Budidaya Vanili di Rumah yang Mudah Bagi Pemula

Ada banyak sekali tanaman yang memiliki manfaat untuk dikonsumsi, salah satunya adalah vanili. Kenalilah cara budidaya vanili di rumah yang mudah bagi pemula.
1. Budidaya Vanili di Rumah yang Mudah Bagi Pemula
Tanaman vanili bisa Anda tanam sendiri di rumah. (Foto: Richmond Times-Dispatch)

RumahCom - Menanam berbagai bentuk tanaman yang bisa diolah dan dikonsumsi merupakan hal yang sangat bermanfaat karena halaman rumah menjadi tidak mubazir dan Anda bisa berhemat dengan cara menikmati hasil pangan dari apa yang sudah Anda tanam sendiri di rumah. Tanaman vanili sendiri merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak fungsi. Agar Anda bisa menanam dan melakukan budidaya tanaman vanili Anda sendiri di rumah, maka artikel kali ini akan membahas mengenai:

  1. Mengenal Vanili dan Budidayanya
  2. Ketahui Sebelum Budidaya Vanili
  3. Budidaya Vanili di Rumah yang Mudah bagi Pemula
    1. Mencari Bibit Anakan Vanili
    2. Memindahkan Bibit
    3. Tentukan Tempat Terbaik
    4. Rawat Tanaman dengan Baik
    5. Melakukan Penyerbukan

1. Mengenal Vanili dan Budidayanya

Vanila merupakan salah satu tanaman yang hasilnya bisa dijual dengan harga tinggi. (Foto: Mashed)

Vanila merupakan salah satu tanaman yang hasilnya bisa dijual dengan harga tinggi. (Foto: Mashed)

Dilansir dari Wikipedia, tanaman vanili dapat dikategorikan sebagai salah satu tanaman rempah yang pada awalnya banyak dijumpai pada negara Meksiko. Untuk membudidayakannya, banyak petani yang melakukan penyerbukan dari tanaman vanili dan membawanya pada negara tropis yang berbeda-beda sehingga menjadikan tanaman ini dapat tumbuh dan dikembangkan dengan mudah.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil vanili terbesar di dunia dan mampu untuk memberikan pasokan vanili sebanyak dua pertiga yang ada di seluruh dunia. Harga dari rempah vanili ini juga sangatlah mahal dan menjadi salah satu komoditas yang sangat diandalkan oleh Indonesia.

Tanaman vanili juga hanya bisa tumbuh dengan penyerbukan yang unggul dan proses budidaya yang sangat rumit dan panjang. Namun, saat ini sudah banyak yang bisa menanam dan melakukan proses budidaya vanili sendiri pada lapangan terbuka hingga pada halaman yang berukuran kecil sekalipun.

Ini Risiko Beli Rumah yang Sertifikat Rumahnya Digadaikan

Mengurus Sertifikat Tanah, Hukum, dan Pajak Properti

Ini Risiko Beli Rumah yang Sertifikat Rumahnya Digadaikan

Selain bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan atau minuman yang menyegarkan, ternyata ekstrak dari tanaman vanili memiliki ragam manfaatnya bagi tubuh. Dikutip dari Crystal Spring, di bawah ini adalah beberapa manfaat dari biji dan ekstrak vanili yang perlu Anda ketahui:

  • Vanili memiliki kandungan yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda. Hal ini tentunya sangat penting untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung atau penyumbatan pada pembuluh darah di tubuh.
  • Vanili juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi dan terbukti ampuh untuk mengurangi kerusakan sel di dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan tersebut sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh.
  • Essential oil yang terbuat dari ekstrak vanili juga bisa membantu untuk menumbuhkan rambut Anda yang mulai rontok. Oleskan secara rutin pada kepala Anda untuk memacu pertumbuhan rambut dengan cepat.
  • Aroma yang dikeluarkan oleh biji vanili bisa meredakan perasaan stress. Anda bisa memanfaatkannya dengan meletakkan beberapa biji vanili yang sudah digerus halus pada meja kerja Anda untuk meredakan rasa lelah akibat bekerja.
  • Untuk meredakan batuk, Anda bisa meminum campuran ekstrak vanili, madu dan air hangat secara rutin hingga batuk mereda.
  • Aplikasikanlah ekstrak vanili pada wajah Anda secara rutin untuk mengurangi jerawat dan kerutan yang ada pada wajah Anda

Budidaya vanili di rumah ternyata bukan hanya bisa jadi hobi, tapi juga bisa menghasilkan karena harganya yang mahal bisa jadi tambah penghasilan. Mau punya hunian yang bisa jadi tambahan penghasilan? Cek aneka pilihan hunian dekat kampus di Depok dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

2. Ketahui Sebelum Budidaya Vanili

Tanaman vanili membutuhkan waktu yang lama hingga bisa dipanen dan dimanfaatkan hasilnya. (Foto: Growing Produce)

Tanaman vanili membutuhkan waktu yang lama hingga bisa dipanen dan dimanfaatkan hasilnya. (Foto: Growing Produce)

Berbeda dengan tanaman pada umumnya, tanaman vanili membutuhkan proses yang panjang agar bisa menghasilkan sebuah tanaman yang bermanfaat dan bisa dipanen hasilnya. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan budidaya vanili sendiri di rumah seperti yang ada di bawah ini:

  • Dikutip dari Logee’s, tanaman vanili membutuhkan waktu yang sangat lama agar bisa tumbuh dan ketika tumbuh dewasa maka tanaman tersebut bisa memiliki tinggi hingga 30 meter.
  • Tanaman ini memiliki akar rambat yang membutuhkan sebuah support atau sanggahan agar bisa tumbuh ke atas dengan baik. Pastikan untuk selalu menyiapkan support dengan tinggi yang pas agar tanaman vanili bisa merambat dan tidak mati diakibatkan tidak adanya dukungan yang pas.
  • Vanili yang tumbuh di hutan juga merupakan tanaman yang memiliki batang besar. Pastikan agar Anda memilih anakan yang tidak tumbuh terlalu tinggi agar tidak memenuhi halaman di rumah Anda.
  • Tanaman ini juga membutuhkan cahaya matahari secara parsial. Pastikan agar Anda tidak menanamnya pada tempat yang terlalu gelap agar tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan baik dan cepat.
  • Vanili merupakan tanaman yang memerlukan cuaca yang hangat. Jika Anda tinggal pada daerah yang lebih dingin, tanaman tetap akan bisa tumbuh meskipun proses pertumbuhannya akan menjadi lebih lambat.
  • Pastikan untuk menyiram tanaman ini secara teratur. Siram juga akar yang menempel pada support agar tanaman tidak mengering dan tetap mendapatkan nutrisi dengan baik.
  • Tanaman vanili perlu untuk diberikan pupuk cair secara berkala. Hindari untuk memberikan pupuk dalam bentuk bubuk karena akan membuat tanah menjadi lebih asam dalam waktu yang singkat.
Tip Rumah
Pastikan untuk selalu memperhatikan tinggi support dengan tinggi tanaman agar vanili bisa tumbuh dengan baik.

3. Budidaya Vanili di Rumah yang Mudah bagi Pemula

Tanaman vanili membutuhkan perawatan ekstra agar bisa tumbuh normal. (Foto: Growing Produce)

Tanaman vanili membutuhkan perawatan ekstra agar bisa tumbuh normal. (Foto: Growing Produce)

Melakukan budidaya vanili Anda sendiri di rumah bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Meskipun membutuhkan waktu setidaknya minimal 5 tahun agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, Anda bisa mencoba sendiri dan menikmati prosesnya. Di bawah ini adalah beberapa tahapan untuk melakukan budidaya vanili yang bisa Anda coba:

1. Mencari Bibit Anakan Vanili

Carilah bibit vanili dari penjual atau penanam yang terpercaya. Usahakan untuk mencari bibit tanaman yang sudah berusia setidaknya 3 tahun agar Anda tidak perlu melewati proses penanaman dari bibit yang terlampau lama dan berat untuk dilakukan.

2. Memindahkan Bibit

Setelah Anda menerima bibit tersebut, barulah Anda bisa memindahkan bibit pada tempat seperti pot yang memiliki ukuran setidaknya dua kali lebih besar dari bibit yang akan Anda tanamkan. Dengan mencari pot yang berukuran besar bisa membantu tanaman agar akar tidak memecahkan pot dan membuatnya menjadi rusak. Selain itu juga dengan jumlah tanah yang banyak bisa memastikan agar gizi dari tanaman menjadi tercukupi.

Baca Juga: 9 Ide Budidaya Tanaman yang Bikin Anda Bisa Jadi Jutawan

3. Tentukan Tempat Terbaik

Tanaman vanili membutuhkan tempat yang baik agar bisa tumbuh. Pastikan agar tanaman mendapatkan pencahayaan yang mencukupi dan cahaya matahari tidak terhalang oleh apapun. Anda bisa menanamnya pada daerah yang dingin akan tetapi membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa tumbuh dengan baik.

4. Rawat Tanaman dengan Baik

Sama seperti tanaman pada umumnya, tanaman vanili membutuhkan air dalam jumlah yang pas. Anda harus memberikan air dalam takaran yang tepat dan hindarilah untuk memberikan air dalam jumlah yang terlalu banyak. Apabila Anda menyiraminya hingga tanah menjadi terlalu becek maka tanaman tersebut bisa membusuk dengan lebih cepat. Akan lebih baik untuk memberikan penyiraman dengan metode pengkabutan melalui botol semprot secara berkala setiap harinya untuk menghindari air yang terlalu banyak.

Tanaman ini juga perlu untuk Anda berikan pupuk setidaknya sekali dalam rentang waktu selama dua minggu. Usahakan untuk memberikan pupuk cair dan menyemprotkannya pada daun. Hindari untuk menggunakan pupuk yang kasar karena tanaman akan lebih sulit untuk menerimanya.

5. Melakukan Penyerbukan

Agar bisa menghasilkan biji vanili yang berkualitas, Anda perlu untuk melakukan penyerbukan secara manual. Gunakan tusuk gigi untuk mengambil serbuk sari dari tanaman vanili dan pindahkan serbuk sari tersebut pada putiknya. Setelah proses ini berhasil maka Anda bisa melihat tanaman akan mulai memunculkan kantung-kantung vanili.

Setelah proses ini Anda jalankan maka tunggulah setidaknya selama 9 bulan hingga akhirnya tanaman vanili bisa Anda panen dan diambil bijinya. Namun apabila prosesnya gagal maka Anda harus mengulang dan melakukan penyerbukan kembali dari awal.

Itulah panduan untuk budidaya vanili di rumah Anda sendiri yang mudah untuk dilakukan. Pastikan agar Anda terus sabar saat sedang melakukan budidaya tanaman agar prosesnya bisa berhasil dilakukan dengan baik. Selamat mencoba!

Simak ulasan dan tips lengkap beli ruko melalui video yang informatif berikut ini!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

Perumahan Baru di Cikarang

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan