12 Biaya Beli Rumah yang Penting untuk Diperhitungkan

Akhirnya Anda menemukan hunian idaman Anda? Jangan gegabah, hitung dulu biaya beli rumah selengkap mungkin sebelum melakukan transaksi.
Woman calculate and plan for your good property
Woman calculate and plan for your good property with real agency property.

RumahCom – Membeli rumah pertama kali bisa jadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan. Terlebih Anda sudah membayangkan bagaimana rasanya memiliki rumah sendiri sehingga makin semangat untuk mewujudkannya menjadi nyata. Tapi, bagaimana dengan biaya beli rumah itu sendiri? Sudahkan Anda persiapkan dengan matang dan mendetail? Jangan sampai biaya beli rumah malah bikin bangkrut!

Ketika sudah menemukan rumah yang sesuai dengan keinginan, Anda ingin segera menandatangani semua dokumen surat jual beli yang dibutuhkan. Namun ingat, bahwa biaya beli rumah tidaklah sedikit dan lebih dari sekedar harga belinya saja. Ada cukup banyak jenis biaya beli rumah yang harus Anda perhitungkan. Simak poin-poin biaya beli rumah di bawah ini selengkapnya:

  1. Cara Membuat Daftar Biaya Beli Rumah
  2. Meminimalisir Risiko Ke Depan dengan Perhitungan Biaya Beli Rumah
  3. 12 Biaya Beli Rumah yang Perlu Diperhatikan
    1. Biaya Perawatan Rumah
    2. Asuransi Pinjaman atau Kepemilikan Rumah
    3. Pajak Properti
    4. Biaya Akta Jual Beli
    5. Booking Fee
    6. Komisi Jasa Agen Properti
    7. Biaya Akta Notaris
    8. Nomor Urut Pemesanan
    9. PPN dan PPh
    10. Biaya Cek Sertifikat
    11. Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)
    12. Biaya Balik Nama

Siapkan buku catatan Anda dan simak penjelasannya berikut:

1. Cara Membuat Daftar Biaya Beli Rumah

Buat daftar biaya yang diperlukan terlebih dahulu untuk membantu menyusun anggaran. (Foto:Pexels)

Buat daftar biaya yang diperlukan terlebih dahulu untuk membantu menyusun anggaran. (Foto:Pexels)

Urusan membeli rumah memang bisa jadi hal yang membuat frustasi. Banyak berkas yang harus diurus, prosedur yang diikuti, dan biayanya sendiri tidak sedikit. Karena itu, lakukan persiapan yang matang sebelum memulai transaksi, terutama untuk daftar biaya beli rumah yang harus Anda perhitungkan. Anda bisa buat daftar pribadi dengan sederhana dengan rincian masing-masing biaya beli rumah.

Memang dana yang diperlukan relatif besar, tetapi Anda tidak harus memenuhinya secara bersamaan. Kelompokkan setiap kategori berdasarkan kebutuhan. Sesuatu yang tidak terlalu diperlukan bisa dibeli atau dipenuhi belakangan. Bahkan, kini Anda juga bisa melakukan simulasi kalkulator penghitungan biaya beli rumah secara online, jadi Anda bisa memperkirakan tabungan yang harus disiapkan.

2. Meminimalisir Risiko Ke Depan dengan Perhitungan Biaya Beli Rumah

Hitung biaya beli rumah dengan cermat agar tidak jadi risiko di kemudian hari. (Foto:Pixabay)

Hitung biaya beli rumah dengan cermat agar tidak jadi risiko di kemudian hari. (Foto:Pixabay)

Kenapa Anda harus melakukan penghitungan biaya beli rumah terlebih dahulu? Selain harga beli properti itu sendiri, biaya lainnya juga tidak sedikit, loh. Biaya-biaya ini dapat memakan dana sekitar 15% dari harga rumah itu sendiri. Misalnya, rumah seharga Rp 500 juta, maka biaya beli rumah tambahan yang perlu dianggarkan adalah Rp 75 juta. Bagi sebagian besar masyarakat, ini bukan jumlah yang kecil. 

Untuk itu, dengan memperhitungkan biaya beli rumah, Anda jadi tahu berapa besar anggaran yang harus Anda miliki. Jika biaya beli rumah tambahan ini tidak dipenuhi, justru akan menjadi risiko bagi kepemilikan properti Anda ke depannya. Pastikan juga Anda mencari tahu harga beli rumah yang diincar agar bisa menjadi patokan untuk menghitung biaya lainnya. Nah, bagi Anda yang sedang cari-cari rumah baru, berikut rekomendasi hunian di bawah Rp500 juta wilayah Surabaya.

3. 12 Biaya Beli Rumah yang Perlu Diperhatikan

Apa saja biaya tambahan selain harga rumah itu sendiri? (Foto:Unsplash)

Apa saja biaya tambahan selain harga rumah itu sendiri? (Foto:Unsplash)

Ternyata ada banyak jenis biaya beli rumah yang perlu Anda persiapkan. Sebaiknya Anda cari tahu besar masing-masing biaya beli rumah sesuai jenisnya sebelum Anda melakukan transaksi, ya. Berikut ini penjelasan untuk 12 macam biaya beli rumah yang paling penting:

1) Biaya Perawatan Rumah

Sisihkan biaya untuk perawatan rumah. (Foto:Pixabay)

Sisihkan biaya untuk perawatan rumah. (Foto:Pixabay)

Jika sebelumnya Anda menyewa apartemen atau tinggal bersama orang tua, Anda mungkin tidak perlu repot mengurus biaya beli rumah satu ini. Tinggal telepon bagian pengelola apartemen atau mungkin menyerahkan masalah tersebut pada orang tua. Kini, jika ada sesuatu yang rusak di rumah Anda harus memperbaikinya sendiri. Biaya beli rumah juga harus mencakup perawatan rumah itu sendiri seperti memelihara taman, peralatan rumah tangga, kebersihan, juga fasilitas pendukung lainnya.

2) Asuransi Pinjaman atau Kepemilikan Rumah

Sebagai seorang pemilik rumah Anda tentu ingin melindungi investasi properti yang sudah dibeli. Ini juga yang wajib masuk dalam catatan biaya beli rumah. Anda bisa mempertimbangkan penggunaan asuransi untuk melindungi pinjaman ke bank atau pun properti yang telah dimiliki, khususnya bila tinggal di daerah yang rawan bencana seperti gempa bumi, banjir, dll.

3) Biaya BPHTB

Bea atas Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan dikenakan kepada pembeli properti dan harus dibayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. Cara perhitungannya adalah dengan formula: (Nilai Perolehan Objek Pajak - Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak) x 5%. Menurut Klikpajak,  besarnya NPOPTKP berbeda-beda di setiap daerah tergantung kebijakan pemerintah setempat.

4) Biaya Akta Jual Beli

Jika Anda sudah memilih sebuah rumah, siapkan juga biaya beli rumah untuk Akta Jual Beli (AJB). Umumnya nilainya sebesar 1% dari nilai jual rumah. Jadi, rumah bernilai Rp 1 miliar, biaya AJB-nya adalah Rp 10 juta. Biaya beli rumah untuk jenis AJB ditanggung oleh pembeli, kecuali jika ada kesepakatan lain dengan penjual.

5) Booking Fee

Tambahkan juga booking fee dalam perhitungan biaya beli rumah Anda. Booking fee berbeda dari nomor urut pesanan maupun uang muka, meskipun juga dapat menjadi tanda jadi. Besarannya ditentukan oleh developer.

6) Komisi Jasa Agen Properti

Jangan lupa komisi untuk agen properti jika menggunakan jasanya. (Foto:Pixabay)

Jangan lupa komisi untuk agen properti jika menggunakan jasanya. (Foto:Pixabay)

Nah, jika Anda menggunakan jasa agen properti dalam proses pembelian rumah, maka Anda juga harus menambahkan komisi dalam total biaya beli rumah atas pelayanannya. Kementerian Perdagangan telah menetapkan jumlah besaran komisi tersebut, yang dituangkan dalam Permendag No 51 tahun 2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. Pada pasal 12, disebutkan bahwa komisi yang berhak diterima seorang agen properti adalah sebesar 2 hingga 5% dari nilai transaksi.

Tip Rumah
Jika Anda baru pertama kali membeli rumah atau tidak punya banyak waktu untuk mencari properti sendiri, sebaiknya gunakan jasa agen properti untuk menghemat energi dan waktu.

7) Biaya Akta Notaris

Transaksi jual beli rumah tidak bisa dilakukan tanpa notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Peraturan biaya dan honor notaris sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah dalam Undang-Undang No.30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris, secara spesifik di pasal 36. Rincian jenis biaya beli rumah untuk jasa notaris adalah sebagai berikut:

  • Notaris berhak menerima honorarium atas jasa hukum yang diberikan sesuai kewenangannya,
  • Besarnya honorarium yang diterima oleh seorang Notaris akan didasarkan pada nilai ekonomis dan nilai sosiologis dari setiap akta yang dibuatnya.
  • Honorarium yang diterima ditentukan dari nilai objek, jika nilai objek sampai dengan Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) maka honorarium yang berhak diterima adalah sebesar 2.5%
  • Jika nilai objek berkisar dari Rp100.000.000 (seratus juta rupiah) sampai dengan Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah) maka honorarium yang diterima paling besar 1.5%
  • Jika nilai objek berada di atas Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah) maka Notaris akan menerima honorarium sebesar 1%
  • Nilai sosiologis ditentukan berdasarkan fungsi sosial dari objek setiap akta dengan honorarium yang diterima paling besar Rp5.000.000 (lima juta rupiah).

8) Nomor Urut Pemesanan

Nomor Urut Pemesanan (NUP) ditawarkan oleh developer untuk properti yang belum mulai dibangun dan belum dipasarkan secara resmi. Untuk jenis properti seperti ini, biasanya konsumen akan mendapatkan harga unit yang lebih murah. Besaran NUP tergantung pada developer dan properti yang ditawarkan, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 25 juta. Jika Anda memiliki NUP, Anda memiliki prioritas dalam memilih unit properti berdasarkan nomor urut. Semakin kecil nomor urutnya, semakin awal Anda dapat memilih properti yang Anda inginkan.

Prosedur dan Informasi Biaya Balik Nama Rumah

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum, dan Pajak Properti

Prosedur dan Informasi Biaya Balik Nama Rumah

9) PPN dan PPnBM

Biaya beli rumah berikutnya adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang harus biasanya sudah disertakan dalam biaya transaksi. Besarnya umumnya adalah 10% untuk properti baru. Kemudian ada pula PPnBM yakni Pajak Penjualan atas Barang Mewah. PPnBM hanya berlaku jika kamu memberi properti dari perusahaan pengembang, dan hanya untuk properti yang termasuk dalam kategori barang mewah, yakni yang nilai jualnya di atas Rp 30 miliar.

10) Biaya Cek Sertifikat

Jika Anda menggunakan jasa notaris, biasanya pengecekan sertifikat sudah termasuk dalam biaya jasa tersebut. Kisarannya antara Rp100 ribu sampai Rp150 ribu. Biaya inilah yang perlu dirangkum ke dalam catatan biaya jual beli rumah. Tapi, Anda bisa mengecek sertifikat Anda sendiri atau secara online pula. Jika Anda memutuskan untuk melakukan pengecekan sendiri ke kantor pertanahan, pastikan Anda sudah menyiapkan syarat-syaratnya, yakni:

  • Sertifikat tanah yang hendak diperiksa.
  • Surat tugas atau surat kuasa pengecekan dari PPAT kepada pegawainya.
  • Permohonan pengecekkan sertifikat dimana form permohonan sudah ada di BPN.
  • Fotokopi KTP pemilik sertifikat.
  • Biaya Rp50.000 per sertifikat yang dicek.

11) Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)

Biaya beli rumah selanjutnya adalah PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Jenis biaya beli rumah ini biasanya dibayarkan sekaligus saat pengajuan peralihan hak atau balik nama. Besarannya dapat dihitung dengan formula 1/1000 x Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) plus Rp 50.000.

12) Biaya Balik Nama

Sisihkan tabungan untuk biaya balik nama. (Foto:Unsplash)

Sisihkan tabungan untuk biaya balik nama. (Foto:Unsplash)

Biaya beli rumah berikutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah biaya balik nama sertifikat tanah. Nominalnya bergantung pada peraturan masing-masing daerah, juga berdasarkan luas tanah serta lokasi bangunan. Secara umum, biaya balik nama berkisar 2% dari nilai transaksi. Berikut ini rincian biaya untuk balik nama:

  • Jasa PPAT, dengan biaya jasa maksimal 1% dari harga rumah dan tanah
  • Melunasi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB)
  • Biaya pelayanan informasi untuk Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti per bidang sebesar Rp50.000
  • Biaya pengecekan sertifikat tanah senilai Rp50.000
  • Biaya pelayanan balik nama sertifikat di Kantor Pertanahan. Biaya ditentukan berdasarkan nilai jual tanah dibagi 1000. Contoh, harga rumah Rp300 juta. Maka biaya balik namanya sekitar Rp300.000

Proses pembuatan sertifikat biasanya memerlukan waktu sekitar 2 minggu.

Mau beli rumah seken atau baru, biaya beli rumah bisa berbeda. Simak dulu perbedaannya di video berikut ini:

Nah, bagaimana? Banyak kan biaya beli rumah yang harus Anda siapkan? Tentunya untuk memiliki rumah idaman, bukan hanya harga rumahnya saja yang harus Anda perhitungkan. Persiapkan biaya beli rumah dengan matang agar Anda tidak kewalahan di kemudian hari. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mewujudkan rumah idaman milik sendiri!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Cek Hunian Baru dan Terjangkau

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan