Cara Menanam Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara bertanam hidroponik kini semakin diminati masyarakat Indonesia. Simak panduan menanam hidroponik di rumah berikut ini.
Hidroponik Foto Utama

RumahCom – Hidroponik merupakan seni bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Cara bertanam hidroponik kini semakin diminati masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan dengan lahan terbatas.

Sistem bercocok tanam yang mengandalkan air sebagai medium ini bisa Anda jadikan pilihan untuk menyalurkan hobi. Kunci utama dalam bercocok tanam dengan metode ini adalah mengetahui teknik hidroponik sederhana, jenis tanaman yang sesuai untuk metode ini, media tanam, dan nutrisi yang tepat. Jika semua hal tersebut sudah dipahami dengan baik, Anda bisa menanam hidroponik di rumah dan memanen hasil kebun sendiri. Seru sekali, bukan?

Jenis Tanaman yang Sesuai untuk Hidroponik

Hidroponik #1Walaupun media tanamnya bukan tanah, jenis tanaman yang dapat dikembangkan secara hidroponik sangat bervariasi, contohnya sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias. Yuk, cek beberapa pilihan tanaman yang bisa ditanam sendiri di rumah dengan teknik hidroponik.

1. Selada

Selada merupakan tanaman yang populer ditanam secara hidroponik.  Sayuran hijau ini termasuk cepat tumbuh, yakni dapat tumbuh hanya dalam dua minggu setelah penanaman. Meskipun mudah dan cepat tumbuh, hasil panen selada dengan cara hidroponik bisa sangat baik dan berkualitas. Selada juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit, sehingga cocok ditanam di lahan yang terbatas.

 

2. Sawi

Sawi juga merupakan sayuran yang mudah ditanam dengan teknik hidroponik. Si hijau ini cukup digemari dan sering dijumpai di berbagai menu makanan. Menanam sawi sendiri di rumah akan menghemat biaya pengeluaran dapur Anda.

3. Kangkung

Kangkung adalah contoh sayuran berikutnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cara menanam dan merawatnya tidak ribet, sehingga Anda bisa menanamnya dalam jumlah besar.

4. Tomat

Tomat termasuk sayuran yang sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Selain memiliki rasa yang lezat, si merah yang mengandung banyak lycopene dan vitamin C ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Jadi, mengapa tidak menanamnya sendiri di rumah?

5. Stroberi

Dilansir dari Green and Vibrant, stroberi mudah ditanam secara hidroponik karena sistem akarnya yang kecil-kecil. Jika Anda adalah seorang pemula dalam melakukan teknik hidroponik, sistem wick adalah pilihan terbaik untuk menanam stroberi karena tidak memerlukan pompa air atau pemasangan irigasi yang rumit.

6. Kaktus

Siapa bilang hidroponik hanya untuk sayuran dan buah-buahan? Tanaman hias pun bisa ditanam secara hidroponik, contohnya kaktus. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak air dan bisa tumbuh dalam kondisi kering. Karakteristik tersebut membuat kaktus cocok ditanam secara hidroponik.

7. Lidah buaya

Ingin menanam sesuatu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda? Lidah buaya bisa menjadi pilihan karena bisa dimanfaatkan untuk membantu melembapkan kulit dan juga bisa diolah menjadi es buah yang menyegarkan. Tanaman ini juga membantu membersihkan udara di dalam ruangan.

5 Media Tanam Hidroponik

Caption: Media tanam yang digunakan untuk hidroponik harus memiliki daya serap yang tinggi dan mampu menopang struktur tanaman. (Foto: Pexels)

Caption: Media tanam yang digunakan untuk hidroponik harus memiliki daya serap yang tinggi dan mampu menopang struktur tanaman. (Foto: Pexels)

Meskipun teknik hidroponik tidak menggunakan tanah, Anda tetap membutuhkan media tanam untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Dilansir dari Epic Gardening, berikut ini beberapa jenis media tanam yang dapat menunjang pertumbuhan akar dan mempertahankan air dengan baik. 

1. Sekam Bakar

Sekam bakar merupakan kulit padi yang dibakar agar bebas dari hama dan bibit penyakit lainnya. Sekam bakar mampu menyimpan air, nutrisi, dan oksigen dengan baik sehingga cocok digunakan untuk menanam sayuran secara hidroponik.

2. Rockwool

Rockwool adalah serat yang dikumpulkan hingga membentuk seperti busa atau spons. Rockwool digunakan sebagai media tanam hidroponik karena mampu menyerap nutrisi dari air dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama, mulai dari pembenihan sampai tanaman tumbuh membesar.

9 Pagar Tanaman untuk Rumah Minimalis

Tips Rumah & Apartemen

9 Pagar Tanaman untuk Rumah Minimalis

3. Sabut Kelapa

Sabut kelapa memiliki daya serap tinggi sehingga kuat menampung cadangan air. Media tanam ini juga memiliki kandungan unsur-unsur yang penting bagi tanaman seperti fosfor, kalsium, kalium, dan natrium.

4. Spons

Spons merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang bagus, jadi biasanya digunakan saat pembenihan. Media tanam ini disarankan untuk tanaman yang memiliki ukuran kecil.

Tip Rumah
Pilihlah media tanam yang kuat untuk menopang pertumbuhan sayuran, buah-buahan, ataupun tanaman hias yang akan ditanam secara hidroponik.

5. Pupuk dan Nutrisi Hidroponik

Caption: Media tanam hidroponik perlu mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman. (Foto: Pexels)

Caption: Media tanam hidroponik perlu mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman. (Foto: Pexels)

Media tanam yang digunakan untuk bercocok tanam hidroponik perlu mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman, seperti nitrogen dan fosfor. Selain itu, pupuk nutrisi hidroponik juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan daun-daun kering dan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Kumpulkan daun-daun kering di sekitar rumah Anda hingga jumlahnya mencapai satu karung. Kemudian haluskan dan simpan di dalam wadah.
  • Siapkan bahan-bahan lain yang diperlukan yaitu satu bongkah gula merah, 20 L air bersih, dan 100 cc dekomposer yang bisa Anda dapatkan di toko tanaman.
  • Haluskan gula merah dan masukkan ke dalam wadah berisi daun-daun kering yang telah dihaluskan. Kemudian aduk sampai tercampur rata.
  • Tuangkan air sampai berbentuk adonan cair. Masukkan dekomposer, lalu aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  • Tutup wadah dengan rapat dan diamkan selama 10 hari.
  • Setalah 10 hari, pupuk nutrisi hidroponik yang Anda buat siap untuk digunakan.

Teknik Hidroponik Sederhana dengan Sistem Wick

Ada beberapa sistem dalam bercocok tanam secara hidroponik, salah satunya adalah sistem sumbu atau wick system. Sistem ini termasuk sederhana dan praktis, sehingga sangat populer di antara para pecinta hidroponik pemula. Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana bertanam hidroponik dengan wick system.

1.    Persiapan Menanam Hidroponik dengan Sistem Wick

  • Tentukan dan siapkan bibit tanaman yang ingin ditanam.
  • Pilihlah lokasi yang tepat dan sesuaikan dengan karakter tanaman.
  • Pastikan area di sekitar lokasi penanaman mendapatkan pencahayaan yang cukup.
  • Untuk tempat menanam, Anda bisa menggunakan botol plastik bekas minuman yang berukuran satu liter.
  • Sediakan alat sebagai pengalir nutrisi (wick system) seperti sumbu, kain flanel, atau kain bekas.
  • Siapkan air, pupuk nutrisi yang sesuai dengan jenis tanaman, dan media tanam yang Anda pilih.
  • Peralatan lainnya yang diperlukan adalah paku, gunting, pisau, dan cutter.

2.    Pembuatan Media Hidroponik dengan Sistem Wick

  • Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian dengan menggunakan gunting, pisau, atau cutter. Bagian bawahnya harus lebih besar daripada bagian atas.

  • Ambil botol bagian bawah, kemudian tuangkan air ke dalamnya dan masukkan pupuk nutrisi sesuai takaran, yaitu 5 ml pupuk nutrisi untuk setiap satu liter air.

  • Ambil penutup botol dan lubangi dengan menggunakan paku di beberapa titik. Kemudian masukkan kembali tutup botol ke leher botol. Lubangi juga permukaan pada bagian leher botol.

  • Ambil sumbu, kain bekas, atau kain flanel dan masukkan ke dalam lubang di penutup botol. Pastikan panjang sumbu sesuai agar dapat menyerap air dengan sempurna. Tunggu beberapa menit sampai sumbu menjadi basah.

  • Masukkan botol bagian atas dengan posisi terbalik ke dalam botol bagian bawah yang sebelumnya telah diisi air dan pupuk nutrisi. Isi botol bagian atas dengan media tanam.

  • Masukkan bibit tanaman pada botol bagian atas yang terbalik. Pastikan bibit terkena sumbu yang sudah basah.

  • Letakkan botol di area yang sudah Anda siapkan.

Tren gaya interior rumah yang bisa jadi contekan nih, nonton di video berikut ini.

 

3.    Perawatan Tanaman Hidroponik dengan Sistem Wick

Perawatan tanaman hidroponik dengan wick system benar-benar mudah, yaitu cukup meletakkannya di area yang bebas dari sampah, polusi kendaraan, atau asap dapur. Hindari paparan hujan langsung dan pastikan tanaman mendapatkan cukup cahaya agar bisa berkembang dengan baik.

Anda juga perlu memberikan pupuk nutrisi secara rutin, misalnya setiap minggu. Lalu pastikan campuran air dan pupuk nutrisi selalu tersedia dan botol tidak kering. Lanjutkan perawatan ini hingga sayuran dan buah-buahan siap dipanen.

Jadi, bertanam dengan cara hidroponik mudah dilakukan, kan? Anda bisa menerapkannya dengan mudah di rumah agar hunian menjadi lebih hijau, asri, dan segar. Informasi lebih lanjut tentang keuntungan bertanam secara hidroponik juga bisa Anda peroleh di artikel ini.

Apakah Anda sedang mencari rumah baru di lingkungan yang asri? Temukan banyak pilihan rumah menarik di sini.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rekomendasi Apartemen Developer Terpercaya Jakarta Selatan

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan