5 Cara Cepat Jual Tanah Online, Mudah dan Anti Ribet

Tim Editorial Rumah.com
5 Cara Cepat Jual Tanah Online, Mudah dan Anti Ribet
RumahCom – Selainbangunan, tanah juga jadi salah satu pilihan investasi sebagian orang karena nilainya yang cenderung naik. Meskipun terkesan menguntungkan, menjual tanah juga tidak semudah yang dilihat lho! Sering tidak disadari, berbagai faktor seperti suku bunga pinjaman naik atau daya beli yang lesu membuat proses jual beli tanah jadi memakan waktu cukup lama.
Tapi jangan langsung berkecil hati ya! Kemajuan teknologi saat ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan tanah secara daring. Tidak perlu menawarkan dari mulut ke mulut atau mengeluarkan banyak uang mencetak brosur, inilah cara cepat jual tanah online yang dirangkum melalui artikel berikut ini:
  1. Cara Cepat Jual Tanah Online Melalui Media Sosial
  2. Cara Cepat Jual Tanah Online Melalui Situs Properti yang Kredibel
  3. Cara Cepat Jual Tanah Online Lewat Broadcast WhatsApp
  4. Cara Cepat Jual Tanah Online Melalui Agen Properti
  5. Cara Cepat Jual Tanah Online
  6. Tips Jual Tanah Online Aman dan Cepat Laku

1. Cara Cepat Jual Tanah Online Melalui Media Sosial

Media sosial menawarkan cara cepat jual tanah online yang murah. (Foto: iStock – Urupong)
Media sosial kini jadi platform paling cepat untuk menyebarkan berbagai informasi. Tidak hanya menambah pertemanan, banyak orang menggunakan media sosial untuk berjualan mulai dari pakaian, makanan, bahkan properti dan lahan.
Tidak sulit, Anda yang ingin menjual tanah bisa mengunggah foto atau kondisi lahan yang akan dijual ke media sosial pribadi. Agar lebih menarik, buatlah video yang menjelaskan luas tanah dan memperlihatkan kondisi lingkungan sekitarnya agar calon pembeli makin tertarik. Dengan gambar dan informasi yang jelas, promosi di media sosial jadi salah satu cara cepat jual tanah online yang tidak menguras kantong!

2. Cara Cepat Jual Tanah Online Melalui Situs Properti yang Kredibel

Situs listing rumah terpercaya seperti Rumah.com bisa jadi cara cepat jual tanah online.
Jika langkah pertama masih dirasa kurang, cara cepat jual tanah online lainnya adalah memanfaatkan situs properti seperti Rumah.com. Melalui Rumah.com, properti seperti rumah atau tanah Anda berkesempatan dilihat oleh jutaan orang di seluruh Indonesia sehingga kemungkinan terjual lebih tinggi. Lengkapi data tanah yang akan dijual seperti lokasi, luas, harga jual sampai jenis kepemilikan sertifikat.
Tidak perlu khawatir, situs properti seperti Rumah.com terpercaya dan merupakan bagian dari Property Guru yang merupakan perusahaan teknologi properti yang telah memiliki cabang di berbagai negara di Asia Tenggara.
Jual tanah melalui situs portal properti memang merupakan salah satu cara yang mudah dan aman. Sama halnya bila Anda sedang mencari hunian, Anda bisa menemukannya di situs rumah.com. Cek daftar hunian dijual di Bandung di bawah Rp1 miliar di sini!

3. Cara Cepat Jual Tanah Online Lewat Broadcast WhatsApp

Jaringan WhatsApp yang luas jadi peluang bagus memasarkan tanah. (Foto: iStock – Stockcam)
Agar makin maksimal, gunakan fitur broadcast WhatsApp sebagai cara cepat jual tanah online. Aplikasi yang memberikan layanan bertukar pesan ini telah memiliki setidaknya 112 juta pengguna di Indonesia sehingga kemungkinan menemukan calon pembeli makin terbuka.
Sebelum menggunakan fitur ini disarankan siapkan dulu narasi informasi penjualan tanah yang meliputi informasi penting seperti lokasi, luas lahan, harga, serta kontak penjual. Jika sudah, buka aplikasi WhatsApp, pilih “Daftar Broadcast/Broadcast Lists” di bagian kiri atas percakapan lalu pilih kontak yang akan Anda kirimkan broadcast.
Terakhir, copy narasi yang sudah dibuat sebelumnya lalu klik “kirim” dan informasi penjualan tanah Anda akan otomatis terkirim ke semua orang yang diinginkan. Jangan lupa pastikan pesan yang dikirim menampilkan video atau foto tanah dengan jelas.

4. Cara Cepat Jual Tanah Online Melalui Agen Properti

Agen properti biasanya telah memiliki channel pembeli potensial untuk menawarkan tanah.
Untuk meningkatkan peluang tanah segera terjual, Anda juga bisa menggunakan jasa agen properti dalam memasarkan lahan. Meskipun biaya yang dikeluarkan mungkin lebih mahal, namun dengan memilih agen properti yang kredibel, tanah Anda akan ditampilkan melalui situs resmi mereka dan dilihat banyak orang secara online. Biasanya selain informasi mengenai lahan, pihak contact person yang ditampilkan adalah pihak dari agen properti bukan penjual langsung.

5. Cara Cepat Jual Tanah Online Lewat Blog

Tapi perlu diingat pastikan blog yang Anda pilih memiliki jumlah pembaca yang cukup besar sehingga kesempatan tanah segera terjual makin besar. (Foto: iStock – Anayberkut)
Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk jual tanah secara daring adalah melalui blog. Anda bisa mencari blog pribadi atau situs yang khusus membahas seputar properti dan cobalah jalin kerja sama untuk memasarkan lahan. Tapi perlu diingat pastikan blog yang Anda pilih memiliki jumlah pembaca yang cukup besar sehingga kesempatan tanah segera terjual makin besar.

Tips Rumah.com

Cek kondisi air dan lingkungan sekitarnya sebelum membeli properti.

Tips Jual Tanah Online Aman dan Cepat Laku

Jangan pernah menyerahkan dokumen resmi seperti sertifikat tanah pada pembeli sebelum transaksi jual beli selesai.
Cara cepat jual tanah online di atas mungkin terkesan minim resiko karena sebagai penjual bisa memilih calon pembeli. Namun, Anda tetap tidak boleh lengah dan harus cermat dalam memasarkan tanah secara daring agar tetap aman dan cepat laku. Bagaimana caranya? Yuk simak langsung tipsnya di bawah ini:

1. Survei Harga Pasar

Anda mungkin sedang berada dalam kondisi terdesak dan butuh uang cepat. Namun bukan berarti tanah lantas dijual terlalu murah. Sebelum memasarkan, cari tahu dengan pasti kisaran harga pasar untuk lahan di lokasi yang sama. Mencari tahu kelebihan tanah seperti akses jalan yang mudah bisa menjadi daya tarik kuat yang menarik pembeli.

2. Pilih Situs Listing Properti Terpercaya

Saat memilih situs listing properti sebagai cara cepat jual tanah online, carilah platform yang sesuai target pasar Anda. Beberapa situs terlalu fokus menampilkan gambar properti sementara lainnya ada juga yang hanya menonjolkan informasi lahan/bangunan. Anda bisa memilih situs properti seperti Rumah.com yang memberi tampilan seimbang antara gambar dan informasi sehingga memudahkan pembeli untuk memilih.

3. Iklankan Melalui Beberapa Platform Sekaligus

Bagaikan menebar jala di laut, jangan hanya puas memasarkan tanah Anda di satu platform saja. Agar tanah cepat laku, gunakan beberapa cara yang telah dibahas di atas sekaligus selama beberapa hari bahkan minggu.
Untuk membuat calon pembeli makin penasaran, ceritakan kelebihan tanah yang sedang dipromosikan dan apa yang membuatkan lebih istimewa dibanding tanah lainnya. Misalnya beritahu jika tanah memiliki kondisi air yang bersih serta dekat dengan jalan tol.

4. Kenali Profil Pembeli

Sudah ada calon pembeli? Jangan langsung senang! Anda bisa mengobrol melalui pesan singkat atau bertemu langsung untuk memastikan beberapa hal seperti skema pembayaran yang akan digunakan cash atau kredit? Jika kredit bertahap, tentukan jangka waktu pelunasan yang diinginkan penjual. Selain itu demi terhindar dari penipuan Anda bisa mengecek nomor telepon calon pembeli melalui aplikasi pelacak kontak.

5. Jangan Menyerahkan Dokumen Tanah Asli

Ketika terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, sebaiknya hindari memberikan dokumen asli seperti sertifikat tanah pada pembeli tanpa pengawasan. Jika calon pembeli ingin memeriksa keahliannya, penjual bisa dampingi ke kantor BPN setempat atau menunjuk PPAT bersama.

6. Persiapkan Kondisi Tanah

Kondisi lahan yang kurang terawat atau terdapat bangunan liar di atasnya sering kali menurunkan minat beli. Karena itu, sebelum dipasarkan, pastikan kondisi tanah Anda terlihat bersih serta menampilkan kondisi di sekitarnya. Tanam beberapa bunga atau berikan pagar pembatas jadi trik yang bisa dicoba agar tampilan tanah terlihat indah.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara membuat sertifikat melalui notaris!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini