Tips Bisnis Apartemen Bagi Pemula Biar Cepat Jadi Pengusaha

Tim Editorial Rumah.com
Tips Bisnis Apartemen Bagi Pemula Biar Cepat Jadi Pengusaha
RumahCom – Dewasa ini, jasa sewa apartemen berkembang menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Selain keuntungan dari kepemilikan investasi properti, pemilik juga dapat menghasilkan passive income yang menjanjikan.
Untuk Anda yang pemula sekalipun namun ingin terjun ke dunia bisnis lewat sewa apartemen, hal tersebut bisa terwujud dengan beberapa langkah dan tips. Karenanya, artikel kali ini akan membahas mengenai tips bisnis apartemen bagi pemula, diantaranya:
  • Mengapa Memilih Bisnis Apartemen?
  • Tips Memulai Bisnis Apartemen
  • Perhitungan Bisnis Apartemen untuk Harga Sewa
  • Strategi Promosi Bisnis Apartemen
  • Cara Mengelola Bisnis Apartemen
Tips Beli Rumah dari Rumah Lewat Rumah.com & REI Property Expo

Tips Beli Rumah dari Rumah Lewat Rumah.com & REI Property Expo

Mengapa Memilih Bisnis Apartemen?

Bisnis apartemen jadi peluang bisnis menggiurkan.
Properti sejak lama dianggap sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan, jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham ataupun deposito, investasi properti dianggap lebih menguntungkan.
Berbicara tentang investasi properti, salah satu jenis properti yang saat ini banyak dilirik oleh para investor adalah apartemen. Jenis properti ini dianggap lebih menjanjikan karena minat untuk membeli apartemen terus meningkat seiring dengan kenaikan harga rumah tapak yang sangat tinggi.
Bisnis sewa apartemen memang menjanjikan karena dapat memberikan pendapatan atau pemasukan bulanan yang stabil. Kita hanya perlu mendapatkan penyewa yang ingin tinggal di unit apartemen milik kita. Mulai bosan tinggal di hunian sewa? Cek pilihan rumah di Parung Panjang yang aksesnya kian mudah dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!
Nah, bagi Anda yang ingin berinvestasi apartemen, berikut ini adalah 4 alasan mengapa memilih bisnis apartemen?

Tinggal di Apartemen Menjadi Tren

Saat ini tinggal di sebuah apartemen sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban, hal ini disebabkan karena banyaknya fasilitas yang ditawarkan di sebuah apartemen. Apalagi saat ini banyaknya apartemen yang dibangun di pusat kota ataupun pusat bisnis, sehingga dapat memudahkan bagi mereka para profesional muda untuk beraktivitas.

Harga Jual Terus Naik

Perkembangan harga jual apartemen juga terbilang cukup baik, rata-rata kenaikannya bisa mencapai 5 hingga 10 persen per tahun. Contohnya seperti apartemen Meikarta, saat di-launching tahun 2017 lalu harga jualnya Rp 127 juta dan dalam waktu satu tahun sudah mencapai Rp 340 juta.
Kemudian ada juga Vasanta Innopark, saat pertama kali diluncurkan di 2017 harganya Rp 270 juta dan saat ini telah mencapai Rp 318 juta. Cukup menjanjikan bukan?

Harga Sewa Lebih Menjanjikan

Karena dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan lokasi yang strategis, harga sewa apartemen biasanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan sewa rumah, jadi hal ini sebenarnya sangat menguntungkan untuk para investor yang ingin mencari keuntungan dengan cara menyewa.

Akan Jadi Hunian Favorit

Apartemen diperkirakan akan menjadi hunian favorit masyarakat perkotaan, karena lahan perkotaan semakin lama semakin berkurang, sehingga diprediksikan kedepannya hunian vertikal akan menjadi tempat tinggal favorit terutama bagi masyarakat perkotaan.

Tips Memulai Bisnis Apartemen

Memulai bisnis apartemen harus memperhatikan banyak aspek. (Foto: Pinterest)
Menjalankan bisnis sewa apartemen ternyata bukan perkara mudah, karena ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah menentukan strategi. Jika salah strategi, alih-alih mendulang untung, malah buntung kemudian.
Bagi Anda para pemula yang ingin menjalankan bisnis sewa apartemen, berikut ini tipsnya seperti dilansir dari kompas.com

Lokasi Strategis

Semakin strategis lokasi apartemen Anda, semakin tinggi biaya sewa apartemen yang bisa Anda patok. Lokasi, bagaimanapun, adalah faktor penting dalam memilih apartemen, selain faktor fasilitas dan pembangunan daerah. Gabungan faktor-faktor ini dapat menjadi nilai jual yang penting yang patut dipertimbangkan.
Pilihan lokasi strategis merupakan bentuk strategi untuk terjun ke bisnis penyewaan apartemen. Semakin dekat apartemen dengan lokasi kerja dan aktivitas, semakin strategis dan potensial memberikan keuntungan.

Renovasi dan Upgrading

Calon penyewa biasanya, akan mempertimbangkan semua pilihan sebelum memutuskan. Untuk memenangi kompetisi, renovasi dan upgrade properti Anda hingga terlihat kian menarik. Jika ukuran unit apartemen tidak terlalu luas, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan furnitur fungsional atau pengaplikasian cat dengan warna putih.

Beriklan Secara Cerdas

Temukan media yang tepat untuk mengiklankan properti Anda. Salah satu media yang banyak digunakan untuk mengiklankan properti adalah portal properti. Saat beriklan di portal properti, sebaiknya gunakan kata-kata yang menarik dan informatif.
Sertakan pula gambar apartemen yang hendak Anda sewakan. Hal ini sengaja dilakukan untuk membuat orang lebih memperhatikan iklan yang Anda buat.

Gunakan Agen Properti

Menjadi pemilik properti dan mengelolanya sendirian bisa jadi sangat melelahkan. Jika Anda tidak punya waktu, cobalah memakai jasa agen properti. Tentu, ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.
Tapi, jika hal itu bisa meringankan beban Anda, kenapa tidak? Periksa kredibilitas agen properti sebelum menggunakan jasanya. Reputasinya harus bagus, tepercaya, dan dapat diandalkan.

Perhitungan Bisnis Apartemen untuk Harga Sewa

Perkirakan harga sewa apartemen sebelum berbisnis. (Foto: Pinterest – Dinar Pusaka)
Penentuan harga jual sebuah produk merupakan titik yang krusial yang menentukan apakah sebuah produk dapat terjual atau tersewa dan masih dalam tarif harga yang wajar sesuai dengan permintaan pasar.
Setidaknya ada 2 cara yang dapat Anda gunakan dalam menentukan harga sewa apartemen Anda.

Cek Harga Pasaran dan Modifikasi

Saat menentukan harga sewa apartemen Anda, coba Anda bandingkan unit apartemen Anda dengan setiap unit apartemen di daerah sekitar yang memiliki luasan dan fasilitas yang sama atau mirip dengan fasilitas apartemen yang Anda sediakan.
Posisikan diri Anda sebagai penyewa, Jika Anda adalah calon penyewa apartemen, apakah Anda akan mau membayar uang sewa sebesar yang telah Anda tetapkan?
Sesuaikan harga dengan fasilitas yang tersedia dalam apartemen Anda, misalnya jika Anda menyediakan alat pendingin ruangan (AC), kasur, lemari, TV, perlengkapan dapur (dalam artian full furnished), tentu harga akan lebih tinggi. Namun, jika ternyata ketersediaan fasilitas tidak terlalu lengkap, maka harga perlu disesuaikan.
Perhatikan juga hal-hal lain yang mempengaruhi harga sewa apartemen Anda seperti keamanan lingkungan, kenyamanan tempat tinggal dan juga lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis menjadi salah satu senjata ampuh Anda dalam menentukan harga sewa. Semakin strategis suatu lokasi, maka akan semakin mahal harga sewanya.
Setelah mendapatkan beberapa apartemen yang mirip atau sama dengan fasilitas serta luas apartemen Anda, cobalah untuk modifikasi harganya. Tentukan harganya sedikit lebih rendah dari harga pasaran.

Tips Rumah.com

Perlu diingat, jangan menentukan harga jauh dari harga pasar agar, apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasaran.

Gunakan Sistem Capitalization Rate

Menurut Ryan Filbert, dalam menjual properti, saat ini tidak bisa lagi menggunakan Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP dan PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan. Menurutnya, di Indonesia sudah tidak bisa lagi mengandalkan nilai tersebut karena bisa jadi harga transaksinya hanya 25 persen dan bahkan hanya 15 persen.
Menurut Anto Erawan, seorang pakar properti, dalam menentukan harga sewa apartemen, secara sederhana dapat menggunakan Sistem Tingkat Kapitalisasi atau Capitalization Rate atau yang biasa disebut Cap Rate.
Rumus:
Harga Sewa Per tahun = Harga Properti x Cap Rate (%)
Sebagai informasi, nilai Cap Rate apartemen rata-rata berkisar 7 persen hingga 10 persen. Mari hitung harga sewa apartemen Anda. Katakan saja jual apartemen Anda adalah Rp500 juta.
Berikut ini perhitungannya dengan kisaran Cap Rate terendah (7 persen):
7% x Rp500 juta = Rp35 juta per tahun
Dengan demikian harga penawaran sewa apartemen Anda adalah Rp35 juta per tahun atau sekitar Rp2,9 juta per bulan. Bisa juga Anda bulatkan menjadi Rp3 juta per bulannya. Harga tersebut di atas merupakan harga penawaran terendah jika mengikuti sistem cap rate dari harga jual properti apartemen Anda.

Strategi Promosi Bisnis Apartemen

Baik developer besar hingga pemula sekalipun, berlomba menyuguhkan apartemen berkualitas lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Meski begitu, tak semua sukses dalam memasarkan produknya ke khalayak. Ujung-ujungnya, proses pembangunan terpaksa berhenti di tengah jalan sampai akhirnya gagal diserahterimakan kepada konsumen.
Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, Praktisi branding properti, Widodo, menuturkan penyebab ketidakberhasilan ini bukan karena masalah turunnya minat masyarakat untuk membeli hunian. Tetapi hanya masalah strategi pemasaran yang masih kurang tepat.
Berikut 5 trik cara branding apartemen masa kini:

Awareness

Pengenalan produk properti khususnya apartemen sudah seharusnya dapat dilakukan dengan tepat sesuai dengan target pasar yang dituju. Dia mencontohkan dari sisi harga. Jika harga apartemen kurang dari Rp1 miliar, sudah tentu cara memasarkan dan mempromosikannya akan berbeda dengan harga apartemen di atas Rp1 miliar.
Dalam hal ini, pengembang harus bisa memahami karakteristik calon konsumen, termasuk demografinya sampai pada kehidupan sehari-harinya. Saat dipasarkan, walaupun apartemen itu bisa dibeli orang dari wilayah mana saja, perlu diingat bahwa persentase terbesar datang dari pembeli yang jaraknya berada dalam radius 5km dari lokasi proyek.
Selain itu, pengembang juga harus paham betul bentuk konten yang akan dikomunikasikan. Misalnya, penyesuaian masalah warna ataupun bentuk desain.

Activation

Activation dalam hal ini adalah kegiatan pemasaran yang mengutamakan penjualan langsung. Ini sangat erat kaitanya dengan aktivitas pemasaran. Misalnya, pameran di pusat perbelanjaan ternama yang memiliki tingkat pengunjung sesuai target yang diinginkan.
Atau lakukan kegiatan special event di kantor pemasaran, pemasangan spanduk, billboard, iklan di radio, TV, media cetak, media online, hingga media sosial. Untuk kegiatan special event harus punya konsep menarik termasuk tema berbeda tiap bulannya,

Media Release

Hubungan dengan media juga menjadi salah satu aspek dari branding yang perlu dijaga dengan sangat baik. Sebab media berperan penting terhadap pemberitaan seputar progres pembangunan proyek maupun informasi mengenai kegiatan atau promosi. Idealnya, setiap bulan ada materi press release yang disebarkan. Tujuannya agar produk properti yang dipasarkan terus dikenal masyarakat banyak.

Digital Media

Pengguna internet di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan mencapai 140 juta orang. Berangkat dari fakta ini, melakukan promosi di internet menjadi suatu keharusan.
Tahap awal bisa dilakukan dengan membuat website yang berisi informasi akan produk yang dijual. Melalui media internet, pengembang juga dapat menemukan calon customer potensial. Cara lain, bisa memanfaatkan situs properti online.

Sales Performance

Yang tak kalah penting adalah kemampuan tim sales penjualan. Tim harus benar-benar menganut tekad kuat agar bisa mendapatkan konsumen dan menjual produk secara mumpuni. Agar tercipta sales yang bagus, pastikan sering mengadakan coaching ataupun training mengenai produk yang dijual. Termasuk juga rutin memberi suntikan motivasi kepada mereka.

Cara Mengelola Bisnis Apartemen

Pengelolaan bisnis apartemen jadi salah satu kunci keberhasilan bisnis Anda. (Foto: Pinterest/ – HashMicro)
Selain memperhatikan beberapa hal diatas, Anda juga harus mengelola apartemen dengan baik. Pastikan bahwa penyewa merasa nyaman selama tinggal di apartemen tersebut.
Berikut 3 hal yang harus Anda lakukan dalam mengelola bisnis apartemen:

Komunikasi yang Baik dengan Calon Penyewa

Sebagai pemilik yang bertanggung jawab, sudah seharusnya Anda menjalin komunikasi yang baik dengan penyewa. Hal ini penting, karena apabila penyewa mengalami kendala atau masalah, mereka bisa langsung menghubungi Anda tanpa hambatan.

Rajin Melakukan Renovasi

Terkadang, suatu bangunan akan mudah rusak apabila tidak dirawat. Melakukan renovasi adalah salah satu cara merawat bangunan. Anda bisa memperbarui cat dindingnya secara berkala serta melakukan pengecekan terhadap utilitas bangunan.

Terapkan Trust and Comfort

Terapkan prinsip ini apabila ingin penyewa merasa betah di apartemen Anda. usahakan Anda terbuka sejak awal mengenai kondisi apartemen tersebut. Dengan begitu, penyewa bisa mempercayai Anda dan merasa nyaman tinggal disana.
Itulah tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis apartemen. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda menjadi pengusaha sewa apartemen yang sukses.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mempelajari cara membuat sertifikat tanah lewat notaris!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensiseputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini