Cara Minimalisir Ongkos Saat Pindah Rumah

property for rent, property for sale, tenancy agreement, landlord, tenant

RumahCom – Pindah ke rumah baru sebenarnya adalah suatu hal yang menyenangkan. Akan tetapi, bila memikirkan biaya pindahan, kerapkali ini menjadi masalah yang cukup berat. Sebab, siapa sangka, ongkos pindah rumah ternyata tidak sedikit.

Namun, dengan mengumpulkan beberapa strategi, bukan tidak mungkin Anda bisa menekan biaya pindahan rumah yang cukup menguras kantong. Seperti apa caranya?

Dalam artikel ini, akan dibahas:

  1. Cara Minim Ongkos saat Pindah Rumah
  2. Be Smart tentang Utilitas
  3. Jual, Jual, Jual
  4. Biaya Pengemasan (Packing)
  5. Biaya Sewa Kendaraan Angkut
  6. Biaya BBM
  7. Biaya Jasa Bongkar-Muat
  8. Biaya Pengurusan Kepindahan
  9. Biaya Pembelian Furnitur Baru

Agar lebih jelas, yuk, baca penjelasan setiap poin tersebut di bawah ini!

Cara Minim Ongkos saat Pindah Rumah

Ketika membeli rumah baru, permasalah biaya tidak hanya berhenti di situ saja. Saat Anda pindah ke rumah baru pun, butuh biaya yang jika tidak diatur dengan baik malah bisa menguras kantong. Maka, berikut ini Rumah.com berikan beberapa cara minim ongkos saat pindah rumah yang bisa Anda terapkan.

a. Be Smart tentang Utilitas

Banyak utilitas seperti telepon, tv kabel, dan internet yang mengharuskan Anda untuk membayar iuran selama satu bulan penuh. Jadi, saat waktu pindahan tinggal satu bulan lagi, ada baiknya Anda segera menghubungi call center yang bersangkutan untuk memutus layanan ini. Selain memudahkan aktivitas pindah rumah, Anda juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk hal yang tidak menjadi kebutuhan utama.

b. Jual, Jual, Jual

Tidak ada yang lebih baik dari mengklasifikasikan barang-barang Anda ke dalam kategori sangat penting, penting, cukup penting, dan tidak penting. Tanyalah kepada diri Anda sendiri, apakah barang-barang ini akan diperlukan di masa depan. Langkah ini perlu Anda lakukan guna meminimalisir bobot barang yang akan dibawa ke rumah baru.

Jika Anda memiliki furnitur, pajangan, sepatu atau pakaian yang masih layak pakai, cobalah untuk menjualnya melalui bazar atau membuat garage sale di halaman depan rumah. Selain jumlah barang pindahan berkurang, Anda juga bisa menambah pundi-pundi uang untuk biaya pindahan.

c. Biaya Pengemasan (Packing)

Mengepak barang-barang yang akan dipindahkan memerlukan banyak stok kardus. Jika waktu pindahan Anda tinggal tiga bulan lagi, maka mulailah berbelanja produk rumah tangga yang dibungkus dengan kardus. Atau, Anda bisa mendapatkan kardus secara cuma-cuma dari pemberian tetangga dan toko sembako langganan.

Namun, ingat, untuk barang-barang yang mudah pecah atau berharga, baiknya ditempatkan pada kardus yang kokoh dan tebal seperti kardus televisi atau air conditioner. Anda bisa saja menggunakan stok kardus bekas yang ada di rumah. Namun, harus tetap mempersiapkan dana untuk membeli kardus baru.

Sebab, biasanya dibutuhkan kardus ukuran besar dalam jumlah cukup banyak untuk mengepak semua barang di rumah. Hitung kira-kira berapa jumlah kardus yang dibutuhkan untuk mengepak semua barang. Harga kardus sangat beragam mulai dari Rp1.000-Rp20.000. Untuk menghemat, Anda bisa membeli kardus di tukang loak.

Tips Fengshui: Waktu Pindah Rumah Sesuai Shio

Pindah ke Rumah Baru

Tips Fengshui: Waktu Pindah Rumah Sesuai Shio

d. Biaya Sewa Kendaraan Angkut

Ketika akan memindahkan barang-barang ke rumah baru, gunakanlah jasa penyewaan mobil khusus untuk mengangkut barang. Mobil box atau truk akan jadi pilihan yang tepat dan efisien untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga Anda akan menghemat biaya dan waktu.

Alternatif lainnya, mintalah bantuan teman terdekat untuk memindahkan barang-barang Anda ke rumah baru. Apalagi jika teman Anda memiliki sebuah truk atau mobil bak terbuka yang bisa dimanfaatkan. Cukup mentraktirnya dengan kudapan favorit dan membayar ongkos bensin, bujet pindah rumah Anda akan semakin terorganisir.

Untuk memindahkan barang yang banyak, Anda memerlukan sebuah kendaraan angkut. Anda bisa menyewa mobil box, mobil pick up, atau truk. Harga sewa di pasaran mulai dari Rp350.000 - Rp1.500.000 per rit (1 rit: 1 kali pengiriman barang dari lokasi A ke Lokasi B).

Besarnya biaya penyewaan kendaraan angkut umumnya bergantung pada jenis kendaraan, banyaknya rit, dan jarak tempuh. Pindahan ke luar kota tentu akan lebih mahal biaya sewanya. Perhitungkan dengan cermat untuk mendapatkan harga termurah.

e. Biaya BBM

Beberapa jasa sewa kendaraan angkut memberlakukan harga belum termasuk BBM. Karena itu, Anda wajib menyiapkan pengeluaran tambahan untuk biaya bahan bakar. Apalagi jika Anda melakukan proses pindahan sendiri. Perhitungkan jarak dan rit untuk mendapatkan kisaran biaya BBM.

f. Biaya Jasa Bongkar-Muat

Mobilitas tinggi dan minimnya waktu membuat sebagian orang memilih mempekerjakan tukang yang andal dalam urusan pindah rumah. Bila dana Anda besar, mungkin hal ini bukanlah sebuah kendala. Namun, bagaimana dengan si pemilik dana terbatas?

Tentu Anda harus rela menyempatkan satu atau dua jam setiap harinya untuk melakukan pengepakan barang. Agar terasa lebih ringan dan menyenangkan, Anda bisa mengajak serta pasangan dan anak-anak bahkan kerabat untuk mengerjakan kegiatan ini.

Kebanyakan jasa penyewaan kendaraan angkut tidak menyertakan jasa tenaga bongkar-muat. Mereka mungkin bersedia membantu mengangkut barang ke truk dan menurunkannya, tetapi hanya sebatas tempat-tempat yang dekat dengan truk angkut. Misalnya, mengangkut barang yang sudah ditumpuk di depan rumah dan menurunkannya di depan rumah pula.

Namun, untuk mengambil atau menempatkan barang ke ruangannya masing-masing, apalagi menempatkan lemari pada ruangan di lantai dua, biasanya penyedia jasa sewa kendaraan akan menagih jasa bongkar-muat.

g. Biaya Pengurusan Kepindahan

Selain biaya teknis, ada biaya-biaya kepindahan lain yang perlu Anda perhitungkan. Salah satunya biaya administrasi kependudukan, mulai dari balik nama properti (jika second), pengurusan akta tanah, akta bangunan, pembuatan kartu keluarga baru, dan KTP baru. Perhitungkan semua perkiraan biaya administrasi yang dibutuhkan.

h. Biaya Pembelian Furnitur Baru

Rumah baru selalu menggoda Anda untuk mengisinya dengan barang-barang yang baru pula. Jika memang berencana membeli furnitur baru, sebaiknya Anda sudah siapkan biayanya dengan matang. Ingat, masih ada kebutuhan lain yang lebih penting dari sekadar furnitur baru. Atau, jika barang tersebut memang sangat diperlukan, kunjungi toko furnitur yang sedang menawarkan promo cuci gudang dan potongan harga menggiurkan.

Jika rumah baru Anda dibeli dengan cara dicicil, video berikut bisa membantu Anda lebih cepat melunasi cicilan:

 

Temukan lebih banyak panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Rekomendasi Hunian Jakarta Timur

Dapatkan saran dari pakar properti terbaik untuk semua pertanyaan Anda!

Cek Tanya Properti dan nikmati akses eksklusif ke ribuan jawaban dari pakar kami dan komunitas agen properti. 💬⭐👍

Masukan