolah.

Atau istri dan anak sepakat karena lingkungannya yang asri dan nyaman, Anda menilai lokasinya kurang prospektif untuk bekal investasi masa depan. Dilemanya lagi, saat semua anggota keluarga sudah 'seiya sekata', namun rupanya rumah yang diincar tengah dijaminkan ke bank.

Eits, jangan dulu kecewa!

Bagi Anda yang tengah melirik rumah dijual namun sertifikatnya tengah 'disekolahkan' di bank, sebenarnya Anda tidak perlu terburu-buru membatalkan rencana tersebut. Meski demikian, prinsip kehati-hatian sangat diperlukan mengingat ada resiko besar yang mengintai.

Sebab, ada kasus di mana si penjual baru mau melepas kunci rumah saat Anda telah melunasi harga rumah yang disepakati. Alasannya, uangnya akan dipakai untuk menebus sertifikat. Ternyata ini adalah akal-akalan penjual untuk menipu Anda.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti di atas, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan aspek penting seperti berikut ini:

Tanyakan bukti pinjaman

Jika benar sertifikat rumah diagunkan, pasti penjual menyimpan tanda jadinya dengan baik. Untuk meyakinkan diri, mintalah penjual untuk memperlihatkan bukti pinjaman tersebut. Atau, datangi bank terkait untuk mengonfirmasi keakuratannya.

Tanyakan dokumen lain

Logikanya, hanya sertifikat rumah saja yang dibutuhkan bank sebagai jaminan. Dokumen penting lain seperti Izin Mendirikan Bangunan, bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, serta struk tagihan listrik dan air tidak diperlukan untuk jaminan. Anda bisa menanyakan ini kepada penjual.

Minta selesaikan utang

Tip Rumah
Pastikan semua dokumen, baik soal kepemilikan dan terkait jaminan di bank lengkap dan sesuai dengan nama penjual

Sebagai calon pembeli, Anda berhak meminta penjual menyelesaikan kewajiban pembayaran utangnya kepada bank. Sehingga, sertifikat rumah dapat diambil sebelum dilaksanakannya transaksi jual beli rumah antara kedua belah pihak.

Oper kredit ke bank

Cara lain yang jauh lebih aman adalah melakukan oper kredit langsung kepada bank terkait. Artinya, Anda mau membayar utang si penjual yang disaksikan sendiri oleh wakil pihak bank. Kondisi ini berlaku apabila status rumah yang dijual masih dalam masa kredit.

Panduan Lengkap Seputar Oper Kredit Rumah

Guide

Panduan Lengkap Seputar Oper Kredit Rumah

Lunasi DP

Jika penjual meminta Anda melunasi uang muka rumah terlebih dahulu (sesuai kesepakatan), maka jangan lupa untuk menanyakan jaminannya. Dalam hal ini, si penjual harus menyerahkan suatu jaminan yang bisa dieksekusi langsung apabila pihak penjual melakukan cidera janji.

(Ketimbang rumah bekas, lebih baik beli rumah baru murah gaya minimalis)

Buat perjanjian

Dari seluruh mekanisme yang telah disebutkan diatas, hal lain yang harus diperhatikan adalah melakukan segala sesuatunya dengan dilandasi perjanjian hitam di atas putih.

Jadi, jika di perjalanan Anda menemukan penyimpangan yang dilakukan si penjual, maka Anda selaku pembeli telah memiliki dasar yang kuat untuk mendapatkan hak Anda. Tidak hanya itu, perjanjian juga berguna untuk meminimalisir risiko kerugian yang bisa menimpa Anda.

Untuk mengetahui informasi mengenai data fisik dan data yuridis sertifikat rumah tersebut, Anda dapat mengeceknya di kantor pertanahan setempat dalam bentuk surat keterangan pendaftaran tanah.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 187 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Menteri Negara Agraria/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 3 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.

Temukan Panduan dan Tips Lain Seputar Beli Rumah

Guide

Temukan Panduan dan Tips Lain Seputar Beli Rumah

Siap Ajukan KPR? Lihat Panduan dan Tips Agar KPR Lebih Mudah Disetujui

Guide

Siap Ajukan KPR? Lihat Panduan dan Tips Agar KPR Lebih Mudah Disetujui

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Baca Selanjutnya

Masukan