Mengenal Cat Kayu, Fungsi, Cara Mengaplikasikan, Rekomendasi dan Harganya Tahun 2022

Tim Editorial Rumah.com
Mengenal Cat Kayu, Fungsi, Cara Mengaplikasikan, Rekomendasi dan Harganya Tahun 2022
RumahCom – Cat Kayu adalah sebuah cairan lapisan untuk kayu dengan berbagai macam jenis warna. Cat kayu ini merupakan salah satu bagian dalam hal interior dan eksterior rumah. Ada beberapa jenis cat kayu yang dapat dipiih sesuai dengan kegunaan dan untuk jenis kayu tertentu.
Untuk lebih jelasnya, maka artikel kali ini akan membahas tentang cat kayu, fungsi, cara mengaplikasikan, rekomendasi, serta harga terbarunya di tahun 2022, yang meliputi sebagai berikut:
  • Fungsi dan Cara Mengaplikasikan Cat Kayu
  • Tips Memilih Cat Kayu yang Baik
  • 8 Rekomendasi Cat Kayu dan Harganya
12 Bahan Bangunan Rumah Berkualitas dan Daftar Harga Terlengkap

12 Bahan Bangunan Rumah Berkualitas dan Daftar Harga Terlengkap

Fungsi dan Cara Mengaplikasikan Cat Kayu

Cat kayu ada dua jenis. Yang mengkilap dan yang tidak. (Foto: Pinterest)
Pada umumnya, cat kayu terbagi menjadi dua jenis, mengkilap atau glossy, dan yang tidak mengkilap. Dua-duanya memiliki fungsi yang berbeda untuk furniture kayu. Berikut penjelasannya.

Cat Kayu Mengkilap (Glossy)

Jika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan cat kayu warna gloss sebagai top coat pada saat finishing maka banyak keuntungan yang akan Ada dapatkan antara lain:
  • Mudah dibersihkan
Permukaan furniture dengan finishing gloss cenderung mudah dibersihkan karena licin. Terlebih jika Anda bisa mendapatkan tingkat high gloss. Kemudahan dibersihkan ini tidak akan membuat debu menempel dalam waktu lama pada furniture Anda.
  • Permukaan rata
Tekstur furniture ini akan terlihat keras dan rata. Tidak akan bekas sidik jari yang terlihat. Bahkan akan sangat mudah ketika proses finishing-nya.
  • Mewah/ Berkelas
Furniture yang menggunakan cat kayu warna gloss ini akan terlihat mewah. Furniture akan terlihat mahal walaupun jenis kayu yang digunakan murah seperti kayu jati belanda atau kayu pinus. Warna gloss pada furniture akan meningkatkan gaya interior rumah Anda.
  • Memberikan efek cahaya yang menarik.
Warna gloss cenderung dapat memantulkan cahaya lampu. Sangat cocok jika Anda suka bermain dengan lampu spot seperti pada furniture mini bar, table lamp, dll.
  • Wet Area
Pada wet area ini tidak hanya tingkat high gloss atau gloss yang bisa digunakan tetapi juga semi gloss. Wet area berarti area yang lembab atau area yang sering terkena air seperti dapur atau kamar mandi.
Di sini cat kayu warna gloss berfungsi dengan sangat baik. Dilihat dari kemudahannya untuk dibersihkan serta memiliki efek lain yaitu memiliki tingkat keras yang bagus. Sehingga menutup pori-pori kayu dengan baik agar air atau kelembapan tidak menyerap di dalam serat kayu yang memberikan efek kerusakan.
Pengaplikasian cat kayu yang benar akan memaksimalkan fungsinya seperti melindungi permukaan furnitur, membuat kayu tahan lama, tahan terhadap perubahan cuaca, dan anti rayap. Lagi cari rumah dengan material bangunan yang baik sehingga kuat dan tahan lama terhadap perubahan cuaca? Cek pilihan rumahnya di Depok harga di bawah Rp600 jutaan di sini!

Cat Kayu Tidak Mengkilap (Matte)

Apa keuntungannya ketika Anda memilih cat dengan tingkat pantulan cahaya yang rendah? Tentu saja tidak hanya cat glossy yang memiliki banyak keuntungan, cat matte juga memiliki keunggulan tersendiri yang perlu dimanfaatkan.
  • Tampilan Menarik.
Tren furniture kayu natural tidak perlu menggunakan tampilan mengkilap. Hasil cat tampilan natural memiliki kesan dekat dengan alam. Daya tarik alami, pedesaan akan hidup ketika Anda menerapkan finishing matte pada kayu.
Kesan natural juga perlu ditambahkan pada furniture atau lantai kayu gaya modern. Tampilan matte akan memperlihatkan kesan bersih. Misalnya saja lantai kayu yang kurang mengkilap akan terlihat alami dan nyata. Tidak adanya ikut campur tampilan mengkilap membuat kayu seolah-olah tidak dilapisi bahan finishing.
  • Daya tahan
Ketahanan adalah faktor utama ketika Anda memilih bahan finishing yang digunakan untuk bahan olahan kayu. Jenis kayu yang Anda pilih akan berdampak besar dengan seberapa tahan itu dapat digunakan.

Cara Mengaplikasikan Cat Kayu

Untuk hasil yang maksimal, perhatikan cara mengaplikasikan cat kayu. (Foto: Pacific Paint)
Ada beberapa cara mengecat kayu yang dapat Anda perhatikan agar terlihat baik dan sempurna hasilnya. Mulai dari pemilihan cat, pengaplikasian, hingga tahap akhir dan perawatan. 9 langkah dalam proses mengecat kayu agar hasil maksimal:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama yang harus Anda perhatikan adalah alat dan bahan mengecat yang ingin digunakan. Alat dan bahan mengecat tersebut antara lain seperti:
  • Bak cat
  • Kaleng air
  • Lakban
  • Koran atau kain
  • Gerinda atau Amplas
  • Dempul
Beberapa peralatan lainnya yang perlu Anda persiapkan adalah sapu untuk menghilangkan debu-debunya. Lalu, pilihlah cat yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk pula untuk kuas yang akan digunakan, pilihlah yang nyaman agar mempermudah proses pengecatan nantinya. Sediakan minimal 2 kuas atau sesuai kebutuhan.
Dengan mempersiapkan peralatan ini sedari awal, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga agar tidak perlu repot dan bolak-balik mencari alat-alat tersebut satu per satu. Siapkan juga sarung tangan, kacamata dan masker untuk melindungi tubuh Anda dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam cat.

2. Menutup Bagian yang Tidak Dicat

Agar mendapatkan hasil yang bagus, dalam cara mengecat kayu Anda perlu mempersiapkan langkah dasarnya terlebih dahulu. Misalnya saja, jika Anda ingin melakukan pengecatan di dalam ruangan, pastikanlah sekitar furnitur sudah tertutupi oleh kain atau penutup lainnya. Tujuannya agar tidak terkena cat kayu yang digunakan.

3. Memastikan Kayu Kering dan Bersih

Anda dapat mengecat kayu dengan baik hanya jika bagian kayu tersebut telah kering dan bersih permukaannya. Apabila masih basah, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari terlebih dahulu. Pastikan permukaan kayu kering dan bersih, setelah itu Anda bisa melanjutkan cara mengecat kayu yang selanjutnya.

4. Meratakan Bagian Kayu

Cara mengecat kayu selanjutnya adalah melakukan gerinda pada bagian kayu yang ingin di cat. Memang, proses menggerinda cukup sulit dilakukan dan harus dilakukan oleh para ahli agar hasilnya semakin merata, halus, dan rapi.

Tips Rumah.com

Proses menggerinda pada bagian kayu dilakukan agar lebih mudah dalam proses pengecatan. Terlebih lagi ketika memberikan pewarnaan cat dasar nantinya.

Bila tidak menggunakan gerinda, alternatifnya adalah Anda dapat menggunakan kertas amplas. Gunakanlah gunakan amplas alumunium oxide dengan yang tebal agar cat yang lama dapat mengelupas dengan sempurna.

5. Menggunakan Cat Dasar

Menggunakan cat dasar merupakan cara mengecat kayu yang benar berikutnya. Pada umumnya, banyak orang yang tidak memperhatikan penggunaan cat dasar untuk pengecatan kayu atau furnitur rumah.
Akan tetapi, bila menginginkan hasil maksimal, ada baiknya Anda gunakan cat dasar ini, terutama bila Anda ingin mengubah warna cat sebelumnya. Cat dasar yang dapat Anda pilih misalnya adalah warna putih.

6. Mengecat Kayu dengan Cat Utama

Kemudian, untuk cat utamanya, Anda bisa memilih cat dengan bahan dasar air atau minyak. Namun, kedua jenis cat ini juga tergantung pada jenis kayunya. Sebaiknya Anda perlu mencari tahu cat yang tepat untuk kayu yang digunakan agar hasilnya semakin baik.
Kalau memilih cat kayu (water based) berbahan dasar air maka pengencernya adalah tentu saja air sedangkan pengencer cat kayu berbahan dasar minyak (solvent based) adalah thinner cat kayu.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cat wood stain untuk membuat kayu terlihat alami karena hasil jadi dari proses ini akan menonjolkan estetika serat kayu.

Menggunakan Pernis

Langkah terakhir pengecatan adalah mengaplikasikan pernis kayu atau clear coat. Meski sebenarnya penggunaan bahan ini bukanlah hal yang ‘wajib’, Anda bisa menambahkannya agar cat pada kayu semakin terlihat mengkilap dan bersinar dibandingkan sebelumnya. Anda bisa menambahkan pernis saat pengecatan telah selesai dan kering.
Oleskan bahan tersebut secara merata pada bagian kayu yang dicat sebelumnya. Gunakanlah kuas yang berbeda dengan kuas untuk mengecat tersebut untuk hasil maksimal. Jika pengolesan pertama dirasa masih kurang, maka lakukanlah pengolesan kedua dengan kadar secukupnya. Semakin banyak lapisan cat maka warna kayu yang dihasilkan akan semakin gelap.

Membersihkan Peralatan

Jika pengecatan pada permukaan kayu telah sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang Anda pakai, terutama kuas, dan cat kayu itu sendiri. Di tahap finishing ini, segera cuci alat-alat tersebut dengan air bersih sebelum mengering dan mengeras.
Membersihkan peralatan pengecatan ini menjadi penting untuk menjaganya tetap awet dan agar bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya, mengecat furniture lain dari rumah Anda.

Melakukan Perawatan Secara Berkala

Setelah mengetahui cara mengecat kayu di atas, langkah yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan perawatan furniture dari kayu yang sudah dicat sebelumnya. Misalnya saja dengan menjaga tingkat kelembapannya. Sebaiknya tidak ditempatkan pada ruangan yang terlalu lembap karena dapat membuat cat cepat rusak.
Begitu pula bila jika diletakkan pada tempat yang terlalu panas dan terpapar sinar matahari langsung, akan membuat cat menjadi pudar. Kemudian, lakukanlah pembersihan secara berkala untuk menghindari dari kotoran dan debu yang menempel. Sebab, dengan adanya debu dan kotoran yang menempel, maka akan mempengaruhi kualitas cat pada furnitur.

Tips Memilih Cat Kayu yang Baik

Sebelum membeli cat kayu, sesuaikan dulu dengan kebutuhan. (Foto: Pinterest – Bramble Furniture)
Pemilihan cat kayu mungkin terdengar sepele, beberapa orang lebih mementingkan warnanya. Padahal jika dilakukan sembarangan, hasilnya akan menjadi kurang sempurna dan kayu tidak terlihat indah. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih cat kayu? Berikut ulasannya.

Perhatikan Jenis Kayu

Pertama-tama Anda harus mengetahui jenis kayu yang akan dicat terlebih dahulu. Pasalnya masing-masing kayu memiliki serat dan kandungan kimia yang berbeda. Misalnya saja untuk kayu jati yang memiliki serat dan tekstur cantik, akan lebih baik jika dilapisi menggunakan cat kayu berbahan dasar air. Dengan demikian, kecantikannya tetap menonjol dan lebih mengkilap.
Sedangkan kayu dari pohon pinus atau yang disebut juga kayu jati belanda biasanya memiliki serat dan warna yang tidak merata. Untuk menyiasatinya, Anda perlu menggunakan cat kayu yang sifatnya primer coat.

Perhatikan Posisi Penempatan Furnitur

Selanjutnya adalah melihat posisi di mana furnitur akan ditempatkan. Misalnya untuk pagar kayu yang sering terkena sinar matahari dan hujan, pilihlah cat waterproof. Dengan demikian pagar kayu tidak akan mudah lapuk, ditumbuhi lumut, dan berjamur.
Untuk lantai kayu, gunakan cat kayu yang sifatnya melindungi kayu dari gesekan sepatu dan benda-benda berat. Sedangkan furnitur kayu biasa seperti meja, kursi, dan lemari, cukup menggunakan cat kayu plitur atau cat warna solid karena tidak sering terkena gesekan.

Pilih Cat Kayu Berdasarkan Tingkat Transparansi

Berdasarkan tingkat transparansi, cat kayu terdiri atas cat warna solid dan cat pelitur transparan. Cat kayu warna solid memiliki kepekatan tinggi sehingga serat kayu bisa tertutupi dengan sempurna dan cocok untuk melapisi furnitur kayu minimalis serta modern.
Sementara, cat kayu plitur transparan bisa menambah kilau pada permukaan kayu dan melindunginya dari goresan, namun serat kayu tetap terlihat seperti aslinya. Cat yang satu ini cocok untuk furnitur bergaya klasik, etnik, dan tradisional.

Pilih Cat Kayu Berdasarkan Cara Pengaplikasiannya

Sama seperti cat pada umumnya, cat kayu pun jenisnya dibedakan untuk pengaplikasian menggunakan alat semprot dan kuas. Cat kayu semprot digunakan untuk melapisi permukaan furnitur yang memiliki banyak ukiran atau bentuk rumit.
Dengan demikian, celah-celah kecil bisa dilapisi dengan sempurna. Sedangkan cat kayu yang dioleskan menggunakan kuas lebih cocok untuk melapisi permukaan kayu yang rata.

Pilih Warna Cat yang Tepat

Memilih warna cat kayu yang tepat butuh proses juga, tidak hanya sekedar menunjuk warna favorit. Pada saat memilih, jangan terpaku pada kartu warna yang disediakan oleh pihak produsen cat kayu. Sebaiknya kamu membawa potongan kayu sisa dari furnitur yang akan dicat untuk diolesi cat kayu.

10 Rekomendasi Cat Kayu dan Harganya

Anda bisa memilih beberapa merek cat kayu yang ada di pasaran. (Foto: Pinterest – Arafuru)
Rekomendasi cat kayu dapat Anda temukan di pasaran dengan harga, jenis, dan merek yang bervariasi. Namun jika Anda kebingungan untuk memilih wood stain yang berkualitas dengan harga ekonomis, langsung saja simak rekomendasi cat kayu untuk furnitur atau perabotan berikut ini!

Propan Go Fast A-1000 (Rp78.000)

Propan membuat terobosan cat inovatif yang ramah lingkungan dan tidak beracun. Jika biasanya cat sintetis menggunakan thinner sebagai bahan pengencernya, Cat Propan ini malah bisa dilarutkan dengan air.
Cat Propan Go Fast pun 5 kali lebih cepat kering dibanding cat sintetis berpengencer thinner. Cukup 10 menit, cat ini sudah kering sentuh dan 2 jam untuk kering sempurna. Anda bisa mengecat berbagai furnitur lebih nyaman karena cat ini tidak berbau.
Go Fast juga memiliki ribuan pilihan warna, bahkan bisa ditinting dengan tingkat kilap tinggi sehingga kayu di rumah Anda akan terlihat cantik. Selain itu, cat ini juga memiliki warna gloss yang kinclong terus, tahan lama dan tidak mudah pudar

Propan Wood Stain (Rp83.000)

Propan Wood Stain merupakan pewarna kayu dengan pengencer air yang tahan cuaca. Cat ini cocok digunakan untuk finishing bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu, seperti pintu, jendela, kusen, railing tangga, lisplang, pergola kayu, dan lain-lain.
Cat kayu ini ramah lingkungan, cepat kering, tahan cuaca dan jamur. Propan Wood Stain memiliki banyak pilihan warna dengan hasil yang halus dan dapat mengekspos keindahan serat kayu. Untungnya, produk ini bisa digunakan untuk area eksterior dan interior ruangan.

Glo-Tex Super Synthetic Paint (Rp45.000)

Cat kayu Glotex Super Synthetic Paint ini berbasis minyak dan tidak mengandung zat logam berat. Karena basisnya yang terbuat dari minyak, cat kayu anti air ini tidak akan mudah rusak meski terkena hujan atau kebasahan.
Keunggulan dari cat ini adalah daya tutup dan daya sebar yang baik, sehingga dapat melapisi semua rangka furnitur. Cat ini juga cepat kering dan mampu menawarkan hasil pengecatan yang cukup mengilap. Untuk hasil terbaik, Glotex menyarankan pemakaian hingga 2 lapisan agar kayu terlihat lebih indah.

Kansai Paint Ftalit (Rp59.900)

Jika Anda menginginkan cat kayu terbaik yang serbaguna, kamu bisa menggunakan cat Kansai Paint Ftalit. Selain dapat digunakan pada material kayu, cat ini juga dapat diaplikasikan pada material besi.
Produk ini dapat memberikan warna sekaligus lapisan pelindung pada permukaan kayu, besi, dan logam. Cat Ftalit juga dapat kering dalam waktu singkat dengan daya tutup dan daya adhesi yang baik.

Avian High Gloss Enamel (Rp60.000)

Cat kayu Avian ini cocok digunakan untuk melapisi perabotan kayu karena dapat memberikan hasil akhir yang mengkilap. Selain untuk kayu, cat ini juga dapat diaplikasikan pada material besi.
Avian High Gloss Enamel terbuat dari bahan alkyd dengan daya tutup maksimal dan mampu melindungi furnitur dari cuaca ekstrem. Produk ini dapat Anda gunakan pada pagar, kusen, pintu, jendela, atau bahkan rolling door.

Belazo Woodstain (Rp75.000)

Produk Belazo dirancang untuk memberikan hasil akhir yang mengkilap dengan lapisan film pelindung yang tebal. Furnitur yang dicat dengan cat Belazo ini juga tahan terhadap sinar UV.
Produk ini dapat menciptakan permukaan kayu dengan lapisan bening, sehingga cocok untuk kamu yang menginginkan nuansa rustic di dalam rumah. Jangan khawatir, produk buatan Belazo ini tidak mengandung racun dan baik untuk lingkungan!

Biovarnish Wood Stain (Rp81.000)

Cat buatan Biovarnish ini menyediakan 20 pilihan warna sehingga Anda bisa memilih warna yang paling Anda sukai. Produk ini terbuat dari bahan pewarna berbasis water-based acrylic stained emulsion, sehingga aman untuk digunakan.
Anda dapat menggunakan cat ini sebagai pengganti bahan pelitur kayu konvensional atau pernis kayu. Kelebihan cat ini adalah lebih cepat kering, tahan air, dan tidak lengket.

Mowilex Acrylic Gloss Enamel (Rp128.000)

Cat kayu Mowilex ini sangat baik untuk lingkungan karena tidak terbuat dari zat-zat yang membahayakan alam Selain itu, cat ini juga tidak mengeluarkan bau yang menyengat, sehingga nyaman untuk digunakan.
Perabotan yang dilapisi menggunakan cat ini dapat dengan mudah dibersihkan berkat zat kimia yang terkandung di dalamnya, sehingga Anda tak perlu khawatir ketika terdapat debu atau kotoran yang menempel di furnitur. Kelebihan cat ini adalah warnanya yang tidak mudah memudar atau menguning.
Itulah penjelasan tentang cat kayu, fungsi, cara pengaplikasian, rekomendasi, serta harga cat kayu terbaru yang ada di pasaran. Semoga dapat membantu Anda dalam mencar cat kayu yang sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.
Tonton video yang informatif berikut ini untuk mendapatkan tips memilih warna cat rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini