Cara Beli Rumah Menggunakan Rule 30/30/3

Tim Editorial Rumah.com
Cara Beli Rumah Menggunakan Rule 30/30/3
Tempat tinggal adalah kebutuhan pokok setiap umat manusia. Karenanya, akan menjadi kebanggaan tersendiri apabila Anda berhasil membeli atau membangun rumah Anda sendiri.
Akan tetapi sayangnya, harga rumah terus naik seiring dengan peningkatan harga tanah. Hal ini wajar, sebab tanah adalah sumber daya alam yang terbatas, sementara pertumbuhan umat manusia seolah tiada batas.
Bagi Anda yang punya impian untuk memiliki rumah sendiri, para ahli keuangan telah menemukan beberapa rule of thumb atau aturan singkat pengaturan keuangan demi bisa membeli rumah yang bisa diikuti oleh masyarakat luas. Salah satu diantaranya adalah rule 30/30/3. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui tentang:
  • Pengertian Rule 30/30/3
  • Kelebihan Menggunakan Rule 30/30/3
  • Cara Mengakali Rule 30/30/3

Pengertian Rule 30/30/3

Rule 30/30/3 adalah aturan dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah yang dikembangkan oleh Sam Dogen.
Rule 30/30/3 adalah aturan dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah yang dikembangkan oleh Sam Dogen, seorang ahli keuangan dan pendiri website Financial Samurai. Website ini dibuat oleh Dogen pada tahun 2011 atas keprihatinannya terhadap kondisi keuangan masyarakat Amerika Serikat pascakrisis finansial 2008. Berikut ini penjelasannya:

Rule 1: Porsi cicilan KPR tidak lebih dari 30% pendapatan kotor

Aturan yang pertama adalah Anda tidak boleh mengeluarkan lebih dari 30% pendapatan kotor Anda untuk cicilan KPR. Tujuannya adalah supaya Anda masih memiliki uang yang cukup untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan membayar utang (jika ada).
Misalnya, total pendapatan gabungan Anda dan istri adalah sebesar Rp10.000.000 per bulan. Maka, jumlah maksimal cicilan KPR yang bisa Anda bayarkan adalah sebesar 30% x Rp10.000.000 atau Rp3.000.000.

Tips Rumah.com

Jangan lupa hitung semua pengeluaran, termasuk utang dan biaya langganan internet, streaming, dan lainnya

Rule 2: Simpan 30% dari harga rumah idaman dalam bentuk setara cash

Aturan yang kedua, sebelum membeli rumah, pastikan Anda sudah memiliki tabungan senilai 30% dari harga rumah tersebut. Rinciannya 20% akan digunakan sebagai uang muka atau down payment (DP) KPR, sehingga Anda bisa membayar DP dalam jumlah maksimum, dan 10% untuk cadangan.
Perlu diingat bahwasanya membeli rumah lewat KPR atau cara lainnya tidak hanya soal membeli fisik rumah dan tanah, tetapi juga biaya lain-lain, seperti:
  1. Biaya pembuatan akta jual beli.
  1. Biaya jasa notaris.
  1. Biaya pindahan rumah.
  1. Biaya pajak.
  1. Biaya pembelian perkakas rumah dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memiliki cadangan sebesar 10% ini.
Jurus Menemukan Rumah Idaman Bersama Pasangan

Jurus Menemukan Rumah Idaman Bersama Pasangan

Pastikan juga kalau Anda menyimpan dana 30% ini ke dalam instrumen yang bersifat mudah dicairkan, seperti tabungan biasa atau deposito. Sewaktu-waktu butuh, Anda bisa mencairkan dalam waktu singkat.
Misalnya, harga rumah impian Anda adalah sebesar Rp500.000.000. Maka, pastikan Anda memiliki tabungan khusus pembelian rumah setidaknya sebesar Rp150.000.000, Rp100.000.000 digunakan untuk DP, dan Rp50.000.000 sisanya untuk dana cadangan yang disimpan dalam bentuk tabungan atau deposito.
Rule 3: Pastikan harga rumah tidak lebih dari 3x pendapatan kotor tahunan
Aturan yang terakhir adalah pastikan harga rumah impian Anda tidak lebih dari 3x pendapatan kotor tahunan. Alasannya sederhana, yaitu supaya cicilan KPR yang harus Anda bayarkan tiap bulannya tidak terlalu besar.
Contohnya, total pendapatan kotor bulanan Anda dan Istri sebesar Rp10.000.000. Maka, harga rumah impian Anda maksimal adalah sebesar:
Harga rumah impian= 10.000.000 x 12 x 3= Rp360.000.000.
Dengan harga sebesar ini, Anda bisa menyetorkan DP maksimal sebesar Rp72.000.000 saja dan Anda hanya perlu mengangsur sekitar Rp288.000.000 hingga tenor 20 tahun, sehingga jumlah cicilan bulanan tidak terlalu besar.
Beberapa sumber menyebutkan bahwa seseorang bisa membeli rumah dengan rasio 5 kali pendapatan kotor atau sekitar Rp700.000.000 apabila dibandingkan dengan contoh sederhana di atas. Hal ini memang akan membuat Anda bisa membeli rumah yang lebih bagus, akan tetapi ini artinya jumlah cicilan KPR yang harus Anda bayarkan juga akan lebih besar.

Kelebihan Menggunakan Rule 30/30/3

1. Cocok untuk dijadikan patokan membeli rumah saat krisis

Dari aturan di atas, Anda akan mendapati 3 cara utama supaya cicilan KPR murah, yaitu:
  1. DP Maksimum.
  1. Harga rumah rendah.
  1. Ada simpanan cadangan khusus untuk beli rumah.
  1. Aturan ketat untuk pembayaran cicilan bulanan.
Hikmah dari aturan ketat tersebut secara umum adalah Anda bisa memiliki anggaran untuk membayar kebutuhan sehari-hari, membayar utang dan investasi, sehingga kalau ada krisis, Anda masih memiliki dana darurat yang siap dikorbankan.

2. Bisa menjadi patokan harga rumah maksimal

Banyak orang yang ingin memiliki rumah pribadi, tetapi bingung berapa maksimal harga rumah yang bisa mereka miliki. Bahkan tidak jarang, mereka membeli rumah yang harganya jauh di atas batas kemampuan mereka.
Hal ini banyak terjadi sebelum krisis keuangan 2008 melanda, dimana banyak masyarakat Amerika Serikat yang membeli rumah yang harganya di luar batas kemampuan mereka dengan cara kredit. Saat krisis melanda, mereka kesulitan untuk membayar cicilan sehingga rumah tersebut akhirnya disita bank atau dijual dengan harga rugi.
Karenanya, setelah menentukan harga rumah maksimal yang sanggup dikeluarkan, selanjutnya temukan pilihan terbaik di aplikasi jual beli rumah gratis sesuai budget Anda. Mengeksplor pilihan lewat online lebih menguntungkan dibanding mencari iklan jual rumah offline, karena pilihan di dunia maya jauh lebih banyak.

Cara “Mengakali” Rule 30/30/3

Penting bagi Anda untuk memiliki cadangan sebesar 10% ini.
Boleh dibilang membeli rumah dengan menggunakan aturan ini memang ketat dan sehat untuk keuangan keluarga, akan tetapi aturan ini bukan berarti tidak bisa diakali. Berikut ini beberapa cara untuk mengakali rule 30/30/3:
  1. Membeli rumah subsidi. Saat ini pemerintah Indonesia di bawah Kementerian PUPR sedang mengembangkan rumah subsidi. Meskipun biasanya terletak agak jauh dari pusat kota, namun harga rumah ini berkisar Rp150.000.000-Rp180.000.000-an tergantung lokasi. Bahkan diantaranya ada yang berlokasi di daerah JABODETABEK.
  1. Meletakkan dana tabungan cadangan ke instrumen investasi. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara meletakkan dana simpanan poin nomor 2 di atas ke instrumen investasi rendah risiko, seperti reksa dana pasar uang dan deposito. Sebab, setiap bulannya Anda akan mendapatkan tambahan pendapatan dari bunga.
Katakanlah Anda menabung sebesar Rp50.000.000, dan bunga investasi tahunan untuk RDPU sebesar 6%, maka dalam 1 tahun Anda bisa memperoleh passive income sebesar Rp3.000.000. Lumayan bukan?
  1. Pesta pernikahan sederhana saja, simpan uang Anda untuk membeli rumah. Pesta pernikahan yang mewah seringkali menjadi penyebab seseorang terjebak utang. Padahal, alih-alih pesta pernikahan yang hanya berlangsung selama 2-3 hari, rumah bisa digunakan untuk selama Anda hidup. Jika pesta pernikahan yang Anda selenggarakan sederhana saja, Anda bisa menggunakan sebagian uang hasil sumbangan sanak saudara sebagai DP rumah.
Demikianlah penjelasan mengenai aturan 30/30/3 dalam membeli rumah. Aturan ini memberikan gambaran praktis mengenai jumlah uang yang perlu Anda siapkan sebelum membeli rumah, harga rumah yang sesuai kemampuan Anda, serta menghindari risiko gagal bayar cicilan di kemudian hari.
Melalui video yang informatif dan menarik berikut ini, Anda bisa mempelajari cara mudah untuk melakukan investasi rumah dengan menggunakan KPR!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini