7 Cara Bayar PBB Online Terlengkap dan Mudah Tahun 2020

Kini tak perlu repot lagi mengurus PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan karena sekarang bisa bayar PBB online dengan berbagai cara dan platform teknologi.
low cost housing, myhome, housing policy, affordable housing

RumahCom - PBB adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan/atau bangunan. Aturan ini berdasarkan Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 12 Tahun 1994.

Wajib Pajak PBB yang selanjutnya disebut Wajib Pajak adalah subjek pajak yang dikenakan kewajiban membayar PBB. Pembayarannya dilakukan satu tahun sekali dan harus dilunasi paling lambat enam bulan sejak tanggal diterimanya SPPT oleh wajib pajak.

Untuk Anda yang sudah memiliki rumah, maka Anda termasuk wajib pajak PBB. Kini tak perlu repot lagi terkait masalah PBB karena sekarang bisa dilakukan secara online. Lantas, seperti apa cara bayar PBB online? Untuk itu,  simak panduan seputar PBB online yang terdiri dari poin-poin sebagai berikut:

  1. Bayar PBB Online
    1. Bayar PBB Online via ATM
    2. Bayar PBB Online via Mobile Banking
  2. Bayar PBB Online via Website
    1. Cek Bayar PBB Online via Website
    2. Cek Tagihan PBB Online via Website
  3. Bayar PBB Online via Aplikasi
    1. Cek Bayar PBB Online via Aplikasi
    2. Cek Tagihan Bayar PBB Online via Aplikasi
  4. Pilihan Cara Bayar PBB Online Lainnya
    1. Bayar PBB Online via Indomaret
    2. Bayar PBB Online via Tokopedia
    3. Bayar PBB Online via Traveloka

Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Bayar PBB Online

Bayar PBB Online

Bayar PBB online juga dapat dilakukan melalui tempat pembayaran elektronik yang disediakan bank seperti ATM/teller/fasilitas lain.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, bayar PBB online menjadi pilihan yang efektif untuk banyak orang saat ini. Pembayaran PBB sudah melayani pembayaran di seluruh Indonesia dan tidak terikat pada hari kerja dan jam operasional. Cara pembayaran PBB yang sering digunakan oleh banyak orang ialah melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan juga mobile banking. Berikut penjelasan lebih detail mengenai pembayaran PBB online via ATM dan juga mobile banking.

a. Bayar PBB Online via ATM

Fasilitas elektronik umum seperti mesin ATM dapat dengan mudah Anda temui dan gunakan. Pembayaran PBB via ATM juga bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda tidak sedang tidak terkoneksi atau mengalami gangguan jaringan internet. Untuk memudahkan Anda bayar PBB via ATM, berikut tahapan yang dapat diikuti.

  1. Cari menu pembayaran kemudian pilih.
  2. Cari menu pajak kemudian pilih.
  3. Masukkan Nomor Objek Pajak.
  4. Masukkan tahun pembayaran PBB.
  5. Kemudian akan muncul informasi tentang objek pajak, tagihan, dan namanya.
  6. Periksa dengan teliti identitas dan jumlah pokok pajak yang harus dibayar.
  7. Jika sudah sesuai, tekan tombol bayar.
  8. Bila melakukan pembayaran melalui metode online, ada satu hal yang perlu diingat. Yakni,
  9. jangan buang bukti pembayaran karena ini merupakan.
31 Agustus Jatuh Tempo Bayar PBB, Sudah Tahu Caranya?

Mengajukan KPR dan Mengatur Cicilan

31 Agustus Jatuh Tempo Bayar PBB, Sudah Tahu Caranya?

b. Bayar PBB Online via Mobile Banking

Cara bayar PBB online yang selanjutnya dapat Anda lakukan melalui mobile banking. Saat ini hampir semua bank menyediakan layanan pembayaran PBB via mobile banking seperti, BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Panduan pembayarannya juga mudah untuk diikuti, pertama, klik menu pembayaran dan pilih pajak/MPN untuk tahapan awalnya. Setelah itu, pilih rekening debet dan isi tahun pajak, kode bayar, dan nomor objek pajak.

Untuk informasi nomor kode bayar dapat dicek di laman aplikasi pembayaran pajak daerah seperti ini:

  1. DKI Jakarta: https://pajakonline.jakarta.go.id/
  2. Tangerang Selatan: https://e-sptpd.tangerangselatankota.go.id/
  3. Solo: https://onlinepajak.surakarta.go.id/
Tip Rumah
Jangan buang bukti pembayaran karena ini merupakan barang bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan yang sah melalui ATM.

2. Bayar PBB Online via Website

Cek Tagihan PBB Online

Cek tagihan PBB online Anda kini jadi lebih mudah lewat website atau aplikasi smartphone.

Untuk Anda yang belum familiar dengan cara mengecek PBB secara online, Anda bisa mengetahuinya via website dengan cara menuliskan kata pencariannya dengan format “pbb online (nama daerah). Selanjutnya akan dijelaskan informasi atau panduan untuk Anda yang ingin membayar PBB via website.

Dengan mengetahui informasi seperti ini akan meminimalisir kelalaian pembayaran PBB ke depannya. Pajak PBB seperti ini nantinya juga akan bisa mendukung rencana Anda jika sewaktu-waktu ingin menjual rumah atau properti menjadi semakin lancar. Berikut daftar perumahan di Jakarta dengan harga jual Rp800-900 juta yang bisa menjadi referensi penjualan rumah Anda.

a. Cek Bayar PBB Online via Website

Situs resmi untuk pengecekan PBB online berbeda untuk setiap daerah. Beberapa laman yang menyediakan informasi tersebut antara lain BPRD (Badan Pajak dan Retribusi Daerah) DKI Jakarta, Pelayanan PBB dan BPHTB Kota Depok (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), dan PBB Kabupaten Bogor.

b. Cek Tagihan Bayar PBB Online via Website

Dasar pengenaan pajak dalam PBB adalah Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Ketentuan nilai tersebut berdasarkan harga pasar per wilayah dan ditetapkan setiap tahun oleh menteri keuangan. Besarnya PBB yang tertuang diperoleh dari perkalian tarif 0,5% dengan Nilai Jual Kena Pajak (NJKP). NJKP ditetapkan sebesar 20% dari NJOP (jika NJOP kurang dari Rp1 miliar) atau 40% dari NJOP (jika NJOP senilai Rp1 miliar atau lebih).

Nah, setelah menemukan situs untuk cek PBB online sesuai tempat tinggal Anda, maka selanjutnya Anda akan diarahkan ke suatu laman untuk mengecek nominal pajak Anda. Langkah selanjutnya, masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) dan tahun pajak. Di sini Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi sebelum informasi yang dicari muncul.

3. Bayar PBB Online via Aplikasi

Dengan mengunduh aplikasi iPBB di play store, Anda bisa melihat informasi tagihan bayar dan NOP sesuai daerah. (Sumber: pexels.com)

Dengan mengunduh aplikasi iPBB di play store, Anda bisa melihat informasi tagihan bayar dan NOP sesuai daerah. (Sumber: pexels.com)

Pembayaran PBB yang selanjutnya bisa Anda lakukan via aplikasi. Untuk saat ini aplikasi hanya berlaku di beberapa cakupan wilayah seperti, Kota Tangerang Selatan, Kota Banjar, Kota Cilegon, Kota Majalengka, Kabupaten Subang, Kota Bekasi, Kabupaten Kuningan, dan Kota Bogor.

a. Cek Bayar PBB Online via Aplikasi

Sebenarnya layanan pengecekan PBB Online menggunakan aplikasi juga sudah tersedia. Hanya saja masih mencakup daerah-daerah tertentu, dan hanya untuk pengguna smartphone bersistem operasi Android. Untuk mengunduh iPBB Anda bisa unduh aplikasinya di Google Play.

b. Cek Tagihan Bayar PBB Online via Aplikasi

Jika Anda sudah menginstal aplikasi iPBB di smartphone Anda, maka cara untuk cek tagihan PBB online adalah:

  1. Masukkan NOP dan tahun pada kolom yang tersedia, lalu klik “Kirim”.
  2. Setelah itu, data akan muncul pada layar ponsel Anda.
  3. Jika data sudah ditemukan maka Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan tagihan.

4. Pilihan Cara Bayar PBB Online Lainnya

Kini bayar PBB online semakin mudah dengan penggunaan platform mitra lainnya. (Sumber: Pexels.com)

Kini bayar PBB online semakin mudah dengan penggunaan platform mitra lainnya. (Sumber: Pexels.com)

Selain keempat cara di atas, Anda bisa menggunakan cara lainnya untuk tetap bisa membayar PBB yaitu Indomaret, Tokopedia, dan Traveloka. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai informasi dan tahapan pembayarannya di masing-masing cara.

a. Bayar PBB Online via Indomaret

Sejak tahun 2017 lalu, pemerintah DKI Jakarta telah meresmikan cara terbaru untuk masyarakat bisa membayar PBB lebih mudah dan praktis. Dengan jumlah gerai Indomaret yang banyak dan mudah ditemui, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi wajib pajak PBB masyarakat.

Ada informasi penting yang perlu diketahui bila Anda ingin membayar PBB via Indomaret yakni, hanya menerima wajib pajak dengan tagihan di bawah Rp5.000.000,- (lima juta rupiah). Untuk tagihan di atas nominal tersebut, Anda dapat membayarnya melalui cara yang lain. Berikut tahapan pembayaran PBB via Indomaret yang perlu Anda simak:

  1. Datang ke kasir dan beritahu nomor objek besar tagihan Anda
  2. Setelah itu, kasir akan memberikan informasi mengenai nominal tagihan PBB Anda
  3. Melakukan pembayaran dengan tunai atau debit
  4. Pembayaran selesai. Jangan lupa untuk menyimpan struk atau memfotonya untuk dokumentasi bukti.

b. Bayar PBB Online via Tokopedia

Untuk Anda yang terbiasa menggunakan ecommerce, kini Anda dapat bayar PBB online via Tokopedia. Akan tetapi, untuk saat ini bayar PBB online via Tokopedia baru mencakup wilayah DKI Jakarta dan Kota Depok saja. Anda bisa bayar PBB online di Tokopedia kapan saja atau 24 jam setiap harinya. Berikut tahapan cara bayar PBB online via Tokopedia yang perlu Anda simak:

  1. Kunjungi laman Tokopedia > PBB Online.
  2. Masukan nomor objek Pajak Bumi Bangunan Anda.
  3. Rincian akan otomatis muncul jika nomor kontrak yang Anda masukan sudah benar.
  4. Klik opsi Bayar.
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  6. Sistem akan segera memproses pembayaran Pajak Bumi Bangunan Anda dan mengirimkan notifikasi ketika pembayaran sukses dilakukan.

Simak video panduan keuntungan dan cara bayar PBB online berikut ini.

 

c. Bayar PBB Online via Traveloka

Cara bayar PBB online selanjutnya dapat Anda lakukan melalui platform Traveloka. Bayar PBB online via Traveloka dapat dilakukan dengan berbagai metode pembayaran seperti, transfer ATM, internet banking, dan gerai minimarket. Untuk cakupan wilayah pembayaran PBB di Traveloka antara lain, DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, Kerawang, Depok, Cirebon, Majalengka, Tasikmalaya, Sukabumi, Batam, dan daerah lainnya yang akan ditambahkan ke depannya.

Berikut tahapan cara pembayaran PBB via Traveloka yang perlu Anda ketahui:

  1. Buka aplikasi Traveloka dengan versi 3.10 ke atas
  2. Pilih Bills dan Top-up
  3. Klik icon PBB
  4. Pilih wilayah pembayaran
  5. Isi Nomor Objek Pajak (NOP)
  6. Pilih Tahun Pembayaran
  7. Lakukan transaksi sesuai metode pembayaran yang Anda pilih
  8. Terakhir, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang juga dikirimkan via email

Itulah ketuju cara bayar PBB online terlengkap di tahun 2020. Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan dan platform yang sudah biasa digunakan. Semoga pembayaran PBB Anda menjadi semakin lancar dan mudah sehingga tidak sampai terlambat atau jatuh tempo.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Hunian Di Kawasan Kota Mandiri

Masukan