Ini Cara Kredit Rumah ke Pemilik Tanpa KPR, Mudah Banget!

Tim Editorial Rumah.com
Ini Cara Kredit Rumah ke Pemilik Tanpa KPR, Mudah Banget!
RumahCom – Harga rumah di Indonesia sering kali dianggap tidak sebanding dengan penghasilan warganya. Agar tetap bisa memiliki hunian, metode cicil atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ke bank jadi cara yang paling sering ditempuh. Tapi tahukah Anda, ada cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR lho.
Jika Anda sedang berencana memiliki tempat tinggal sendiri, namun belum memiliki dana yang cukup, jangan khawatir. Temukan solusinya di sini karena artikel ini akan membahas seputar:
  • Cara Kredit Rumah ke Pemilik Tanpa KPR
  • Syarat Kredit Rumah Langsung ke Pemilik Tanpa KPR
  • Proses Kredit Rumah ke Pemilik Tanpa KPR
  • Perbedaan Kredit Rumah Langsung ke Pemilik vs Developer
9 KPR Syariah Termurah dan Mudah Pengajuannya

9 KPR Syariah Termurah dan Mudah Pengajuannya

Cara Kredit Rumah ke Pemilik Tanpa KPR

Negosiasikan dengan penjual dp dan waktu membayar cicilan yang Anda inginkan. (Foto: Pexels – Mentat Dgt)
Rumah termasuk properti berharga tinggi sehingga proses jual belinya tidak bisa sembarangan. Kebanyakan, rumah dibeli melalui skema KPR di bank karena bunga kompetitif serta jangka waktu cicilan yang cukup panjang. Namun sebagian orang kurang cocok dengan metode KPR karena merasa bunga yang terapkan cukup tinggi dan harus mencicil selama puluhan tahun.
Tapi Anda tak perlu khawatir, jika belum memiliki uang cash yang cukup, ada 2 cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR yang bisa dicoba, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Cash Bertahap/Cash Keras

Sebelum bertransaksi, pastikan Anda telah memiliki target rumah incaran baik rumah second/bekas atau rumah baru yang dibangun developer. Jika hunian bekas milik perorangan, pastikan penjual setuju dengan sistem cicilan agar tidak ada masalah di kemudian hari. Libatkan juga notaris serta Pejabat Pembuat Akta Tanah untuk mengecek keaslian sertifikat rumah dan memastikan tidak dalam kondisi sengketa.
Pada metode ini, biasanya penjual akan meminta DP atau uang tanda jadi di awal. Jumlah yang ditetapkan cukup bervariasi mulai dari 20-30 persen dari harga rumah. Sebagai contoh, jika Anda membeli rumah seharga Rp450 juta dengan DP 20 persen, maka uang yang harus dibayar di awal adalah Rp90 juta.
Untuk pembayaran sisanya, Anda bisa berdiskusi guna menentukan waktu cicilan berikutnya. Skema yang bisa diterapkan antara lain melunasi pembelian rumah dalam waktu 12 bulan dengan membayar sebanyak 4 kali sebesar Rp90 juta/3 bulan. Walaupun tenor yang diberikan relatif pendek dan cicilan per bulan cukup besar, namun cara ini tidak dikenakan bunga sehingga total uang yang dikeluarkan akan lebih murah dibanding KPR ke bank.
Jika ingin mencoba cara ini, pastikan Anda memiliki penghasilan stabil dan tidak berasal dari satu pintu saja. Bila menggabungkan penghasilan bersama pasangan, pastikan selama proses mencicil tidak mengambil kredit lain sampai rumah benar-benar lunas guna menghindari pembayaran macet.

2. Kredit in House

Selain cash bertahap, cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR lainnya adalah dengan metode kredit in house. Layanan ini sudah banyak diterapkan pihak pengembang untuk mengakomodir kebutuhan pembeli yang ingin memiliki rumah impian namun enggan mengambil KPR ke bank.
Dibandingkan cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR sebelumnya, secara garis besar skema kredit in house memiliki dasar yang sama dimana Anda bisa mencicil hunian tanpa bunga dalam jangka waktu tertentu. Perbedaannya, cara ini memberikan waktu cicilan sedikit lebih lama yakni berkisar 60 bulan atau 5 tahun saja. Jangka waktu ini jelas lebih baik dibandingkan KPR ke bank yang umumnya menerapkan waktu minimal tenor 10 tahun.

Tips Rumah.com

Jangan ragu batalkan proses pembelian rumah jika nama pada sertifikat rumah berbeda dengan penjual tanpa disertai surat keterangan waris/hak menjual yang sah.

Syarat Kredit Rumah Langsung ke Pemilik Tanpa KPR

Pastikan sertifikat rumah yang akan dibeli berstatus SHM dan tidak sengketa.
Meskipun tidak melalui bank, ada sejumlah persyaratan dokumen yang harus dipenuhi sebagai syarat kredit rumah ke pemilik tanpa KPR. Inilah beberapa berkas yang perlu Anda siapkan:
  • Kartu Keluarga dan KTP
  • NPWP
  • Surat Nikah (Jika sudah menikah)
  • Akta lahir
  • Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
  • Surat Keterangan Kerja
  • Rekening Koran Tabungan 3 Bulan Terakhir
Sementara itu, bagi penjual, pastikan syarat berkas berikut terpenuhi agar Anda bisa menerapkan cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR
  • Sertifikat rumah asli
  • KTP penjual dan pasangan (jika sudah menikah)
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • Akta lahir
  • Bukti pembayaran PBB tahun terakhir
  • Bukti pembayaran listrik
Berkas tersebut nantinya akan dicek oleh PPAT untuk melihat status sertifikat di badan pertanahan. Agar mempercepat proses pemeriksaan, pastikan tidak ada perbedaan penulisan antara dokumen KTP, KK, dan sertifikat rumah.

Proses Kredit Rumah ke Pemilik Tanpa KPR

Cari developer yang menawarkan pembelian rumah dengan metode cash keras. (Foto: Pexels – Kindel media)
Dari pembahasan tentang cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR di atas, sudahkah Anda memutuskan metode pembayaran apa yang akan digunakan? Sebelum memilih, yuk pelajari dulu proses kredit rumah ke pemilik tanpa KPR yang harus dijalani:
  1. Cari rumah bekas dari perorangan atau developer yang menyediakan fasilitas cash keras dengan harga sesuai budget Anda.
  2. Untuk rumah bekas, diskusikan dengan pemilik tentang cara pembayaran rumah dan negosiasi mengenai uang DP atau tanda jadi. Sementara untuk developer biasanya telah disediakan skema pembayaran cicilan dengan beberapa alternatif pilihan waktu pelunasan.
  3. Setelah terjadi kesepakatan harga dan waktu cicilan, siapkan berkas yang dibutuhkan lalu pergi ke Notaris/PPAT terpercaya untuk pemeriksaan sertifikat dan dokumen dari penjual serta pembeli. Kemudian, pembayaran DP atau booking fee bisa dilakukan.
  4. Jika tidak ada masalah dalam dokumen pribadi dan sertifikat rumah, proses jual beli bisa dilakukan di kantor PPAT dengan membuat Akta Jual Beli (AJB) dan membayar pajak-pajak rumah seperti pajak penjual, pajak pembeli, dan BPHTB. Pembayaran cicilan berikutnya bisa Anda lakukan sesuai kesepakatan.

Perbedaan Kredit Rumah Langsung ke Pemilik vs Developer

Menabung DP sebelum beli rumah akan meringankan pengeluaran Anda. (Foto: Idx Channel)
Dari penjelasan cara kredit rumah ke pemilik tanpa KPR, keduanya memiliki prinsip yang sama. Namun tetap ada perbedaan melakukan kredit rumah langsung ke pemilik dan developer. Apa saja perbedaan mendasarnya? Inilah jawabannya:
  • Uang yang diberikan saat pembelian hunian langsung ke pemilik disebut tanda jadi sedangkan oleh developer disebut booking fee. Dari keduanya yang membedakan adalah booking fee biasanya hangus jika transaksi batal, sementara pada pemilik uang tanda jadi bisa dikembalikan full dengan perjanjian.
  • Rumah bekas yang dibeli langsung ke pemilik bersifat siap huni sementara pada developer beberapa perumahan menawarkan sistem beli gambar atau inden dan jenis siap huni.
Saat membeli rumah, jangan hanya terpaku pada satu hunian saja. Cari beberapa pilihan yang benar-benar mengakomodir kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda ya!
Tonton video berikut ini untuk mencari tahu perbedaan SHM dan HGB!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini