Cara Bayar PBB yang Tertunggak Jika Anda Telat Bayar

Tim Editorial Rumah.com
Cara Bayar PBB yang Tertunggak Jika Anda Telat Bayar
RumahCom – Cara bayar PBB yang tertunggak bukan merupakan hal yang sulit. Hanya saja Anda perlu menyiapkan dana lebih dari nominal tagihan yang tertera, lantaran adanya beban denda yang tertanggung akibat telat bayar. Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik, semestinya Anda tepat waktu dalam membayar pajak tahunan salah satunya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
PBB adalah pajak yang bersifat kebendaan dengan besarnya pajak ditentukan objek pajak (tanah dan atau bangunan). Dalam hal ini, Keberadaan subjek tidak ikut menentukan jumlah besaran pungutan pajak. Individu perseorangan atau badan yang termasuk dalam wajib pajak tersebut harus segera melunasi pembayaran pajak paling lambat 6 bulan setelah tanggal diperolehnya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).
Untuk mengetahui lebih lanjut cara bayar PBB yang tertunggak, simak ulasan lengkap di artikel ini!
  • Cara Bayar PBB yang Tertunggak
  • Cara Cek Tunggakan PBB
  • Cara Menghitung Denda dan Tagihan PBB yang Tertunggak
  • Sanksi Tidak Membayar PBB

Cara Bayar PBB yang Tertunggak

Bayar PBB online menjadi pilihan yang efektif untuk banyak orang saat ini.
PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap bumi dan/atau bangunan. Dasar hukum yang digunakan dalam penentuan Pajak Bumi dan Bangunan adalah Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1994.
Individu perseorangan atau badan yang termasuk dalam wajib pajak PBB harus segera melunasi pembayaran pajak paling lambat 6 bulan setelah tanggal diperolehnya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT). Biasanya SPPT sudah diberikan pada bulan Februari sementara batas tempo pembayaran jatuh pada tanggal 31 Agustus. Lalu bagaimana jika sampai jatuh tempo belum membayar? Maka di bawah ini beragam cara bayar PBB yang tertunggak.

1. Bayar Melalui Tokopedia

Untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak, bayar PBB online menjadi pilihan yang efektif untuk banyak orang saat ini. Salah satunya melalui marketplace seperti Tokopedia. Berikut tahap dan cara bayar PBB yang tertunggak via Tokopedia:
  • Kunjungi laman Tokopedia > PBB Online
  • Masukan nomor objek Pajak Bumi Bangunan Anda
  • Rincian akan otomatis muncul jika nomor kontrak yang Anda masukan sudah benar
  • Klik opsi Bayar
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  • Sistem akan segera memproses pembayaran PBB dan mengirimkan notifikasi ketika pembayaran sukses dilakukan

2. Bayar Melalui Indomaret

Selain Tokopedia, Anda juga bisa membayar PBB yang tertunggak dengan membayarnya melalui Indomaret. Namun ada informasi penting yang perlu diketahui, yakni Indomaret hanya menerima wajib pajak dengan tagihan di bawah Rp5.000.000,- (lima juta rupiah). Untuk tagihan di atas nominal tersebut, Anda dapat membayarnya melalui cara lain. Berikut cara bayar PBB yang tertunggak via Indomaret.
  • Datang ke kasir dan beritahu nomor objek besar tagihan Anda
  • Setelah itu, kasir akan memberikan informasi mengenai nominal tagihan PBB Anda
  • Melakukan pembayaran dengan tunai atau debit
  • Pembayaran selesai. Jangan lupa untuk menyimpan struk atau memfotonya untuk dokumentasi bukti.

3. Bayar Melalui Kantor Pos

Jika lokasi tempat tinggal Anda cukup dekat dengan kantor pos, maka membayar PBB yang tertunggak bisa dilakukan dengan mudah lewat fasilitas ini. Bagaimana tahapnya?
  • Datangi Kantor Pos terdekat
  • Tunjukkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB P2 atau bisa juga dengan menyebutkan Nomor Objek Pajak (NOP) 18 digit
  • Setorkan pembayaran sesuai dengan kewajiban yang harus kamu bayar

Cara Cek Tunggakan PBB

Berkaitan dengan cara bayar PBB yang tertunggak, nominal tunggakannya pun bisa dicek secara mandiri.
Dasar Penghitungan PBB telah diatur dalam Pasal 6 UU No. 12 Tahun 1985, UU No.12 Tahun 1994, dan PP No.25 Tahun 2002. Dasar penghitungan PBB adalah Nilai Jual Kena Pajak atau NJKP, yaitu suatu persentase tertentu dari nilai jual sebenarnya. Besaran persentase NJKP sendiri ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah dengan memperhatikan kondisi ekonomi nasional. NJKP ditetapkan serendah-rendahnya 20% dan setinggi-tingginya 100%.
Berkaitan dengan cara bayar PBB yang tertunggak, nominal tunggakannya pun bisa dicek secara mandiri melalui dua langkah mudah. Pertama, melalui situs resmi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota/kabupaten sesuai domisili objek pajak berada. Kedua, melihat nominal tunggakannya lewat minimarket terdekat.

1. Cek Melalui Situs Resmi

Langkahnya diawali dengan membuka situs resmi Bapenda sesuai domisili objek pajak berada. Selanjutnya klik tombol Daftar e-SPPT PBB yang terdapat pada halaman, dan isi data diri seperti nama, NIK, NPWP, nomor HP, alamat email dan data verifikasi lainnya yakni NOP PBB-P2 serta nama Wajib Pajak seperti tertera dalam SPPT.
Selanjutnya sistem akan melakukan pengecekan data verifikasi. Jika verifikasi berhasil, sistem akan mengirimkan tautan pengunduhan e-SPPT melalui alamat email. Dokumen ini akan memperlihatkan besar tunggakan PBB yang harus dibayarkan.

2. Cek Tagihan Melalui Minimarket

Cara kedua untuk cek tunggakan PBB adalah mendatangi minimarket terdekat. Cukup bawa Nomor Objek Pajak (NOP) lalu kasir akan memberitahu nominal tagihan PBB yang tertunggak. Jika dana sudah tersedia, maka sebaiknya segera melunasi pembayaran agar tidak menumpuk denda.

Tips Rumah.com

Individu perseorangan atau badan yang termasuk dalam wajib pajak PBB harus segera melunasi pembayaran pajak paling lambat 6 bulan setelah tanggal diperolehnya Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT). Biasanya SPPT sudah diberikan pada bulan Februari sementara batas tempo pembayaran jatuh pada tanggal 31 Agustus.

Cara Menghitung Denda dan Tagihan PBB yang Tertunggak

Denda PBB sebesar 2 persen setiap bulan dengan batas waktu 24 bulan.
Melansir Departemen Keuangan RI, PBB termasuk Pajak Negara yang diatur berdasarkan Undang-undang nomor 12 Tahun 1985 tentang Pajak Bumi dan Bangunan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 12 Tahun 1994. Karena itu sebagai wajib pajak dan pemilik properti, Anda tentu wajib membayar PBB.
Nah, apa yang terjadi jika wajib pajak terlambat membayar PBB? Maka akan dikenai denda PBB sebesar 2 persen setiap bulan dengan batas waktu 24 bulan. Jadi, jika Anda telat membayarnya, berikut adalah perhitungan denda dan tagihan PBB yang tertunggak.
JIka PBB Rumah Anda sebesar Rp300.000,- per tahunnya dengan hitungan denda PBB per bulan (UU No.2 Tahun 1994) ialah 2%, maka nominal denda yang harus dibayar adalah:
Rp300.000 x 2% = Rp6.000,-
Jika Anda telat membayar PBB selama satu tahun, jumlah denda akan menjadi Rp6.000 x 12= Rp72.000,-. Sehingga total tunggakan PBB yang harus dibayar adalah RpRp300.000 + Rp72.000 = Rp372.000,-.
Itulah cara menghitung denda jika PBB Anda tertunggak. Jika Anda membeli rumah, pastikan Anda membayar PBB tepat waktu. Berikut daftar hunian di kawasan Jawa Barat dibawah Rp1 miliar yang bisa jadi referensi Anda di sini!

Sanksi Tidak Membayar PBB

Jika pajak terutang tidak dibayar juga, maka bisa ditagih dengan Surat Paksa (SP).
Setiap pemilik properti wajib membayar PBB tiap tahun untuk memberikan keuntungan dan kedudukan sosial ekonomi bagi badan atau perseorangan Oleh karenanya, sangat penting memahami waktu pembayaran agar terhindar dari sanksi tidak membayar PBB.
Jika lewat dari waktu yang ditentukan Anda masih belum juga membayar tagihan PBB, maka akan mendapatkan sanksi berupa denda. Merujuk ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78/PMK.03/2016 tentang Tata Cara Penerbitan Surat Tagihan Pajak Bumi dan Bangunan, besaran denda yang ditetapkan sebagai sanksi tidak membayar PBB adalah 2 persen per bulan dari tagihan.
Dijelaskan lebih lanjut, denda administrasi tersebut dihitung dari saat jatuh tempo sampai tanggal pembayaran untuk jangka waktu paling lama 24 bulan. Jumlah PBB yang terutang dalam STP harus dilunasi paling lambat 1 bulan dari tanggal diterimanya STP tersebut oleh wajib pajak. Jika pajak terutang tidak dibayar juga, maka bisa ditagih dengan Surat Paksa (SP).
Tonton video berikut ini untuk mengenal lebih dalam tentang BPHTB!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini