Bulan Ramadan: Saat Tepat untuk Menambah Tabungan DP Rumah

dana DP rumah panduan
33471983 - young attractive and modern couple in love smiling happy together sitting on floor thinking and imaging their new house, home, flat or apartment in real state concept

RumahCom - Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk menambah tabungan DP rumah. Ya, selain sebagai momen yang tepat untuk beribadah mendekatkan diri kepada Tuhan dengan ganjaran pahala berlimpah, bulan puasa semestinya juga bisa dijadikan momen untuk menghemat pengeluaran.

Apa pasal? Karena kebutuhan saat berpuasa semestinya tak akan sebanyak hari biasa, mengingat kita tidak makan dan minum dari pagi hingga sore hari. Jadi jika dikelola dengan benar, semestinya dananya bisa dialokasikan untuk menambah tabungan DP untuk membeli rumah.

Jadi selain untuk meningkatkan iman dan takwa, bulan Ramadan juga saat yang tepat untuk menambah tabungan DP rumah. Simak tipsnya:

  • Belanja Sekalian untuk Sebulan

Berbelanja kebutuhan harian dalam jumlah besar sesungguhnya juga bisa menghemat pengeluaran. Jika sebelumnya Anda terbiasa berbelanja sekali dalam seminggu, cobalah untuk berbelanja dalam jumlah besar sekali dalam sebulan.

Penghematan yang Anda dapat sebetulnya akumulasi dari beberapa hal seperti: Anda tidak harus membayar ulang uang parkir maupun mengeluarkan biaya bensin lagi. Kedua, toko selalu memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. Ketiga, tenaga Anda bisa digunakan untuk mengerjakan keperluan lainnya.

Selain itu, usahakan untuk berbelanja kebutuhan tersebut pada saat satu minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Hal ini juga untuk mengantisipasi naiknya harga-harga kebutuhan pokok yang biasanya tinggi pada awal bulan puasa.

Waspadai pengeluaran tak terduga di bulan Ramadan yang bisa mengganggu rencana Anda untuk membeli rumah seperti pada video panduan berikut ini:

  • Kendalikan Hawa Nafsu

Penyakit yang kerap dialami banyak orang saat bulan puasa biasanya adalah "lapar mata". Apalagi banyak jajanan khas bulan Ramadan yang begitu menggugah selera yang sangat mudah Anda temukan, baik di pinggir jalan hingga restoran.

Jika membeli sesekali tidak masalah, tapi jika keseringan tentunya akan menguras isi dompet Anda. Demi mewujudkan impian punya rumah sendiri, bikin sendiri saja karena selisihnya sangat lumayan jika dihitung sebulan. Jangan beralasan tidak bisa, zaman sekarang informasi apapun bisa Anda temukan.

Simulasikan cicilan KPR Anda per bulan dengan kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

  • Bukber Bukan Kewajiban

Pada bulan seperti ini, undangan Bukber atau Buka Bersama pastinya akan sangat sering Anda dapatkan. Mulai dari reuni teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, hingga dengan beberapa teman kerja di kantor lama.

Jika Anda tidak bisa menahan godaan tersebut dan mengiyakan semua undangan, siap-siap saja jika uang Anda habis sebelum gajian. Ingat uang yang harus dikeluarkan untuk makan di restoran pastinya jumlahnya akan besar.

Jadi pilah-pilih yang ingin Anda datangi. Itu hanya undangan, bukan sebuah pengumuman rapat tahunan. Anda tidak diwajibkan untuk datang jadi jangan menjadikan undangan ini sebagai beban.

  • Perhatikan Kualitas, Bukan Kelas

Banyak orang mengistimewakan puasa sebagai hal yang perlu dirayakan. Misalkan dengan cara berbuka bersama teman di restoran elit yang menyediakan makanan mahal. Bila Anda termasuk penganut gaya hidup seperti ini, jangan harap tabungan DP rumah Anda bertambah. Bisa jadi malah terpakai dananya.

Meski hanya sekali dalam setahun, puasa tidak harus dirayakan seperti itu. Tetap perhatikan kualitas gizi dan pola makan pada saat sahur dan berbuka puasa, bukan hanya masalah cita rasa makanannya. Dengan pola yang seperti ini, bukan tidak mungkin pengeluaran Anda mampu ditekan.

  • Manfaatkan Promo dengan Cerdas

Saat bulan Ramadan biasanya banyak promo yang diberikan merchant dan bank guna merangsang transaksi konsumen dengan kartu kredit atau debit. Tak ada salahnya memanfaatkan hal ini, bisa jadi Anda bisa mendapatkan diskon besar atau juga cashback yang dananya juga bisa ditabung untuk DP rumah. Hanya pastikan Anda telah mempelajari setiap penawaran tersebut dengan cerdas.

Jadi mau segera punya rumah? Manfaatkan momen Ramadan untuk menambah tabungan DP rumah Anda dan manfaatkan juga jasa agen properti profesional untuk membantu transaksi pembelian properti Anda.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

Baca Selanjutnya

Masukan