Cermat Membeli Rumah Saat Pameran

pameran-properti

Pameran properti acapkali dimanfaatkan para developer sebagai ajang untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan produk residensialnya kepada khalayak luas. Baik itu apartemen baru, rumah baru, maupun rumah toko alias ruko.

Sedangkan bagi konsumen, pameran properti sangat dinanti sebab tak jarang ada penawaran menarik yang diberikan pengembang. Misalnya bisa beli rumah tanpa DP (uang muka), potongan tenor cicilan, bahkan bebas biaya legalitas.

Promo menggiurkan ini lantas memicu hasrat sejumlah konsumen untuk segera memesan unitnya. Akan tetapi sebenarnya, membeli rumah saat pameran tetap dibutuhkan prinsip kehati-hatian demi menghindari penyesalan di kemudian hari.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dicermati konsumen dengan baik diantaranya:

Surat Pesanan Rumah
Jika sudah menemukan rumah impian Anda, jangan terburu-buru untuk membayar uang muka. Sebaiknya, minta pengembang untuk mencantumkan secara tertulis janji-janji dan penawaran menarik tentang rumah yang dipasarkan.

Pengembang biasanya juga akan meminta tanda tangan Anda di dalam surat pesanan.

Isi surat pesanan terdapat klausul yang menetapkan bila konsumen tidak menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) sesuai jadwal, maka pesanan akan dianggap hangus. Ironisnya, seringkali agen pengembang tidak memperlihatkan draft PPJB tersebut saat pameran.

Cermati Isi PPJB
Isi PPJB mencakup:

  • harga jual dan biaya-biaya lain yang harus ditanggung konsumen
  • tanggal serah terima yang tidak boleh lebih dari satu tahun sejak pembayaran
  • spesifikasi bangunan dan lokasi
  • denda keterlambatan bila pengembang telat melakukan serah terima
  • hak konsumen untuk membatalkan perjanjian ketika pengembang lalai
  • kepastian penandatanganan akta jual beli dan dendanya
  • masa pemeliharaan 100 hari sejak serah terima.

Lebih baik Anda cermati dahulu setiap poin-poin yang tertera dalam PPJB ini agar tidak menyesal setelah tanda tangan.

Mengetahui Spesifikasi Rumah
Biasanya calon konsumen hanya ingin melihat-lihat dahulu produk hunian saat pameran. Namun, ketika ada rumah yang cocok dengan harga terjangkau -apalagi dengan iming-iming kemudahan pembayaran- niscaya hal ini akan membuat tergiur.

(Temukan informasi akurat seputar perumahan baru di rumah.com/review)

Untuk itu, jika sudah tertarik pada sebuah lokasi perumahan, pastikan Anda mengetahui spesifikasi rumah yang Anda incar, mulai luas tanah dan bangunan, fasilitas, hingga kondisi lingkungan di sekitar rumah.

Banyak Bertanya
Jangan malu untuk bertanya pada pihak developer. Anda bisa tanyakan apa saja mulai kondisi rumah, harga, fasilitas KPR yang ditawarkan, dan lain-lain. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa pada saat membeli rumah di pameran.

Bila Anda merasa belum siap membeli rumah saat pameran, ada baiknya Anda menimbang dan membandingkan kelebihan dan kekurangan setiap produk perumahan yang ditawarkan lewat brosur yang Anda dapat.

Baca Selanjutnya

Masukan