Biomassa: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan 7 Fakta yang Perlu Anda Tahu

Tim Editorial Rumah.com
Biomassa: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan 7 Fakta yang Perlu Anda Tahu
RumahCom – Makin pesatnya kemajuan teknologi dan ekonomi tidak pernah lepas dari semakin meningkatnya kebutuhan akan energi, hal ini dikarenakan ada keterkaitan yang erat antara satu dan lainnya. Misalnya saja sebuah apartemen yang dibangun pasti membutuhkan alat berat untuk menjalankannya yang tidak lepas dari kebutuhan terhadap energi seperti misalnya bensin.
Namun sebagian besar energi yang digunakan manusia didominasi oleh energi fosil yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan batubara. Bahkan ilmuwan mencatat 120 tahun dari sekarang, manusia akan kehabisan energi fosil. Disisi lain penggunaan terhadap energi fosil pun memiliki dampak buruk bagi lingkungan karena bumi menjadi rusak akibat tambang dan polusi yang dihasilkan.
Untuk itu, perlu adanya sumber energi alternatif untuk menggantikannya yang berjangka panjang, agar kelangsungan hidup manusia terus terjaga dan ketergantungan terhadap energi bisa teratasi.
Menghadapi persoalan itu, hemat energi menjadi salah satu solusi, namun disisi lain kini mulai dikenal adanya teknologi biomassa. Biomassa sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut semua senyawa organik yang berasal dari tanaman budidaya, alga dan sampah organik yang dapat dijadikan sumber energi alternatif dengan bahan baku yang dapat terbarukan.
Sebenarnya biomassa sendiri memiliki kemiripan dengan energi fosil yang berasal dari makhluk hidup, namun biomassa sendiri adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik, baik berupa produk atau buangan. Seperti misalnya tanaman, pohon, ubi, rumput, kotoran ternak, tinja, limbah pertanian dan sebagainya.
Nah agar pembahasan mengenai biomassa ini lebih mendalam lagi, simak ulasannya yang akan membahas tentang :
  • Manfaat Biomassa
  • Contoh Biomassa
  • 7 Fakta Mengagumkan Mengenai Biomassa

Manfaat Biomassa

Biomassa mudah didapatkan dan mampu mengurangi kerusakan lingkungan. (Foto: Siemens-energy.com)
Biomassa sebagai energi yang tercipta dari hasil konversi bahan biologis sebenarnya memiliki peran yang cukup besar bagi kehidupan, namun terkadang banyak orang yang luput atau kurang peduli karena terbiasa menggunakan energi fosil. Padahal sejak zaman dahulu biomassa sudah digunakan, seperti misalnya penggunaan kayu bakar untuk memasak.

Namun seiring kemajuan teknologi, semakin terbatasnya energi fosil, pencemaran lingkungan yang mulai parah dan meningkatnya kebutuhan akan energi, penggunaan biomassa mulai dilirik karena memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Menghasilkan Energi Alternatif

Dengan memanfaatkan biomassa dapat mengurangi ketergantungan penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terbarukan seperti minyak bumi, batubara dan gas bumi yang makin hari makin menipis.
Disamping itu karena semakin menipis dan semakin langkanya energi fosil berdampak pada harga bahan bakar yang terus meningkat atau mahal.

2. Menghasilkan Energi Terbarukan

Energi biomassa yang berasal dari bahan organik seperti tumbuhan dan hewan ini akan menjadi sumber energi yang terbarukan karena tumbuhan akan terus tumbuh, hewan akan terus bereproduksi dan bisa dibudidayakan. Sedangkan energi fosil sendiri akan lenyap. hal inilah yang membuat energi biomassa tidak akan pernah habis dan terus eksis.

3. Meminimalisir Limbah Organik

Pertumbuhan penduduk dan pembangunan yang pesat tidak bisa dipungkiri menghasilkan limbah organik yang melimpah, mulai dari limbah dapur, limbah kota dan limbah lainnya. Namun dengan adanya biomassa limbah tersebut bisa diolah menjadi energi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan dampak buruk dari penumpukan limbah pun bisa dikurangi karena dimanfaatkan menjadi energi.

4. Mengurangi Polusi Udara yang Semakin Tinggi

Tidak dipungkiri bahwa penggunaan biomassa pun bisa membuat kerusakan lingkungan seperti penggunaan kayu bakar untuk memasak, namun semakin berkembangnya teknologi penggunaan biomassa pun bisa menjadi sangat ramah lingkungan. Seperti misalnya pembakaran biomassa pada boiler yang dapat meminimalisir efek polusi asap sehingga penggunaannya akan lebih aman dan efisien.

5. Meningkatkan Kualitas Air

Salah satu dampak mengerikan dari penggunaan energi fosil adalah menjadi salah satu penyebab menurunya kualitas udara karena polusi dan menimbulkan hujan asam. Akan tetapi dengan menggunakan energi biomassa tidak menghasilkan emisi sulfur sehingga efektif mengurangi peluang hujan asam.
Efeknya, kualitas air yang ada di bumi akan terjaga dan meningkat kualitasnya sehingga konsumsi terhadap air akan menjadi aman dan sehat bagi manusia.

6. Mengurangi Efek Rumah Kaca

Gas rumah kaca memang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat dunia, hal ini karena gas yang dihasilkannya mampu merusak atmosfer yang menimbulkan peningkatan suhu bumi. Sementara ketersediaan biomassa atau tanaman dapat memicu pengurangan konsentrasi karbon dioksida sehingga efektif mengurangi gas rumah kaca.

7. Penghasil Devisa Negara

Biomassa selain menjadi sumber energi yang sangat penting dengan berbagai produk primer seperti kayu, serat, minyak dan bahan pangan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan domestik, biomassa juga bisa diekspor dan menjadi tulang punggung devisa negara.
Penggunaan biomassa sebagai salah satu sumber bahan bakar alternatif untuk menjaga lingkungan dari kerusakan. Nah, jika Anda sedang mencari hunian ada baiknya memilih rumah yang ramah lingkungan. Sudah ada banyak pengembang yang menawarkan hunian berkonsep eco friendly. Cek daftar huniannya di kawasan Cinere dibawah Rp1 miliar berikut ini!

Contoh Biomassa

Jika pandai memanfaatkannya biomassa bisa mengurangi biaya hidup Anda sehari-hari. (Foto: Nokiantyres.com)
Biomassa bisa didapatkan dengan mudah di lingkungan Anda sehari-hari, karena sumber utama energi alternatif ini merupakan bahan-bahan alami yang dapat terus tumbuh bahkan berasal dari limbah rumah Anda sendiri.

Nah agar Anda dapat memahami lebih dalam tentang biomassa, berikut contoh-contoh energi biomassa!

1. Limbah Pertanian

Banyak limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar alternatif, seperti misalnya jerami, ampas tebu, kotoran ternak dan lainnya. sisa hasil pertanian ini bisa diolah menjadi biomassa yang berkelanjutan.

2. Biogas

Biogas adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik seperti kotoran manusia, hewan, limbah domestik atau limbah organik. Umumnya biogas digunakan sebagai energi alternatif kendaraan, energi rumah tangga maupun listrik untuk industri.

3. Tanaman Energi

Fermentasi terhadap jagung, tanaman rami, dan lain sebagainnya adalah salah satu contoh pengolahan tanaman energi. Produk yang dihasilkan antara lain butanol, etanol, metanol, propanol dan biodiesel.

4. Kayu

Sumber energi yang umum dan sejak dahulu kala sudah dilakukan adalah pembakaran kayu, namun perlu diingat pembakaran kayu ini menghasilkan polusi dan kerusakan lingkungan terlebih jika kayu yang digunakan berasal dari hutan. Untuk itu, penggunaan kayu sebagai sumber energi harus diiringi dengan reboisasi yang berkelanjutan.
7 Rekomendasi Lampu Hemat Energi, Terang Dan Irit Tagihan Listrik

7 Rekomendasi Lampu Hemat Energi, Terang Dan Irit Tagihan Listrik

7 Fakta Mengagumkan Mengenai Biomassa

Sebagai energi yang dapat diperbaharui teknologi biomassa seharusnya terus dikembangkan (Foto: Linquip.com)
Dengan beragamnya sumber biomassa, pemanfaatan menjadi sumber energi pun juga beragam. Banyak terdapat fakta menarik dari penggunaan biomassa ini yang membuat Anda semakin yakin untuk memanfaatkannya segera.

Tips Rumah.com

Ketergantungan terhadap energi fosil secara tidak langsung membuat pengeluaran Anda semakin tinggi karena harga minyak bumi terus meningkat sepanjang waktu, maka dengan mencoba mengolah limbah menjadi biomassa adalah salah satu solusi yang tepat yang bisa Anda coba lakukan

Berikut adalah 7 fakta mengagumkan mengenai biomassa yang sayang jika Anda lewatkan, simak ulasannya berikut ini!

1. Energi Daur Ulang

Limbah tanaman sangat bermanfaat untuk menghasilkan energi. (Foto: Biomassenergytechniques.com)
Lowa sebuah perusahaan daur ulang di Cedar Rapids telah berhasil menghasilkan 150 ton biomassa setiap harinya yang mampu menerangi 4.000 rumah dengan bahan bakar yang digunakan adalah sampah!
Dengan begitu optimisme biomassa dimasa depan akan semakin terang dengan perkembangan teknologi, selain itu bahan yang mudah didapat dan terus terbarukan menjadikan biomassa akan menjadi energi alternatif yang punya umur panjang.

2. Penghasil Biogas

Kotoran hewan ternak selain bisa menyuburkan tanaman, bermanfaat pula untuk menghasilkan energi. (Foto: Llfb.dk)
Seperti yang sudah diterangkan salah satu kegunaan biomassa adalah mampu menghasilkan biogas. kotoran hewan ternak yang selama ini dianggap menjijikan ternyata bisa menghasilkan listrik! Hal ini bisa terjadi karena adanya proses dimana metana dari kotoran hewan yang dikumpulkan, disimpan dan dibakar mampu mengeluarkan uap yang menghasilkan listrik.

3. Limbah Eliminator

Barang bekas dan kayu sisa rumah bisa diolah menjadi energi yang bisa memangkas pengeluaran. (Foto: Mrw.co.uk)
Sebenarnya banyak energi biomassa yang digunakan untuk membangun rumah, furnitur dan barang-barang lain yang diperlukan. maka tidak heran jika biomassa bisa menjadi limbah eliminator yang dapat dibakar sehingga menghasilkan energi, listrik dan bentuk lain dari bahan bakar terbarukan.

4. Bahan Bakar Fosil akan Tergantikan oleh Biomassa

Tanpa polusi dari energi yang dihasilkan kehidupan semesta bisa jauh lebih seimbang. (Foto: Energypost.eu)
Para ilmuwan sudah memprediksi bahwa bahan bakar fosil akan habis suatu hari nanti karena tidak dapat diperbaharui sedangkan kebutuhannya selalu meningkat setiap hari. Pada saatnya akan ada transisi besar-besaran yang beralih ke biomassa, bukan lagi sebagai energi alternatif tapi sebagai energi penyelamat kala energi fosil sudah habis.

5. Minyak Tak Dibutuhkan Lagi di Masa Depan

Sampah di masa depan akan sangat berguna untuk menghasilkan energi (Foto: Researchdive.com)
Tahukah Anda jika di Amerika Serikat ada pembangkit listrik biomassa terbesar yang memiliki daya yang mampu menyuplai energi untuk 60.000 rumah! Hal inilah yang menjadi semangat dan mimpi bahwa kedepan minyak tak lagi dibutuhkan selain harganya yang mahal minyak juga sumber daya yang akan habis.

Biomassa tersebut menggunakan tebu sebagai sumber listrik dan kayu sisa yang berasal dari lingkungan perkotaan sekitarnya. praktisnya, hanya dengan tanaman itu saja mampu mengurangi kebutuhan Amerika terhadap minyak impor sekitar 1 juta barel per tahun!

6. Rumah Kaca Tanpa Atap

Tanaman selain mampu memberikan udara yang sejuk namun bisa diolah menjadi energi. (Foto: Sciencenewsforstudents.org)
Karbon dioksida yang kembali ke atmosfer memang menjadi penyebab utama dari pemanasan global yang terjadi. Namun dalam prakteknya biomassa untuk energi adalah bersih karena tanaman yang digunakan untuk menciptakan energi telah menangkap karbon dioksida dan memprosesnya.

7. Biomassa Modern untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Kegiatan memasak menggunakan kayu bakar adalah metode biomassa paling purba. (Foto: Teriin.org)
Dahulu kala penggunaan kayu bakar sudah dilakukan untuk memasak atau menghangatkan tubuh, hingga kini kayu bakar pun masih digunakan orang modern untuk hal serupa, namun kedepan seiring perkembangan teknologi, biomassa akan mengalami perkembangan pula sehingga bisa memasok kebutuhan rumah tangga yang ramah lingkungan dan ekonomis.
Pekerja kontrak juga bisa mengajukan KPR. Simak informasi lengkapnya di video ini!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com
Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Tanya Rumah.com

Jelajahi Tanya Rumah.com, ambil keputusan dengan percaya diri bersama para pakar kami

Penyangkalan: Informasi yang disajikan hanya sebagai informasi umum. PropertyGuru Pte Ltd dan PT AllProperty Media atau Rumah.com tidak memberikan pernyataan ataupun jaminan terkait informasi tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada pernyataan ataupun jaminan mengenai kesesuaian informasi untuk tujuan tertentu sejauh yang diizinkan oleh hukum yang berlaku. Meskipun kami telah berusaha melakukan yang terbaik untuk memastikan informasi yang kami sajikan di dalam artikel ini akurat, dapat diandalkan, dan lengkap pada saat ditulisnya, informasi yang disajikan di dalam artikel ini tidak dapat dijadikan acuan dalam membuat segala keputusan terkait keuangan, investasi, real esate, maupun hukum. Lebih jauh, informasi yang disajikan bukanlah sebagai pengganti saran dari para profesional yang terlatih, yang dapat mengambil keputusan sesuai dengan kondisi dan situasi Anda secara pribadi. Kami tidak bertanggung jawab terhadap hasil dari keputusan yang Anda buat dengan mengacu pada informasi yang tersaji dalam artikel ini.

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini