Aneka Cara Memasang Wallpaper Dinding, Mudah, Pasti Bisa!

Tim Editorial Rumah.com
Aneka Cara Memasang Wallpaper Dinding, Mudah, Pasti Bisa!
Rumah.com – Wallpaper dinding merupakan salah satu solusi bagi mereka yang bosan dengan cat tembok yang terkadang mudah menjadi kusam. Bukan hanya mengganti warna dinding, hadirnya wallpaper juga bisa memberikan nuansa baru pada rumah. Sebab wallpaper dinding umumnya mempunyai berbagai macam motif, seperti bunga, salur, hingga ada juga yang memiliki tekstur seperti bata.
Bagi yang belum pernah memasang wallpaper dinding, tentunya ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Alih-alih membuat rumah semakin cantik, memasang wallpaper dinding yang tidak tepat malah jadi berantakan. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai:
  • Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Sudah Ada Lemnya
  • Cara Memasang Wallpaper Dinding Tanpa Lem
  • Cara Memasang Wallpaper pada Dinding yang Tidak Rata
  • Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Lembap
  • Cara Memasang Wallpaper Dinding Kamar
  • Cara Memasang Wallpaper Dinding Dapur

Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Sudah Ada Lemnya

Ini cara memasang wallpaper yang sudah ada lemnya. (Foto: Homedepot.com)
Wallpaper dinding yang sudah ada lemnya merupakan salah satu jenis wallpaper yang paling banyak ditemukan. Penyebabnya adalah karena jenis ini membuatnya mudah dipasang pada dinding. Meski demikian, memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya tetap harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Tujuannya tentu saja agar hasilnya juga maksimal.
Cara memasang wallpaper dinding dengan lem:
  1. Kosongkan area dinding yang akan dipasangi wallpaper. Ini wajib dilakukan agar proses pemasangan tidak terganggu dan Anda lebih leluasa nantinya. Setelah itu, persiapkan dinding dengan teliti dan cermat.
  2. Jika ditemukan permukaan yang tidak rata seperti ada bekas lubang paku, usahakan jadikan rata dengan melakukan penyumbatan. Pastikan juga dinding terbebas dari rembesan air dan kebocoran sehingga tidak akan mudah mengelupas nantinya.
  3. Lakukan proses pengukuran yang tepat dan akurat. Ini penting untuk meminimalisir risiko kesalahan dalam pemasangan. Sebab, kalau salah ukuran, wallpaper yang sudah dipasang tidak bisa dicopot dan dipasang kembali.
  4. Pasang wallpaper dinding secara perlahan. Buka bagian perekat di belakang wallpaper secara perlahan dan disaat bersamaan, tempelkan wallpaper pada dinding. Lakukan proses ini secara perlahan dengan posisi memanjang dari atas ke bawah. Wallpaper dinding yang sudah ada lemnya pun terpasang dengan sempurna.
Memasang wallpaper dinding bisa jadi opsi yang murah meriah bagi Anda berencana mendekorasi dinding rumah Anda. Keuntungannya, selain bahannya murah juga bisa dikerjakan sendiri karena mudah. Lagi cari rumah yang aksesnya mudah? Cek pilihan rumah di Parung Panjang yang aksesnya kian mudah dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Cara Memasang Wallpaper Dinding Tanpa Lem

Cara memasang wallpaper dinding tanpa lem. (Foto: Thisoldhouse.com)
Sebenarnya, memasang wallpaper dinding tanpa lem tidak jauh berbeda dengan memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya. Caranya:
  1. Bersihkan dinding dari berbagai permukaan yang tidak rata, seperti paku dan lainnya. Bersihkan pula jika terdapat noda pada dinding apalagi yang bersifat basah karena dapat membuat wallpaper sulit tertempel.
  2. Ukur tinggi dan lebar dinding menggunakan meteran. Ini penting guna mengetahui kebutuhan wallpaper dinding yang akan dipasang.
  3. Supaya memudahkan pemasangan, buat garis lurus dari atas hingga ke bawah dinding. Garis lurus itu digunakan sebagai panduan dan garis awal mula pemasangan wallpaper.
  4. Kertas wallpaper yang sudah dipotong diolesi lem wallpaper menggunakan kuas aplikasi wallpaper. Hindari menggunakan kuas cat dinding karena ruas bulu kuas lebih lebar dan mudah sekali rontok.
  5. Tempelkan wallpaper yang sudah dilem pada dinding. Pastikan kalau setiap ujung wallpaper telah tertutup.
7 Jurus Penting agar Dinding Rumah Tetap Indah

7 Jurus Penting agar Dinding Rumah Tetap Indah

Cara Memasang Wallpaper pada Dinding yang Tidak Rata

Cara memasang wallpaper pada dinding tidak rata. (Foto: Bobvila.com)
Dinding rumah yang tidak rata tidak melulu diakibatkan adanya paku yang tertancap ataupun lubang, tetapi juga bisa dikarenakan stop kontak yang biasanya terpasang di dinding rumah, Bahkan ingin memasang wallpaper hingga ke langit-langit.
Memasang wallpaper pada dinding yang tidak rata tidaklah sulit, tetapi memerlukan ketelitian dan kejelian. Caranya:
  1. Bersihkan dinding dari noda ataupun kotoran yang menempel di dinding.
  2. Ukur tinggi dan lebar dinding supaya mengetahui berapa panjang dan lebar wallpaper dinding yang akan digunakan.
  3. Tempel secara perlahan wallpaper pada dinding.
  4. Ketika melewati daerah yang tidak rata seperti stop kontak, persiapkan cutter untuk melubangi wallpaper. Potong wallpaper yang menutupi stop kontak secara hati-hati agar tidak berlebihan. Jika sudah terpotong dengan sempurna, maka lanjutkan memasang wallpaper ke bagian lainnya.

Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Lembap

Cara memasang wallpaper di dinding yang lembap. (Foto: Which.co.uk)
Apabila dinding rumah lembab, wallpaper tidak bisa langsung dipasang begitu saja. Itu karena wallpaper akan cepat terlepas sehingga hasil wallpaper dinding yang terpasang tidak sesuai harapan. Untuk itu, atasi kelembaban yang ada pada dinding terlebih dahulu sebelum memasang wallpaper.
Langkah-langkahnya:
  1. Cari sumber kelembapan. Tujuannya guna memahami apa yang menyebabkannya sehingga masalah bisa teratasi. Biasanya, penyebab kelembaban adalah air yang terjadi karena kebocoran di rumah dan merembes ke dinding. Karenanya, cek plafon rumah dan saluran-saluran air di sekitar dinding yang lembab.
  2. Kalau kebocoran diakibatkan dari atap rumah, maka segera perbaiki genteng dan rangka atap yang rusak. Jangan lupa, lapisi dengan bahan waterproof, ini sangat membantu untuk memberikan perlindungan ekstra pada kelembaban.
  3. Jika kelembaban sudah teratasi, Anda pun bisa memasang wallpaper di dinding rumah. Caranya pun tergantung dari apakah sudah memiliki lem ataupun belum. Untuk dinding yang lembab, rekomendasi wallpaper yang bisa dicoba adalah wallpaper dengan kertas tahan air seperti berbahan vinyl ataupun fiberglass.

Tips Rumah.com

Selalu perhatikan kelembaban rumah karena dapat membuat cat dinding jadi memudar, mengelupas, hingga ditumbuhi lumut.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Kamar

Cara memasang wallpaper di dinding kamar. (Foto: Thespruce.com)
Kamar merupakan ruangan pribadi bagi seseorang, di mana mereka akan menghabiskan waktu mereka di malam hari untuk tidur dan bersantai. Memasang wallpaper dinding kamar sebenarnya sama saja dengan di ruangan lain. Yakni harus membersihkan dinding dari kotoran, noda, dan lainnya. Kemudian mengukur wallpaper yang dibutuhkan, dan menempelkannya di dinding secara perlahan agar hasilnya maksimal.
Meski begitu, pastikan wallpaper yang dipilih untuk dinding kamar sesuai dengan palet warna yang diinginkan. Tujuannya agar kamar dapat terlihat menarik dan nyaman bagi penghuninya. Selain itu, sesuaikan ukuran motif dengan ukuran kamar.
Apabila kamar berukuran kecil, hindari motif wallpaper dinding berukuran besar. Ini dilakukan untuk menghindari membuat kamar terlihat sempit dan ‘sumpek’. Yang paling terpenting, sesuaikan wallpaper yang dipilih dengan gaya Anda.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Dapur

Cara memasang wallpaper dinding dapur. (Foto: Pinterest)
Berbeda dengan wallpaper pada ruangan lainnya, khusus wallpaper dinding di dapur perlu dilakukan secara khusus. Penyebabnya karena kelembaban udara di dapur cenderung tinggi sehingga wallpaper rentan alami kerusakan.
Karenanya, pilih wallpaper yang memang sengaja didesain untuk dapur. Ada baiknya wallpaper yang dipilih mempunyai lapisan anti minyak sehingga melindungi warna dan corak wallpaper agar tidak mudah rusak.
Jika tidak tahu mau menampilkan wallpaper di dinding dapur, Anda bisa memasangnya di dinding belakang rak piring. Wallpaper yang terpasang di sana bisa menjadi focal point ruangan dan membuat tampilan dinding dapur lebih menarik.
Untuk cara pemasangannya pun cukup mudah. Yaitu setelah dinding bersih tanpa noda, kemudian menempelkannya di dinding dapur dan pastikan tidak ada bagian yang menggembung.
Itulah sejumlah cara memasang wallpaper Dinding wallpaper merupakan solusi murah untuk mengganti riasan rumah agar tampak lebih menarik bagi Anda dan keluarga.
Tonton video berikut untuk mempelajari rekomendasi model rumah sederhana tapi indah!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini