10 Cat Anti Bocor Berkualitas untuk Proteksi Rumah

Rumah bocor dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pemilihan cat yang tidak sesuai. Simak rekomendasi cat anti bocor berkualitas di bawah ini.
3. 10 Rekomendasi Cat Anti Bocor yang Berkualitas
Cat anti bocor dapat bertahan hingga 5 tahun. (Sumber: Pexels.com)

RumahCom – Kebocoran jangan dianggap sepele, hal ini dikarenakan kebocoran rumah dapat merusak beberapa bagian rumah seperti plafon hingga dinding berjamur karena lembab. Cat anti bocor adalah solusi terbaik yang bisa diterapkan untuk merawat dan menambah indah penampilan rumah. Warna cat mampu menampilkan atmosfer dan efek yang berbeda bagi sebuah ruangan.

Cat tidak selalu terkait dengan estetika, namun juga berfungsi untuk melindungi rumah dari ancaman cuaca ekstrem. Salah satu fungsi cat dalam melindungi rumah adalah mencegah dari kebocoran air. Rumah yang tidak dilapisi anti bocor besar kemungkinan akan mengalami kebocoran saat terjadi hujan. Sebelum membahas lebih lanjut terkait anti bocor berkualitas untuk proteksi rumah, berikut merupakan poin-poin penting yang akan menjadi pembahasan.

  1. Apa Itu Cat Anti Bocor dan Fungsinya
  2. 5 Tips Memilih Cat Anti Bocor untuk Melindungi Rumah
    1. Perhatikan Ketahanan Tekanan Airnya
    2. Pastikan Cat Anti Bocor Tersebut Anti-Jamur
    3. Pahami Cara Penggunaannya
    4. Pilih Cat Anti Bocor Sesuai Jenisnya
    5. Gunakan Cat Pelapis Anti Bocor Jika Diperlukan
  3.  10 Rekomendasi Cat Anti Bocor yang Berkualitas
    1. Drylok Original Latex
    2. Drylok Latex Extreme
    3. Propan DLI480 Decorlotus
    4. Dulux 40504 Aquashield
    5. Jotun Jotaplast
    6. No Drop
    7. Aquaproof
    8. Sika Raintite
    9. Welproof
    10. Heatgard
  4. Harga Cat Anti Bocor Terlengkap 2020
7 Jurus Penting Agar Dinding Rumah Tetap Indah

Tips Rumah dan Apartemen

7 Jurus Penting Agar Dinding Rumah Tetap Indah

1. Apa Itu Cat Anti Bocor dan Fungsinya

Kandungan cat anti bocor dapat menahan masuknya air pada rumah. (Sumber: Pexels.com)

Kandungan cat anti bocor dapat menahan masuknya air pada rumah. (Sumber: Pexels.com)

Kebocoran rumah adalah salah satu tantangan yang dihadapi oleh rumah yang berada di lingkungan dengan curah hujan tinggi. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan penggunaan anti bocor. Cat anti bocor sendiri merupakan cat dengan kandungan bahan-bahan yang diformulasikan dapat menahan resapan air.

Seperti definisinya, anti bocor berfungsi untuk menahan air hujan untuk tidak masuk ke dalam rumah. Selain fungsi utama menahan resapan air, anti bocor juga menjaga bagian rumah dari tumbuhnya jamur dan paparan cuaca panas matahari. Cat anti bocor ini cocok diaplikasikan di berbagai tempat, khususnya atap dan dinding bagian luar.

2. 5 Tips Memilih Cat Anti Bocor untuk Melindungi Rumah

Pilihlah cat anti bocor sesuai dengan karakteristik lingkungan dan kebutuhan. (Sumber: Pexels.com)

Pilihlah cat anti bocor sesuai dengan karakteristik lingkungan dan kebutuhan. (Sumber: Pexels.com)

Dengan cukup banyaknya jenis cat yang mengklaim sebagai anti bocor di luar sana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih anti bocor. Cat anti bocor dengan brand terkenal belum tentu cocok dengan kondisi di rumah Anda. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih anti bocor.

Demi melindungi dari tetesan air hujan, yang mungkin mengganggu tidur lelap Anda, ada baiknya jika Anda sesegera mungkin mengaplikasikan anti bocor di berbagai bagian rumah. Apalagi jika Anda sedang membeli rumah di daerah dengan curah hujan yang tinggi, seperti daftar rumah dengan harga 300 juta di wilayah Bogor ini. Melindungi tembok rumah dengan cat anti bocor penting untuk diterapkan.

a. Perhatikan Ketahanan Tekanan Airnya

Tips pertama adalah dengan memperhatikan ketahanan anti bocor pada ketahanan tekanan air yang berkaitan dengan cuaca. Dalam pemilihan anti bocor ada baiknya memperhitungkan kondisi iklim di mana rumah tersebut berada. Jenis cat yang dipilih di lokasi dengan tingkat curah hujan tinggi tentu berbeda dengan lokasi yang kering. Perbedaan ini juga diaplikasikan pada cat pelindung yang dipilih, agar rumah berada dalam kondisi yang baik dalam segala cuaca.

Baca juga: 18 Tren Warna Cat Rumah Tahun 2020

b. Pastikan Cat Anti Bocor Tersebut Anti-Jamur

Selain memilih cat dengan formulasi bahan anti bocor, Anda perlu juga mempertimbangkan cat anti bocor yang memiliki formula anti jamur. Seperti yang kita ketahui, atap dan dinding rumah dapat dengan mudah ditumbuhi jamur akibat perubahan cuaca dan berakibat percepatan pelapukan atap atau dinding. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sekaligus cat anti bocor dengan formula anti jamur.

c. Pahami Cara Penggunaannya

Setiap cat anti bocor memiliki tata cara penggunaannya masing-masing. Tata cara ini perlu Anda perhatikan dan ikuti agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain mengikuti tata cara penggunaan, pastikan atap maupun tembok yang akan dicat telah terlebih dahulu dibersihkan dari kotoran seperti debu, jamur, dan lumut yang menempel.

Tip Rumah
Oleskan cat anti bocor pada permukaan beton atau dinding yang mengalami retak rambut dengan kape (kuas cat yang lebih kecil dan bulu yang lebih halus) agar celah terisi sempurna.

d. Pilih Cat Anti Bocor Sesuai Jenisnya

Dipasaran terdapat beberapa jenis anti bocor yang digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Jenis-jenis anti bocor tersebut meliputi anti bocor berbahan styrene acrylic yang memiliki ketahanan yang kuat namun harga cukup mahal, anti bocor jenis membrane yang berbentuk lembaran, dan anti bocor corentius yang merupakan anti bocor dengan kandungan bahan zat adiktif dan semen.

e. Gunakan Cat Pelapis Anti Bocor Jika Diperlukan

Idealnya anti bocor diaplikasikan pada atap atau dinding tidak hanya sekali. Anda bisa melapisi atap atau dinding dengan anti bocor secara berkala dan jika sudah diperlukan. Umumnya, anti bocor bertahan berkisar antara 3 hingga 5 tahun berdasarkan merek dan kondisi lingkungan rumah.

3. 10 Rekomendasi Cat Anti Bocor yang Berkualitas

Cat anti bocor dapat bertahan hingga 5 tahun. (Sumber: Pexels.com)

Cat anti bocor dapat bertahan hingga 5 tahun. (Sumber: Pexels.com)

Dengan cukup banyaknya cat yang mengklaim sebagai cat anti bocor di luar sana, Anda mungkin akan cukup dibingungkan dengan beragam jenis merk. Jika Anda tidak terlalu memahami jenis anti bocor mana yang cocok, Anda bisa meminta rekomendasi ahli bangunan yang bekerja pada pembangunan rumah Anda. Hal ini dikarenakan pemilihan anti bocor juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan rumah Anda. Berikut ini 10 rekomendasi cat anti bocor berkualitas yang mungkin bisa Anda pilih.

a. Drylok Original Latex

Cat Drylok Original Latex. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Drylok Original Latex. (Sumber: Pixabay.com)

Drylok Original Latex adalah salah satu jenis cat anti bocor yang penggunaannya dapat diaplikasikan pada ruangan yang keperluan anti airnya pada tingkatan ringan. Contohnya seperti tempat mencuci, dapur, dan kamar mandi. Produk Drylok Original Latex mengklaim ketahanan anti bocornya dapat bertahan hingga 10 tahun.

b. Drylok Latex Extreme

Cat Drylok Latex Extreme. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Drylok Latex Extreme. (Sumber: Pixabay.com)

Cat anti bocor Drylok Latex Extreme merupakan salah satu anti bocor yang penggunaannya pada tingkat yang lebih berat. Anti bocor ini dapat menahan tekanan air hingga kedalaman 10 meter. Anti bocor ini tidak memiliki bau yang terlalu menyengat sehingga tidak menimbulkan efek samping kesehatan pada pemilik rumah. Selain itu, cat jenis ini juga cocok digunakan sebagai cat tembok karena memiliki tekstur yang cukup halus.

c. Propan DLI480 Decorlotus

Cat Propan DLI480 Decorlotus. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Propan DLI480 Decorlotus. (Sumber: Pixabay.com)

Cat anti bocor ini diformulasikan untuk menahan rumah dari kebocoran air hujan, pertumbuhan jamur dan kotoran-kotoran lain seperti lumut. Pengaplikasian cat ini juga terbilang mudah dan pastikan kondisi permukaan atap atau dinding telah bersih dari kotoran. Anti bocor ini juga telah memiliki sertifikasi yang aman digunakan dan tidak berdampak pada kesehatan dan kerusakan lingkungan.

d. Dulux 40504 Aquashield

Cat Dulux 40504 Aquashield. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Dulux 40504 Aquashield. (Sumber: Pixabay.com)

Selain dikenal dengan variasi cat temboknya, Dulux juga memiliki varian cat anti bor. Anti bocor jenis ini dapat digunakan sebagai pelapis cat tembok untuk melindungi dari terpaan air hujan. Proses pengeringan jenis cat ini membutuhkan waktu paling cepat 4 hingga 6 jam.

e. Jotun Jotaplast

Cat Jotun Jotaplast. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Jotun Jotaplast. (Sumber: Pixabay.com)

Jika anti bocor sebelumnya lebih fokus ke atap rumah, Jotun Jotaplast ini merupakan anti bocor yang dapat digunakan sebagai pelapis atau pelindung langit-langit atau plafon rumah. Dengan melapisi plafon dengan anti bocor diharapkan akan menghindari kebocoran atau rembesan air hujan masuk ke rumah. Cat anti bocor ini juga mudah diaplikasikan dan cepat untuk proses pengeringannya.

f. No Drop

Cat No Drop. (Sumber: Pixabay.com)

Cat No Drop. (Sumber: Pixabay.com)

No drop telah dikenal secara luas sebagai anti bocor. Produk-produknya dapat digunakan untuk melapisi berbagai bagian rumah mulai dari atap berbagai bahan, tembok, hingga plafon. Selain menahan kebocoran, produk ini juga diformulasikan sebagai anti jamur.

g. Aquaproof

Cat Aquaproof. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Aquaproof. (Sumber: Pixabay.com)

Kandungan polimer thixotropic pada anti bocor Aquaproof menjadikan anti bocor ini mudah diaplikasikan dan tidak menetes. Merk Aquaproof memiliki beragam jenis varian cat anti bocor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Cat anti bocor ini hampir dapat diaplikasikan di semua sudut rumah seperti atap, tembok, hingga facade.

h. Sika Raintite

Cat Sika Raintite. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Sika Raintite. (Sumber: Pixabay.com)

Jenis cat anti bocor berikut ini mungkin cukup asing di telinga Anda. Namun perlu diketahui, fungsi dan kegunaan dari cat anti bocor ini hampir sama dengan produk lainnya. Keunggulan lain dari produk ini adalah harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan merk cat anti bocor lain.

i. Welproof

Cat Welproof. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Welproof. (Sumber: Pixabay.com)

Salah satu kandungan dari cat anti bocor Welproof ini adalah alkali, yang mana cocok digunakan sebagai penahan kebocoran air. Fungsi dan kegunaan produk ini pun hampir sama dengan lainnya, namun produk ini juga telah dilengkapi dengan formula anti jamur. Jika dibandingkan, harga cat anti bocor Welproof ini lebih terjangkau dibandingkan cat lainnya.

j. Heatgard

Cat Heatgard. (Sumber: Pixabay.com)

Cat Heatgard. (Sumber: Pixabay.com)

Berbeda dengan produk lainnya, Heatgard merupakan cat yang digunakan untuk melapisi atap atau bagian rumah lain yang bermanfaat untuk mengurangi atau menolak panas efek dari sinar matahari. Dengan menggunakan cat ini, rumah anda akan terasa lebih sejuk dan nyaman walau matahari sedang terik-teriknya.

4. Harga Cat Anti Bocor Terlengkap 2020

Desain cafe minimalis dapat memaksimalkan ruang-ruang agar dapat digunakan lebih efisien. (Sumber: Pexels.com)

Desain cafe minimalis dapat memaksimalkan ruang-ruang agar dapat digunakan lebih efisien. (Sumber: Pexels.com

Nah, jika Anda sudah mengetahui berbagai jenis produk cat anti bocor beserta kegunaannya, mungkin Anda penasaran berapa kisaran harga dari cat anti bocor. Berikut ini merupakan harga cat anti bocor terlengkap dan terbaru 2020.

No Drop

20 kg

Rp. 780.000

No Drop

4 kg

Rp. 188.000

No Drop

1 kg

Rp. 49.000

Aquaproof

20 kg

Rp. 820.000

Aquaproof

4 kg

Rp. 183.000

Aquaproof

1 kg

Rp. 47.000

Heatgard

20 kg

Rp. 1.070.000

Heatgard

4 kg

Rp. 232.000

Aquagard

17.5 kg

Rp. 320.000

Aquagard

2.5 kg

Rp. 53.000

Bitadur

20 kg

Rp. 612.000

Bitadur

4 kg

Rp. 138.000

Bitadur

1 kg

Rp. 36.500

Sika Coat

20 kg

Rp. 899.000

Sika Coat

4 kg

Rp. 198.000

Sika Coat

1 kg

Rp. 52.500

Itulah ulasan lengkap beserta rekomendasi cat anti bocor yang bisa anda pilih agar perawatan rumah semakin terjaga. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan cat anti bocor sebagai salah satu list wajib untuk proteksi rumah Anda dari cuaca ekstrim ya.

Berencana membeli rumah pertama Anda, dan sedang menyiapkan DP?  Simak tipsnya dalam video di bawah!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Tanya Rumah

Temukan jawab seputar properti dari ahlinya

Baca Selanjutnya

Kalkulator Properti
Repayment Calculator Icon
Ketahui prakiraan uang muka dan cicilan rumah impian Anda dengan Kalkulator KPR Rumah.com.
Rp
Affordability Calculator Icon
Hitung perkiraan besar pinjaman dan cicilan maksimal yang bisa diajukan berdasarkan penghasilan Anda lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com
Refinancing Calculator Icon
Ringankan cicilan KPR Anda lewat refinancing. Hitung seberapa besar manfaatnya bagi Anda dengan Kalkulator Refinancing Rumah.com

4 Hunian Modern Di Kawasan Bogor Sekitarnya

Masukan