Mengenal Bonsai Lantana: Cara Membuat, Membentuk, Merawat, hingga Harganya

Tim Editorial Rumah.com
Mengenal Bonsai Lantana: Cara Membuat, Membentuk, Merawat, hingga Harganya
RumahCom – Tanaman hias banyak sekali ragamnya. Dari sekian banyak ragam, ada salah satu tanaman yang sangat unik dan mudah dirawat di rumah yakni tanaman bonsai. Tanaman bonsai sendiri terdiri dari puluhan jenis, diantaranya yang cukup populer dan bisa menjadi penghias rumah adalah bonsai lantana.
Sekadar informasi, merawat tanaman hias memiliki banyak manfaat. Sebuah penelitian yang dilakukan Kansas State University menemukan bahwa kondisi pasien yang dirawat dalam ruangan dengan tanaman memiliki tekanan darah dan jantung yang lebih baik serta lebih cepat pulih, dibanding pasien yang berada di ruang perawatan tanpa tanaman. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa adanya tanaman termasuk tanaman hias daun bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih tenang dan ceria.
  • Apa Itu Bonsai?
  • Apa Itu Bonsai Lantana?
  • Cara Membuat dan Membentuk Bonsai Lantana
  • Tips Merawat Bonsai Lantana
  • Daftar Harga Bonsai Lantana
9 Ide Budidaya Tanaman yang Bikin Anda Bisa Jadi Jutawan

9 Ide Budidaya Tanaman yang Bikin Anda Bisa Jadi Jutawan

Apa Itu Bonsai?

Tanaman bonsai adalah salah satu tanaman hias yang berasal dari negara Jepang. (Foto: Pexels – David Yu)
Setiap tanaman mempunyai bentuknya yang berbeda-beda dan Anda bisa menyesuaikan tanaman apa yang ingin ditanam di rumah. Jika rumah Anda tidak terlalu besar, maka salah satu jenis tanaman yang bisa menjadi opsi adalah tanaman bonsai.
Tanaman bonsai adalah salah satu tanaman hias yang berasal dari negara Jepang yang sudah melewati proses kultivasi yang rumit agar bisa tumbuh di dalam tempat berukuran kecil dan memiliki tinggi yang kerdil. Tanaman ini sengaja dibuat untuk menciptakan sebuah kesan yang menarik untuk dipandang dan bisa memberikan kepuasan tersendiri saat merawatnya.
Membuat tanaman bonsai tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena membutuhkan proses yang sangat panjang serta kesabaran agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan memiliki ukuran yang sesuai.

Apa Itu Bonsai Lantana?

Bonsai lantana bisa dijual dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per pohonnya. (Foto: Bonsaikita.com)
Bonsai lantana saat ini banyak digandrungi banyak orang karena bentuknya cantik, serta perawatannya yang cukup mudah. Namun batang tanaman bonsai lantana berduri, sedangkan untuk batangnya berdiameter tebal sehingga kokoh dan tidak mudah mati atau patah. Jenis tanaman hias bunga ini cukup banyak diminati masyarakat dan bisa dijual dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per pohonnya.
Lantana atau Tembelekan (Lantana camara) adalah spesies tanaman berbunga dari keluarga Verbenaceae. Tanaman ini merupakan flora asli dari daerah tropis Amerika. Nama-nama umum yang sering digunakan untuk menyebut bonsai lantana adalah Tembelekan, Tahi Ayam (Indonesia), Big-sage (Malaysia), Wild-sage, Red-sage, White-sage (Karibia), Tickberry (Afrika Selatan), West Indian Lantana, dan Umbelanterna.

Cara Membuat dan Membentuk Bonsai Lantana

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat bonsai lantana diantaranya adalah bibit, kayu, dan batu kecil. (Foto: Pexels – Todd Trapani)
Sama seperti saat Anda ingin membuat bonsai pada umumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dalam membuat dan membentuk bonsai lantana. Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan sebagai berikut:
  • Bibit Lantana
  • Pot
  • Gunting
  • Pasir dan tanah
  • Kayu
  • Batu-batu kecil
Setelah semua alat dan bahan terkumpul, Anda dapat mulai membentuk bonsai lantana. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Letakkan calon tanaman pada pot yang sudah Anda siapkan sebelumnya
  • Masukan pasir, tanah dan batu
  • Rapikan bagian tangkai, jika ada tangkai yang layu segera potong
  • Jemur di terik matahari selama beberapa saat
Pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di bawahnya untuk mengalirkan kelebihan air siraman agar tidak menggenang dalam waktu lama dalam pot. Setelah berumur kurang lebih 1 bulan, biasanya sudah mulai tumbuh tunas dan akar, dan selanjutnya lakukan perawatan agar dapat tumbuh dengan baik sehingga siap dikreasikan sebagai bonsai.
Salah satu cara merawat bonsai lantana agar kondisinya selalu sehat adalah diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari secara langsung. Menyimpannya di ruangan tertutup dan lembap bisa membuatnya cepat mati. Mau punya rumah dengan lingkungan yang sehat dengan bujet di bawah Rp600 jutaan? Cek pilihan rumahnya di kawasan Bojongsari, Depok, di sini!

Tips Merawat Bonsai Lantana

Bonsai lantana termasuk dalam jenis tanaman kering. (Foto: Pexels – Todd Trapani)
Tanaman adalah salah satu makhluk hidup yang perlu dirawat dengan baik agar bisa tumbuh dengan indah. Termasuk dalam merawat tanaman bonsai lantana, ini bisa jadi sebuah perjalanan panjang yang perlu dilakukan secara teratur agar bonsai lantana yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik dan indah. Lantas apa saja tips merawat bonsai lantana?
  • Pencahayaan Cukup
Sama halnya dengan jenis tanaman pada umumnya, bonsai lantana juga membutuhkan sinar matahari untuk tetap hidup. Oleh karena itu, letakkan posisi bonsai lantana agar terpapar cahaya matahari yang cukup.
  • Perawatan Tepat
Tips kedua adalah berikan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut dapat berupa pemberian pupuk yang tepat, pemberian vitamin, dan durasi penyiraman yang tepat. Anda harus perhatikan waktu penyiraman agar bonsai lantana segera berbunga lebat. Penyiraman dilakukan cukup 1 kali sehari pada pagi hari atau sore hari.
Ingat, bonsai lantana termasuk dalam jenis tanaman kering. Sehingga jika terlalu banyak air, maka batang batangnya akan cepat membusuk. Sedangkan jika kekurangan air, maka tangkai atau batang tanaman menjadi cepat layu, tidak bisa berbunga dan cepat mati. Jika merasa kelebihan air saat penyiraman, Anda bisa memanaskan tanaman di bawah sinar matahari.
  • Pemotongan Tangkai Berkala
Jangan lupa untuk memotong tangkai bonsai lantana secara berkala. Pasalnya tangkai bonsai yang sudah mati namun tidak dipotong memiliki pengaruh terhadap keberlangsungan hidup tanaman tersebut.

Tips Rumah.com

Membuat tanaman bonsai termasuk bonsai lantana tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena membutuhkan proses yang sangat panjang serta kesabaran agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan memiliki ukuran yang sesuai.

Daftar Harga Bonsai Lantana

Soal harga, banderol bonsai lantana sangat bervariasi.
Tanaman bonsai lantana tergolong tanaman hias yang banyak diminati konsumen. Tanaman ini memiliki bentuk yang mungil dan cantik untuk hiasan di teras rumah atau taman Anda. Soal harga, banderol bonsai lantana sangat bervariasi. Berikut harga bonsai lantana mulai dari bibit sampai bonsai lantana dengan 5 warna.
Jenis Bonsai LantanaHarga
Bibit Bonsai LantanaRp50.000 – Rp100.000
Bonsai Lantana 2 WarnaRp250.000 – Rp350.000
Bonsai Lantana 3 WarnaRp400.000 – Rp600.000
Bonsai Lantana 4 WarnaRp600.000 – Rp950.000
Bonsai Lantana 5 WarnaRp1.000.000 – Rp1.500.000
Tips tambahan yang perlu dicatat, pastikan Anda membeli bonsai lantana di toko tanaman hias yang terpercaya atau langsung membelinya di kolektor tanaman hias. Hal itu demi memastikan Anda mendapat harga termurah dan kualitas terbaik. Selamat mencoba!
Belum memahami perhitungan pajak rumah? Simak tipsnya melalui video berikut ini.
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini