Cari Rumah dekat Stasiun MRT Jakarta?

Tim Editorial Rumah.com
Cari Rumah dekat Stasiun MRT Jakarta?
RumahCom – MRT Jakarta sudah resmi beroperasi untuk masyarakat umum sejak 25 Maret 2019. Tarif MRT Jakarta sendiri mulai Rp1.000 per stasiun. Sehingga untuk jarak terjauh yakni dari Lebak Bulus ke Bundaran HI, tarif MRTnya adalah Rp14.000. Tarif ini berlaku pada 1 April 2019 mendatang.⁣
Sedikit mengulas kembali, MRT atau Mass Rapid Transit dibangun oleh pemerintah guna memberikan kesempatan kepada warga kota Jakarta dan sekitarnya, dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas mobilitasnya menjadi lebih andal, terpercaya, aman, nyaman, dan ekonomis.
Mau cari hunian yang praktis dan dekat dengan stasiun MRT? Bisa mulai dari sini.
Saat ini, MRT Jakarta memiliki rute Lebak Bulus – Bundaran HI. Rute ini terdiri dari 13 stasiun dengan 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah. Sementara tahap II akan melanjutkan jalur selatan-utara dari Bundaran HI ke Kampung Bandan sepanjang 8,1km, yang ditargetkan beroperasi di tahun 2020.
Menariknya, MRT Jakarta juga telah terintegrasi dengan BRT Transjakarta dan tersambung dengan kereta commuterline dan kereta KAI (kereta bandara). Nah, tertarik punya rumah dekat stasiun MRT? Simak dulu empat hal yang harus diperhatikan.
  • Cek pergerakan harga
Harus selalu diingat, semakin dekat hunian dengan sarana infrastruktur maka semakin tinggi juga value-nya. Tak pelak, apartemen yang lokasinya ada dalam radius <1km dengan stasiun MRT Jakarta, menghasilkan gain mencapai lebih dari 30% per tahun.
Untuk menyimak pergerakan harga tersebut, Anda tidak harus dituntut menjadi ahli properti. Melalui Rumah.com Property Index, wawasan terkait perkembangan area incaran di kota-kota besar di Indonesia bisa dengan mudah ditemukan di sini.
  • Manfaatkan jasa agen real estate
Saat mencari rumah dekat MRT Jakarta, tidak ada salahnya juga meminta informasi dari agen mengenai rumah baru ataupun rumah bekas yang sedang dijual.
(Gunakan Kalkulator KPR dari Rumah.com menghitung kesanggupan Anda dan pasangan dalam mencicil rumah)
Setidaknya ada beberapa keuntungan menggunakan jasa agen properti, diantaranya mendapat layanan yang akurat dan pasti, memperoleh informasi (kondisi, harga rumah, dan lain-lain) secara obyektif, serta mempercepat proses transaksi (jual-beli atau sewa).
Simak jenis-jenis KPR yang tersedia di Indonesia pada tautan ini!
  • Mengenal lingkungan sekitar
Sebelum membeli rumah dekat MRT Jakarta, cari tahu sebanyak mungkin mengenai area tempat tinggal. Ketahui budaya masyarakat sekitar beserta tingkat kriminalitasnya dengan bertanya atau mengecek langsung kondisinya.
Ingat, lokasi tidak hanya dianggap penting oleh pembeli rumah pertama, melainkan semua orang. Itu sebabnya harga suatu properti sangat ditentukan oleh lokasi, karena lokasi berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum, bebas dari banjir dan sebagainya.
Untuk mengetahui situasi sebenarnya dari lokasi hunian incaran, Anda bisa mengawali langkah dengan menyimaknya di Area Insider di Rumah.com. Dari sini, Anda bisa mengetahui rekam jejak perkembangan kawasan tersebut, apa saja fasilitas yang ada di sana, sampai tren harga propertinya.
  • Lakukan survei langsung
Sebelum melakukan proses akad jual beli, ada baiknya jika Anda melakukan survei ke unit rumah tersebut. Anda akan segera menempati rumah tersebut, maka sebelum resmi melakukan pembelian ada baiknya bertanya banyak hal sedetil mungkin kepada pengembang.
Ada banyak masalah yang tidak diduga yangg bisa terjadi pada rumah baru. Anda bisa meminta bantuan kontraktor kenalan untuk mengecek kondisi bangunan secara detil.
Untuk mendapatkan informasi seputar perumahan baru yang disertai ulasan mendalam dan terpercaya, sehingga sangat layak untuk dijadikan referensi membeli rumah baru, Anda bisa cek Review Properti di Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Punya pertanyaan seputar beli rumah dan KPR? Klik Tanya Properti Rumah.com!